Sinopsis

Satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, banyak siswa tidak percaya diri untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau cara agar mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas media sosial Facebook. Program video ini berisi pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan “Exprising Idea and Opinion”. Video ini memperlihatkan bagaimana kreativitas guru memancing daya ekspresi siswa dalam bahasa Inggris melalui Facebook. Dengan cara ini mereka dapat menuangkan ide-ide atau opini lewat tulisan. Anda tentu penasaran ingin mengetahui bagaimana media sosial Facebook dapat dijadikan solusi untuk mendorong siswa berbahasa Inggris. Simaklah video berikut ini.

Tayangan video sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum. Guru memberikan sedikit apersepsi yang cukup baik sehingga peserta didik lebih siap mengikuti proses pembelajaran. Menggunakan telepon genggam atau handphone sebagai media pembelajaran sangat baik untuk meminimalisir rasa ketidak percayaan diri siswa berkomunikasi dalam bahasa inggris, dan dapat membangkitkan semangat para siswa karena media tersebut merupakan salah satu alat yang digunakan mereka dalam kesehariannya. Namun kelemahan dalam pembelajaran ini tidak menambah kemampuan para siswa dalam berkomukasi lisan, kecuali jika ada pembahasan dan analisa dari kalimat – kalimat yang ditulis mereka. Salah satunya dengan cara meminta para peserta didik melengkapi kalimat – kalimat yang kurang jelas, secara lisan cara seperti ini juga dapata dijadikan sebagai evaluasi dari proses pembelajaran. Sangat disayangkan dalam tayangan ini guru tidak memperhatikan pronunciation atau pengucapan dari para siswa dan tidak ada evaluasi, juga penutup dari guru.

Evaluasi dapat menjadi salah satu dasar berpijak untuk proses pembelajaran selanjutnya. Penutup dapat menjadi penyemangat peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.

Secara umum tayangan video ini baik dan tidak terlalu kaku, walaupun mungkin sudah ada setting sebelumnya. Perlu diingatkan juga bahwa tidak setiap peserta didik mampu memiliki telepon genggam yang sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran.

Ratih Kusumastuti

Similar Posts

62 Comments

  1. Izinkan saya menanggapi video tersebut. Kelebihan dari video tersebut menurut saya yaitu pembelajaran yang santai dan mengikuti perkembangan zaman. Dimana kita ketahui sekarang, facebook adalah salah satu media yang sangat sering digunakan oleh seluruh peserta didik. Namun, pembelajaran dengan menggunakan media facebook ini tidak dapat dilakukan pada sekolah berbasis pondok pesantren seperti ditempat saya mengajar. Dikarenakan seluruh santriat dan santriwan tidak diperbolehkan membawa hp. Kelebihan lainnya lagi yaitu pendidik merancang pembelajaran yang aktif untuk peserta didik. Dapat kita lihat pada praktek percakapan singkat yang dilakukan didepan kelas. Kekurangannya yaitu guru tidak mengajak siswa untu berdoa terlebih dahulu dan mengabsen kelas serta tidak menutup dengan memberikan motivasi atau refleksi pembelajaran pada akhir kelas. Kelebihan lainnya yang saya temukan yaitu, dengan menggunakan facebook anak-anak menjadi lebih aktif dalam berekspresi dalam menyampaikan opininya. Demikian menurut saya, semoga kedepannya saya dapat menjadi guru yang mengasikkan dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga anak-ana bersemangat dalam kelas saya.

  2. Dalam video tersebut terlihat guru menyiapkan segala sesuatu dengan baik sehingga tahapan pembelajaran berjalan dengan baik pula. Disamping itu guru juga memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang dapat mempermuda siswa memahami sesuatu walaupun hanya skala kecil (membalas komentar tulisan guru dalam facebook) . Cara ini membangkitkan niat siswa untuk belajar individu maupun secara kelompok.

  3. Dari vidio terlihat kegiatan belajar yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan mengekspresikan ide-ide atau opini siswa dalam Bahasa Inggris media yang dipilih adalah facebook, media yang sedang trend saat ini. Kelebihan yang terlihat adalah siswa dapat mengekspresikan opini secara tertulis di facebook secara percaya diri ada yang berdiskusi dan menggunakan sumber ajar lainnya. Namun media ini hanya mengembangkan kemampuan mengekspresikan siswa secara tertulis saja dan tidak dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa secara lisan.

  4. Nama : RUSLI FAHMI
    NIM : 501223263
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bogor

    Guru senantiasa harus terus inovatif dan mempunyai kreativitas tinggi dalam menyampaikan pembelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk menstimulus dan merangsang kemampuan peserta didik dalam pembelajaran. Dalam tayangan video berjudul “Expressing Ideas and Opinion” tersebut terlihat bagaimana seorang guru berusaha merangsang kemampuan siswa dalam memberikan ide dan memberikan opini dalam bahasa Inggris yang dalam percakapan langsung terlihat tidak maksimal. Ide guru dalam menggunakan teknologi dalam hal ini aplikasi Facebok dalam pembelajaran untuk melatih siswa memberikan ide dan opini dalam bahasa Inggris sangat saya apresiasi. Ini merupakan salah satu inovasi guru dalam pembelajaran yang tentu saja dapat menarik minat siswa dalam belajar. Dengan topik yang sederhana, sedang trend, dan komunikasi yang positif dalam beropini dan memberikan ide dalam bahasa Inggris lewat facebook siswa terlihat lebih aktif dan antusias dalam belajar. Manfaat dari tayangan video tersebut adalah memberikan pemahaman lebih bagi saya agar seorang pendidik harus senantiasa keratif dan inovatif salah satunya menggunakan teknologi dalam pembelajaran untuk hasil belajar peserta didik yang lebih baik. Benar-benar menginspirasi.

  5. Nama : Susi Yanti
    NIM : 501132994
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Saya sangat terispirasi dari vidio pembelajaran diatas. Selama ini tidak terpikirkan jika media facebook juga bisa digunakan untuk mengembangkan potensi siswa dalam menyampaikan ide dan pendapat. Saya saya akan mencoba untuk menggunakan media ini karena facebook termasuk sosmrd yang semua siswa saya punya.
    Terimakasih atas vidio berbagi praktek baiknya. Ide yang luar biasa

  6. Nur Cholifatur Rojidah / NIM. 501373191 / Magister Pendidikan Dasar
    Tayang video tersebut menunjukkan salah satu cara guru mengatasi rasa kurang percaya diri siswa dalam mengekspresikan ide dan mengungkapkan pendapat dalam bahasa Inggris. Guru menggunakan media Facebook yang sudah sering digunakan oleh peserta didik dalam bermedia sosial. Guru membentuk group FB beranggotakan siswa satu kelas untuk melakukan suatu project. Topik yang dipilih berupa maslaha yang ringan dan dekat dengan dunia siswa. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan secara terlulis dengan bahasa Inggris. Dengan cara demikian guru dapat melatih siswa menyampaukan ide dan pendapat dalam bahasa Inggris tanpa rasa malu dan canggung.

  7. Nama : Ana Maharani Keban
    NIM : 501202704
    Prodi : MPDr
    UPBJJ : Jakarta

    Melalui video pembelajaran ini, memberikan pemahaman kepada saya tentang pentingnya kreatifitas dalam pembelajaran. Dari video tersebut memberikan insprirasi bahwa media sosial dapat digunakan sebagai metode pembelajaran yang menarik. Penggunaan media sosial dapat merangsang siswa untuk mengembangkan keterampilan berbahasa dalam menulis untuk mengekspresikan ide dan pendapatnya. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat pembelajaran, siswa akan terbiasa menggunakan media sosial dalam konteks pendidikan dan meningkatkan kemampuan literasi digital mereka. Namun, guru harus menghimbau kepada siswa tentang penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran harus dipandu dengan penggunaan media sosial yang aman, bijak, dan taat aturan.

  8. Nama : Sitarsini
    Nim : 501453242
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Komentar saya terkait Konsep video ini menarik karena mengambil pendekatan yang inovatif dengan menggunakan media sosial Facebook sebagai sarana untuk mendorong siswa berbahasa Inggris. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan mengekspresikan ide dan opini mereka secara tertulis dalam bahasa Inggris.

  9. Nama : Triyuni Fitriyanti
    NIM : 042258908
    Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
    Dari video di atas, guru mampu menggunakan media sosial facebook sebagai media pembelajaran untuk materi “Exprising Idea and Opinion”.Reaksi siswa dalam pembelajaran tersebut sangat antusias. Melalui media sosial seperti facebook dapat membantu siswa untuk mengekspresikan ide atau pendapat mereka. Melalui facebook siswa dapat mengutarakan ide dan pendapat mereka tanpa harus merasa malu karena mereka mengutarakannya dalam bentuk tulisan. Jadi menurut saya dengan menggunakan media sosial seperti facebook akan membantu siswa mengasah kemampuan mereka dalam menulis. Namun, dalam video diatas guru langsung mengarah kepada pokok pemabahasan tanpa sebelumnya ada kegiatan pendahuluan.

  10. NAMA : TIARA KUSUMA WARDHANI
    NIM : 501323197
    UPBJJ : SURABAYA
    JURUSAN : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

    Setelah melihat video tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang menggunakan Facebook sebagai sarana pembelajaran memiliki kelebihan karena siswa merasa lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapat melalui tulisan. Namun, metode ini hanya fokus pada pengembangan kemampuan menulis, sedangkan kemampuan berbicara siswa perlu ditingkatkan.
    Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, diperlukan perhatian dan pengembangan kemampuan berbicara siswa. Selain menggunakan Facebook untuk mengasah kemampuan menulis, metode pembelajaran yang melibatkan latihan dan interaksi langsung dalam berbicara akan lebih efektif. Hal ini akan membantu siswa membangun kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat secara lisan dan meningkatkan kemampuan berbicara mereka secara keseluruhan.

Leave a Reply