Sinopsis
Satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, banyak siswa tidak percaya diri untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau cara agar mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas media sosial Facebook. Program video ini berisi pembelajaran bahasa Inggris dengan pokok bahasan “Exprising Idea and Opinion”. Video ini memperlihatkan bagaimana kreativitas guru memancing daya ekspresi siswa dalam bahasa Inggris melalui Facebook. Dengan cara ini mereka dapat menuangkan ide-ide atau opini lewat tulisan. Anda tentu penasaran ingin mengetahui bagaimana media sosial Facebook dapat dijadikan solusi untuk mendorong siswa berbahasa Inggris. Simaklah video berikut ini.
–
Pakar Dosen
Tayangan video sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum. Guru memberikan sedikit apersepsi yang cukup baik sehingga peserta didik lebih siap mengikuti proses pembelajaran. Menggunakan telepon genggam atau handphone sebagai media pembelajaran sangat baik untuk meminimalisir rasa ketidak percayaan diri siswa berkomunikasi dalam bahasa inggris, dan dapat membangkitkan semangat para siswa karena media tersebut merupakan salah satu alat yang digunakan mereka dalam kesehariannya. Namun kelemahan dalam pembelajaran ini tidak menambah kemampuan para siswa dalam berkomukasi lisan, kecuali jika ada pembahasan dan analisa dari kalimat – kalimat yang ditulis mereka. Salah satunya dengan cara meminta para peserta didik melengkapi kalimat – kalimat yang kurang jelas, secara lisan cara seperti ini juga dapata dijadikan sebagai evaluasi dari proses pembelajaran. Sangat disayangkan dalam tayangan ini guru tidak memperhatikan pronunciation atau pengucapan dari para siswa dan tidak ada evaluasi, juga penutup dari guru.
Evaluasi dapat menjadi salah satu dasar berpijak untuk proses pembelajaran selanjutnya. Penutup dapat menjadi penyemangat peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran selanjutnya.
Secara umum tayangan video ini baik dan tidak terlalu kaku, walaupun mungkin sudah ada setting sebelumnya. Perlu diingatkan juga bahwa tidak setiap peserta didik mampu memiliki telepon genggam yang sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran.
Ratih Kusumastuti
Nama : Adinda Khoerunnisa
NIM : 501233153
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Berikut adalah tanggapan saya terhadap video tersebut:
atu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwa banyak siswa tidak percaya diri dalam mengekspresikan ide atau opini mereka menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bisa menjadi hambatan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mencari metode atau cara yang efektif agar siswa dapat dengan lebih percaya diri mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam bahasa Inggris.
Salah satu metode yang diusulkan adalah menggunakan fasilitas media sosial, seperti Facebook, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Dalam konteks ini, video pembelajaran yang berfokus pada pokok bahasan “Exprising Idea and Opinion” dapat memperlihatkan kreativitas guru dalam memancing daya ekspresi siswa dalam bahasa Inggris melalui platform tersebut.
Melalui Facebook, siswa dapat belajar untuk menuangkan ide-ide atau opini mereka dalam bentuk tulisan. Media sosial ini dapat menjadi sarana yang menarik dan menstimulasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi, bertukar pikiran, dan mengekspresikan pendapat mereka dalam bahasa Inggris. Dalam video tersebut, mungkin akan ditunjukkan bagaimana guru menggunakan fitur-fitur Facebook, seperti postingan, komentar, atau grup diskusi, untuk memfasilitasi proses belajar siswa.
Pemanfaatan media sosial, seperti Facebook, sebagai alat bantu dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memiliki beberapa manfaat. Pertama, siswa dapat merasa lebih santai dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, karena penggunaan platform yang sudah mereka kenal dan sukai. Kedua, melalui Facebook, siswa dapat berlatih menulis dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lebih terstruktur dan terarah. Ketiga, interaksi dengan teman sekelas atau pengguna lainnya dalam lingkungan yang santai dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan bahasa Inggris.
Namun, perlu diingat bahwa penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran harus dilakukan dengan bijak dan terkendali. Penting bagi guru untuk mengawasi dan mengarahkan aktivitas siswa di Facebook agar tetap fokus pada pembelajaran bahasa Inggris dan mencegah penggunaan yang tidak pantas atau tidak terkait.
Dalam kesimpulannya, video yang menunjukkan penerapan media sosial Facebook sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris dapat memberikan gambaran tentang bagaimana guru dapat mendorong siswa untuk mengekspresikan ide dan opini mereka dalam bahasa Inggris. Penggunaan Facebook dalam konteks ini dapat memberikan siswa kesempatan untuk berlatih dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbahasa Inggris.
Nama : Tri Suranto
NIM : 501253123
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dalam video ini kita belajar bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri anak dalam berbicara atau bercakap-cakap menggunakan bahasa inggris dengan menggunakan jejaring sosial facebook.
Mengintegrasikan Facebook dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat dilakukan untuk meminimalisasi rasa kurang berani atau percaya diri siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan suasana dan lingkungan yang santai sebagian besar anak memiliki kemauan untuk berkomunikasi dengan bahasa asing khususnya bahasa Inggris.
Selain itu memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomentar terhadap status yang diupdate oleh guru, maka siswa akan merasakan pembelajaran yang berbeda. Anak akan merasa tertarik untuk berkomentar atau mengekspresikan pendapatnya secara tertulis karena Facebook adalah bagian terdekat dari kehidupan mereka saat ini. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru antara lain :
Pilihlah topik yang ringan sehingga siswa tidak merasa kesulitan untuk memberikan komentar,
Pilihlah topik yang mereka suka dan sedang booming dalam kehidupan remaja yang
Berikan semangat dan komentar yang positif terhadap komentar-komentar siswa.
Itulah yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi rasa kurang percaya diri siswa dalam mengungkapkan pendapatnya dalam bahasa Inggris di kelas, siswa yang kemampuannya kurang dalam bahasa Inggris pun tidak akan merasa minder untuk memberikan komentar. skill yang dapat dinilai dari kegiatan ini adalah expressing ideas or opinion dan vocabulary.
Terima kasih
Nama : Sarah Nuraini Siregar
NIM : 501574535
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ – UT: Batam
Pada video tersebut peserta didik diberikan kesempatan untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk berbahasa Inggris menggunakan media sosial facebook. Dengan suasana yang santai dan tidak formil peserta didik lebih bisa mengekspresikan diri dan rasa percaya dirinya tumbuh. Peserta didik lain juga dapat memberikan dilaman facebook tersbut.
Nama : Kanthi Asri
NIM : 501253148
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Semarang
Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran: Menggunakan platform media sosial seperti Facebook dapat mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Murid akan belajar menggunakan teknologi secara efektif dan terampil dalam konteks akademik, serta memperoleh pengalaman praktis dalam berkomunikasi melalui media sosial yang merupakan bagian penting dari kehidupan modern.
Pembelajaran melalui posting materi di Facebook dan meminta murid untuk menuangkan ide dan opini mereka melalui tulisan dan komentar adalah cara yang efektif untuk melibatkan murid secara aktif, memperluas keterampilan mereka dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, dan membangun keterampilan kolaborasi serta penguasaan teknologi.
Karena zamanya digitalisasi, mungkin bisa menggunakan model lain seperti Membuat Konten BERDIFERENSIASI Setiap kelompok bebas memilih membuat konten berbasis tulisan, seperti artikel blog, opini, atau posting forum yang menggambarkan ide dan pendapat mereka tentang topik yang dipilih. Mereka juga dapat menyertakan gambar, video, atau sumber daya lain yang mendukung pendapat mereka.
Nama : Wawan Lukmanul Hakim
NIM : 500638707
Prodi : MPDr
UPBBJ UT Bandung
Video pembelajaran yang saya pelajari ini sangat kreatif dan inovatif. Pembelajaran berbasis projek dengan menggunakan teknologi sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Teknologi digital dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Siswa terjembatani karena masih ada rasa percaya diri yang kurang dalam berbahasa inggris aktif secara lisan maka guru memberikan projek serupa dengan media facebook untuk memantik keberanian siswa dalam berbahasa inggris walau dalam tulisan. Video ini sangat relepan dengan kondisi real dalam pembelajaran maka video ini dapat diduplikasi bahkan dikembangkan dengan menggunakan media serupa selain facebook untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dengan media digital
Nama: MIKE LINA
Nim: 042417326
UPBJJ: Pekanbaru
Menurut pendapat saya, secara positif belajar mengekspresikan ide menggunakan membalas status Facebook memang sangat menarik karena zaman sekarang sudah memasuki zaman era digital jadi para siswa menjadi lebih menarik dalam belajar bahasa.
Namun cara ini juga memiliki dampak negatif, terutama bagi siswa SMP yang sedang memasuki masa pubertas, mereka akan memiliki rasa penasaran akan hal-hal yang ada di ponsel melalui jaringan internet. Kita khawatir nantinya para siswa menjadi berfikiran dan berperilaku buruk atau penyimpangan. Jadi menurut saya, jika ingin menggunakan cara Facebook, sebaiknya dalam pengawasan guru dan orang tua. Trims
• Expressing Ideas or Oppinion
Nama : Mila Aulia
NIM : 501332956
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Malang
Komentar tentang Video Pembelajaran “My Hobby”
Video pembelajaran ini berisi materi tentang kesulitan siswa untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, sehingga digunakan strategi melalui pemanfaatan media sosial facebook dalam pembelajaran.
1. Manfaat :
Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan memanfaatkan media sosial facebook ternyata dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk mengekspresikan ide atau opini diri dengan menggunakan bahasa Inggris. Melalui cara ini, siswa dapat mengungkapkan ide atau opini mereka melalui tulisan atau postingan di media sosial facebook.
2. Masukan dan Saran :
Akan lebih baik jika siswa diberikan alternatif media sosial lain selain facebook untuk berlatih menulis bahasa Inggris sesuai dengan minat siswa.
• Expressing Ideas or Oppinion
Nama : Mila Aulia
NIM : 501332956
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Malang
Komentar tentang Video Pembelajaran “My Hobby”
Video pembelajaran ini berisi materi tentang kesulitan siswa untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, sehingga digunakan strategi melalui pemanfaatan media sosial facebook dalam pembelajaran.
1. Manfaat :
Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan memanfaatkan media sosial facebook ternyata dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk mengekspresikan ide atau opini diri dengan menggunakan bahasa Inggris. Melalui cara ini, siswa dapat mengungkapkan ide atau opini mereka melalui tulisan atau postingan di media sosial facebook.
2. Masukan dan Saran :
Akan lebih baik jika siswa diberikan alternatif media sosial lain selain facebook untuk berlatih menulis bahasa Inggris sesuai dengan minat siswa.
Nama : Susi Ardiyanti
NIM : 501232982
UPBJJ Bandung
Video tersebut menceritakan siswa yang merasa kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. Oleh sebab itu guru memikirkan cara yang akan digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada siswa salah satunya memanfaatkan media sosial facebook. Guru mengugaskan siswa untuk memberikan komentar pada status guru. Menurut saya metode yang digunakan sangat menarik dan inovatif karena memanfaatkan media sosial yang cenderung sering digunakan oleh siswa jenjang SMP dalam berkomunikasi dengan teman-temannya. Dalam memanfaatkan media sosial facebook ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru yaitu :
1. Memilih topik yang ringan sehingga siswa tidak merasa kesulitan dalam memberikan komentar
2. Memilih topik yang disukai oleh siswa
3. berikan semangat dan komentar positif terhadap komentar siswa meningkatkan rasa percaya diri sehingga siswa yang kemampuannya kurang tidaka akan merasa minder.
Hal yang dapat saya ambil adalah guru harus kreatif dalam menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam menumbuhkan karakter pada siswa misalnya rasa percaya diri dan mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari siswa misalnya media sosial.
Dari video ini saya belajar bahwa guru berupaya memancing siswanya untuk mengutarakan ide dan pendapat secara tertib dan terkontrol karena menggunakan sosmed yang familiar dengan mereka dan di buat dalam sebuah grup sehingga mereka lebih termotivasi untuk menuangkan idenya, secara tidak langsung kemampuan menulis dalam bahasa inggrisnya pun meningkat. Guru harus masuk dalam dunia anak, dan anak harus kita masukkan dalam dunia kita seperti yang tertulis dalam kuantum learning. Ketika suasana yang kita bangun sudah sesuai dengan kondisi anak maka dengan mudah anak mempelajari suatu hal.