silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
  2. Analog kesamaan atau perbedaannya,
  3. Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.

Cecep Kuatandi

Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.

Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S

Similar Posts

1,196 Comments

  1. Bismillah…
    Nama : Amalia Pratiwi
    Nim : 856038038
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan

    Dari Video Pembelajaran tersebut dapat kita lihat perbedaan. Pembelajaran tidak menggunakan Media dan sumber belajar, dengan pembelajaran Menggunakan Media.

    Ketika tidak menggunakan Media, siswa terlihat kebingungan, dan tidak memahami apa yang disampaikan Guru. Tetapi ketika Guru lebih Kreatif, Dengan menggunakan Benda-benda yang ada dilingkungan Sekolah untuk dijadikan Media, Siswa terlihat lebih aktif, dan Memahami pelajaran. Tetapi disamping itu, menurut saya juga ada beberapa hal yang perlu dilakukan Guru seperti :
    (1) Merancang RPP. Agar Guru memiliki acuan ketika akan memberikan materi dan menyiapkan Hal-hal apa saja yang akan dibutuhkan dalam proses pembelajaran.
    (2) Memperhatikan Kegiatan Awal hingga akhir, Dimana Sebaiknya seorang Guru Melakukan Kegiatan awal pembelajaran. Seperti Salam, mengecek Kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran atau bisa ditambah dengan Ice breaking. Tujuannya apa? Agar siswa lebih bersemangat, fokus dan paham tujuan dari Materi yang akan dipelajari.

  2. Nama : Sapta okta rina
    NIM : 857000595
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Ambarawa
    Dari Video menyoroti tantangan dalam pembelajaran IPA, terutama dalam penggunaan media. Awalnya, guru menjelaskan konsep daun secara verbal, kurang efektif tanpa visualisasi. Penggunaan media penting untuk memvisualisasikan materi. Refleksi guru positif setelah menyadari masalah. Menggunakan daun nyata menunjukkan adaptasi terhadap keterbatasan. Pelajaran: pentingnya media yang sesuai dan kreativitas guru. Refleksi dan penyesuaian metode juga penting untuk hasil belajar yang optimal.

  3. Nama : Ayu Nisara
    NIM : 858056181
    Pokjar : Melawi
    UPBJJ : Pontianak

    1. Setelah mengamati video di atas, dapat kita lihat bahwa kondisi siswa pada saat ibu masuk ke ruangan kelas siswa sudah menunjukkan kesiapan belajar dengan cara duduk yang rapi dan ketika proses pembelajaran berlangsung siswa juga terlihat aktif dan sangat antusias dalam merespon atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ibu berikan namun pada saat guru menanyakan bentuk dan rupa daun kepada siswa dapat kita lihat bahwa ada sebagian siswa yang terlihat kebingungan dan setelah guru memberikan penjelasan serta mengambil langsung media yang berupa daun-daunan siswa menjadi aktif dan mereka juga lebih mudah dalam menerima penjelasan yang ibu berikan.
    2. Video di atas juga memiliki kelemahan dan kekurangannya adapun kelemahannya saya lihat dari video tersebut adalah sebagai berikut ;
    •guru tidak mengajak siswa
    melakukan kegiatan berdoa
    sebelum memulai pembelajaran
    •guru tidak melakukan apresiasi
    •guru tidak menyiapkan terlebih
    dahulu media yang digunakan
    dalam proses pembelajaran
    •guru tidak mereview kembali terkait
    pembelajaran yang baru saja
    diberikan.
    3. Adapun kelebihan yang dapat saya ambil dari video di atas adalah sebagai berikut ;
    •guru menyapa siswa dengan
    mengucapkan salam
    •guru menjelaskan materi dengan
    sangat baik
    •guru bisa berusaha memberikan
    media sederhana berupa daun
    secara langsung gunanya untuk
    memudahkan siswa untuk
    memahami materi pelajaran.
    4. Hal yang unik atau menarik dari video di atas adalah ketika guru mampu atau bisa menggunakan media sederhana, guru juga tidak hanya menjelaskan namun secara langsung menunjukkan bentuk dan rupa daun dan memberikan penjelasan dengan sangat baik.

  4. Nama : Nurliana
    Nim : 858056285
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Melawi

    Menurut pendapat saya dari video diatas dalam proses pembelajaran reaksi guru terhadap siswa sudah cukup baik begitu pula sebaliknya reaksi guru terhadap siswa sudah cukup baik. Namun kekurangan nya adalah di awal pembelajaran guru tidak mengarahkan siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak adanya absensi. Dalam penjelasan di bagian pertengahan guru juga sempat kebingungan karena tidak menyiapkan kan media pembelajaran agar anak-anak mudah mengikuti dan memahami apa yang di sampaikan oleh guru.
    Dan kelemahan nya juga yaitu guru tidak memberikan penguatan terhadap hasil belajar.
    Kelebihan guru secara keseluruhan yaitu guru mampu menjelaskan materi dengan baik serta guru tidak hanya memberikan media berupa daun asli yang mana hal tersebut mudah di pahami oleh siswa.

  5. Nama : Nurliana
    Nim : 858056285
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Melawi

    Menurut pendapat saya dari video diatas dalam proses pembelajaran reaksi guru terhadap siswa sudah cukup baik begitu pula sebaliknya reaksi guru terhadap siswa sudah cukup baik. Namun kekurangan nya adalah di awal pembelajaran guru tidak mengarahkan siswa untuk berdoa terlebih dahulu serta tidak adanya absensi.
    Dalam penjelasan di bagian pertengahan guru juga sempat kebingungan karena tidak menyiapkan kan media pembelajaran agar anak-anak mudah mengikuti dan memahami apa yang di sampaikan oleh guru.
    Dan kelemahan nya juga yaitu guru tidak memberikan penguatan terhadap hasil belajar.
    Kelebihan guru secara keseluruhan yaitu guru mampu menjelaskan materi dengan baik serta guru tidak hanya memberikan media berupa daun asli yang mana hal tersebut mudah di pahami oleh siswa.

  6. Nama: Fathu Rahmah
    Nim: 859641764
    UPBBJ: Palu
    Pokjar: Parimo

    Assalamu’alaikum izin menanggapi video mengenai ” Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD”
    Berdasarkan video yang saya amati, video ini berisi tentang seorang guru yang sedang melakukan pembelajaran IPA tentang jenis-jenis daun. Kekurangan dalam video pembelajaran tersebut yaitu pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam, tidak berdoa terlebih dahulu dan tidak mengecek kehadiran. Guru juga tidak melakukan apersepsi serta tidak memberikan motivasi agar siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Pada kegiatan inti, guru tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga membuat siswa tidak begitu tertarik terhadap materi yang diajarkan. Di kegiatan penutup, guru tidak memberi umpan balik dan penguatan terhadap siswa sehingga guru tidak mengetahui sampai dimana tingkat pemahaman siswa. Setelah pembelajaran selesai, guru melakukan refleksi sehingga ditemukanlah masalah siswa tidak bersemangat dalam belajar karena tidak menggunakan media pembelajaran. Guru akhirnya melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media nyata berupa jenis-jenis daun yang di dapatkan dari lingkungan sekitar sekolah. Dengan menggunakan media nyata tersebut siswa menjadi bersemangat dan paham terhadap materi yang diajarkan oleh guru.
    Terimakasih

  7. Nama : mutiara sangrela
    Pokjar : kotabumi
    UPBJJ : bandar Lampung
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah saya melihat Vidio di atas, pada saat guru menjelaskan di atas guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru di dalam Vidio tersebut mengatakan bahwa, kurangnya biaya dan waktu persiapan yg terbatas, sebenarnya media pembelajaran tidak harus kita beli, sudah banyak di alam yg bisa kita manfaatkan, kita sebagai guru harus pandai pandai dalam memanfaatkan barang yg ada jangan apa apa harus beli, barang bekas itu juga bisa di manfaatkan untuk menggunakan media pembelajaran dan banyak dari alam sekitar yg bisa kita manfaatkan untuk menjadi media, jadi kekurangan di dalam Vidio ini menurut saya kurangnya kesiapan guru dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas,
    tapi pada saat guru menggunakan media pembelajaran pada penjelasan ke dua, siswa langsung menjawab pertanyaan guru dengan lantang dan kebingungan di muka mereka jadi tidak ada lagi, media merupakan alat yg sangat penting dalam pembelajaran, kita sebagai guru harus menggunakan media jika ingin menjelaskan pembelajaran di dalam kelas apalagi pembelajaran IPA, jadi media sangat bermanfaat untuk pembelajaran di dalam kelas agar murid lebih cepat mengerti dan memahami materi pembelajaran yg kita berikan, jadi saat kita mengajar harus ada kesiapan, dan saat pembelajaran ingin di mulai sebaiknya berdoa terlebih dahulu, dan pada saat mengakhiri pembelajaran menutup dengan salam dan berdoa.

  8. Nama : Isti Munaifah Wijayani Kusumawati
    NIM : 858919602
    Pokjar: Umbulsari
    UPBJJ : Jember
    Dari video pembelajaran yang saya amati di atas, menunjukkan bahwa para siswa sudah fokus dalam pembelajaran meskipun ada satu dua siswa yang kurang fokus pada pembelajaran dikarenakan guru yang menjelaskan secara monoton dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran IPA di SD. Seperti pada yang kita ketahui pembelajaran IPA di SD sangat memerlukan media pembelajaran, agar para siswa dapat memahami cara jelas, real terlihat mata dan tidak hanya di angan dan di nalar materi pembelajaran IPA yang sedang diajarkan di kelas.
    Kelebihan guru yaitu guru berusaha memberikan media pembelajaran, contohnya adalah daun yang ada di sekitar, sehingga para siswa dapat lebih mudah memahami pembelajaran yang sedang diajarkan di kelas.

    Upaya yang dapat dilakukan dari permasalahan di atas adalah guru harus kreatif dan wajib menggunakan media pembelajaran IPA di SD. Ketika materi IPA membahas tentang daun maka sebagai guru kita membawakan media pembelajaran berupa daun yang ada di sekitar kita. Ketika membahas tentang bunga maka kita akan membawakan contoh bunganya langsung dan menjelaskan tentang putik bunga di depan kelas agar para siswa dapat memahami secara jelas. Namun ketika membahas pembelajaran lain misalnya tentang kerangka manusia mungkin kita dapat mencetak gambar kerangka manusia di kertas yang lebar kemudian kita paparkan di papan tulis agar para siswa juga dapat melihat materi kerangka manusia yang kita ajarkan di kelas. Di zaman modern seperti ini, ketika melakukan pembelajaran IPA di SD, kita juga dapat memberikan media pembelajaran berupa video pembelajaran dari YouTube ataupun dari media yang lain agar para siswa dapat mengikuti materi yang kita bawa di depan kelas.
    Kemudian di akhir pembelajaran mungkin kita dapat melakukan refleksi agar para siswa bisa lebih memahami tentang materi pembelajaran IPA dengan mudah di kelas

  9. NAMA : ALIFA NIKEN SEFIANA
    NIM : 858821169
    UPBJJ UT : MALANG
    POKJAR : BATU
    Setelah mengamati video di atas, dapat kita lihat di awal pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan alat peraga atau media pembelajaran dalam menyampaikan materi, yang dimana itu membuat materi tidak tersampaikan dengan baik. Siswa terlihat bingung dan tidak paham tentang materi IPA yang dijelaskan oleh guru. Pada video tersebut juga terlihat bahwa guru terkendala sarana dan prasarana dalam pembelajaran IPA. tetapi setelah guru dapat menganalisis masalah yang terjadi, akhirnya guru dapat menyajikan media pembelajaran sederhana yang dapat memudahkan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran IPA. Dari video di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi kegiatan pembelajaran berlangsung. Kegiatan pembelajaran akan terkendala jika guru tidak tanggap untuk menemukan permasalahan yang ada. Permasalahan terkait pembelajaran IPA tidak hanya pada media pembelajaran yang digunakan, tetapi juga dapat bersumber dari metode pembelajaran yang dipilih. Jika guru tidak tepat dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai, maka kegiatan pembelajaran akan mengalami banyak kendala dan tidak dapat terlaksana dengan baik.

  10. Deliana Pratiwi Siregar
    856091521
    Assalamualaikum.
    Menurut saya, setelah melihat video diatas guru seharusnya menggunakan alat atau media yang dapat menunjang pengetahuan dan pemahaman siswa tentang materi yang akan disampaikan. Jika metode ceramah yang digunakan guru, maka siswa akan sulit untuk memahami materi yang sedang diajarkan. Seharusnya pihak sekolah juga harus memfasilitasi berupa media elektronik yang dapat digunakan dalam proses mengajar. Hal tersebut akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan juga dapat memberikan pemahaman kepada siswa dengan melihat atau menonton video yang diputar didepan kelas. Guru juga harus lebih inovatif dalam memanfaatkan sumber daya alam disekitar sekolah yang dapat digunakan sebagai alat atau media pembelajaran. Sekaligus juga bisa memberikan semangat dan menumbuhkan minat belajar siswa
    Terima kasih.

Leave a Reply