silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

549 Comments

  1. NAMA:RATI MANUHO
    NIM : 859643671
    Dalam pengamatan saya saat menonton vidio tersebut,terdapat Kelebihan dan Kekurangan
    Kelebihan nya yaitu :
    1.Pada kegiatan pembelajaran guru memberikan solusi untuk mempermudah anak anak mengetahui arah mata angin dengan belajar keluar kelas melalui
    matahari. Matahari terbit di timur di tangan kanan, terbenam disebelah barat di tangan kiri, di depan wajah arah utara, dipunggung mengahadap arah selatan.
    2.Pada kegiatan inti guru memberi apresiasi (tepuk tangan) untuk siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik.
    Kekurangannya yaitu:
    a.Kegiatan pembuka guru tidak membuka kelas dengan sapaan , salam, dan membaca doa.
    b. Guru tidak menegur siswa yang saling mengejek temaannya yang tidak tahu arah mata angin.
    c. Guru tidak memberikan media pembelajaran untuk mengenal arah mata angin seperti kompas.
    d. Pada kegiatan penguatan guru tidak memberikan penugasan kepada siswa.
    e. Pada kegiatan penutup guru tidak menutup kelas dengan salam dan doa.

  2. Nama : Noferius Zai
    Nim : 856061457
    Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
    UPBJJ : Medan

    Menurut pengamatan saya tentang video pembelajaran mengenai belajar mudah menentukan arah mata angin sebagai berikut:
    Kelebihan dalam video pembelajaran yaitu:
    1. Kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan guru dalam video pembelajaran tersebut dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti
    pembelajaran dengan baik dengan guru memberikan gambaran materi yang akan diajarkan dan dengan memberikan pertanyaan tentang letak sekolah dari
    rumah mereka agar terlibat dalam proses pembelajaran sehingga menimbulkan keingintahuan siswa dan partisipasi mereka selama proses pembelajaran
    berlangsung.
    2. Materi tentang arah mata angin sangat sesuai diajari kepada anak sekolah dasar untuk mengembangkan kognitif anak sehingga mereka mampu memahami
    konsep-konsep dasar arah dan letak suatu tempat.
    3. Guru menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (lapangan sekolah) sehingga mempermudah siswa untuk memahami
    konsep-konsep dasar arah mata angin atau letak suatu tempat.
    4. Metode/teknik yang digunakan guru sangat membantu siswa atau mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajari.
    5. Siswa dapat menangkap atau menyerap penjelasan yang disampaikan oleh guru tentang materi yang sedang dipelajari.

    Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Pada kegiatan membuka pembelajaran tidak ada apersepsi untuk menumbuhkan antusiasme atau agar siswa merasa dihargai oleh guru atau orang lain.
    2. Guru seharusnya menertibkan siswa disaat temannya memberikan tanggapan.

    Saran Perbaikan menurut saya:
    1. Pada kegiatan membuka awal pelajaran harus ada apersepsi supaya siswa merasa dihargai.
    2. Guru harus memberikan penguatan kepada siswa dan juga variasi dalam pembelajaran.
    3. Guru harus menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat menarik perhatian dan keingintahuan siswa.
    4. Guru harus memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa untuk mengevaluasi pencapaian siswa terhadap materi yang diajarkan.
    5. Guru harus bersama-sama dengan siswa untuk mengambil kesimpulan pembelajaran yang telah dipelajari.

    Sekian dan terimakasih!!!!

  3. Nama : Ismi Nurbaeti
    NIM : 857455132
    UPBJJ : Bandung
    Pokjar : Garut

    Video pembelajaran tersebut merupakan pembelajaran yang terjadi di kelas 3 SD dengan topik arah mata angin. Dalam video tersebut didapati guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sementara media yang digunakan berupa alam sekitar. Temuan lain dalam video tersebut yakni adanya kelebihan dan kekurangan yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Kelebihannya yakni materi ajar yang dihadirkan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga mempermudah guru dalam membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kemudian, metode tanya jawab yang digunakan pun cukup memfasilitasi siswa untuk ikut berpartisipasi dalam menerapkan konsep arah mata angin. Sementara itu, kekurangannya adalah guru memiliki keterbatasan dalam menjelaskan materi secara mendalam dan hanya mengandalkan teori singkat tanpa praktik sehingga membuat siswa kesulitan dalam memahami materi. Kekurangan lainnya yaitu minimnya variasi media visual ataupun praktis yang digunakan membuat siswa kebingungan dan kurang terstimulasi terhadap materi yang diajarkan, serta keterbatasan cuaca menjadi penghambat guru dalam mengajak siswa mempraktekkan arah mata angin di area lapangan.

  4. Hai assalamualaikum
    saya Poppy Mangkunegara
    Nim (878259025) dari Salut Tebing Tinggi

    Menurut saya dalam video pembelajaran tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” , yaitu:
    dalam pengenalan arah mata angin, guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang jelas karena terlihat beberapa anak masih terlihat bingung. Ada baiknya guru menggunakan media pembelajaran seperti video-video yang menampilkan penjelasan tentang arah mata angin yang dapat menguatkan pemahaman dan materi kepada siswa , kemudian guru bisa terjun ke lapangan langsung dan menunjukkan langsung arah mata angin, dan membuat pemahaman siswa lebih baik lagi.

    Terima kasih

  5. Nama : Hery Kurniawan
    NIM : 856460797
    Cukup baik dalam membuat anak mengerti cara mengetahui arah mata angin, dengan langsung turun ke lapangan mempraktekkan dengan anggota tubuh. Untuk kelemahan tentunya tidak ada pendahuluan, ice breaking biar seru pembelajaran nya serta absensi siswa.

  6. Nama : Widiyaningrum Dewi
    NIM : 501252762

    Dari video di atas, saya mengamati ada kelemahan dimana guru belum melakukan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan di kegiatan inti, guru terlihat monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran dan di kegiatan penutup, guru tidak melakukan refleksi dan kesimpulan.
    Selain daripada itu, dalam video pembelajaran tersebut, ada Upaya guru agar siswa lebih memahami materi pembelajaran dengan melibatkan siswa melalui praktik belajar langsung. Dengan membawa siswa ke luar kelas dan mempraktikkan cara menentukan arah mata angin menggunakan tubuh sendiri sebagai penanda arah. Guru juga melakukan tanya jawab sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

  7. Nama : Annisa Zahra Khairani
    NIM : 857142416
    UPBJJ : Jakarta
    Judul :Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin

    Dari video di atas, saya menganalisis kasus yang saya dapat dalam materi pembelajaran yang berjudul ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Dari vidio tersebut ada 2 poin kelemahan yang ingin saya jelaskan, yaitu :
    1. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religious,absen,ice breaking, apersepsi dan motivasi. dalam kegiatan inti guru terlihat terlalu monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran. Lalu guru juga tidak melakukan kegitan penutup seperti melakukan refleksi, kesimpulan dan penguatan diri, serta tidak menyampaikan rencana pertemuan berikutnya, penilaian terhadap siswa dan berdoa.
    2. Pada video tersebut guru juga tidak menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang efektif, jika guru menggunakan media pembelajaran tersebut siswa akan lebih mudah memahami/mengerti menentukan arah angin.Video “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” yang menggambarkan siswa kelas III SD yang kesulitan menunjukkan arah mata angin dan membaca peta lokasi di lingkungannya adalah contoh situasi yang sering dijumpai dalam pembelajaran geografi dasar.

  8. Nama : Annisa Zahra Khairani
    NIM : 857142416
    UPBJJ : Jakarta
    Judul :Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin

    Dari video di atas, saya menganalisis video tersebut tengan judul Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angie
    1. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religious,absen,ice breaking, apersepsi dan motivasi. dalam kegiatan inti guru terlihat terlalu monoton dalam menyampaikan materi pembelajaran. Lalu guru juga tidak melakukan kegitan penutup seperti melakukan refleksi, kesimpulan dan penguatan diri, serta tidak menyampaikan rencana pertemuan berikutnya, penilaian terhadap siswa dan berdoa.
    2. Pada video tersebut guru juga tidak menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran kurang efektif, jika guru menggunakan media pembelajaran tersebut siswa akan lebih mudah memahami/mengerti menentukan arah angin.Video “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” yang menggambarkan siswa kelas III SD yang kesulitan menunjukkan arah mata angin dan membaca peta lokasi di lingkungannya adalah contoh situasi yang sering dijumpai dalam pembelajaran geografi dasar.

  9. Nama : Vina Ferika Herning Sanjaya
    NIM : 857147461
    Prodi : PGSD

    Izin menanggapi diskusi :
    Menurut saya Video Pembelajaran tersebut sudah bagus, sesuai dengan materi yang dibahas mengenai “Belajar dengan mudah menentukan arah mata Angin”.
    Dalam kegiatan pembelajaran ini guru memberikan solusi untuk mempermudah anak anak mengetahui arah mata angin dengan belajar keluar kelas melalui matahari. Matahari terbit di timur di tangan kanan, terbenam disebelah barat di tangan kiri, di depan wajah arah utara, dipunggung mengahadap arah selatan.
    Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
    1. Guru tidak membuka kelas dengan salam, berdoa dan mengabsen kehadiran anak2.
    3. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga anak-anak kesulitan untuk memahaminya.
    4. Guru tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang Arah Mata Angin atau pentingnya keterampilan membaca Kompas yang merupakan inti dari masalah yang dihadapi siswa. Siswa mungkin masih mengalami kesulitan memahami letak pada Arah Mata angin tanpa pemahaman lebih dalam tentang bagaimana membaca dan menginterpretasikan Arah Mata Angin.

    Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply