silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Nama : Alma Dinanja Effendi
    NIM : 856983096
    prodi : PGSD

    Setelah saya melihat video tersebut
    Ada beberapa koreksi terhadap guru dalam melakukam keguatan mengajar yaitu
    1. Kurangnya penyapaan kepada siswa yang membuat siswa kurang bersemanngat
    2. Seharusnya diawal diberikan ice breaking dan pemberian motivasi dulu kepada siswa
    3. Kurangnya penggunaan media dan contoh serta referensi dalam ilmu pengetahuan dalam mengajar.
    4. Guru tidak mengabsen dan berdoa diawal kegiatan mengajar
    Sekian terimakasih

  2. Nama : Sella Ayu Lutfiandi
    Nim : 858733444
    Semester : 2
    Prodi : PGSD BI
    UPBJJ : Surabaya

    Assalamualaikum wr wb

    Dari vidio yang saya amati di atas, Guru kurang menerapkan keterampilan membuka pembelajaran. di mana dalam keterampilan membuka pembelajaran Guru harus berdoa terlebih dahulu,kemudian memberikan motivasi, memberikan apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu.

    Selain keterampilan membuka pembelajaran, dalam vidio tersebut juga Guru tidak mendorong siswa untuk menyampaikan pengalaman atau pengetahuan awal yang diketahui peserta didik, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan searah.

    Selain itu, Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran, di mana dalam proses pembelajaran media merupakan salah satu komponen penting tercapainya tujuan pembelajaran. Media tidak harus sesuatu yang dibeli, penggunaan lingkungan juga termasuk media pembelajaran, terlebih dalam pembelajaran IPA yang notabene mempelajari tentang alam dan isinya.

  3. Nama : Dalfa komariatul hamdaniyah
    NIM : 857168118
    Prodi : PGSD

    Assalamualaikum

    Dari video yang saya simak, tentang”Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
    Guru tidak mengucapkan salam, tidak mengawali pembelajaran dengan berdo’a, tidak mengabsen, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas dan tidak melakukan evaluasi awan pada pembelajaran.
    dalam menyampaikan materi pembelajaran guru tersebut hanya dengan berceramah, dan siswa hanya mendengarkan tentu itu kurang efektif. guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terjadi verbalisme data, fakta, prinsip, dan konsep. guru harus pintar merancang pembelajaran dan memiliki kualitas untuk mengola lingkungan menjadi media dan sumber belajar yang baik.

  4. Nama : Amalia Pratiwi
    Nim : 856038038
    Program Studi : S1-PGSD
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan

    Bismillah…
    Pada Video pertama, Guru sedang menjelaskan Tentang Berbagai macam jenis daun Tanpa Menggunakan Media apapun. Hal Tersebut tentunya akan mengalami kesulitan. Kesulitan untuk siswa memahaminya begitu juga dengan Guru yang juga akan mengalami kesulitan ketika Menjelaskannya.

    Pada Video kedua, Guru jauh lebih mudah Menjelaskan Jenis-jenis daun. Karna Menggunakan Media. Itulah pentingnya penggunaan Media pada Saat pembelajaran. Selain, Mempermudah Guru Ketika menjelaskan, Hal itu juga akan mempermudah siswa memahami pelajaran.

    Menurut saya untuk Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tidak sulit untuk Mencari Medianya. Sebab, Pelajaran ini berhubungan dengan Lingkungan sekitar. Kita bisa memanfaatkan lingkungan sekolah untuk Mengamatinya secara langsung. Itu akan jauh lebih Menyenangkan, dan tidak Membosankan karna siswa bisa mengeksplor dirinya di luar ruangan.

    Yang Perlu diperhatikan Pada Tahapan proses KBM :
    1. Pendahuluan (Mengucap Salam, Bertanya kabar, Mengecek kehadiran dan bisa diselingi ice breaking )
    2. Materi Inti
    3. Penutup (Umpan balik untuk memastikan pemahaman siswa)

  5. Nama : Nur Athiyyah Muharramah
    NIM : 857159552
    Program Studi : PGSD

    Dapat dilihat dari video diatas mengenai cara mengajar guru di kelas IPA. di awal pebelajaran guru langsung menyapa dan meberikan materi tidak adanya pembukaan seperti berdoa, penyampaian tujuan pembelajaran, manfaat pembelajaran dll yang memang seharusnya disampaikan oleh guru. lalu penyampaian materi yang tidak menggunakan media akan membuat siswa bingung dan meraba-raba mengenai materi yang disampaikan.

    media yang digunakan tidaklah harus mahal dan sulit, sebagai guru kita dituntut untuk kreatif sehingga kita bisa menggunakan bahan-bahan pada lingkungan sekitar kita. bisa dengan mengambil langsung daun yang dibutuhkan atau melalui gambar dari internet yang di print. hal ini bertujuan agar tidak terjadi miss pemahaman pada siswa.

    dapat dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan media dengan pembelajaran yang menggunakan media terlihat pada video di atas.

  6. Assalamualaikum
    Nama:Siska Nuravivi Suharokhmah
    Nim:825111937

    Dari video pembelajaran IpA guru tidak menggunakan media.
    Seharusnya sebelum melakukan pembelajaran guru tidak boleh melewatkan pendahuluan,dimana dalam kegiatan pembelajaran terdapat apersepsi, mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang akan dipelajari.Guru dalam melakukan pembelajaran seharusnya mempersiapkan media pembelajaran agar pembelajaran lebih mudah untuk dipahami oleh peserta didik.

  7. Nama : Romika Rosalia Pasaribu
    Nim : 856038006
    Program studi : PGSD – S1
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan
    UPBJJ : Medan

    Dari video tersebut mengenai pelajaran IPA tentang Guru tidak menggunakan media pada saat pembelajaran
    Menurut saya banyak kurangnya, seperti :
    1. Kurangnya penyapaan guru kepada siswa dan tidak ada ice breaking sehingga siswa kurang semangat dalam menjalani pelajaran tersebut , seharusnya agar siswa lebih semangat alangkah baiknya melakukan gerakan ice breaking agar lebih semangat lagi
    2. Guru tidak mengabsen dan pembelajaran tidak diawali dengan doa. Seharusnya anak anak sebelum melakukan kegiatan alangkah baiknya diawali dengan doa dan di tutup dengan doa
    3. Guru tidak mengucap salam, tidak mengabsen dan tidak ada tujuan pembelajaran.
    4.Guru kurang kreatif dalam memanfaatkan media yang ada di sekolah. Seharusnya guru memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dan juga guru dapat mengajak siswa untuk belajar di luar kelas agar siswa lebih mudah memahami materi tersebut

    Untuk kelebihan dari video yang saya lihat yaitu jika memiliki media cara menyampaikan materi cukup jelas

  8. Nama : M Alsya Muqtahami
    Nim : 857701929
    Prodi : S1 – PGSD (Pokjar Kedungwuni)

    Reaksi anak saat awal pembelajaran mereka kesulitan karena bingung terhadap materi yg di ajarakan guru tentang bentuk bentuk daun.

    Secara singkatnya kelemahannya adalah pada saat awal pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran yg mudah di dapatkan atau mudah di peroleh disekitar lingkungan sekolah.

    kelebihannya pada akhirnya guru mampu memanfaatkan media yang ada yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan sekolah.

    Hal yang unik adalah dimana guru bisa mengambil daun daun yang ada di lingkungan sekolah langsung dari pohon nya untuk dijadikan langsung sebagai media saat pembelajaran tersebut.

    untuk meningkatkan pembelajaran berikutnya upaya yang dapat dilakukan adalah bisa dengan menggunakan media digital untuk memudahkan guru mendapatkan informasi terkait materi yang akan di terangkan atau bisa melakukan pembelajaran diluar sekolah guna mengamati secara langsung daun daun yang ada dipohonya

  9. NAMA : DARA YUNITA SARI
    NIM : 856028535
    KELAS 6B
    POKJAR BINJAI

    Izin menanggapi video tersebut, Setelah menyimak video tersebut saya melihat bahwa Ibu guru tersebut tidak melakukan hal penting yang sangat mendukung proses KBM, yakni:
    1. Diawal kegiatan pembelajaran ( Kegiatan Pendahuluan ) tidak dibuka dengan salam, berdoa, absensi ,ice breaking, pemberian motivasi kepada siswa ataupun gambaran tentang tahapan atau kegiatan pembelajaran, yang tentunya hal inilah yang sangat menentukan bagaimana proses pembelajaran berlangsung.
    Contoh : Jika kita tidak memberi motivasi kepada siswa sebelum memulai membelajaran tentulah siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dibawakan terutama anak SD.
    Jika kita tidak memberikan tahapan² kegiatan pembelajaran juga siswa kebingungan tidak tahu tahapan apa yang nantinya akan mereka kerjakan.
    2. Guru tersebut juga tidak melakukan apersepsi , yang mana kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan belajar siswa. Terlihat guru tersebut langsung to the point dalam menjelaskan tanpa mengetahui kesiapan siswanya.
    3. Penggunaan media divideo ke 2 sudah dapat dikatakan efektif, tetapii akan lebih menanamkan konsep pemahaman kepada para siswa alangkah baiknya, guru memerintahkan siswa kembalii untuk mencari contoh² daun dilingkungan sekitar, hal ini tentulah mengembangkan daya berpikir dan daya ingat siswa.
    4. Penggunaa video atau media elektronik.
    Dizaman yang serba canggih ini tentunya sangat memudahkan kita mengkolaborasikan antara media nyata dan media berupa gambar/video. Karna terkadang para siswa lebih tertarik melihat tayanganpembelajaran melaluii video terlebih dahulu, kemudian bisa kita kolaborasikan dengan memerintahkan siswa untuk mencari daun yang sama seperti video yang sudah kita tayangkan di lingkungan sekitar sekolah.

    Sekian dan terimakasih

  10. Nama : Reyhan Hafiz
    Nim : 857154657
    Prodi : PGSD

    Assalamualaikum wr.wb.
    setelah saya mengamati video tentang kegiatan mengajar yang dilakukan oleh guru tersebut. Adanya kekurangan dari apa yang ditampilkan oleh guru pertama dalam memberikan pemahaman pada siswa. sebelum memulai materi pembelajaran seharusnya seorang guru melakukan tindakan awal pembelajaran sebagai mana mestinya seperti, mengucapkan salam, berdoa, dan melakukan absen siswa secara rutin.
    setelah ini seharusnya seorang guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi tersebut kepada siswa.
    ketika masuk ke dalam materi pelajaran,guru tersebut tidak menggunakan media apapun untuk membantu siswa memahami materi. Padahal dengan adanyan bantuan dari media seperti media visual, akan membantu pemahaman dari para siswa dalam proses pembelajaran. Sudah seharusnya sebagai seorang guru, memiliki kreativitas untuk membuat pembelajaran yang asik dan menyenangkan bagi siswa. Sehingga proses pentransferan ilmu dapat berjalan dengan baik.

Leave a Reply