Sinopsis

Tampak seorang guru PKN dengan beberapa siswa di kelas VII. Beliau mengajar materi tentang “Kebiasaan mengemukakan pendapat di muka umum”. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, siapa yang mau mengemukakan pendapat tentang masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi tidak ada satu siswa pun yang berani menjawabnya. Mereka hanya duduk terdiam dan hanya saling pandang. Guru pun langsung menunjuk dua siswa dari mereka untuk menjawabnya, tetapi tetap saja tidak ada yang menjawabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru langsung membagi kelas menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok memiliki tugas mewawancarai orang dekat dalam kehidupan siswa, seperti Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Setelah siswa selesai mewawancarai orang yang telah ditentukan, maka mereka harus mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas. Setelah ke 5 kelompok selesai mempresentasikan hasil laporannya, maka guru memberi tepuk tangan sambil berkata ”ternyata kalian mempunyai kemampuan menyampaikan pendapat, teruslah berlatih, terimakasih”.

Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

Ary Purwantiningsih

Tampilan Video secara umum cukup menarik karena topiknya adalah cara mengatasi pembelajaran PKn untuk berlatih mengemukakan pendapat di depan umum, namun belum terlihat yang menjadi fokus kompetensi yang diharapkan, karena guru dalam mengawali pembelajaran tidak melalui apresepsi.

Dalam tayangan proses pembelajaran tidak terlihat secara utuh, contoh siswa untuk mengemukakan pendapatnya, guru langsung memerintahkan membentuk kelompok, dan masing-masing kelompok ditugaskan untuk mewawancarai seorang pejabat seperti kepala sekolah dan lurah. Tayangan ketika siswa melakukan wawancara tidak di tampakan, tahu-tahu setiap kelompok memberikan laporannya, laporan itupun hanya terbatas beberapa kata.

Strategi pembelajaran yang disampaikan guru hanya ceramah menugaskan siswa untuk melakukan wawancara di luar kelas. Terkesan dalam proses pembelajaran kurang adanya interaksi.

Dalam tayangan video belum menggambarkan proses pembelajaran yang utuh atau sempurna ketuntasannya dan perlu penggiringan siswa berlatih untuk mengemukakan pendapatnya

Kompetensi dalam topik pembelajaran tersebut semestinya sangat menarik, jika diimbangi oleh inovatif dan kreatif strategi guru yang diterapkan.

Topik pembelajaran tersebut adalah sangat menarik saran perbaikan tentunya guru dituntut lebih kreatif lagi dalam menyampaikan sajiannya.

Drs. Sriyono, M.Hum.

Similar Posts

49 Comments

  1. Nama : Alfina Dewi Nur Afifa
    NIM : 042723784
    Prodi : S1 Pendidikan PPKn
    Asal UPJJ : Malang

    Video : Berlatih Mengemukakan Pendapat dimuka Umum
    Pertanyaan pemicu diskusi :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawab :
    Menurut pendapat saya, Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu antara lain dengan cara melatih berbicara didepan kelas; Menjalin hubungan yang baik dengan siswa; Memberikan umpan balik yang positif; Menyediakan beberapa bahan referensi terkait materi yang diberikan.
    Alasan mengapa strategi-strategi tersebut dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu karena guru dapat membantu siswa memperoleh lebih banyak pengalaman berbicara di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan dukungan dan umpan balik positif yang dibutuhkan siswa. Dengan hal tersebut dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dan siap ketika berbicara di depan umum dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan berbicara secara bertahap dan terus-menerus.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawab :
    Menurut pendapat saya metode yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sudah efektif. Dimana dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru melatih siswa agar berani untuk mengemukakan pendapatnya. Dengan guru memberikan tugas untuk mewawancarai dan kemudian hasilnya dipresentasikan, siswa akan berlatih untuk berbicara di depan umum, dan juga meningkatkan kepercayaan diri. Dengan hal tersebut siswa akan menjadi terbiasa dalam menyampaikan pendapatnya ketika diberikan pertanyaan oleh guru.

  2. Nama : Alfina Dewi Nur Afifa
    NIM : 042723784
    Prodi : S1 Pendidikan PPKn
    Asal UPJJ : Malang

    Video : Berlatih Mengemukakan Pendapat dimuka Umum

    Pertanyaan pemicu diskusi :

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawab :
    Menurut pendapat saya, Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu antara lain dengan cara melatih berbicara didepan kelas; Menjalin hubungan yang baik dengan siswa; Memberikan umpan balik yang positif; Menyediakan beberapa bahan referensi terkait materi yang diberikan.
    Alasan mengapa strategi-strategi tersebut dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu karena guru dapat membantu siswa memperoleh lebih banyak pengalaman berbicara di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan dukungan dan umpan balik positif yang dibutuhkan siswa. Dengan hal tersebut dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dan siap ketika berbicara di depan umum dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan berbicara secara bertahap dan terus-menerus.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawab :
    Menurut pendapat saya metode yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sudah efektif. Dimana dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru melatih siswa agar berani untuk mengemukakan pendapatnya. Dengan guru memberikan tugas untuk mewawancarai dan kemudian hasilnya dipresentasikan, siswa akan berlatih untuk berbicara di depan umum, dan juga meningkatkan kepercayaan diri. Dengan hal tersebut siswa akan menjadi terbiasa dalam menyampaikan pendapatnya ketika diberikan pertanyaan oleh guru.

  3. Analisis video Tugas 1
    Nama : Wiwit wahyuni
    NIM :042354671

    Dari video di atas guru dalam mengawali pembelajaran belum melalui motivasi atau apresiasi belajar siswa, dalam video belum terlihat siswa aktif dalam mengemukakan pendapatnya sebab guru langsung memrintahkan siswa nya untuk keluar kelas untuk mewawancarai kepala sekolah, ketua RT dan lainnya.
    Saat menyampaikan laporan wawancara siswa hanya membaca laporan saja mereka belum mengemukakan pendapatnya secara utuh.
    Strategi yang di gunakan oleh guru dalam video diatas hanya menggukanan metode ceramah, kurangnya interaksi antara guru dan siswa saat pembelajaran.
    Guru dapat merubah metode atau strategi mengajar menggunakan Cooperative tipe Jigsaw dengan menambahkan media belajar seperti video dan gambar.
    Strategi yang digunakan guru dalam video sudah efektif seperti melakukan wawancara namun siswa belum aktif dalam mengemukakan pendapatnya saat menyampaikan laporannya

  4. 1. Guru akan melatih rasa keberanian dan kepercayaan diri siswa dengan cara berdiskusi secara kelompok dengan temannya.
    2. Menurut saya sudah cukup efektif, karena dengan cara tersebut siswa dapat bertukar pikiran dengan temannya untuk berbagai tugas dalam wawancara dengan orang disekitarnya dengan hasil yang diharapkan siswa dapat mempresentasikan hasil wawancara di depan kelas secara bergantian dengan kelompok lainnya.

    Nama : Annisaa Firdausi Nuzulla
    NIM : 042731283

  5. Tugas Diskusi 1
    Tema : Keberanian Untuk Mengemukakan Pendapat di Depan Umum
    Nama : Hafi Riyanti Lestari
    NIM : 042647029

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Staretegi yang akan di gunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakn pendapat di muka umum :
    a. Dengan membagi kelompok guru dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa tersebut karena siswa tersebut tidak merasa sendirian karena ada anggota kelompok yang lain, dengan rasa percaya diri siswa akan lebih berani mengemukakan pendapatnya di depan umum.
    b. Memotivasi kepada siswa bahwa jangan takut untuk mengemukakan pendapatnya
    c. Memberi respon yang baik kepada pendapat siswa yang mengemukakan pendapat, sehingga siswa tersebut akan merasa lebih dihargai.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Menurut saya metode itu sudah efektif, dengan membagi kelompok kecil yang hanya terdiri dari beberapa siswa dan diberi tugas untuk mewawancarai pihak – pihak yang telah ditentukan dan kemudian hasilnya dipresentasikan, sehingga secara tidak langsung guru tersebut telah membangkitkan rasa berani dan percaya diri siswa untuk mengemukakan pendapatnya di depan umum

  6. Nama : Faried Dandy Idhya Pradipta
    NIM : 042635103
    Prodi : S1 Pendidikan PPKn
    Asal UPJJ : Malang
    Video : Berlatih Mengemukakan Pendapat dimuka Umum
    Pertanyaan pemicu diskusi :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawab :
    Menurut saya, Guru di video tersebut menggunakan strategi dengan membagi siswa dikelas menjadi beberapa kelompok dan memberikan tugas masing-masing pada kelompok tersebut. alasanya dengan siswa yang dikelompokan secara tidak langsung dapat menimbulkan rasa percaya diri dan berani dalam mengemukakan pendapat dimuka umum. siswa merasa nyaman untuk menghadapi tugas yang diberikan oleh guru jika tugas tersebut dipikul bersama-sama, otomatis anak-anak akan berdiskusi dan saling mengemukakan pendapat. berbeda jika guru menunjuk satu-satu siswa untuk mengemukakan pendapat di kelas siswa pasti tidak akan berani dan percaya diri,
    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawab :.
    Menurut saya metode tersebut efektif karena secara tidak langsung siswa menjadi lebih aktif. Waktu pertemuan awal siswa belum berani dalam mengemukakan pendapat, dengan diberi tugas dan waktu yang lebih, siswa akan lebih memahami tugas yang diberikan. Terkadang siswa yang tidak aktif atau tidak berani dalam mengemukakan pendapat di muka umum biasanya belum paham dengan materi / tugas yang diberikan. Selain itu, Guru menyuruh semua kelompok untuk mempresentasikan hasil wawancara yang ditugaskan ke para siswa. cara ini bisa melatih keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat.

  7. Nama : Andik
    NIM : 042632383
    UPBJJ : 74- malang
    Prodi : S1 Pendidikan PPKn

    Video : Berlatih Mengemukakan Pendapat dimuka Umum
    Pertanyaan pemicu diskusi :
    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Jawab : Menurut pendapat saya , sesuai yang saya amati terdapat beberapa strategi secara spontan teknik mengemukakan pendapat di depan muka umum diantara dengan metode :
    a. Metode wawancara/ interview dengan kepala sekolah
    b. Metode Tanya jawab langsung
    Sehingga bisa melatih menyampaikan pendapat di muka umum dengan mempresentasikan hasil wawancara tersebut. Dan guru tersebut memberikan umpan balik untuk memberikan dorongan anak lebih aktif

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Jawab :
    Menurut pendapat saya metode yang digunakan oleh guru dalam video tersebut sudah efektif. Dimana dalam video tersebut dapat dilihat bahwa guru mengajak melatih siswa agar berani untuk mengemukakan pendapatnya. Dengan guru memberikan tugas untuk mewawancarai kepala sekolah dan kemudian hasilnya dipresentasikan, siswa akan berlatih untuk berbicara di depan umum, dan juga meningkatkan rasa kepercayaan diri. Dengan hal tersebut siswa akan menjadi terbiasa dalam menyampaikan pendapatnya ketika diberikan pertanyaan oleh guru untuk menanggapi.

    Terimah kasih ,

  8. Tugas diskusi GPO Video Pembelajaran “mengemukakan pendapat di muka umum

    NAMA : MERTI NOVITA SARI
    NIM : 042626942
    UPBJJ : MALANG

    1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
    Menurut pendapat saya ada beberapa strategi yang bisa digunakan untuk melatih siswa dalam mengemukakan pendapat di depan kelas. antara lain :
    a. Memberi pertanyaan kepada siswa yang jawabanya nanti berupa penjelasan panjang
    b. Memberi tugas kepada siswa untuk interview teman ataupun orang lain dengan tema tertentu
    c. Membuat pembelajaran secara berkelompok yang terdiri dari 2-3 anggota, dan nantinya setiap anggota kelompok harus mempresentasikan hasil diskusi mereka.
    Alasan mengapa strategi tersebut dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu karena dengan mau dan berani menjawab, meng interview seseorang, mempresentasikan hasil diskusi itu semua akan melatih siswa untuk aktif berbicara dan meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka, dan jika hal itu dilakukan berulang – ulang maka siswa akan semakin terbiasa dan lebih berani untuk berpendapat di muka umum.

    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Menurut saya metode yang diterapkan oleh guru pada video pembelajaran tersebut sudah cukup efektif untuk melatih keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapatya, dalam video tersebut guru menggunakan strategi tugas kelompok untuk mewawancarai orang lain yang mana akan lebih banyak melibatkan keaktifan siswa. Melalui tugas yang diberikan oleh guru tersebut juga salah satu metode untuk membangun Keberanian, kerja sama dan sikap percaya diri siswa dalam berinteraksi baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Hal ini terlihat perbedaannya ketika awal pembelajaran dan pada pembelajaran selanjutnya. Salah seorang anggota kelompok melaporkan hasil diskusi yang kemudian disimak oleh para siswa lainnya. Keaktifan siswa setelah melakukan diskusi kelompok jauh lebih baik daripada sebelumnya ituartinya metode yang digunakan guru untuk melatih keberanian berpendapat siswa sudah sangat baik.

  9. Saya setuju dengan pendapat dari saudara Alfina, bahwa metode yang digunakan oleh guru tersebut sudah sangat efektif untuk membantu siswa menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya didepan umum dan terakhir guru tersebut mengapresiasi hasil dari siswanya

  10. Tugas diskusi GPO
    Video embelajaran “mengemukakan pendapat di muka umum”
    Nama : DARNIWATI
    NIM : 0442373271
    Prodi : Ppkn
    1.Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum.
    Dalam vedio diatas pertama dengan cara guru langsung meminta siswa untuk mengemukakan pendapat tampa ada pendekatan terlebih dahulu akan membuat siswa menjadi takut sehingga akan menghilangkan rasa percaya diri, tetapi dengan guru membentuk kelompok pada siswa sehingga menimbulkan rasa berani dan percaya diri siswa adalah tindakan yang paling bagus.
    2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
    Metode yang dipakai guru mengelompokkan siswa itu sudah efektif karena dengan berkelompok akan menimbulkan keberanian dan rasa percaya diri siswa, walaupun dalam lingkungan kelompok sehingga siswa akan memulai keberanian dalam kelompok kecil, mudah-mudahan nanti setelah terbiasa dengan kelompok kecil siswa akan berani mengemukkan pendapatnya dalam lingkungan yang lebih besar lagi

Leave a Reply