silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Krismantoro Kurnia Yasin
NIM.858906265
Prodi S1 PGSD
Terkait video pembelajaran tersebut, beberapa pendapat yang dapat saya sampaikan antara lain:
β’Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terkesan sedikit membosankan dan membingungkan. Karena dari awal guru kurang menarik perhatian dan membangkitkan motivasi siswa sebelum kegiatan inti.
β’Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
-Keterampilan memberikan penguatan. Guru kurang antusias ketika memberikan penguatan materi pada siswa.
-Keterampilan mengadakan variasi. Guru kurang memberikan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran visual atau audiovisual yang mudah dipahami anak-anak.
-Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran. Pada awal pembelajaran, guru kurang membangkitkan motivasi dan perhatian siswa. Cara pembawaan guru tersebut kurang menarik perhatian siswa.
-Keterampilan mengelola kelas. Ketika siswa menyoraki temannya saat menjawab, guru cenderung tidak memberikan pengertian dan teguran pada siswa yang lain.
β’Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran:
-Keterampilan bertanya. Pertanyaan yang diajukan guru saat pembelajaran sudah cukup bagus. Guru memberikan pertanyaan pada lebih dari 1 siswa.
-Keterampilan menjelaskan. Dalam hal menjelaskan materi, saya rasa sudah cukup jelas terlepas dari kurangnya pemanfaatan media pembelajaran.
-Sebenarnya guru sudah melakukan variasi dengan mengajak siswa belajar di luar kelas, hanya saja menurut saya masih kurang mengena pada anak-anak.
β’Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru tersebut kurang senyum dan menarik perhatian saat mengajar siswanya. Ekspresi wajah sangat dibutuhkan agar pembelajaran yang kita berikan dapat mengena pada anak-anak.
β’Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya antara lain:
– Guru lebih terampil lagi dalam membuka dan menutup pembelajaran.
– Guru lebih terampil dalam memanfaatkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Mungkin bisa ditampilkan gambar atau video pembelajaran. Variasi permainan juga mungkin bisa diterapkan dalam pembelajaran mata angin ini.
– Guru lebih terampil lagi dalam mengelola kelas. Ketika didapati hal yang kurang baik pada siswanya, sudah seharusnya sebagai guru dapat mengelola kelas tersebut agar pembelajaran tetap kondusif.
Demikian pendapat yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih
Forum diskusi untuk mahasiswa PKP 07 (PDGK 4501.07). Silahkan Ibu/Bapak mengamati video pembelajaran terkait Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin. Analisis permasalahan pembelajaran yang terjadi dan solusi apa yang Anda bisa tawarkan untuk melakukan perbaikan pembelajaran. Selamat berdiskusi…
Nama : Nurul Febrina
Nim : 859892937
Program Study : PGSD
Analisis video Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Pada video tersebut dapat kita lihat bahwa pada saat memulai pembelajaran guru sebaiknya mengajak siswa berdoa terlebih dahulu, mengabsen siswa dan bisa di tambahkan dengan melakukan ice breaking. sehingga siswa lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. selain itu ketika pembelajaran berlangsung, guru tidak menjelaskan materi pelajaran secara jelas kepada para siswa sehingga ketika guru memberikan pertanyaan siswa bingung untuk bertanya kepada guru, metode mengajar yang digunakan oleh guru di awal bisa jadi membuat siswa mudah bosan, karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran menentukan arah mata angin. Tetapi pada tahap selanjutnya guru yang sudah memahami bahwa siswa nya kesulitan dalam memahami cara menentukan arah mata angin dan siswa juga terlihat mudah bosan dan mengantuk, kemudian guru mengajak siswa untuk keluar dari ruangan kelas untuk melakukan pembelajaran menentukan arah mata angin secara langsung. sehingga terlihat disini bahwa terjadi perubahan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa terlihat lebih antusias dalam menjawab pertanyaan dan memperhatikan guru ketika guru menyampaikan materi. sehingga setelah dilakukan perubahan metode mengajar guru terlihat bahwa siswa lebih memahami dan mengerti cara menentukan arah mata angin dengan baik.
Nama : Risnanda Rahayu
Nim. :859875188
Program studi : PGSD-S1
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut, guru belum melakukan kegiatan awal seperti pendahuluan sebelum belajar yaitu berdoa,mengecek kehadiran siswa dan bahkan menyapa siswa. Guru tersebut juga kurang ceria sebab terlihat dari senyum sang guru yang kurang ramah terhadap siswanya, sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat. Selain itu guru juga tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan disampaikannya,namun langsung bertanya kepada murid, sehingga murid tidak paham apa ketika menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tersebut. Namun dalam video pembelajaran tersebut,sang guru juga aktif dalam melibatkan murid dengan lingkungannya,sebab dalam pembelajaran tersebut tidak hanya dilakukan didalam kelas namun dilakukan juga diluar kelas. Dan untuk penutup guru juga tidak ada memberikan salam ataupun mengevaluasi mengenai materi tersebut.
NAMA : MELAWATI
NIM : 856982442
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : BANJAR AGUNG
(1.)Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran.
Menurut saya siswa sangat berantusias namun siswa masih banyak sekali yang tidak tau mana arah mata angin yang benar.
(2.) Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran.
Menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut tidak ada salam atau pun mengabsensi dulu kehadiran siswa.
(3.) Apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut.
Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut yaitu guru menerangkan dengan baik dan sangat mudah di ingat dan guru juga memberikan media pembelajaran yang sangat baik seperti media pembelajaran langsung ke lingkungan sekolahan.
(4.) Hal unik apa yang di temukan di dalam video pembelajaran tersebut.
Menurut saya hal unik yang saya temukan di video tersebut yaitu siswa sangat ceria dan gembira sekali ketika sedang melakukan kegiatan di luar ruangan kelas serta siswa pun jadi juga semakin cepat faham tentang pembelajaran arah mata angin.
(5. )Hal apa saja yang dapat di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu guru harus menyediakan media pembelajaran yang baik dan benar supaya siswa akan lebih paham serta guru juga harus menerangkan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, karena Seorang guru harus mampu menerangkan kepada siswa tentang apa yang akan dipelajari serta Mengajar dengan kalimat yang mudah dipahami karena Seorang guru harus menjelaskan materi dengan bahasa yang bisa dipahami oleh siswa.
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Lela Farischa K
Nim : 858911267
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar: Lumajang
Menurut pendapat saya dalam pembelajaran video diatas ekspresi seorang guru terlalu tegang sehingga suasana dalam kelas begitu serius dan membuat anak didik terlalu antusias seolah olah takut dengan gurunya, seharusnya ekspresi guru tersebut bisa sedikit luwes agar suasana kelas tidak begitu menegangkan serta dalam mengawali pembelajaran seharusnya ada sedikit motivasi atau ice breaking agar tidak terlihat monoton (biasa saja) bisa menarik perhatian siswa agar suasana sedikit menyenangkan.
Metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariatif, seharusnya dibuat kelompok ketika sama – sama melihat arah mata angin di luar agar rasa kebersamaan dan tanggungjawab dari setiap siswa itu ada.
Terimakasih π
Nama : Nuraini Ramadhani Said Damanik
Nim : 859872175
program studi : PGSD-S1
Pokjar : Siantar – Simalungun
tanggapan saya terhadap video yang sudah saya lihat
sebelum memasuki kelas sebaiknya guru mengucapkan salam, ketika sudah masuk kelas sebaiknya guru membuat yel – yel kepada siswa agar dapat menarik perhatian siswa dan siswa akan fokus untuk belajar. sebelum memulai pelajaran sebaiknya berdoa terlebih dahulu. setelah berdoa guru menyampaikan materi apa yang akan di sampaikan dan menjelaskan materi pelajaran terlebih dahulu agar siswa mengetahui pelajaran yang akan di pelajarinya. jadi ketika guru bertanya siswa akan tahu untuk mejawab pertanyaan yang di beri guru. ketika siswa salah menjawab pertanyaan yang di beri guru sebaiknya guru melarang siswa untuk menyoraki karena ketika siswa di soraki maka siswa tersebut akan tidak mau lagi untuk menjawab pertanyaan yang di beri guru lagi. dan ketika mengakhiri pelajaran sebaiknya guru menyimpulkan materi pelajaran tersebut dan menutup pelajaran dengan menyuruh salah satu siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang baru di pelajari dan menutup pelajaran dengan salam.
Nama : Satriya Budi Wibawa
Nim : 856991212
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : SIDOMULYO
Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran arah mata angin tersebut saat guru berintraksi dengan murid guru terlalu tegang dan saat guru memberi pertanyaan kepada murid tapi murid itu tidak dapat menjawab malah disoraki teman sekelasnya guru tidak membrikan nasihat guru hanya diam saja
Agar lebih baik lagi sebaiknya di buat kelompok belajar agar murid dapat berintraksi dengan temannya dan dapat menyampaikan pendapatnya dengan temannya.
Nama : Sintiya Mufallihah
NIM : 856993248
Prodi : S1- PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Yang dapat saya amati pada Vidio pelajaran di atas adalah :
– Dalam Vidio tidak di tampilkan pembukaan (salam , menyapa siswa , absensi dan menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran dan ice breaking )
– Tidak di jelaskan terlebih dahulu apa itu mata angin , tapi beliau langsung menanyakan arah mana sekolah kita?
– Mimik muka datar yang dilakukan oleh guru ketika mengajar akan mengurangi rasa semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran . Ekspresi bahagia , senang , dan ceria yang dimiliki guru ketika mengajar dapat mempengaruhi semangat siswa ataupun keceriaan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
– Guru menggunakan media luar kelas dalam mengajar arah mata angin dan mengunakan anggota tubuh dalam menerangkan arah mata angin .
– Pemraktekan kurang efektif karena hanya 1 anak saja yang di tunjuk untuk praktek di depan peserta didik yang lain . Alangkah lebih baiknya jika di praktekan bersama -sama , atau maju kedepa bergilir untuk mempraktekkan letak mata angin .
– Masih adanya peserta didik yang memiliki kebiasaan bersorak kepada teman yang salah ketika menjawab pertanyaan guru.
– Dalam Vidio tidak di tampilkan penutupan setelah pembelajaran selesai, dan tidak adanya penugasan setelah guru menjelaskan.
Sekian dari saya
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Ridhani saadah samosir
Nim : 859872286
Program Study : PGSD- S1
Setelah saya melihat video β Belajar mudah menentukan arah mata angin β terdapat kelebihan dan kelemahan yang didalamnya.
Kelemahan video
Pada saat guru masuk kedalam ruang kelas, hendaknya memberikan salam, berdoa, sapa dan mengecek kehadiran peserta didik sebelum kegiatan belajar dimulai. Guru tidak menjelaskan tujuan pelajaran yang akan diberikan, serta guru tidak ada mengaitkan materi pelajaran yang dipelajari sebelumnya. Selanjutnya guru menjelaskan dengan intonasi dan gestur tubuh yang monoton dan kurangnya ekspresif atau semangat, pada saat guru mengajar hendaklah adanya persiapan bahan ajar berupa media yang bervariasi digunakan untuk mendukung materi yang dipelajari.
Kelebihan video
Pada saat guru mengajar metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab dengan memancing pertanyaan kepada peserta didik dengan tujuan dapat menarik dan memusatkan perhatian peserta didik merangsang untuk melatih dan mengembangkan daya pikir atau ingatan. Selain itu guru juga memberikan apresiasi dengan peserta didik dengan kata β bagus β dan β tepuk tangan β bagi peserta didik yang berani menunjukkan arah mata angin dengan benar hal ini meningkatkan rasa percaya diri dan beranian peserta didik. Guru menggunakan media tubuh dengan mengajak peserta didik secara langsung untuk mempraktikan materi menentukan arah mata angin diluar kelas, hal ini bertujuan agar peserta didik lebih aktif, kreatif dan menyenangkan.