silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tersebut terdapat berbagai kelemahan dan
kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut kepada siswa nya yaitu sebagai berikut:
1. Kelemahan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
b. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar
c. Guru kurang mampu memotivasi siswa untuk belajar secara efektif.
d. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas
e. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas
f. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
g. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas
h. Guru tidak memberikan kesimpulan dari isi pembelajaran
2. Kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik
b. Guru memberikan penjelasan yang mudah difahami oleh siswa
c.. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsun
c. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi tersebut
3. Keunikan dalam pembelajaran
a. menggunakan 2 tempat pembelajaran di dalam ruangan dan di luar ruangan
b. Mengajak anak untuk langsung bergerak dan praktek
c. Menunjuk salah satu anak untuk memberikan contoh kepada teman-teman
Adapun solusi yang bisa saya sampaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikut yaitu :
a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran sebaiknya seorang guru harus memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama kegiatan pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sehingga siswa lebih dapat memahami pelajaran yg diberikan.
b. Guru juga mampu dapat memberikan pertanyaan pemantik yang membuat siswa antusias untuk menjawab dan mau mencari tahu lebih mendalam tentang materi yang akan di pelajari. Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, seperti pembelajaran berbasis proyek atau diskusi kelompok.
c. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, misalnya dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak untuk memperkuat pemahaman siswa tentang arah mata angin.
d. Menyediakan sumber belajar yang beragam dan mudah diakses, seperti buku, video pembelajaran, atau simulasi online.
e. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin. Itulah yang bisa saya sampaikan atas partisipasi diskusi dalam pembelajaran menganalisis video tersebut
Nama : Heppy Tri Aprialamanda
Nim : 858542252
Prodi : PGSD
Pokjar : Kendal
Upbjj : Semarang
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Setelah saya menyaksikan video pembelajaran tersebut terdapat berbagai kelemahan dan kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut kepada siswa nya yaitu sebagai berikut: 1. Kelemahan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu : a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas b. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar c. Guru kurang mampu memotivasi siswa untuk belajar secara efektif. d. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas e. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas f. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran g. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas h. Guru tidak memberikan kesimpulan dari isi pembelajaran 2. Kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu : a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik b. Guru memberikan penjelasan yang mudah difahami oleh siswa c.. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsun c. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi tersebut 3. Keunikan dalam pembelajaran a. menggunakan 2 tempat pembelajaran di dalam ruangan dan di luar ruangan b. Mengajak anak untuk langsung bergerak dan praktek c. Menunjuk salah satu anak untuk memberikan contoh kepada teman-teman Adapun solusi yang bisa saya sampaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikut yaitu : a. Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran sebaiknya seorang guru harus memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) selama kegiatan pembelajaran seperti kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup sehingga siswa lebih dapat memahami pelajaran yg diberikan. b. Guru juga mampu dapat memberikan pertanyaan pemantik yang membuat siswa antusias untuk menjawab dan mau mencari tahu lebih mendalam tentang materi yang akan di pelajari. Penggunaan metode pembelajaran yang interaktif dan menarik, seperti pembelajaran berbasis proyek atau diskusi kelompok. c. Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, misalnya dengan menggunakan aplikasi atau perangkat lunak untuk memperkuat pemahaman siswa tentang arah mata angin. d. Menyediakan sumber belajar yang beragam dan mudah diakses, seperti buku, video pembelajaran, atau simulasi online. e. Dalam menyampaikan materi setidaknya diberikan media pembelajaran berupa alat peraga seperti kompas atau gambar-gambar arah mata angin. Itulah yang bisa saya sampaikan atas partisipasi diskusi dalam pembelajaran menganalisis video tersebut
Nama : SEHATI ZAI
NIM : 825316983
Pokjar : IDANOGAWO
UPPBJ : Medan
Setelah saya menonton video di atas, saya bisa menarik kesimpulan yaitu kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang sedang dilakukan seorang guru.
Kelebihan dari pembelajaran itu adalah :
– Guru sangat menguasai materi dan pembelajaran yang disampaikan kepada muridnya
– Guru menyampaikan materi dan pembelajaran kepada siswa dengan sangat baik, sehingga siswa mampu memahami materi yang disampaikan
– Guru mengapresiasi siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar
-Guru mengajak siswa untuk mempraktekkan materi yang disampaikan di luar kelas untuk memperkuat pemahaman siswa
Kelemahan dari pembelajaran tersebut :
– Guru tidak membuka kelas dengan salam dan absensi serta berdoa
– Guru tidak melakukan apersepsi, mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
– Guru tidak memperhatikan kesiapan kelas dan siswa sebelum memulai pembelajaran
– Guru tidak menegur siswa yang menyoraki temannya ketika temannya salah menjawab pertanyaan dari guru
– Guru kurang memberi semangat kepada siswa dalam kegiatan pembelajaran saat berlangsung…
Nama : SEHATI ZAI
NIM : 825316983
Pokjar : IDANOGAWO
UPPBJ : Medan
Setelah saya menonton video di atas, saya bisa menarik kesimpulan yaitu kelebihan dan kelemahan dari pembelajaran yang sedang berlangsung
1.kelemahannya Guru langsung menyapa tanpa berdoa dan mengabsensi siswa sehingga langsung saja pada materi pembelajaran
2.kelebihannya adalah Guru sangat menguasai materi pembelajaran serta merta memberikan praktek langsung pada siswa untuk mengenali arah mata angin…dilapangan.
Kelemahan dan Kelebihan:
Dalam pembelajaran yang dilakukan kegiatan pembukaan seperti penyampaian tujuan pembelajaran belum terlihat
• Kegiatan penutup pembelajaran seperti refleksi pembelajaran belum disampaikan
• Guru membiarkan siswa yang menjawab salah sehingga dibully
• Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan langsung menghadap arah
• Guru sudah mengaitkan materi pembelajaran dengan manfaat dalam kehidupan sehari-hari
• Guru sudah memberikan penguatan terhadap jawaban yang benar
Saran:
• Dalam pembelajaan mengenal arah mata angin setelah siswa paham kita kenalkan untuk gambar arah mata angin (dari konkret ke abstrak)
• Siswa dibentuk kelompok untuk mencoba secara individu menghadap arah
Nama : Aditya Arifin Putra
NIM : 877314326
Pokja Kepanjen Malang
Matkul PKM
• Dalam pembelajaran yang dilakukan kegiatan pembukaan seperti penyampaian tujuan pembelajaran belum terlihat
• Kegiatan penutup pembelajaran seperti refleksi pembelajaran belum disampaikan
• Guru membiarkan siswa yang menjawab salah sehingga dibully
• Memberikan kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan langsung menghadap arah
• Guru sudah mengaitkan materi pembelajaran dengan manfaat dalam kehidupan sehari-hari
• Guru sudah memberikan penguatan terhadap jawaban yang benar
Saran:
• Dalam pembelajaan mengenal arah mata angin setelah siswa paham kita kenalkan untuk gambar arah mata angin (dari konkret ke abstrak)
• Siswa dibentuk kelompok untuk mencoba secara individu menghadap arah
Saya Dinar Indrayana mohon izin untuk mengomentari.
Sebaiknya ketika guru memberikan pertanyaan spontan kepada siswa yang mungkin siswa belum begitu mengerti tentang materi yang belum disampaikan, agar guru memberikan sedikit clue atau bantuan lain kepada siswa yang belum begitu faham mengenai materi tersebut.
Nama : fandi briliant
Nim : 837743219
Pokjar : bara datu
UPBJJ : lampung
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru :
Secara umum reaksi siswa sangat positif dengan antusiasme serta aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Siswa juga terlihat tertib dan tenang saat mengikuti pelajaran.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran :
• Tidak ada salam pembuka, doa dan penutup dalam kegiatan pembelajaran.
• Kurangnya media pembelajaran (modul) dan alat peraga (kompas) yang digunakan untuk menunjang pembelajaran.
• Evaluasi hanya ada di saat luar kelas.
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran :
• Guru berusaha melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
• Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sehingga membuat siswa lebih mudah memahami arah mata angin.
4. Hal unik :
Menggunakan anggota tubuh (tangan, punggung, wajah) siswa untuk menentukan arah mata angin.
g.
5. Rencana perbaikan yang dapat dilakukan :
• Saat akan mengawali kegiatan pembelajaran guru hendaknya mengucapkan salam pembuka dan mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama.
• Saat akan mengakhiri kegiatan pembelajaran guru hendaknya mengucapkan salam penutup
NAMA : ERIKA OKTAVIA
NIM : 858921347
POKJAR: GIRI
setelah saya menonton video, saya banyak memperhatikan kelemahan dan kelebihan pada video pembelajaran tersebut
1. Kelemahan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Guru tidak mampu mengkondisikan siswa saat di dalam kelas
b. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar
c. Guru kurang mampu memotivasi siswa untuk belajar secara efektif.
d. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas
e. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas
f. Guru kurang ekspresif atau kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
g. Guru kurang memberikan contoh materi yang di bahas
h. Guru tidak memberikan kesimpulan dari isi pembelajaran
2. Kelebihan guru dalam menjelaskan pembelajaran tersebut yaitu :
a. Umpan balik antara guru dan siswa sangat baik
b. Guru memberikan penjelasan yang mudah difahami oleh siswa
c.. Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara belajar di luar yaitu mengetahui arah mata angin dengan cara mempraktekkan secara langsun
c. Guru mengajak siswa untuk praktek langsung di luar kelas sangat menarik dan biasanya membuat anak-anak lebih senang serta bersemangat, sehingga lebih mudah dalam menerima materi tersebut
3. Keunikan dalam pembelajaran
a. menggunakan 2 tempat pembelajaran di dalam ruangan dan di luar ruangan
b. Mengajak anak untuk langsung bergerak dan praktek
c. Menunjuk salah satu anak untuk memberikan contoh kepada teman-teman
Nama: Mutiah Maidarani Sitorus
Nim : 855857401
UPBJJ: UT Medan
POKjAR: LABURA
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu..
Dari vidio diatas yaitu tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” tersebut ini mempunyai kelebihan dan juga kekurangan.
Kelebihannya:
1.Guru tersebut mampu menjelaskan dengan sederhana sehingga mudah diterima oleh siswa tersebut.
2.Guru mampu menarik perhatian siswa dengan cara mengajak siswa nya untuk belajar diluar untuk mengetahui langsung arah mata angin.
3.Guru tersebut sangat menguasai materi pembelajaran yg ingin di sampaikan nya.
4.Guru tersebut membuat siswa aktif dalam soal tanya jawab.
Sedangkan kekurangan dari vidio tersebut yaitu:
1.Guru tidak membuka kelas dengan baik seperti mengucap salam,melakukan absensi serta tidak melakukan doa.
2.Guru tidak melakukan apersepsi.
3.Guru tidak menegur siswa yang menyorakin temannya ketika teman nya menjawab pertanyaan.