Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. Pembelajaran melalui lagu sangat menyenangkan, tetapi harus lagu yng disukai anak, lagu harus berhubungan dengan materi dan tujuan pembelajaran. Lagu harus sesuai dengan tingkat kepribadian siswa. Manfaatnya saya bisa meniru pembelajaran melalui lagu dengan tips-tips terebut. Bisa mengikuti cara memberikan latihan atau soal-soal. Sarannya adalah lebih aktif lagi siswa dalam berbicara melalui media lagu, karena melalui lagu siswa mudah hafal dan paham tentang lirik-liriknya

  2. Nama : Revi Priscarina
    NIM : 501132543

    Setelah menonton video ini, banyak hal yang bisa dipelajari. Pembelajaran menggunakan lagu sangat menyenangkan bagi siswa. Tidak hanya bisa diterapkan di pelajaran bahasa Inggris, tapi juga bisa diterapkan pada pembelajaran lainnya. Lagu bisa digunakan sebagai media pembelajaran ketika lagu yang di pilih sudah di kenal oleh siswa dan sesuai dengan materi yang di ajarkan. Dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyampaikan hasil pikirannya di depan kelas, maka dapat mengasah percaya diri dan public speaking siswa.

  3. Nama : Aditya Satria Nugroho
    NPM : 501201229
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Jakarta

    Musik merupakan media yang sangat menarik. Dengan musik, siswa lebih tertarik untuk ikut serta sehingga pembelajaran tidak menjenuhkan. Selain itu, dengan pembelajaran musik disertakan materi yang disisipkan membuat murid mudah menyerap kosakata dalam bahasa inggris.

  4. Pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu bisa membuat peserta didik bisa lebih mudah memahami pengucapan vocab dalam bahasa Inggris. Selain itu, peserta didik juga bisa mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dari metode ini. Saran untuk video pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan resolusi gambar atau video, sehingga penonton bisa semakin tertarik untuk menonton video pembelajaran yang ada.

Leave a Reply