silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Shela alda Evelin
Nim : 856027762 Program Studi : S1-PGSD
Pokjar : Binjai
UPBJJ-UT : Medan
Video: Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
Menurut saya, dari Video tersebut kelemahan gurunya yaitu tidak menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA di SD, guru juga tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, ice breaking agar peserta didik lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran serta mengecek kehadiran siswa. Seorang guru yang kurang memanfaatkan media dengan suatu pembelajaran akan berdampak buruk bagi peserta didik dan guru dianggap gagal atau kurang berhasil dalam mendidik, karena materi yang diberikan kurang dipahami oleh peserta didik.
Pada cuplikan video selanjutnya guru menggunakan media dengan mengambil daun di sekitar sekolah untuk pembelajaran IPA Di SD Dengan menggunakan media yang tepat diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar, selain itu siswa juga akan dengan mudah memahami suatu materi.
sekian pendapat dari saya
Nama: wulan eka pratamy
Nim : 856739955
Prodi : S1-PGSD
Setelah melihat vidio “guru tidak menggunakan media pembelajaran IPA SD” menerut pendapat saya terdapat kelemahan yaitu guru tersebut saat mengawali pembelajaran tidak melakukan absensi telebih dahulu kemudian tidak memberikan motivasi terhadap peserta didik. Dan seharus nya sebelum memulai pembelajaran guru tersebut seharusnya sudah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan jangan saat kita mulai menyampaikan materi pelajaran baru kita mencari cari media pembelajaran yang akan digunakan . karena dengan begitu akan mengurangi jam pelajaran yg bisa merugikan peserta didik.
Kelibahan guru dari vidio tersebut yaitu guru sudah menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan benda-benda yg ada dilingkungan sekolah ( guru mengambil berbagai bentuk daun). Dengan menggunakan media pembelajaran guru berharap peserta didik akan lebih cepat paham dan mengerti tentang materi yang disampaikan olehnya.
assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Perkenalkan,
Nama : Mety Febriyani
NIM : 857350485
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : UT-Bogor
Menurut saya video tersebut sudah cukup menarik, ibu guru sudah menjelaskan materi dengan cukup jelas disertai dengan contoh daun nya. Bu guru juga memanfaatkan sampel/media yang ada di lingkungan sekitar, hal ini menunjukan kreatifitas bu guru yang baik.
Nama : RIYANTI
NIM : 856976718
Prodi : 118/S1-PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Tugas : PDGK 4209/Pemantapan Kemampuan Mengajar
Semester : 6
Berdasarkan analisis saya pada seri pembelajaran IPA di SD yang berjudul “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
kekurangan yang terjadi pada saat ibu guru tersebut mengajar karena fasilitas atau bahan ajar ataupun media yang tidak ada atau tidak ditemukan, siswa tidak dipersiapkan dengan baik untuk mengeluarkan buku dan alat tulisnya, guru tidak mempersiapkan materi yang akan diajarkan kepada murid -murid dan tidak mempersiapkan bahan ajar serta media yang akan disampaikan kepada murid sesuai materi.
Perlu diketahui sebagai guru kita harus menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menyampaikan materi apalagi materi dan pembelajaran IPA yang mana pelajaran IPA membutuhkan praktik dan media yang dapat menunjang pembelajran.
Walaupun dalam hal ini media yang sudah digunakan pada saat guru menjelaskan tentang materi “Daun” guru tidak perlu membeli atau susah payah menyediakan daun sintetis guru harus mengedepankan ide dengan mempersiapkan berbagai jenis-jenis daun yand dapat diambil dari alam sekitar atau menugaskan murid -murid beberapa hari sebelum materi untuk membawa berbagai jenis daun yang ada di sekitar rumah mereka.
Sehingga murid murid dapat melihat,mengamati,dan merasakan (memegang)berbagai jenis daun.
Selain itu guru juga dapat menampilkan video atau gambar yang dapat menunjang materi jenis jenia daun.
Dengan begitu murid murid tidak kebingungan dalam memahami materi yang diberikan,dengan adanya media pembelajaran murid murid lebih antusias dan semangat dalam mendalami materi.
Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran sangat penting untuk menunjang penyampaian dan pemahaman materi pada kegiatan belajar mengajar.
Nama : ISRORUL MUFARROHAH
Nim : 858738371
Prodi : PGSD BI
Dalam rekaman video yang saya lihat yaitu Guru tidak memakai media atau alat bantu pada proses pembelajaran IPA di SD. Dengan begitu menurut saya, kekurangan yang ada pada saat guru memberikan pelajaran yakni guru kurang mempersiapkan materi yang disampaikan serta tidak menyediakan bahan ajar atau media. Padahal hendaknya seorang guru harus bisa kreatif serta lincah dalam menyampaikan materi, sehingga dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran materi IPA guru tidak kesusahan dan akan dapat membantu pemahaman siswa lebih efektif dan lebih baik. Dengan begitu media pembelajaran sangat sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar di kelas yang nantinya akan sangat berdampak pada pemahaman siswa sehingga siswa lebih mudah memahami apa yang sedang dipelajari di kelas.
Nama : Vella Alenta
Nim : 856038772
Program Studi : S1-PGSD
Pokjar : Binjai
UPBJJ-UT : Medan
Video: Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
Dalam video tersebut yang mana guru tidak menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi Ipa sehingga banyak siswa yang tidak dapat memahami materi yang disampaikan. Siswa sekolah dasar belum mampu untuk berfikir abstrak yang mana meminta siswa menghayalkan bentuk-bentuk daun dari video tersebut mengajarkan kita bahwa pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi Ipa. Seharusnya seorang guru harus bisa kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan mengembangkan media pembelajaran Ipa sehingga konsep Ipa yang akan diajarkan mudah dipahami oleh siswa sekolah dasar.
Nama : Muchamad Agus Alek
NIM : 857758632
prodi : PGSD – BI
dalam video yang disajikan, seorang guru sedang menerangkan materi daun pada mata pelajaran IPA. sebuah pembelajaran yang hanya disajikan secara verbal oleh seorang guru tanpa didukung media pembelajaran, sehingga terjadi pembelajaran satu arah, berpusat pada guru dan kurang bermakna. siswa nampak kesulitan memahami materi, tidak bisa menangkap secara kongkrit apa yang disampaikan oleh guru dan terlihat pasif.
Disadari atau tidak media pembelajaran adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. media pembelajaran bisa berupa audio, visual dan gabungan keduanya. media pembelajaran juga bisa didapatkan dari lingkungan sekitar.
pada pertengahan video dapat kita lihat perbedaan yang signifikan, ketika guru mulai memanfaatkan daun-daun yang ada di sekitar kelas (lingkungan sekolah) sebagai media pembelajaran. siswa lebih mudah memahami materi bentuk-bentuk daun yang di sajikan oleh guru. motivasi belajar siswa meningkat dan suasana pembelajaran menjadi aktif.
Nama : Serli Octharina
NIM : 856734988
Program Studi : S1 PGSD
Berdasarkan analisis saya pada tayangan video yang berjudul “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
Terdapat beberapa kekurangan yaitu, guru tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, menanyakan kabar, berdoa ataupun mengecek kehadiran siswa. Dalam video tersebut, guru menggunakan metode ceramah. Guru menjelaskan tentang macam-macam bentuk daun, akan tetapi guru tidak menggunakan media apapun pada pembelajarn tersebut, sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang dijelaskan oleh guru dengan baik. Seharusnya, sebelum kegiatan pembelajaran dimulai guru sudah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan.
Pada lanjutan video tersebut, guru mengambil daun yang ada di lingkungan sekolah yang kemudian digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan siswa dapat mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru.
Penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting, sebab dengan menggunakan media siswa dapat dengan mudah memahai materi, selain itu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, menarik, dan menyenangkan.
seharusnya guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran. Dan saat proses pembelajaran berlansung terlihat guru tidak menggunakan media Sehingga siswa merasa kebingungan dengan penjelasan guru.ketika guru menggunakan media yang ada di sekitar sekolah siswa lebih tertarik, aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
Nama : NUR ISTIQOMAH
Nim : 858745843
Prodi : PGSD BI
Dalam rekaman video yang saya lihat yaitu Guru tidak memakai media atau alat bantu pada proses pembelajaran IPA di SD. Dengan begitu menurut saya, kekurangan yang ada pada saat guru memberikan pelajaran yakni guru kurang mempersiapkan materi yang disampaikan serta tidak menyediakan bahan ajar atau media. Padahal hendaknya seorang guru harus bisa kreatif serta lincah dalam menyampaikan materi, sehingga dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran materi IPA guru tidak kesusahan dan akan dapat membantu pemahaman siswa lebih efektif dan lebih baik. Dengan begitu media pembelajaran sangat sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar di kelas yang nantinya akan sangat berdampak pada pemahaman siswa sehingga siswa lebih mudah memahami apa yang sedang dipelajari di kelas.