silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

  1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
  2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
  3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Dadang Sukirman

  1. Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
  2. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
  3. Sesuai peserta didik.
  4. Sesuai kurikulum

Ranny Indriany Syam S, S.Pd.

Similar Posts

725 Comments

  1. Nama : Putri Anjelina Rahayu
    NIM : 857365905
    Menurut saya setelah mengamati video tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:
    kelebihan guru tersebut
    Jawab:
    • Menurut saya, kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru memberikan reward yang positif ketika belajar menentukan arah mata angin saat pembelajaran dilakukan diluar kelas (lapangan) melalui pujian kepada murid yang berhasil menjawab pertanyaan

    kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    • Menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru kurang lengkap dalam memberikan pendahuluan dalam proses pembelajaran guru langsung mengenalkan topik baru dan mengajukan pertanyaan, tanpa melakukan Langkah-langkah pendahuluan seperti, salam dan doa, mengecek kehadiran,mengaitkan materi dengan materi sebelumnya, dan memotivasi siswa.
    • Kurang mengorganisir kelas dengan baik, seperti didalam kelas Ketika siswa sedang menjawab pertanyaan dari guru dan jawabannya kurang tepat siswa yang lain malah menyoraki temannya yang sudah berusaha menjawab pertanyaan.
    • Kurangnya media pembelajaran pada saat menentukan arah mata angin sehingga pembelajaran kurang efektif dan efisien.
    solusi :
    • Mencari media yang cocok dan sesuai dengan pembelajaran.
    • Membuat catatan tentang proses pembelajaran yang akan disampaikan.
    • Mengevaluasi hasil belajar siswa untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah disampaikan.
    • Guru harus menciptakan aturan kelas yang jelas agar dapat mengorganisir siswa didalam kelas.

  2. Nama: Zeni Vitiani
    NIM: 858086113
    UPBJJ-UT Pontianak

    Pendapat saya setelah menonton video Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin adalah sebagai berikut.
    1. Kelemahan guru dalam pembelajaran adalah guru terkesan monoton sehingga siswa kurang antusias.
    2. Kelebihan guru adalah mengajak siswa untuk menentukan arah mata angin dengan mempraktikkan secara langsung.

  3. Nama :Maniati Gulo
    Nim : 859881253

    Menurut saya, pada video diatas memiliki beberapa kelebihan yang baik, diantaranya guru mengajak siswa keluar kelas untuk mempraktikan langsung dalam menentukan arah mata angin dengan hal ini memudahkan siswa untuk lebih cepat mengerti arah mata angin, dengan adanya praktik langsung seperti itu membuat siswa lebih tertarik dan senang dalam mengikuti pelajaran. Guru pun memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperbaiki atau kelemahan dalam video tersebut diantaranya, kurangnya alat peraga dalam praktik langsung seperti kompas atau gambar arah mata angin agar membantu siswa dalam memahami materi dengan baik.

    Secara keseluruhan, yang terdapat dalam video sudah sangat baik apalagi dalam pengajaran materi kepada siswa, namun

  4. Nama : Maniati Gulo
    Nim : 859881253

    Menurut saya, pada video diatas memiliki beberapa kelebihan yang baik, diantaranya guru mengajak siswa keluar kelas untuk mempraktikan langsung dalam menentukan arah mata angin dengan hal ini memudahkan siswa untuk lebih cepat mengerti arah mata angin, dengan adanya praktik langsung seperti itu membuat siswa lebih tertarik dan senang dalam mengikuti pelajaran. Guru pun memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperbaiki atau kelemahan dalam video tersebut diantaranya, kurangnya alat peraga dalam praktik langsung seperti kompas atau gambar arah mata angin agar membantu siswa dalam memahami materi dengan baik.

    Secara keseluruhan, yang terdapat dalam video sudah sangat baik apalagi dalam pengajaran materi kepada siswa, namun

  5. Nama : Maniati Gulo
    Nim : 859881253

    Menurut saya, pada video diatas memiliki beberapa kelebihan yang baik, diantaranya guru mengajak siswa keluar kelas untuk mempraktikan langsung dalam menentukan arah mata angin dengan hal ini memudahkan siswa untuk lebih cepat mengerti arah mata angin, Namun kita sebagai seorang guru tidak boleh langsung mangatakan kepada siswa jika iya memeberikan tanggapan bahwa hal itu salah. Tetapi memperluas atau meluruskan jawaban dari siswa tersebut sehingga setiap siswa lebih bersemangat untuk menanggapi dan berperan aktif di dalam kelas

  6. Nama : Maniati Gulo
    Nim 859881253
    Menurut saya dari video berikut yang baru saja saya tonton hal yang dilakukan oleh seorang guru itu hal yang tepat dimana setiap siswa harus mengetahui arah dari mata angin tersebut. Akan tetapi kita juga sebagai seorang guru tidak boleh langsung mangatakan kepada siswa bahwa jawaban yang dia berikan salah. Tapi harus meluruskan jawaban tersebut sehingga siswa lebih bersemangat dan berperan aktif

  7. Nama : OKTAVIANTI MUFFIDA
    NIM : 858948366
    PRODI : PGSD S1

    Dalam vidio pembelajaran yang berjudul ” Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
    Menurut pendapat saya yaitu program ini sangat membantu bagi siswa kelas rendah yaitu kelas 3 SD dalam memahami arah mata angin, terutama dalam pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman langsung di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan ini juga dapat membantu siswa memahami lebih cepat pembelajaran yang sedang dipelajari. Tetapi seorang guru juga harus memiliki metode pembelajaran yang lainnya jika sewaktu-waktu kondisi dan waktu tidak mendukung pembelajaran seperti itu.
    Bagi seorang guru juga dapat memberikan sebuah tugas secara kelompok kepada siswa untuk membantu meningkatkan pemahaman, saling memberikan pendapat antar kelompok, serta membantu kerja sama antar kelompok. Serta bagi seorang guru saat awal pembelajaran perlunya memberikan pertanyaan yang mudah terlebih dahulu kepada siswa.
    Dan pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam vidio pembelajaran tersebut sudah dapat menciptakan keaktifan dan minat siswa. Serta pembelajaran ini juga cukup inovatif untuk menerangkan pembelajaran kepada siswa.

  8. Nama : Nuril Muthoharoh Syalasatun Sukti
    NIM : 857893062
    UPBJJ : UT Surakarta
    Setelah melihat video Seri Pembelajaran IPS SD “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” menurut analisis saya :
    1. Kelebihan
    – Guru sudah memberikan pembelajaran bermakna seperti guru mengajak siswa keluar kelas untuk belajar langsung menentukan arah mata angin dengan mengistilahkan anggota tubuh sebagai arah mata angin.
    2. Kekurangan
    – Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti : salam, memeriksa kehadiran, menanyakan kabar siswa dan lainnya
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Guru tidak memberikan apersepsi supaya anak tertarik terhadap materi yang akan disampaikan.
    3. Saran dan perbaikan
    – Guru seharusnya melakukan kegiatan pendahuluan seperti : salam, memeriksa kehadiran menanyakan kabar siswa dan lainnya
    – Guru seharusnya menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Guru seharusnya memberikan apersepsi kepada siswa supaya siswa tertarik terhadap pembelajaran.

    Terimakasih.

  9. Nama : Devi Kusuma
    NIM : 857860509
    UPBJJ : Surakarta
    Dalam pengamatan saya atas video tersebut ada kekurangan dan kelebihannya .
    Kekurangannya:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka,absensi, menyayikan lagu nasional sebagai bentuk nasionalisme, serta menanyakan kabar peserta didik
    2. Guru tidak memberikan apersepsi pembelajran yang dimaksud
    Kelbihannya :
    1. Guru mengajak peserta didik belajar arah mata angin secara praktik dengan memanfaatkan posisi matahari.
    2. Guru melakukan tanya jawab kepada peserta didik akan hasil dari pembelajaran

  10. Kelebihan dalam video:
    1. Guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Dalam materi ini, mempraktikkan langsung dalam menentukan arah mata angin dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami arah mata angin. Selain itu, siswa akan lebih tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Guru memberikan apresiasi. Dalam video tersebut, guru memberi apresiasi kepada siswa yang berhasil menjawab jawaban, sehingga siswa akan merasa lebih percaya diri ketika akan menjawab pertanyaan-pertanyaan guru di pembelajaran yang akan datang.
    3. Guru memberikan penjelasan sederhana untuk membantu pemahaman siswa. Guru mengistilahkan anggota tubuh sebagai arah mata angin. Hal tersebut akan memudahkan siswa untuk mengingat materi.

    Kekurangan dalam video
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan. Guru tidak membuka pembelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa, memeriksa kehadiran/ absensi, berdoa, dan lain sebagainya.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang dilakukan. Tujuan pembelajaran harus disampaikan agar siswa mengerti hasil akhir pembelajaran yang akan diperoleh.
    3. Guru tidak menyampaikan kesimpulan di akhir pembelajaran. Pada akhir pembelajaran, guru sebaiknya memberi kesimpulan/ refleksi pembelajaran yang telah dilakukan, agar siswa dapat berkembang dengan lebih baik.
    4. Tidak adanya motivasi yang diberikan oleh guru.
    5. Tidak adanya media pembelajaran. Guru dapat membuatkan lagu tentang arah mata angina agar memudahkan siswa mengingat arah mata angin.

Leave a Reply