silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya dengan masa sekarang. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengajarkan masa lalu, dapat dilakukan dengan cara:
- Mengaitkan masa lalu dengan masa sekarang,
- Analog kesamaan atau perbedaannya,
- Humor dapat membantu siswa untuk mengingat.
Cecep Kuatandi
–
–
Konten video tersebut hanya menampilkan guru membuka pelajaran tanpa melalui apersepsi. Sebaiknya ditambahkan bagaimana guru membuka pelajaran dengan apersepsi kepada siswa terlebih dahulu. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi pengunjung, Guru telah menggunakan pendekatan saintifik walaupun tidak sepenuhnya ditampilkan, Solusi pada konten video dapat diterapkan pada berbagai tingkat perkembangan peserta baik kelas bawah maupun kelas atas. Tetapi pada akhir video yang ada beberapa hal yang hanya tepat digunakan pada kelas atas (frame 03.15), Konten video telah sesuai dengan kurikulum nasioanl (kurikulum 2013), Konten video perlu ditambahkan langkah yang tepat ketika guru membimbing siswa kelas bawah atau atas ketika melakukan eksperimen.
Anugerah Putro Setiyo Wibowo, S.S
Nama : Sofna Desy Ramadhona Nasution
Nim : 855869302
pokjar : Kabupaten Labuhanbatu Selatan
1. PERMASALAHAN YANG ADA PADA VIDEO “GURU TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN IPA SD” yaitu:
* Guru cenderung menggunakan metode ceramah yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami konsep IPA secara konkret.
* guru kurang memanfaatkan media ajar pada lingkungan sekolah.
* kurangnya kreatifitas guru dalam melaksanakan pembelajaran
2. DAMPAK TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN yaitu:
* pembelajaran lebih monoton, kurang menarik dan siswa sulit memahami materi IPA secara mendalam.
* kurang nya keaktifan siswa dalam belajar
* guru kesulitan menyesuaikan metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
3. UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN yaitu sebagai berikut:
* guru perlu meningkatkan pengetahuan dan kreativitas dalam memanfaatkan berbagai media pembelajaran, termasuk memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan media alami.
* penggunaan media video pembelajaran terbukti efektif meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA di SD.
* sekolah perlu mendukung penyediaan fasilitas media pembelajaran agar guru tidak terkendala dalam penggunaan media pelaksanaan pembelajaran.
4. PENYELESAIAN MASALAH PADA VIDEO TERSEBUT:
* guru sudah mampu memanfaatkan benda sekitar sebagai media ajar dalam pembalajaran IPA di SD.
* kelas menjadi aktif karena penggunaan media pembelajaran.
* guru sudah memahami materi yang telah dibawakan serta mampu mengatur waktu untuk membuat media ajar.
NAMA : PUTRI SANTIKA NASUTION
NIM : 859876695
Dalam vidio tersebut walaupun keterbatasan media tapi guru tersebut mampu untuk mencari bahan media di sekitanya , hanya saja guru tersebut terlambat mencari media setelah bebapa materi di ajarkan dan ajak siswa melakukan pengapatan langsung di luar ruangan agar siswa tidak monoton dan tidak bosan hanya di dalam kelas saja terkait dengan media yang dibawakan sudah pasti ada di sekitaran sekolah.
Nama : Kiki Fatmala
NIM : 856113143
PRODI : S1 PGSD
Menaggapi video pembelajaran diatas ketika guru menjelas materi kepada siswa guru hanya menggunakan metode ceramah dan guru tidak menggunakan media pebelajaran sederhana yang ada di sekitar siswa agar siswa lebih mudah memahami pembelajan. ketika seorang guru ingin menjelaskan materi tentang pembelajaran ibu guru harus merancang rencana pembelajaran dan media apa saja yang ada disekitar lingkungan sekolah yang bisa dijadikan sebagai media pembelajaran .
setelah guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan pembelajaran kemudian guru mencari cara yang memudahkannya untuk menjelaskan materi tersebut degan memanfaatkan beberapa daun yang di ambil diekitaran lingkungan sekolah sebagai media pemebeajaran agar siswa mengetahui secara langsung jenis- jenis daun. kemudian siswa melakukan pengamata secara langsung.
Dari video yang saya tonton tersebut, beberapa fakta yang terjadi dalam video diantaranya :
1. Guru tidak memiliki media pembelajaran
2. Guru tidak melakukan apersepsi (memberi pertanyaan pemantik) di awal pembelajaran
3. Kurangnya ketertarikan siswa saat belajar
Beberapa permasalahan yang terjadi di dalam video :
1. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru karena guru tersebut tidak membawa/memiliki media yang konkret
2. Guru tidak mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari hari, seperti lingkungan sekitar
3. Kurangnya minat siswa dalam memahami pelajaran karena guru tidak menampilkan pembelajaran yang bisa menarik perhatian.
Beberapa saran yang bisa dilakukan oleh guru tersebut diantaranya :
1. Guru sebaiknya melakukan pertanyaan pemantik seperti pernahkah kamu melihat daun singkong atau daun kelapa? Atau siapa disini yang pernah memetik daun di sekitar rumahnya?
2. Guru bisa menjelaskan jenis daun menggunakan media visual, baik gambar atau video
3. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberi tugas kepada setiap kelompok. Siswa diminta untuk mengamati 5 jenis daun yang berbeda serta menyebutkan ciri cirinya dan menuliskannya pada LKPD
4. Guru bisa mengajak siswa melakukan pengamatan langsung di luar ruangan (lingkungan sekolah).
Nama: Wulan Nur Endah
NIM: 858528807
Pokjar: Kedungwuni
UPBJJ: Semarang
Berikut analisis video pembelajaran yang berjudul “Guru tidak Menggunakan Media pada Pelajaran IPA”
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada beberapa fakta yang terlihat, diantaranya:
1. Guru saat mengajar Pelajaran IPA tidak menggunakan media pembelajaran
2. Siswa terlihat kurang tertarik untuk belajar dan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru
Permasalahan yang terjadi di dalam video menunjukkan kurangnya persiapan guru dalam merencanakan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dalam menyampaikan materi pelajaran, guru sama sekali tidak menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah dalam menjelaskan materi. Sehingga yang terjadi siswa terlihat kurang tertarik untuk belajar dan mengalami kesulitan dalam memahami penjelasan guru. Sedangkan media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk mempermudah menyampaikan konsep.
Penyelesaian Masalah
Berdasarkan kasus tersebut hal pertama yang harus dilakukan guru adalah melakukan refleksi diri terhadap proses pebelajaran. Dengan memahami masalah dan kesulitan yang dialami, guru akan mencari solusi penyelesaian masalah agar tercipta proses pembelajaran yang menarik perhatian siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Apalagi mata Pelajaran ilmu pengetahuan alam sangat membutuhkan benda konkrit untuk lebih memahami konsep materi dengan mudah. Media pembelajaran yang digunakan tidak harus media by design. Oleh karena itu guru harus memiliki pengetahuan tentang ragam media dan karakteristiknya, misalnya media visual, audio, dan audio visual atau guru juga dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa. Penyelesaian masalah yang nampak dalam video tersebut antara lain:
1 Guru menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran
2 Media pembelajaran yang digunakan berupa benda konkrit yang ada di lingkungan sekitar
3 Guru menanyakan bentuk-bentuk daun dengan mengamati media benda konkrit yang telah di bawa guru
4 Siswa nampak terlihat antusias dalam belajar dan melakukan kegiatan pengamatan serta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru
NAMA : SUKMA KURNIAWASIH
NIM : 858080896
POKJAR : MEMPAWAH
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab:
Pada awal pembelajaran anak-anak terlihat biasa saja dan tidak terlalu antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan kurangnya ketertarikan anak saat belajar. Hal itu dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik, seharusnya guru dapat mengembangkan strategi untuk meningkatkan antusiasme anak dan membuat pembelajaran lebih efektif.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab:
Dilihat dari video tersebut, kita langsung mengetahui apa kelemahannya.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video tersebut adalah tidak menggunakan alat dan media, sehingga anak-anak sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, pembelajaran menjadi kurang menarik, anak kurang memahami konsep yang dijelaskan oleh guru dan hasil belajar menjadi kurang optimal.
Oleh karena itu, menggunakan alat dan media pembelajaran dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar anak.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab:
Setelah diberikan solusi pada video tersebut guru menjadi lebih siap, dan anak menjadi lebih memahami penjelasan guru
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab:
Video tersebut memberikan wawasan yang berharga tentang cara mengatasi masalah pembelajaran, oleh karena itu menggunakan alat dan media pembelajaran sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Dengan demikian, video tersebut memberikan wawasan yang berharga bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu siswa memahami konsep yang diajarkan dengan lebih baik.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab:
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sebaiknya mengajak anak untuk mengeksplor lingkungan sekitar dan memperhatikan jenis-jenis daun yang ingin diketahui sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal dan efektif, anak-anak pasti akan lebih antusias dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Nurul Marhamah
Nim : 859813401
Pokjar : Langkat
UPBJJ: Medan
Analisis vidio pembelajaran yang berjudul ” Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran IPA di SD. Setelah saya melihat ada beberapa fakta yang terlihat saat guru mengajar yaitu:
1. Guru tidak menggunakan media pembelajaran saat guru menyampaikan materi.
2. Siswa terlihat bingung dan kurang paham dengan dengan materi yang di sampaikan oleh guru.
3. Kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, karena guru hanya menggunakan media ceramah tanpa ada nya media yang di tampilkan.
Permasalah yang terjadi dalam vidio
1. Peserta didik akan kesulitan memahami materi yang di ajarkan.
2. Guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga menjadi menonton dan siswa menjadi bosan.
3. Guru menyampaikan pembelajaran tidak ada menggunakan media pembelajaran apa pun, sehingga siswa kurang tertarik dan siswa mengalami kesulitan dalam materi yang di sampaikan.
Penyelesaian Masalah
Berdasarkan kasus pada vidio tersebut yang harus dilakukan guru adalah
Sebelum pembelajaran di mulai alangkah baik nya guru melakukan “ice breaking” Agar siswa lebih bersemangat lagi untuk mengikuti pelajaran. Dan di awal pelajaran guru harus melakukan pertanyaan pertanyaan. Misalnya pernahkah kamu melihat daun jagung dan daun singkong? Kemudian guru menjelaskan jenis-jenis daun dengan menggunakan media visual baik gambar atau vidio. Dan guru juga dapat memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar kita, karena dengan adanya media pembelajaran itu akan mempermudah siswa memahami materi yang di ajarkan.
NAMA : AYU RAHMANI
NIM : 858081597
Setelah saya menonton video di atas saya menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk membangun motivasi serta semangat belajar anak sehingga dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa. sehingga siswa tidak merasa bosan saat guru memberikan penjelasan materi yang akan diberikan. selain penggunaan media, interaksi antara guru dan siswa juga perlu ditingkatkan agar dapat dengan mempermudah mengenal dan mengetahui sampai mana siswa memahami materi yang disampaikan. pemberian tugas juga sangat penting untuk kita mengetahui sampai sejauh mana kemampuan siswa. mengaitkan pembelajaran IPA dengan alam sekitar juga sangat penting untuk siswa, agar siswa mengetahui banyaknya pembelajaran yang dapat di ambil dari alam sekitar dan lingkungannya.
demikianlah yang dapat saya ungkapkan.
terima kasih.
NAMA : EKA SUCI A
NIM : 858845208
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN “ GURU TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN IPA SD “
1. Masalah yang saya temukan pada video pembelajaran tersebut :
• Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran tersebut
• Minat belajar siswa rendah karena kurangnya antusias karena pembelajaran yang bersifat monoton
• Kurangnya kesiapan dari guru pada kegiatan pembelajaran, seperti guru belum mengabsen dan terlihat di awal pembelajaran guru tidak menanyakan kesiapan belajar siswa nya.
2. Analisis penyebab masalah pada video pembelajaran tersebut :
• Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan
• Tidak ada biaya untuk membeli media pembelajaran
• Waktu persiapan yang kurang / terbatas
• Minat belajar siswa yang rendah
• Interaksi kelas kurang menyenangkan
3. Solusi / alternatif yang bisa digunakan
• Guru harus lebih kreatif dan harus memanfaatkan media yang ada
• Guru harus mempersiapkan media pembelajaran terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar berlangsung
• Pada awal kegiatan pembelajaran guru hendaknya memberikan indikator pembelajaran yang akan dilaksanakan
TERIMAKASIH
NAMA : EKA SUCI A
NIM : 858845208
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN “ GURU TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA PADA PEMBELAJARAN IPA SD
“ 1. Masalah yang saya temukan pada video pembelajaran tersebut :
• Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran tersebut
• Minat belajar siswa rendah karena kurangnya antusias karena pembelajaran yang bersifat monoton
• Kurangnya kesiapan dari guru pada kegiatan pembelajaran, seperti guru belum mengabsen dan terlihat di awal pembelajaran guru tidak menanyakan kesiapan belajar siswa nya.
2. Analisis penyebab masalah pada video pembelajaran tersebut :
• Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan
• Tidak ada biaya untuk membeli media pembelajaran
• Waktu persiapan yang kurang / terbatas
• Minat belajar siswa yang rendah
• Interaksi kelas kurang menyenangkan
3. Solusi / alternatif yang bisa digunakan
• Guru harus lebih kreatif dan harus memanfaatkan media yang ada
• Guru harus mempersiapkan media pembelajaran terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar berlangsung
• Pada awal kegiatan pembelajaran guru hendaknya memberikan indikator pembelajaran yang akan dilaksanakan
TERIMAKASIH