silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Nama : Fitrotus Sa’diyah
    NIM : 858913221
    UPBJJ : UT-Jember

    Assalamu’alaikum Wr,Wb.

    setelah saya mengamati vidio pembelajaran anak SD tentang “Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA”. Saya temukan ada beberapa hal yang perlu dianalisis dari vidio tersebut, diantaranya :
    1. pentingnya alat peraga pada pembelajaran.
    Alat peraga merupakan peranan penting dalam proses pembelajaran yaitu sebagai alat bantu untuk proses pembelajaran. Pada usia anak Sekolah Dasar mereka masih berpikir konkrit sehingga ketika pembelajaran harus dapat menarik perhatian siswa, harus bisa meningkatkan daya imajinasi dan merangsang daya fikir, nalar siswa sehingga dapat siswa akan mudah menguasai materi pelajaran tersebut.

    2. Pentingnya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
    Munurut saya di dalam vidio tersebut guru menyampaikan hanya dengan metode ceramah. Hal ini akan membuat anak merasa bosan dan tidak bersemangat. Bila di dalam proses pembelajaran guru menggunakan berbagai variasi mengajar seperti, metode tanya jawab, eksperimen, dan lain sebagainya. maka peserta didik akan merasa senang, dan merasa tidak bosan. Sebaliknya, jika guru tidak menggunakan variasi mengajar dengan baik, maka peserta didik akan bosan dan menjadi suasana yang membosankan.

  2. Nama: Desma Sari Asih
    NIM: 858650699
    Analisis permasalahan pembelajaran pada video:
    1. Identifikasi masalah:
    – Guru tidak memberikan apersepsi pada kegiatan awal pembelajaran
    – Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA SD
    2. Analisis penyebab masalah: sulit mencari media yang tepat, waktu yang terbatas, Tidak ada biaya untuk membeli media, guru kurang memanfaatkan media yang ada disekitar sekolah.
    3. Alternatif pemecahan masalah:
    – Memberikan apersepsi di kegiatan awal pembelajaran
    – Menggunakan media yang ada di sekitar sekolah
    4. Tujuan perbaikan: Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA SD
    5. Rumusan judul PKP: Peningkatan Pembelajaran IPA SD dengan menggunakan media pembelajaran

  3. Kelemahannya :
    – Pada di awal video guru tidak mengucapkan kegiatan awal seperti salam, berdoa dan tidak mempersiapkan murid agar disiplin saat mengajar yang akan disampaikan nanti. Guru langsung menyapa siswa sehingga siswa terlihat belum siap untuk belaja.
    – Guru tidak menggunakan alat peraga atau media gambar, sehingga siswa tidak memahami materi tersebut.
    – Guru tidak mempersiapkan materi dan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan

    Kelebihannya :
    – Guru menggunakan alat media sehingga siswa memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
    – Guru menjelaskan alat media dengan jelas agar siswa memahami materi tersebut
    – Siswa aktif dalam pelajaran tersebut sehingga membuat siswa paham .

    Saran perbaikan
    Pada diawal kegiatan guru harus mengucapkan salam , doa dan merapikan tempat duduknya agar siswa lebih disiplin saat mengajar. Guru harus memberi yel yel sebelum materi dimulai agar siswa lebih semangat dalam belajar. Guru juga harus menggunakan media agar siswa memahami materi tersebut. Guru tidak menggunakan sistem diskusi sehingga siswa kurang aktif dalam belajar

  4. Nama : Arifinanda Pane
    Nim : 855994974
    UPBJJ : Medan
    Program Studi : S1-PGSD
    Pokjar : Asahan
    Di sini saya akan menganalisis vidio tersebut
    Menurut saya guru dalam video ini hanya membuka pembelajaran tanpa melalui apersepsi. Padahal dengan adanya apersepsi diawal akan memberikan kesan yang baik hingga pembelajaran usai. Dan didalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi. Dalam pembelajaran IPA , media sangat diperlukan untuk menuntun tercapainya keberhasilan dalam pembelajaran, memotivasi siswa, mempermudah guru dalam menyampaikan materi, memperjelas materi yang disampaikan oleh guru hingga siswa lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan.

    Pada video tersebut terlihat jelas perbedaan antara “guru tidak menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA SD”. dan “guru menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran IPA SD”. Pada saat guru tidak menggunakan media murid terlihat kebingungan, hingga akhirnya guru menggunakan media benda nyata seperti daun terlihatlah murid mulai antusias mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru tersebut.

    Kesimpulan saya tentang vidio tersebut : Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran karena guru dapat menyampaikan materi kepada siswa menjadi lebih bermakna. Guru tidak hanya menyampaikan materi berupa kata-kata dengan ceramah tetapi dapat membawa siswa untuk memahami secara nyata materi yang disampaikan tersebut.

  5. Dari video di atas tentang guru tidak menggunakan media dalam melakukan pembelajaran. Dapat diperhatikan secara seksama bahwa peran media belajar dalam menunjang peningkatan pemahaman baik konsep, makna, penguasaan pembelajaran memiliki peran yang amat sangat penting.
    Dilihat dari penampilan awal peserta didik banyak yang mengalami kebingungan dalam mendeskripsikan atau imajinasikan bentuk dari daun yang sedang dijelaskan atau disampaikan oleh guru.
    Maka benar dari itu bahwa media memiliki peranan untuk membantu anak dalam mengimajinasikan dan menggambarkan apa yang sedang disampaikan oleh guru.

  6. NAMA : NILAWATI RITONGA
    NIM : 859881429
    POKJAR : PADANG SIDEMPUAN
    JURUSAN : SI PGSD
    SEMSETER : 2 MASUKAN BI

    menurut saya tentang video pembelajaran di atas bahwa media pembelajaran sangat membantu proses pembelajaran, sebab guru yang kratif merupakan guru yang banyak akal dan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk menjadi medai yang sesuai dengan materi yang sedang di pelajari, apalagi pada mata pelajarn IPA sangat membantu sekali dalam penggunaan media agar siswa lebih semangat belajar dan pembalajaran lebih menarik.

  7. Nama : Riski Damayanti
    NIM : 859868587
    Pokjar : Pargarutan

    setelah menyimak video diatas, sangat terlihat jelas pada kegiatan awal sedikitnya apersepsi yang dilakukan oleh guru tersebut, maka akhirnya kegiatan tersebut cenderung tidak berjalan dengan baik antara guru dan peserta didik. pada kegiatan inti guru kurang termotivasi untuk menyampaikan materi terlihat dari video tersebut guru langsung ke inti pelajaran tanpa memberikan kaitan dan tujuan akan materi yang akan dicapai, selanjutnya metode yang dibawakan oleh guru juga cenderung monoton yaitu menggunakan metode ceramah yang dimana penerimaan peserta didik kurang maksimal.

    Terakhir pada kegiatan selanjutnya guru menjadi komunikatif dan menggunakan alat peraga yang menjadi daya tarik dan focus peserta didik untuk menjadi lebih kondusif dan aktif dalam mengikuti materi yang mana materinya dilengkapi dengan alat peraga.
    Dari video diatas dapat saya simpulkan bahwa di era sekarang ini metode dan media memang harus dilaksanakan dalam mencapai tujuan dan pembelajaran..dimana guru harus dituntut untuk menyampaikan materi sekreatif mungkin agar siswanya dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik dan maksimal. terima kasih.

  8. Nama: Sora Resti Purwaningsih
    Nim: 856735062
    Program studi: S1 PGSD
    Menurut saya dalam tayangan video diatas terdapat beberapa kekurangan yaitu guru tidak menggunakan Media didalam pembelajaran IPA di SD.
    Guru juga tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa , mengecek kehadiran dan memberi motivasi siswa.
    Seharusnya guru sebelum memulai pelajaran hendak nya mempersiapkan bahan ajar dan media pembelajaran yang akan digunakan agar pembelajaran berjalan efektif sehingga siswa dapat lebih mudah memahami, mengamati pembelajaran yang sedang diajarkan .
    Seharusnya siswa diajak mengambil media yang ada dilingkungan sekitar , seperti yang ada didalam video penggunaan daun media daun yang dapat diperoleh disekitar lingkungan sekolah.
    Sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan.

  9. Pada video pembelajaran tersebut guru kurang melakukan apersepsi tentang materi yang akan di sampaikan, sehingga siswa tidak aktif dalam menerima materi atau menjawab pertanyaan dari guru, dan guru tidak mempersiapkan atau menyediakan bahan atau media misalnya guru tidak menyediakan gambar- gambar dari bentuk-bentuk daun atau guru tidak menyediakan langsung beberapa tanaman atau jenis-jenis daun Yang bisa di jadikan contoh dari bentuk-bentuk daun agar bisa di lihat langsung oleh siswa, karena dengan melihat contoh langsung siswa akan lebih paham dan lebih mengenal bentuk daun yang bisa dilihat siswa di lingkungan sekitar Meraka.
    Dan pada video ke dua guru menyediakan media yaitu contoh dari bentuk-bentuk daun dengan meyediakan jenis bentuk daun dengan demikian siswa lebih paham dan mengenal jenis bentuk daun dan siswa lebih aktif memberikan respon dari guru.
    Dari video tersebut sebagai guru seharusnya mempersiapkan semua bahan ajar baik itu media, alat ajar yang berhubungan dengan materi agar tercipta pembelajaran dikelas yang aktif dan menyenangkan.

  10. Nama : indah rahmawati

    Nim : 856484352

    Prodi : pgsd

    Pokjar : dumai

    Hallo teman2 semua , semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan dilancarkan segala urusannya

    Saya setuju dengan mc dalam video di atas , sangat penting bagi guru dalam mempersiap kan media belajar , yang mana banyak media belajar yg bisa digunakan oleh guru yaitu : media gambar , virtual , media cetak , dll . Dan guru juga harus bisa sekreatif mungkin dalam penggunaan media belajar tersebut agar dapat menumbuh kan minta siswa terhadap materi yang di berikan .

Leave a Reply