silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah.
Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
- Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
- Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
- Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Nama : Klaudia syintia bela
NIM : 877640256
dari video tentang cara cepat mengenal kan lt ( literasi teknologi)
pembelajaran ini sangat membantu untuk kami para guru agar bisa mengajarkan kepada anak anak agar tidak kecanduan bermain handphone, apalagi di jaman yang canggih ini banyk anak usia dini yang sudah kecanduan bermain handphone.
Penggunaan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini perlu dilakukan dengan bijak dan terkontrol. Orang tua dan guru perlu memastikan bahwa anak-anak tidak terlalu lama menggunakan gawai dan memiliki waktu yang cukup untuk bermain dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Strategi pembelajaran seperti Project Based Learning dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang manfaat dan dampak penggunaan teknologi. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar tentang teknologi secara interaktif dan menyenangkan, serta mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang cara menggunakan teknologi dalam pembelajaran anak usia dini yang efektif dan aman, serta memastikan bahwa anak-anak memiliki keseimbangan yang tepat antara penggunaan teknologi dan aktivitas lainnya.
NIM: 877681269
Nama: Khotimah
UPBJJ: Purwokerto
1.Menurut saya video tersebut sangat menginspirasi,terutama dalam mengatasi anak yang kecanduan gadget
2.Selain cara yang terdapat dalam video,Guru juga dapat menggunakan cara lain yaitu,permainan atau pembelajaran yang lebih fokus pada kegiatan fisik atau
gerak,agar anak aktif dan semangat berkegiatan tanpa rasa bosan
3.Sangat efektif sekali,karena pembuatan project tersebut dapat digunakan untuk bermain peran (telpon-telponan)
4.Menurut saya pengasuhan peran guru belum maksimal,karena peran guru dalam video hanya bersifat memberikan tugas,tanpa memberikan contoh kegiatan
5.Dalam Tahap Project membuat gambar dan mewarnai,anak-anak diminta untuk membuat gambar dan mewarnai sesuai imajinasi.
Nama : Dwi Nopitaleni
NIM : 858548554
Video tersebut sangat bermanfaat dan mengedukasi bagi saya karena penggunaan gadget pada anak jika tidak adanya pendampingan dari orang tua akan berdampak negatif . Dengan pembatasan penggunaan gadget pada anak merupakan langkah penting untuk memastikan perkembangan mereka yang optimal dan mencegah masalah kesehatan serta mental. Orang tua harus berperan aktif dalam mengatur penggunaan gadget anak, memberikan batasan waktu, dan menyediakan aktivitas alternatif yang menyenangkan. Maka peran penting untuk orang tua dapat menciptakan kepribadian terbaiknya karena anak akan melihat dan meniru apa yang orang tua lakukan. Sedangkan guru berperan sebagai fasilitator yang bijaksana, mengenalkan teknologi dengan tepat, dan mendorong interaksi sosial serta permainan tradisional. Sekian dan terima kasih
Nama: Lisneweri Simamora
NIM: 856532073
Pada zaman ini tegnologi adalah sesuatu yang sudah dikenal dan di ketahui oleh anak usia dini sampai orang tua, oleh sebab itu guru dan orang tua harus punya strategi cara mengenalkan IT pada anak. Melalui pembelajaran disekolah guru model dengan memberikan pengalaman belajar dengan membuat bentuk handphone dari kardus, serta apa akibat dari penggunaan handphone yang berlebihan guru dapat memberikan kegiatan yang bisa mengalihkan anak dari permainan gaget atau handphone. Cara terbaik mendidik anak adalah melalui kepribadian terbaik orang tua, karena anak akan melihat dan meniru apa yang orang tuanya lakukan.
Masalah gadget pada anak memang menjadi masalah yang serius bagi kita. Sekarang kita lihat anak yang baru berumur 2 tahun atau bahkan umur 1 tahun lebih sudah dapat mengkonsumsi tayangan-tayangan di handphone. Saya sangat prihatin sekali, apalagi dengan video-video jaman sekarang tidak terkontrol di youtube sedangkan anak-anak sangat suka menonton di youtube.
Ini menjadi tugas kita sebagai orang tua dan guru bagaimana mengendalikan hal tersebut jika dihentikan tidak akan bisa karena memang sudah zamannya.
Penting bagi guru dan orang tua mensiasati kegiatan-kegiatan yang menyengkan yang bisa mengalihkan perhatian anak. Salah satunya dengan video di atas👍
Judul: Cara tepat mengenalkan IT pada Anak (literasi digital)
Nama: Nirwana
Nim: 859425998
Assalamualaikum..wr…wb…
dalam pengenalan IT untuk anak usia dini sangat bagus untuk peningkatan mutu pembelajaran, dikarenakan zaman semakin moderen. Akan tetapi pengenalan IT tentu perlu bimbingan guru dan orang tua di rumah, sebab ketika kacanduan dalam gadget misalnya akan berdampak besar, mulai kesehatan mata, anak tidak bersosialisasi dan anak akan tantrum hal ini akan sangat berpengaruh emosional anak yang semakin menjadi. Namun kelebihannya pengenalan IT, meningkatan imajinasi anak, kosakata meningkat dan pengenalan hal-hal baru tetapi perlu di dampingi.
Nama : Silta Ramadona
Nim : 856294732
Assalamu’alaikum wr,wb….
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Assalamu’alaikum wr,wb….
Nama : Silta Ramadona
Nim : 856294732
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Dina Pittaloka
858192943
Sem 2
Judul : cara tepat mengenalkan IT pada anak( Literasi Digital)
Komentar:
Didalam vidio terlihat guru mengajak anak berdialog tentang kegunaan handphone dan pertanyaan terkait apa yang anak lihat pada handphone serta dampak dari kelamaan bermain handphone, strategi pembelajaran yang diterapkan guru juga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi saya, dimana anak diajak bermain peran untuk mengetahui fungsi alat tersebut digunakan secara kreatif dan interaktif. Anak juga diajak bermain mencari alat digital seperti handphone yang sudah disembunyikan.
Masukan:
Libatkanlah orang tua untuk mengawasi dan membatasi waktu penggunaan handphone dan mengajarkan kepada anak penggunaan handphone yang efektif kepada anak.