Sinopsis
Tampak seorang guru PKN dengan beberapa siswa di kelas VII. Beliau mengajar materi tentang “Kebiasaan mengemukakan pendapat di muka umum”. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, siapa yang mau mengemukakan pendapat tentang masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi tidak ada satu siswa pun yang berani menjawabnya. Mereka hanya duduk terdiam dan hanya saling pandang. Guru pun langsung menunjuk dua siswa dari mereka untuk menjawabnya, tetapi tetap saja tidak ada yang menjawabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru langsung membagi kelas menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok memiliki tugas mewawancarai orang dekat dalam kehidupan siswa, seperti Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Setelah siswa selesai mewawancarai orang yang telah ditentukan, maka mereka harus mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas. Setelah ke 5 kelompok selesai mempresentasikan hasil laporannya, maka guru memberi tepuk tangan sambil berkata ”ternyata kalian mempunyai kemampuan menyampaikan pendapat, teruslah berlatih, terimakasih”.
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Ary Purwantiningsih
Tampilan Video secara umum cukup menarik karena topiknya adalah cara mengatasi pembelajaran PKn untuk berlatih mengemukakan pendapat di depan umum, namun belum terlihat yang menjadi fokus kompetensi yang diharapkan, karena guru dalam mengawali pembelajaran tidak melalui apresepsi.
Dalam tayangan proses pembelajaran tidak terlihat secara utuh, contoh siswa untuk mengemukakan pendapatnya, guru langsung memerintahkan membentuk kelompok, dan masing-masing kelompok ditugaskan untuk mewawancarai seorang pejabat seperti kepala sekolah dan lurah. Tayangan ketika siswa melakukan wawancara tidak di tampakan, tahu-tahu setiap kelompok memberikan laporannya, laporan itupun hanya terbatas beberapa kata.
Strategi pembelajaran yang disampaikan guru hanya ceramah menugaskan siswa untuk melakukan wawancara di luar kelas. Terkesan dalam proses pembelajaran kurang adanya interaksi.
Dalam tayangan video belum menggambarkan proses pembelajaran yang utuh atau sempurna ketuntasannya dan perlu penggiringan siswa berlatih untuk mengemukakan pendapatnya
Kompetensi dalam topik pembelajaran tersebut semestinya sangat menarik, jika diimbangi oleh inovatif dan kreatif strategi guru yang diterapkan.
Topik pembelajaran tersebut adalah sangat menarik saran perbaikan tentunya guru dituntut lebih kreatif lagi dalam menyampaikan sajiannya.
Drs. Sriyono, M.Hum.
Nama: Donny Sitanggang
Nim: 043874424
Prodi: S1 Pkn
Vidio pembelajaran : Berlatih Mengemukakan Pendapat di Muka Umum
Pertanyaan pemicu diskusi :
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
Jawab:
Strategi yang didapat digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum antara lain:
a. Mengajukan pertanyaan. guru dapat mengajukan pertanyaan yang siap diajukan kepada siswa terkait dengan materi yang disampaikan. Pertanyaan seperti ini mendorong siswa lebih berani bicara.
b. Menerapkan metode belajar diskusi. Metode diskusi adalah kegiatan pembelajaran melibatkan peserta didik untuk dapat menyampaikan pendapat untuk bisa memecahkan suatu masalah. siswa akan memiliki kesempatan lebih sering untuk berbicara.
c. Menerapkan metode belajar debat. Debat atau argumentasi biasanya dilakukan antara dua kelompok atau lebih, untuk mengemukakan pendapat atas sikap yang diambil oleh kelompok tersebut.
d. Menerapkan metode belajar presentasi. Siswa dapat diberikan tugas untuk merangkum materi tertentu, dan diberikan waktu 15 menit untuk mempresentasikan di depan kelas.
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Jawab:
Menurut pendapat saya, metode yang diterapkan guru sudah efektif dimana guru tersebut memberikan tugas untuk mewawancarai seseorang dengan membagi kelompok. Dan setelah tugas selesai dikerjakan, siswa di suruh menyampaikan hasil wawancaranya. Dan disitu guru sudah melatih siswa untuk tampil berani dan percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
Forum Diskusi GPO
Video Pembelajaran Tema “Berlatih Mengemukakan Pendapat di Depan Umum”
Oleh : Trinda elok sucilowati
NIM : 042632312
Prodi PPKn
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Jawaban :
1. Strategi yang digunakan sangat bagus, menjadikan siswa lebih kreatif dalam berfikir dan mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar, sehingga siswa lebih percaya diri dalam penyampaian atau penggemukan pendapatnya di muka umum, karena sudah dilatih secara bagus untuk berbaur dengan masyarakat.
2. Lumayan efektif, karena pembelajaran secara diskusi menjadikan siswa lebih aktif dalam pembelajaran, dan juga tugas yang diberikan menjadikan siswa lebih berani dalam berinteraksi dengan lingkungan, dan menyampaikan hasil diskusinya juga menjadikan siswa berani dalam mengemukakan pendapatnya.
Nama : Dina puranama sari
Nim : 043728328
upbjj : Bandar lampung
1. strategi yang digunakan guru pendekatan, diskusi, tanya jawab dan wawan cara
2. menurut pendapat saya strategi yang di lakukan oleh guru tersebut sudah tepat, karena beliau sudah melakukan pendekatan, tanya jawab, pembagian kelompok diskusi, wawan cara, serta presentasi. dengan adanya sebuah diskusi dan presentasi guru tersebut secara tidak langsung sudah memupuk keberanian serta tanggung jawab.
Forum Diskusi GPO
Video Pembelajaran Tema “Berlatih Mengemukakan Pendapat di Depan Umum”
Oleh : Tri warini
NIM : 042533763
Prodi PPKn
1.menurut pendapat saya terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu antara lain dengan cara melatih berbicara didepan kelas; Menjalin hubungan yang baik dengan siswa; Memberikan umpan balik yang positif; Menyediakan beberapa bahan referensi terkait materi yang diberikan.
Alasan mengapa strategi-strategi tersebut dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu karena guru dapat membantu siswa memperoleh lebih banyak pengalaman berbicara di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan dukungan dan umpan balik positif yang dibutuhkan siswa.
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut… metode yang digunakan guru tersebut sudah efektif, metode tersebut menjadikan siswa merasa memiliki peran masing-masing dalam belajar sehingga keaktifan belajar terjadi. Dibandingkan metode sebelumnya yang terlihat tidak ada respon dari siswa.
Forum Diskusi GPO
Video Pembelajaran Tema “Berlatih Mengemukakan Pendapat di Depan Umum”
Oleh : Tri warini
NIM : 042533763
Prodi PPKn
1.menurut pendapat saya terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu antara lain dengan cara melatih berbicara didepan kelas; Menjalin hubungan yang baik dengan siswa; Memberikan umpan balik yang positif; Menyediakan beberapa bahan referensi terkait materi yang diberikan.
Alasan mengapa strategi-strategi tersebut dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu karena guru dapat membantu siswa memperoleh lebih banyak pengalaman berbicara di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan dukungan dan umpan balik positif yang dibutuhkan siswa.
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut… metode yang digunakan guru tersebut sudah efektif, metode tersebut menjadikan siswa merasa memiliki peran masing-masing dalam belajar sehingga keaktifan belajar terjadi. Dibandingkan metode sebelumnya yang terlihat tidak ada respon dari siswa.
Nama : Dedik Harian
NIM : 042638829
Prodi : PPkn
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
Mengajak siswa lebih aktif dalam berpendapat seperti mengajak siswa berdiskusi, mewawancarai, atau melakukan aksi tanya jawab tentang apa yang ingin mereka tanyakan atau jawaban yang ingin disampaikan. Hal ini dapat memicu siswa lebih aktif dalam berinteraksi dan memberikan kebebasan dalam berpendapat.
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Menurut pendapat saya metode yang digunakan dalam video tersebut sudah efektif. Dimana siswa disuruh atau diberikan tugas agar dapat bertukar pikiran dengan siswa lainnya dan diakhir tugasnya siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil dari wawancaranya. Dalam hal ini siswa dapat melatih dan meningkatkan rasa percaya diri atau menghilangkan rasa canggung dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum.
Nama : Fahri Ahmad
Nim : 041411236
Prodi S1 : PPkn
UPBJJ : Provinsi Gorontalo
menurut Saya
1.Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya
jawab : ada namanya satu ilmu tentang Retorika elearning di mana ilmu itu mengajarkan bagaimana bisa tampil di depan umum untuk mengemukakan pendapat, dengan contoh menanyakan kepada peserta didik apakah kalian malu atau grogi, tidak percaya diri dalam menyampaikan pendapat di depan umum saya mempunyai solusi yang pertama adalah menugaskan kepada peserta didik didik untuk memperbanyak untuk kosa kata,yang ke dua saya akan melatih mereka bercerita di depan cermin dengan memvidiokan diri mereka sendiri dan menyampaikan apa yang menjadi tugas saya kepada mereka dan ke tiga saya akan selalu melihat mereka atau perkembangnya dalam kelas, contoh misalny apa yang saya berikan ini tidak bisa di terapkan maka kami akan selalu mendampingi peserta didik secara serius individu tersebut sampai bisa.
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut..?
jawab : kalaw di tanya efektif dan tidaknya itu ukuranya adalah apakah bicara tentang kuantitas atau kualitas , kalaw mengukurnya kuantitas mungkin belum efektif tapi bila kita mengukurnya kualitas tidak jumlahnya saya kira ia kan efektif karna hasilnya sudah ada karna hasilnya sudah bisa di lihat, tapi bila bercerita seberapa banyak yang sudah di rubah berarti itu bercerita tentang jumlahnya maka itu belum terpenuhi karna macam contoh satu kelas 30 orang yang bisa kita rubah baruh 6 orang artinya kan belum sepertiga dari jumlah siswa yang ada bila ukuranya kuantitas maka ia belum efektif,tapi bila kita bicara kualiatas 6 orang itu kita lakukan pendampingan kita harus berfikir ke depan karna metode ini sangat baik. sehingga peserta didik yang kita latih akan memberikan efek yang baik untuk peserta didik lainya untuk meyakinkan bahwa peserta didik akan percaya diri mereka sendiri.
Nama : Atika Ramadhany
NIM : 858737577
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
Jawab: Menurut saya, Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu antara lain dengan cara melatih berbicara didepan kelas; Menjalin hubungan yang baik dengan siswa; Memberikan umpan balik yang positif; Menyediakan beberapa bahan referensi terkait materi yang diberikan.
Alasan mengapa strategi-strategi tersebut dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam mengemukakan pendapatnya di depan umum yaitu karena guru dapat membantu siswa memperoleh lebih banyak pengalaman berbicara di depan umum, meningkatkan kepercayaan diri, dan memberikan dukungan dan umpan balik positif yang dibutuhkan siswa. Dengan hal tersebut dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dan siap ketika berbicara di depan umum dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan kemampuan berbicara secara bertahap dan terus-menerus.
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Jawab : Menurut saya strategi yang digunakan oleh guru dalam vidio tersebut sudah cukup bagus dan efektif dengan memberikan tugas dan membagi kelompok kemudian memberinya kesempatan anak untuk berbicara di depan umum dengan memberinya sebuah penilaian seperti acungan jempol, wah ceritanya sangat bagus dan lain sebagainya. Dengan memberinya kesempatan untuk maju ke depan kelas mengajari anak selain untuk membangun rasa percaya dirinya juga menjarkan anak untuk berani berbicara di depan umum. Metode yang digunakan guru sudah baik untuk membagi kelompok dengan memberinya peran masing-masing, dari pada metode yang dilakukan sebelumnya.
Nama : Juwanto
NIM : 042140423
Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kwarganegaraan
UPBJJ-UT Semarang
Judul Video : Berlatih mengemukakan pendapat di muka umum
Pertanyaan :
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Jawaban :
1. Strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya dimuka umum adalah dengan membagi kelas menjadi 5 kelompok, dengan tugas kelompok untuk mewawancarai Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Dengan membagi siswa dalam kelompok akan memantik ide-ide dari satu siswa dan siswa lainya dalam kelompok dan akan bisa memecahkan masalah yang diberikan oleh guru, dibanding dengan ide sendirian dan tingkat kepercayaan diri siswa yang sangat beragam.
2. Menurut saya, metode yang diterapkan oleh guru tersebut sudah tepat, mengingat siswa sdh dipancing pertanyaan awal tidak ada respon dari siswa, apabila dipaksakan dengan metode awal bertanya langsung secara individu maka proses belajar mengajar akan tidak efektif dan membosankan, maka sangatlah tepat jika guru membagi siswa ke tugas kelompok supaya memunculkan ide-ide lain dari anggota kelompok dan bisa saling belajar mempresentasikan hasil atau pendapat mereka di muka umum.
1.menurut saya metode yang digunakan didalam vidio sudah bagus dimana guru mengajak siswa berlatih berdiskusi, mewawancara, untuk melatih siswa, cara ini bagus untuk melatih siswa lebih aktif dalam berinteraksi dan bebas berpendapat dan melatih mentalmereka.
2.Di dalam vidio tersebut sudah efektif, dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dan mewawancarai beberapa narasumber cara ini baik untuk melatih siswa dari rasa grogi atau canggung dan menjadikan siswa percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya dengan berani baik di depan temean-temeannya maupun depan umum.