silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Lia Andani
Nim : 856020365
Setelah saya mengamati video tentang “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
Menurut pendapat saya bahwa di sini ibu guru dalam menyampaikan pembukaan pada saat pembelajaran akan dimulai kurang kreatif dan kelas menjadi monoton atau bisa disebut dengan membosankan.
dan di sini bisa kita lihat bahwa pada saat pembelajaran dimulai ibu guru tidak menyampaikan atau menjelaskan apa tujuan pembelajaran yang akan dilakukan tetapi bu guru langsung ke materi maka dari itu ketika ibu guru menjelaskan banyak siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan oleh ibu guru. sebenarnya saya lihat di sini bukan karena Ibu guru tidak menggunakan media pembelajaran tetapi di sini guru tidak mempersiapkan materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada murid dan ibu guru menjadi bingung dan sehingga ketika menyampaikan materi tidak sesuai dengan apa yang sudah dituliskan di dalam materi tersebut.
Jadi bisa kita simpulkan bahwasanya kita sebagai guru SD terutama , pentingnya menggunakan media pembelajaran supaya anak SD itu lebih memahami materi yang lebih bagus karena adanya media yang nyata dan benar-benar membuat mereka memahami pembelajaran tersebut dan siswa tidak merasa kebingungan seperti video di atas.
Upaya perbaikan:
menurut saya yang harus dilakukan dalam perbaikan video adalah pentingnya penggunaan media belajar agar proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa SD.
Nama : Nofirman Gulo
Nim : 820807852
Jurusan : PGSD
Menurut pendapat saya dividio GPO yang saya tonton, guru belum menggunakan media pembelajaran dan guru belum memanfaatkan benda-benda disekitar sebagai media pembelajaran.
menurut saya pada vidio pertama,pembelajaraannya tidak efektif dimana guru mengajar tidak menggunakan media. sementara teori tersebut seharusnya ada alat peraga, dalam hal ini kita sebagai guru harus mampu meyesuaikan rencana pembelajarannya apakah menggunakan alat bantu atau pun tidak. apalagi di tingkat sekolah dasar banyak anak-anak yang tidak mengerti tentang daun -daun apalagi kalau teori lebih mendalam lagi.
pada vidio kedua terlihat guru menggunakan alat peraga yang mudah untuk di mengerti oleh anak-anak mereka bisa membedakan jenis daun,bentuk daun dan dimana ada tulang daunnya. jadi anak-anak lebih aktif jika mereka melihat hal baru dan memnimbulkan banyak pertanyaan mereka, apa lagi ketika menggunakan vidio lebih cepat menangkap mereka.
NAMA :NIRAWATI GULO
NIM :040982672
JURUSAN :PENDIDIKAN BIOLOGI
menurut saya pada vidio pertama,pembelajaraannya tidak efektif dimana guru mengajar tidak menggunakan media. sementara teori tersebut seharusnya ada alat peraga, dalam hal ini kita sebagai guru harus mampu meyesuaikan rencana pembelajarannya apakah menggunakan alat bantu atau pun tidak. apalagi di tingkat sekolah dasar banyak anak-anak yang tidak mengerti tentang daun -daun apalagi kalau teori lebih mendalam lagi. pada vidio kedua terlihat guru menggunakan alat peraga yang mudah untuk di mengerti oleh anak-anak mereka bisa membedakan jenis daun,bentuk daun dan dimana ada tulang daunnya. jadi anak-anak lebih aktif jika mereka melihat hal baru dan memnimbulkan banyak pertanyaan mereka, apa lagi ketika menggunakan vidio lebih cepat menangkap mereka.
Nama : fadel muhammad
NIM : 8562913
UPBJJ: PADANG
Setelah saya menyimak vidio pembelajaran diatas seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu melakukan apersepsi agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa. namun saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar.
Nama : REKA GANI ARIYANTI
NIM : 858169216
UPBJJ : Waru
Setelah menyimak video tersebut, menunjukkan bahwa media pembelajaran begitu penting dalam setiap pembelajaran. Banyak dampak yang ditimbulkan dari tidak menggunakan media, menyebabkan verbalisme pengetahuan siswa mulai dari data, konsep, prinsip, fakta hingga nantinya hasil belajar siswa tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Menurut saya alasan bahwa pengadaan media yang sulit bisa disingkapi dengan pengetahuan guru bahwa begitu banyaknya keragaman media yang dapat digunakan, karakter dari setiap media yang dapat dipilih, selain itu guru juga diharapkan dapat memaksimalkan kekreativitasannya dalam mengolah lingkungan disekitarnya baik di sekitar sekolah ataupun lingkungan sekitar tempat tinggal guru yang dapat diambil sampel (contoh) sebagai media pembelajaran.
Guru seharusnya bisa benar-benar mempersiapkan tidak hanya penguasaan materi/bahan ajar tetapi juga media yang akan digunakan. Penyediaan media tidak harus membeli tetapi kreativitas guru lebih dituntut untuk menunjang pembelajaran. Penggunaan media visual dapat dimanfaatkan karena siswa dapat mengamati secara langsung sehingga meminimalkan verbalisasi pengetahuan siswa. Seperti pada video tersebut, siswa hanya diperlihatkan saja contoh-contohnya. Mungkin akan lebih baik jika media yang dipakai dapat dipegang secara langsung oleh siswa, sehigga siswa benar-benar mengamati, membedakan stiap contoh yang ada. Dengan begitu siswa bisa memahami mulai dari konsep, pengertian hingga contoh yang ada sehingga dapat meningkatkan pemahaman materi kepada siswa dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Nama : Tri Hesti s
Pokjar : Srumbung
Menurut saya, video pembelajaran diatas kurang efektif karena tidak adanya media yang seharusnya digunakan/dipakai oleh guru untuk menambah pamahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Media sangatlah penting diadakan oleh guru karena media secara tidak langsung berfungsi untuk membantu siswa dalam memahami materi pembeljaaran. Berbagai macam media pembelajaran yang bisa di lgunakan oleh guru, mulai dari media yang berbentuk visual/audio visual/benda nyata. Bisa menggunakan benda asli atau menggunakan proyektor untuk menjelaskan materi kepada siswa dan lebih mwnarik pwrhatian siswa. Untuk mteri yang medianya mudah didapatkan seperti daun, guru bisa menggunakan daun asli untuk menjelaskan materi yang sedang disampaikan.
nama:Siti Zaharah
nim: 856336879
setelah menonton vidio tersebut
1. guru tidak mempelajari materi
sehingga guru tdk menyebutkan tujuan pembelajaran
2. guru tidak menggunakan media pembelajarah
3. anak-anak bingung dengan yg di ajarkan atau kurang mengerti
Nama : Aditya Permadi
NIM : 858789353
Jurusan : FKIP
Menurut saya..
Dari video tersebut setelah melihat keseluruhan tampilan yang ada guru berkesan sangat monoton dalam memberikan materi. dimana seharusnya dalam menyampaikan materi guru bisa memberikan gambaran yang faktual, mengapa? karena dengan adanya media siswa sangat terbantu dalam memahami pembelajaran dengan melihat secara langsung bentuk bentuk sesuai dengan materi yang ada dalam pembelajaran. dalam video tersebut siswa juga terkesan bosan saat menerima materi yang diberikan oleh gurunya tersebut. dimana yang akhirnya siswa jadi sulit memahami maksud dari materi yang diberikan tadi. oleh karena itu hal yang penting dalam pembelajaran saat ini adalah media pembelajaran yang mana media tersebut sangat membantu para siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. oleh karena itu selain dengan media pendukung guru juga perlu menggunakan metode pembelajaran yang asik agar siswa tidak terkesan bosan saat menerima pembelajaran dan bisa dengan cepat memahami materi yang diberikan oleh guru.
NAMA: NINA MAISAROH
NIM: 85856115
PRODI : PGSD S1
POKJAR : KEPANJEN
Setelah saya mengamati video tentang “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD” pada adegan pertama terlihat pembelajaran kurang efektif, hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran, apalagi mata pelajaran IPA merupakan ilmu pasti dimana siswa perlu berpikir dalam mengembangkan nalar dan daya cipta, sehingga siswa paham dengan materi yang diajarkan, salah satu keberhasilan pengajaran IPA ditentukan oleh kemampuan guru itu sendiri di dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang bermakna sesuai dengan tujuan pengajaran, media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran, media pembelajaran akan membuat siswa lebih mengerti isi materi pembelajran dan tentunya pembelajaran akan lebih menyenangkan. Pembelajaran yang berkualitas akan memperoleh hasil belajar siswa yang maksimal. Pada adegan selanjutnya Guru sudah menggunakan daun sebagai alat peraga dan media pembelajaran, tentunya tidak ada alasan bagi guru untuk tidak menggunakan media pembelajaran, media pembelajaran dapat diperoleh dari lingkungan sekitar, terlihat dari video tersebut siswa lebih antusias terhadap pembelajaran dan lebih mengerti tentang bentuk-bentuk ddan jenis daun