silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Nama : Santika Pangaribuan
    Nim. : 855974893
    Pokjar : Tanjungbalai
    Menurut saya dalam video pertama guru hanya menjelaskan macam macam daun dan bentuk bentuk nya tapi tidak menunjukan bentuk asli daun tersebut sehingga siswa tidak mengerti dan tidak dapat membedakan bentuk daun tersebut
    Pada video selanjutnya guru memakai media pembelajaran yang diambil dari lingkungan sekitar berupa beberapa bentuk daun dan menunjukan kepada siswa ,Daan siswa tersebut bisa lebih mudah mengerti dan dapat membedakan daun tersebut

  2. Nama : Indah Sari Sinaga
    Nim :856039846
    Pokjar : Tapteng
    Assalamualaikum wr.wb
    Izin menanggapi tentang video diatas tentang “Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD ”
    Menurut pendapat saya seharusnya guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran. Dan pada saat proses pembelajaran berlansung guru terlihat tidak menggunakan media belajar . Sehingga siswa merasa kebingungan dengan penjelasan guru. Maka dari itu , topik permasalahan sebenarnya yaitu tentang “guru tidak menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA”. Dalam pembelajaran IPA, media sangat diperlukan yang mana media tersebut dapat memotivasi siswa, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.

    Terlihat jelas perbedaan, ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media, awalnya siswa terlihat bingung sampai ketika guru menggunakan benda nyata (daun) timbul antusias mereka terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.
    Saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh pakar, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran sebab di era sekarang ini guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran yang kreatif. media pembelajaran tidak harus beli yang mahal, guru bisa memanfaatkan media pembelajaranyang yang ada di lingkungan sekitar.
    Sekian dan terima kasih
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  3. Nama : M. Iqbal Hadijuanto
    Nim : 858808969
    Program studi : PGSD

    Dari video yang pertama guru kurang persiapan. Perlu diketahui sebagai guru kita harus menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menyampaikan materi apalagi materi dan pembelajaran IPA yang mana pelajaran IPA membutuhkan praktik dan media yang dapat menunjang pembelajran. Guru belum menyiapkan media yang akan dipelajari sehingga masih kebingungan dalam proses pembelajaran

    Dari video yang kedua guru sudah menyediakan media pembelajaran dari tumbuh tumbuhan secara langsung yang membuat siswa tau dan mengerti akan materi yang disampaikan. Medi tersebut dapat dirancang khusus sesuai kebutuhan pembelajaran guna untuk menunjang pelaksanaan proses pembelajaran.

  4. Nama rupiah
    Nim 858034448
    Setelah menyimak vidio pembelajaran tersebut saya mendapati beberapa kekurangan. Seperti halnya murid jadi kurang aktif atai pasif di karnakan kurangnya media untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam pada siswa

  5. Nama: Rahmayani
    Nim: 855995106
    Pokjar: Asahan

    Menurut saya pada video pembelajaran pertama guru tidak menggunakan media, hanya menjelaskan materi tentang macam macam daun. Sehingga siswa kurang memahami tentang materi karena proses pembelajaran hanya dengan metode ceramah saja. Namun pada video pembelajaran yang kedua setelah perbaikan guru menggunakan metode dengan mengambil berbagai macam daun yang ada di lingkungan sekolah. Sehingga siswa lebih memahami tentang materi pelajaran karena dapat melihat media langsung contoh contoh daun.

  6. Nama : Niarotul Anjumi
    Nim : 856956296
    Program Studi : S1-PGSD
    Pokjar : Rawa Pitu
    UPBJJ:Bandar Lampung
    Video: Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD

    Menurut saya, dari Video tersebut kelemahan gurunya yaitu tidak menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA di SD, guru juga tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan seperti berpikir salam, berdoa, pemecah kebekuan agar peserta didik lebih semangat untuk mengikuti proses pembelajaran serta mengecek kehadiran siswa. Seorang guru yang kurang memanfaatkan media dengan suatu pembelajaran akan berdampak buruk bagi peserta didik dan guru dianggap gagal atau kurang berhasil dalam mendidik, karena materi yang diberikan kurang dipahami oleh peserta didik.

    Pada cuplikan video selanjutnya guru menggunakan media dengan mengambil daun di sekitar sekolah untuk pembelajaran IPA Di SD Dengan menggunakan media yang tepat diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam belajar, selain itu siswa juga akan dengan mudah memahami suatu materi.
    sekian pendapat dari saya

  7. Nama : SULIS SETIAWARNI
    Nim : 856077158
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : UT Batam

    Menurut pendapat saya Dari video yang saya simak diatas , dari kegiatan awal pembelajaran guru tidak memberikan salam masuk kelas dan kurangnya apersepsi yang dilakukan guru tersebut, sehingga cenderung tidak ada komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Tidak ada motivasi yang diberikan oleh guru kepada siswa yang nantinya selama kegiatan pembelajaran siswa. Kemudian hal yang paling penting adalah selama pembelajaran harus menggunakan media pembelajaran namun pada video tersebut hanya menggunakan metode ceramah yang pasti siswa akan kurang merespon secara baik tentang materi yang diajarkan, apalagi materi pembelajaran IPA.Media pembelajaran sangatlah penting untuk meningkatkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dan hasil belajar siswa akan lebih baik lagi.

  8. Nama : NOVI AYU LESTARI
    NIM : 856982428
    Prodi : 118/S1-PGSD
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Tugas : PDGK4209/Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Semester : 6

    Berdasarkan analisis saya setelah mengamati seri pembelajaran IPA di SD yang berjudul “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”

    Anak/siswa dikelas tersebut antusias dengan penjelasan guru, namun mereka kurang memahami apa yg di sampaikan oleh guru nya.
    Ada kelemahan yang terjadi pada situasi pembelajaran ini. Salah satunya yaitu tidak menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan ide, atau gagasan berupa bahan ajar untuk merangsang pikiran, emosi, minat dan perhatian siswa. Media dapat meningkatkan minat belajar siswa, siswa akan mempunyai pengalaman berbeda ketika belajar menggunakan media.

    Perlu diketahui, bahwa sebagai guru kita harus menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menyampaikan materi dan membuat media yang dapat menunjang pembelajaran. Media pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempercepat proses pemahaman.
    Sehingga media pembelajaran di katakan sangat penting pada suatu proses pembelajaran.

    Seharusnya guru tersebut tidak perlu mengeluh akan biaya yg digunakan untuk mencari media. Dalam proses pembelajaran tersebut kita manfaatkan daun yg ada di sekitar kita untuk media. Dengan menggunakan media anak akan lebih memahami dan mengingat.

  9. Nama : Rizka Tara Hafizhah
    Nim : 856026262
    Program Studi : S1-PGSD

    Setelah saya menyaksikan video ‘’Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA di SD’’ terlihat bahwa memang sangat pentingnya peran ”media belajar” dalam kegiatan pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA yang memang sesungguhnya banyak sekali materi yang harus dilakukan secara nyata (langsung) atau experimen. Dalam video tersebut guru tidak terlihat menggunakan media dalam pembelajarannya, sehingga ia mengalami kesulitan dalam memahamkan isi materi pembelajaran kepada para siswa pada suatu benda nyata.

    Namun jelas terlihat perbedaan, ketika guru tersebut telah menggunakan media pembelajaran pada kegiatan belajarnya. Pada awalnya siswa terlihat bingung saat guru menggunakan benda nyata (daun) yang menimbulkan efek antusias pada siswa terhadap materi yang disampaikan yaitu mengenal jenis-jenis daun tersebut.Sehingga dapat disimpulkan, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menggunakan media pembelajaran, karena memang sudah seharusnya seorang guru dituntut untuk mampu memanfaatkan sumber belajar yang beragam dan menyiapkannya dalam pembelajaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

  10. Nama : Nur Hidayatulloh
    Nim : 858912577
    Pokjar : Tegaldlimo
    Starta 1 PGSD

    Berdasarkan analisis saya pada tayangan video yang berjudul “Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
    Terdapat beberapa kekurangan yaitu, guru tidak melaksanakan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, menanyakan kabar, berdoa ataupun mengecek kehadiran siswa. Dalam video tersebut, guru menggunakan metode ceramah. Guru menjelaskan tentang macam-macam bentuk daun, akan tetapi guru tidak menggunakan media apapun pada pembelajarn tersebut, sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang dijelaskan oleh guru dengan baik. Seharusnya, sebelum kegiatan pembelajaran dimulai guru sudah menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan.
    Pada lanjutan video tersebut, guru mengambil daun yang ada di lingkungan sekolah yang kemudian digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan siswa dapat mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru.
    Penggunaan media dalam pembelajaran sangat penting, sebab dengan menggunakan media siswa dapat dengan mudah memahai materi, selain itu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, menarik, dan menyenangkan.

Leave a Reply