silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Setelah menyimak video ini seharusnya sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu melakukan apersepsi agar siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengecek kehadiran siswa.
jelas terlihat perbedaan ketika guru sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
Sebelum guru menggunakan media siswa terlihat kebingungan dalam mengikuti pembelajaran, dan siswa tidak semangat dalam belajar.
Setelah guru menggunakan media nyata (daun) siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran, lebih antusias dan semangat dalam belajar.
Nama Mahasiswa : Arif Wahyu Hidayat
NIM : 857159212
Prodi : PGSD BI
Judul video “Guru tidak menggunakan media pembelajaran IPA SD”
Setelah saya mengamati Video diatas tersebut, menurut saya:
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan Guru adalah kurang antusias, kurang menarik sehingga motivasi dan semangat siswa untuk memahami pembelajaran tersebut tidak maksimal. Hal ini menunjukkan respon yang kurang efisien saat melakukan pembelajaran didalam kelas.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah
a. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti mengucapkan salam, menyapa siswa, berdoa, mengecek kehadiran dan mengecek kesiapan serta memberikan motivasi atau mengingatkan kembali materi sebelumnya.
b. Guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa kurang semangat. Dengan demikian, hal tersebut dapat membuat siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru tersebut.
c. Guru tersebut kesulitan dalam menjelaskan jenis-jenis daun kepada siswa.
d. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terjadi verbalisme data, fakta, prinsip dan konsep, karena guru harus pintar merancang pembelajaran dan memiliki kualitas untuk mengelola lingkungan menjadi media dan sumber belajar yang baik.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah,
a. Guru tersebut tidak menyerah dalam mencari media pembelajaran ke siswa agar metode pembelajaran lebih mudah dimengerti.
b. Guru tersebut akan lebih mudah menjelaskan jenis-jenis daun kepada siswa tersebut.
c. Guru memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran sederhana.
4. Hal unik apa yang saya temukan dalam Vidio tersebut?
a. Siswa seperti kebingungan setelah mendengarkan penjelasan dari guru tentang jenis-jenis daun karena guru hanya menjelaskaan secara verbal.
b. Siswa mengobrol dengan teman sebangkunya.
5. Upaya dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran berikutnya adalah
a. Suasana kelas yang aktif, kreatif, dan inovatif, membangun proses pembelajaran dengan baik dan menyenangkan didalam kelas.
b. Guru diharapkan mampu menerapkan metode serta media pembelajaran yang bervariasi. dalam kasus diatas, maka guru tersebut harus menggunakan media pembelajaran dari beberapa jenis daun. serta gambar bentuk-bentuk daun
c. Guru juga sebaiknya melakukan pemanasan/semangat dengan ice breaking agar memotivasi siswa untuk tanya jawab.
Nama : Rofikoh
NIm : 857158392
Prodi : S1 PGSD (UPBJJ Jakarta)
Menurut saya video ini berisi tentang masalah yang sering dihadapi sebagian guru saat mengajar yaitu tidak menggunakan media pembelajaran, banyak alasan yang dipaparkan guru mengapa tidak menggunakan media pembelajarn saat kegiatan belajar mengajar dilakuakan, salah satunya kesulitan mendapatkan media yang sesuai, padahal banyak sekali media pembelajaran yang dapat digunakan guru baik media dari lingkungan maupun media yang sudah ada dan juga sudah mudah digunakan seperti media audio, media visual ataupun media audi-video visual. melalui video ini diharapkan rekan-rekan guru tidak lagi membuat alasan tidak mengggunakan media karena tujuan penggunaan media pembelajaran antara lain membuat siswa lebih mudah mempelajari materi yang sedang siswa pelajari dan yang sedang diajari guru.
Nama : Neneng Masturoh
NIM : 857153426
Jurusan : PGSD S1
Pada video ini, pada pembelajaran IPA, guru perlu menggunakan media konkret, agar siswa bisa melihat langsung. Sehingga sebelum guru masuk ke dalam kelas, guru perlu memiliki kreativitas dan menyiapkan alat peraga, misalnya guru dalam pembelajaran IPA tentang daun, maka guru harus menyiapkan berbagai daun agar anak berpikir dan kegiatan pembelajaran bisa menggunakan metode tanya jawab, sehingga siswa bisa menjawab tentang ciri-ciri daun tersebut karena melihat bendanya langsung. terimakasih
Assalammualaikum. Wr. Wb
Nama : Sustriana
NIM : 856798246
Kelas : 2A
Setelah menonton video pembelajaran terkait proses pembelajaran yang tidak menggunakan media menurut saya proses pembelajaran tersebut akan sulit dipahami oleh siswa dan tidak bermakna bagi siswa, karena didalam video siswa hanya mendengarkan guru menjelaskan materi tidak adanya interaksi timbal balik antara guru dan siswa. Walaupun guru menjelaskan semaksimal mungkin pembelajaran tersebut akan sulit dipahami tanpa adanya pembelajaran bermakna untuk siswa. Jelas akan berbeda dengan guru yang menggunakan media saat pembelajaran siswa akan lebih fokus untuk mengikuti pembelajaran karena media dapat menarik perhatian dan minat belajar siswa. Guru harus memilih dan menggunakan media yang menarik agar perhatian siswa terfokus.
Terima kasih….
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Nama : muhammad dwi prayogi
Nim : 858671109
Prodi : pgsd semester 8
Assalamu’alaikum
Saya akan Menanggapi video pembelajaran di atas, menurut pendapat saya guru belum menyampaikan apa yang seharusnya menjadi kegiatan awal pembelajaran, guru hanya memberikan sapaan kemudian langsung pada materi. Tidak ada apersepsi, tidak menyampaikan tujuan yang akan dicapai serta manfaat mempelajari materi, juga tidak menyampaikan garis besar materi yang akan dipelajari. Selain itu, dalam menyampaikan sebuah materi, guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Penyebabnya adalah guru kurang mempersiapkan media yang akan digunakan untuk mengajar. Dikarenakan sulitnya menemukan media yang tepat, waktu persiapan yang terbatas dan kurangnya biaya untuk membeli media.
Sebagai seorang tenaga pendidik, hal yang perlu dilakukan agar siswa mudah dalam memahami materi yang disampaikan adalah menjadikan kegiatan belajar mengajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
Hal diatas seharusnya tidak perlu sampai terjadi, guru harus pintar dalam merancang pembelajaran dan memiliki kreativitas untuk mengolah lingkungan menjadi media dan sumber belajar yang baik.
Terjadi perbedaan yang sangat signifikan, ketika sebelumnya guru menyampaikan pembelajaran tanpa menggunakan media dan sesudah guru mengajar menggunakan media. Siswa lebih mudah memahami materi ketika guru menggunakan media pembelajaran.
Dari permasalahan yang terjadi ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat penting untuk menunjang penyampaian dan pemahaman materi pada kegiatan belajar mengajar.
Nama : muhamad soleh
Nim : 857081641
Prodi : S1 PGSD
Ibu guru tersebut tidak melakukan aperepsi ketika pembelajaran awal baru dimulai seperti berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran, lalu mengabsen para siswa nya dan selanjutnya nya memberikan intermezo motivasi kepada para siswa sebelum pembelajaran dimulai. Selanjutnya seharusnya ibu guru tersebut melakukan review atau mengulang sekilas materi pembelajaran ipa yang terdahulu pernah diajarkan kepada siswa agar siswa mengingat kembali materi sebelum nya.. selanjutnya ialah bu guru tersebut mengajar tidak menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan para siswa ketika dikelas… sehingga para siswa kebingungan tidak ada gambaran dalam menerima pelajaran. Alangkah baiknya ibu guru menyiapkan media pembelajaran sederhana yang dapat dicari diluar kelas agar anak-anak bisa mendapatkan gambaran tentang wujud bentuk daun yang sedang buguru terangkan tersebut didalam kelas. Bila buguru sudah melakukan prosedur pembelajaran dengan baik alangkah baiknya melontarkan pertanyaan kepada para siswa nya apakah ada siswa yang ingin bertanya berkaitan tentang materi yang saat ini kita pelajari. Bila ada jawab sebaik mungkin lalu berikan tes formatif untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa menangkap materi pembelajaran pada hari ini. Lalu hasil tes itu dibuat acuan keberhasilan pembelajaran pada hari ini. Bila di rasa cukup tutup lah kegiatan pembelajaran ini dengan membaca doa lalu berikan pesan kepada siswa untuk selalu belajar dirumah membuka buku, mempelajari materi selanjutnya agar siswa memiliki gambaran tentang materi selanjutnya pelajaran yang akan di pelajari. Kurang lebih nya trmksh bilahi taufiq wal hidayah wal inayah wasalamualaikum wr wb trmksh
Guru sangat membutuhkan media pembelajaran sebagai alat yang membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Terlihat jelas perbedaan ketika guru menjelaskan tanpa menggunakan media dibandingkan dengan penggunaan media. Siswa menjadi lebih memahami pelajaran dengan lebih baik. Adanya kendala dalam menyediakan media pembelajaran seperti keterbatasan waktu, keterbatasan biaya, atau keterbatasan persiapan. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk bersikap kreatif dalam merancang dan menyiapkan media pembelajaran yang dapat mendukung siswa dalam pembelajaran.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Nama : Rahma Setiya Budiharti
NIM : 858743699
Jurusan : PGSD-BI Kelas 2F
Setelah menonton proses pembelajaran IPA tanpa menggunakan media tersebut, menurut saya kegiatan pembelajaran tersebut dapat dikatakan gagal dan tidak bermakna bagi peserta didik karena kurangnya inovasi dan kreativitas yang seharusnya dimiliki oleh guru sebagai pengajar yang sedang mengajarkan sebuah konsep faktual kepada peserta didiknya. Selain itu, peserta didik tidak dilibatkan dalam menemukan jenis-jenis daun dengan inisiatif mereka sendiri. Dalam video pembelajaran tersebut, guru terlalu aktif dan peserta didiknya pasif dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Menurut pendapat saya, guru dapat menggunakan media sederhana seperti menggambarkan terlebih dahulu beberapa contoh macam-macam daun di papan tulis, kemudian meminta peserta didik untuk menemukan macam-macam daun yang kongkret di lingkungan sekolah sebagai bentuk aktivitas pembelajaran yang menarik dan inovatif.
Terima kasih…
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
nama:bela tirta putri .p.
Nim :856948733
Pokjar salut way tuba
Dari vidio yang saya simak diatas. Dari bagian pendahuluan guru kurang cara mengajarnya. Mnurut saya itu sangat simpel dan sangat tertuju dalm pelajaran. Tidam ada absensi dan lainya. Dan di dalam mengajar guru tidak menggunakan media belajar. Sangat sulit di pahami siswa apabila kuranhya media pembelajaran. Krna dengan adanya media pembelajaran siswa jadi tau dan mudaj memahami dalam hal pelajaran tersebut.
Lalu dengan akal pikiran guru yang cerdas. Guru menggunakan media yang ada. Seperti daun jambu. Daun ubi, daun pepaya dll. Dri cara tersebut siswa adi tertarik dalam hal belajar dan mudah di mengerti oleh siswa.