silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

287 Comments

  1. Nama : Wahyuningsih
    NIM : 857574041
    Prodi : S1 PG PAUD
    UPBJJ : Purwokerto
    1. menurut saya video diatas sudah sedikit membantu orangtua dalam menghadapi anaknya yang kecanduan gedget, penjelasan dalam video tersebut juga mudah dipahami. Dalam video diatas memperlihatkan seorang guru memperlihatkan dan menjelaskan bagaimana memperkenalkan IT pada anak (literasi digital) tanpa harus anak mengalami kecanduan hp. Dalam video tersebut guru memberikan informasi dan model pembelajaran yang menarik, yaitu dengan proses pembelajaran melalui tanya jawab di tahap awal mengenai bermain hp dengan bijak dan dampak dari bermain hp serta bermain peran antara anak dan orang tua dimana dalam cerita tersebut orang tua melarang anaknya unutk tidak bermain hp.

    2. cara lain untuk mengalihkan anak dari gadget adalah dengan diajak bermain bersama ajak main diluar contohnya pergi ketaman, atau bisa membatasi pemakaian gedget jangan terlalu lama anak dibiarkan main hp sendirian, berikan jadwal dari bangun tidur hingga malam.

    3. yang diberikan oleh guru dalam video ini cukup efektif selama di sekolah untuk meredam keinginan anak bermain gadget.

    4. cukup efektif, guru menjelaskan dampak buruk penggunaan HP secara berlebihan, guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan bermain Hp, guru juga memberi tugas untuk anak dan orang tua membuat replika hp dari kardus agar kekompakan anak dan orang tua bisa tumbuh, tetapi guru juga harus bekerja sama dengan orang tua agar anak dirumah diberikan lingkungan dan contoh baik dari orang tuanya, misalnya orang tua tidak bermain hp di depan anak, berikan waktu untuk bermain bersama anak. Jika anak ingin bermain hp, peran orang tua pun sangat penting untuk mendampingi dan mengawasi konten apa saja yang cocok dengan usia anak dan membatasi waktu bermain hp, karena dizaman digital sekarang ini tidak bisa di hindari dari kemajuan digital, memang harus dihadapi tetapi sebagai orang tua dan guru di sekolah harus bisa mengontrol dan mengawasi anak agar tidak kecanduan hp.

    5. Menurut saya seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik, mulai dari menjelasakan materi, mengajak anak berdiskusi

  2. Nama : Lia ayiyah agustina
    Nim : 857832452
    Prodi :S1 PGPAUD
    UPBJJ:Surakarta
    Dalam video tersebut yang dilakukan guru sudah baik , guru bisa menambahkan kegiatan yang menarik minat anak dan memberi penjelasan kepada anak , pada video diatas dalam untuk meredam keinginan anak dalam bermain gadget sudah efektif guru memberikan kegiatan yang membuat fokus anak teralihkan , guru cukup efektif dalam memberikan penjelasan tentang dampak buruk bermain gadget ,, tahapan yang dilakukan dalam video diatas sudah baik

  3. Nama : Ai Jamilah
    Nim : 857501666

    Setelah saya amati pada video tersebut tentang penerapan mengenalkan IT pada anak. Guru disini sudah sangat baik dalam meminimalisir kecanduan geadget tentunya peran aktif kerja sama dengan orang tua. Ketika mengenalkan gadget kepada anak kita harus tau dampak buruk dari penggunaan gadget, maka dari itu model guru disini bisa menerapkan penggunaan gadget dari hasil tangan anak sendiri dengan membuat dari karton. Sehingga anak akan lebih aman pada saat pengenalan literasi digital.

  4. Nama : valena tiara anggita pramesti
    Nim : 857832334
    Prodi : S1 PG PAUD
    UPBJJ : UT Surakarta
    Dalam video tersebut apa yang dilakukan guru sudah bagus, cara lain yang bisa dilakukan guru yaitu dengan mengajak anak bermain dan belajar secara langsung bukan dari layar sehingga fokus anak akan beralih dari gadget, yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah efektif terbukti dari tanggapan salah satu orang tua yang berbicara kepada guru, setiap guru mempunyai cara masing-masing dalam memberikan pengasuhan terhadap anak didiknya menurut saya cara yang dilakukan sudah maksimal.

  5. Nama: ifa mu’ayana
    Nim: 857755802
    Setelah saya amati dalam vidio tersebut, menurut saya vidio tersebut sudah baik, tahapan²nya dapat dipahami dimana guru sudah dapat melakukan pembelajaran dengan secara langsung, dengan cara itu fokus anak bisa dapat teralihkan dari gadget dengan pembelajaran role play, ataupun pembelajaran yang disukai anak² menggambar gadget atau yang lainya.

  6. Nama : Nurmaya
    NIM : 857425534
    S1 PGPAUD

    Menurut saya, video diatas sudah cukup memberi masukan untuk dapat membantu orangtua dalam menghadapi anaknya yang kecanduan gadget karena penjelasan dalam video tersebut juga mudah dipahami. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang guru memperlihatkan dan menjelaskan bagaimana memperkenalkan IT pada anak (literasi digital) tanpa harus anak mengalami kecanduan hp. Dalam video tersebut guru memberikan informasi dan model pembelajaran yang menarik, yaitu dengan proses pembelajaran melalui tanya jawab di tahap awal mengenai bermain hp dengan bijak dan dampak dari bermain hp serta bermain peran antara anak dan orang tua dimana dalam cerita tersebut orang tua melarang anaknya unutk tidak bermain hp.

    2. cara lain untuk mengalihkan anak dari gadget adalah dengan diajak bermain bersama dirumah atau ajak main diluar contohnya pergi ketaman, atau bisa membatasi pemakaian gadget pada anak dengan tidak terlalu lama anak dibiarkan main hp sendirian, berikan jadwal khusus untuk bermain gadget

    3. Yang diberikan oleh guru S
    saat disekolah dalam video ini cukup efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget.

    4. Cukup efektif, guru menjelaskan dampak buruk penggunaan HP pada anakvDan guru juga mengedukasi anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan bermain Hp, guru juga memberi tugas untuk anak dan orang tua membuat replika hp dari kardus agar kekompakan anak dan orang tua bisa tumbuh, tetapi guru juga harus bekerja sama dengan orang tua agar anak dirumah diberikan lingkungan dan contoh baik dari orang tuanya, misalnya orang tua tidak bermain hp di depan anak, berikan waktu untuk bermain bersama anak. Jika anak ingin bermain hp, peran orang tua pun sangat penting untuk mendampingi dan mengawasi konten apa saja yang cocok dengan usia anak dan membatasi waktu bermain hp, karena dizaman digital sekarang ini tidak bisa di hindari dari kemajuan digital, memang harus dihadapi tetapi sebagai orang tua dan guru di sekolah harus bisa mengontrol dan mengawasi anak agar tidak kecanduan hp.

    5. Menurut saya seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik, mulai dari menjelasakan materi, mengajak anak berdiskusi

    liaayiyah says:
    November 27, 2023 at 1:29 pm
    Nama : Lia ayiyah agustina
    Nim : 857832452
    Prodi :S1 PGPAUD
    UPBJJ:Surakarta
    Dalam video tersebut yang dilakukan guru sudah baik , guru bisa menambahkan kegiatan yang menarik minat anak dan memberi penjelasan kepada anak , pada video diatas dalam untuk meredam keinginan anak dalam bermain gadget sudah efektif guru memberikan kegiatan yang membuat fokus anak teralihkan , guru cukup efektif dalam memberikan penjelasan tentang dampak buruk bermain gadget ,, tahapan yang dilakukan dalam video diatas sudah baik

    patriotjamilah5 says:
    November 27, 2023 at 3:26 pm
    Nama : Ai Jamilah
    Nim : 857501666

    Setelah saya amati pada video tersebut tentang penerapan mengenalkan IT pada anak. Guru disini sudah sangat baik dalam meminimalisir kecanduan geadget tentunya peran aktif kerja sama dengan orang tua. Ketika mengenalkan gadget kepada anak kita harus tau dampak buruk dari penggunaan gadget, maka dari itu model guru disini bisa menerapkan penggunaan gadget dari hasil tangan anak sendiri dengan membuat dari karton. Sehingga anak akan lebih aman pada saat pengenalan literasi digital.

  7. Nama : Kiki Ristina
    Nim : 857069913

    1. Dalam video diatas memperlihatkan seorang guru memperlihatkan dan menjelaskan bagaimana memperkenalkan IT pada anak (literasi digital) tanpa harus anak mengalami kecanduan hp. Dalam video tersebut guru memberikan informasi dan model pembelajaran yang menarik, yaitu dengan proses pembelajaran melalui tanya jawab di tahap awal mengenai bermain hp dengan bijak dan dampak dari bermain hp serta bermain peran antara anak dan orang tua dimana dalam cerita tersebut orang tua melarang anaknya unutk tidak bermain hp.
    2. Cara lain yang harus dilakukan guru agar anak tidak kecanduan hp adalah guru memberikan arahan kepada anak untuk membuat mainan komunikasi yang sesuai dengan usia anak, misalnya dibuat dari 2 aqua gelas yang disambungkan dengan tali, sehinga anak bisa memainkan permainan tersebut bersama temannya sebagai pengganti alat komunikasi selain hp.
    3. projek yang diberikan oleh guru dalam video pembelajaran ini sudah efektif untuk meredam keinginan anak untuk bermain hp, tetapi guru juga harus bekerja sama dengan orang tua agar anak dirumah diberikan lingkungan dan contoh baik dari orang tuanya, misalnya orang tua tidak bermain hp di depan anak, berikan waktu untuk bermain bersama anak. Jika anak ingin bermain hp, peran orang tua pun sangat penting untuk mendampingi dan mengawasi konten apa saja yang cocok dengan usia anak dan membatasi waktu bermain hp, karena dizaman digital sekarang ini tidak bisa di hindari dari kemajuan digital, memang harus dihadapi tetapi sebagai orang tua dan guru di sekolah harus bisa mengontrol dan mengawasi anak agar tidak kecanduan hp.
    4. Guru dalam video ini sudah memaksimalkan pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, yaitu dengan memberi arahan dan stimulasi yang baik pada anak, bahwa bermain hp berlama-lama bisa berakibat tidak baik terhadap kesehatan tubuh kita terutama kesehatan mata.
    5. tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang belum maksimal adalah adanya kegiatan berkelompok dan bekerjasama dengan teman-temannya dalam memecahkan suatu permasalahan sehingga anak tidak bermain secara inidividu melainkan bersama-sama dengan temannya.

  8. Nama : Siska
    Nim :856256771

    1. Menurut pendapat saya, setelah saya amati video tersebut tentang penerapan mengenalkan IT pada anak,sudah bisa membantu orang tua dalam mengahadapi anaknya yang kecanduan gadget,,,,,
    Penjelasan dalam video tersebut juga mudah dipahami dan mudah diterapkan,dalam video di atas memperlihatkan seorang guru menjelaskan bagaimana memperkenalkan It pada anak tanpa harus anak mengalami kecanduan hp,,,,,dalam video tersebut guru memberikan informasi dan model pembelajaran Yang menarik

    2. Cara lain untuk mengalihkan anak dari gadget dengan memberikan waktu bermain sama anak, misalnya bercerita bersama anak tentang pengalamannya seharian,,,,mengajak anak bermain di taman,,,,

    3. Edukasi yang diberikan dalam video tersebut cukup efektif dalam penanganan anak terhadap kecanduan gadget

    4. Dalam video tsb guru sangat baik dalam menerangkan dampak baik buruknya penggunaan hp, guru juga menjelaskan kepada anak jika main bersama teman lebih menyenangkan dibandingkan bermain hp,,, guru juga memberikan arahan kepada orang tua membuat replika hp dari kardus agar kekompakan anak dan orang tua bisa terjalin

    5. Menurut saya seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik

  9. Nama : Warsiti
    Nim : 857850181
    UPBJJ: Surakarta
    Menurut yang saya amati dalam video tersebut tentang penerapan pengenalan IT cara guru memberi penjelasan / edukasi sangat bagus. Ditahap awal guru melakukan diskusi ( tanya jawab) tentang gadget kemudian Guru menjelaskan bagaimana efek apabila bermain gadget terlalu lama, guru juga mengajak anak menggambar gadget sesuai pemahaman/ imajinasi anak, sehingga dengan begitu anak akan merasa bangga dengan hasil karya sehingga keinginan untuk bermain gadget akan teralih dengan hasil karyanya. Guru juga menjelaskan bahwa bermain bersama teman lebih asyik dari pada bermain gadget. Guru juga memberikan tugas di rumah untuk membuat gadget bersama orangtua sehingga akan timbul rasa kebersamaan bersama keluarga serta orang tua juga bisa memberi arahan/ nasihat tentang efek dari bermain gadget.

Leave a Reply