Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. Nama: Noprenda Jayanti
    NIM : 859812771
    UPBJJ :Palembang
    Menurut saya Lagu dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran keempat aspek Bahasa Inggris yaitu mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Melalui lagu, siswa dapat belajar mendengar dan melafalkan bahasa target dengan mengacu pada pelafalan penutur asli, menambah kosakata, sekaligus menikmati alunan musik.
    Dengan lagu siswa akan lebih tertarik dan bersemangat untuk mengikuti aktivitas belajar mengajar apalagi kalau menggunakan lagu yang yang menarik dan mudah di hafal. Sebaiknya dalam pemilihan lagu guru harus menyesuaikan dengan kemampuan siswa dan menggunakan lagu yang lagi tranding sesuai zaman tetapi tetap harus benar- benar di seleksi penggunaan lirik yang tepat untuk siswa.
    Dengan belajar menggunakan lagu juga dapat meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara siswa. Kegiatan belajar mengajar juga akan lebih asyik dan optimal.

  2. Nama Vita Kurniawati NIM 501263117 Prodi Magister Pendidikan Dasar
    Dari video tersebut saya dapat diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan media berupa lagu. Lagu merupakan sesuatu yang disukai oleh semua kalangan baik muda maupun tua. Dalam dunia anak-anak terutama belajar lagu merupakan hal yang menyenangkan dan ringan dalam mempelajarinya. Dengan menggunakan media lagu dalam pembelajaran yang dilakukan oleh bu guru tersebut adalah salah satu teknik agar siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Lagu dianggap sesuatu yang ringan dan disukai oleh siswa karena siswa dapat dengan mudah menerima materi pembelajaran lewat lagu. Materi yang kadang dirasa sulit akan lebih mudah untuk dipelajari oleh siswa jika disampaikan dengan cara yang menyenangkan diantaranya dengan lagu . Jadi lagu merupakan salah satu cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi bahasa inggris dengan mudah kepada siswa. Dan lagu yang digunakan harus disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.

  3. Menurut pendapat saya bahwa dari video yang saya pelajari ini yaitu manfaat belajar bahasa Inggris melalui lagu. Guru mengajak siswa bernyanyi bersama dengan mencamtumkan lirik di papan tulis. Melalui lagu siswa dapat belajar mengucap kosa kata dalam bahasa Inggris dengan benar, melalui lirik lagu kita juga dapat mengetahui bahasa untuk menyampaikan pesan kepada seseorang dalam bahasa Inggris. Namun syarat guru mengajarkan bahasa Inggris kepada siswa melalui lagu, guru harus bertanya dahulu siswa ingin bernyanyi lagu apa. Biasanya siswa akan mudah menerima pelajaran apabila siswa sudah merasa nyaman dengan guru. Dan guru harus selalu up to date atau mengetahui informasi yang sedang hangat diperbincangkan. Kedua lagu yang dinyanyikan harus relevan dengan materi yang diajarkan. Ketiga lagu memiliki sifat dan karakter yang mengandung pencapaian tujuan pembelajaran. Keempat lagu harus memiliki tingkat kesukaran yang sesuai dengan kemampuan siswa karena apabila tidak efektif akan mengganggu proses belajar. Kelima lagu harus berisi nilai dan pesan yang sesuai dengan tingkat usia dan kematangan siswa.

    Setelah siswa bernyanyi siswa bisa melengkapi kata dari lirik lagu yang rumpang. Kata-kata yang dihilangkan harus berfokus pada pembelajaran dan guru jangan menghilangkan 3 kata atau lebih dalam satu baris. Agar lebih mudah tuliskan huruf depan pada kata yang rumpang. Kegiatan selanjutnya yaitu recording words dengan cara menyusun kata-kata dari sebuah lagu yang diacak oleh guru.

    Menurut saya apabila memungkinkan video pembelajaran ini akan lebih menarik jika dibuat cuplikan kegiatan mengajar guru dari awal hingg akhir dan diberikan keterangan di bawahnya. Lebih perbanyak durasi mengajar guru dari pada narator.

  4. Nama : Veradiana Novitasari
    NIM :501322679
    UPBJJ : Surabaya
    Program Pasca Sarjana Magister Pendidikan
    Video di atas menjelaskan pentingnya musik dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Bahwa belajar melalui lirik lagu memiliki beberapa keuntungan. Pertama, kita dapat memahami makna lirik dan memperbaiki pengucapan melalui nyanyian lagu tersebut, yang akan memudahkan komunikasi dalam bahasa Inggris. Kedua, kita bisa mempelajari bahasa slang yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dipahami karena menggunakan kata-kata umum dan standar. Terakhir memberikan panduan dalam memilih lagu yang tepat untuk pembelajaran agar proses tersebut berhasil dan mencapai kompetensi yang diinginkan. Namun, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh guru sebelum memilih lagu, yaitu:
    1. Lagu dikenal atau disukai oleh siswa.
    2. Lagu berisi materi yang ingin disampaikan.
    3. Lagu mencerminkan tujuan pembelajaran.
    4. Lagu sesuai dengan tingkat kesulitan yang dihadapi siswa.
    5. Lagu mengandung pesan atau nilai yang sesuai dengan usia dan kematangan siswa.
    Manfaat yang saya peroleh dengan menonton video tersebut adalah:
    1. Pembelajaran melalui lagu yang disukai siswa akan membuat siswa bersemangat.
    2. Pembelajaran santai,menyenangkan tetapi tetap fokus pada tujuan pembelajaran.
    3. Pembelajaran mendorong siswa untuk lebih kreatif dan berpikir kritis, karena mereka harus mencari makna dan memahami lirik lagu
    4. Setelah dapat berlatih cara pengucapan bahasa Inggris yang benar.
    Mungkin strategi seperti ini bisa dilaksanakan di tingkat SMP, tetapi untuk tingkat sekolah dasar mungkin masih kesulitan dimana guru di SD bukan guru mata pelajaran, melainkan guru kelas itupun tidak semua guru bisa dan paham tentang materi Bahasa Inggris .Pengetahuan guru SD yang diharuskan mengajar Bahasa Inggris juga masih tahap belajar.

  5. Nama: DANIEL KRISNA SANTOSO
    NIM : 501322719
    UPBJJ : Surabaya

    Musik dapat memainkan peran yang signifikan dalam pembelajaran bahasa, termasuk bahasa Inggris. Lirik lagu sering kali mengandung kosakata dan ungkapan sehari-hari yang dapat membantu pelajar bahasa Inggris mempelajari kata-kata dan frasa baru. Melalui pengulangan lirik, pelajar dapat menghafal dan memahami penggunaan kata-kata tersebut dalam konteks yang berbeda. Mendengarkan lagu membantu meningkatkan kemampuan mendengarkan secara umum. Lagu dengan berbagai tempo dan gaya musik dapat melatih pelajar untuk memahami berbagai aksen, intonasi, dan kecepatan berbicara dalam bahasa Inggris. Bernyanyi atau menirukan lirik lagu dapat membantu pelajar meningkatkan pengucapan mereka. Musik sering kali membantu pelajar menekankan ritme dan intonasi yang benar, sehingga mereka lebih mudah menirukan cara pengucapan kata-kata dengan tepat.

  6. Nama: Novita Martika Putri
    NIM: 501353057
    Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar UPBJJ: Denpasar
    Dari video tentang fungsi musik dalam pembelajaran bahasa Inggris, saya mempelajari beberapa hal penting:
    1. Keuntungan Penggunaan Musik dalam Pembelajaran Bahasa:
    • Pengucapan yang Benar: Musik membantu dalam mempelajari cara pengucapan yang benar karena kita bisa mendengar dan meniru pelafalan dari penyanyi. Hal ini sangat penting untuk memperbaiki kemampuan berbicara dan komunikasi dalam bahasa Inggris.
    • Memahami Bahasa Slang: Melalui lirik lagu, kita dapat mempelajari bahasa slang atau bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh penutur asli. Ini membantu dalam memahami konteks sosial dan budaya bahasa Inggris.
    • Penggunaan Kata-Kata Umum: Lirik lagu pop sering menggunakan kata-kata yang umum dan standar, sehingga lebih mudah dipahami oleh pembelajar bahasa. Ini mempermudah proses pembelajaran kosakata dan struktur kalimat.
    2. Rambu-Rambu Memilih Lagu untuk Pembelajaran:
    • Pilih lagu dengan lirik yang jelas dan mudah dimengerti.
    • Hindari lagu dengan penggunaan bahasa yang terlalu sulit atau kompleks.
    • Pertimbangkan genre musik yang disukai oleh pembelajar agar mereka lebih tertarik dan termotivasi.
    Manfaat yang Saya Dapat dari Mengamati Video Pembelajaran Tersebut:
    • Peningkatan Kemampuan Mendengar dan Berbicara: Mendengarkan lagu berulang kali membantu meningkatkan kemampuan mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Saya dapat mengidentifikasi intonasi, ritme, dan pelafalan kata dengan lebih baik.
    • Penambahan Kosakata: Lagu-lagu sering kali mengulang kata-kata dan frasa tertentu, yang membantu memperkuat memori kosakata baru.
    • Pemahaman Budaya: Lirik lagu memberikan wawasan tentang budaya dan ekspresi sosial yang sering kali tidak ditemukan dalam materi pembelajaran formal.
    Masukan dan Saran untuk Video Pembelajaran:
    • Visualisasi Lirik: Akan lebih efektif jika video juga menampilkan lirik lagu yang sedang dibahas, sehingga pembelajar bisa mengikuti dengan lebih mudah.
    • Contoh Lagu: Menyertakan contoh lagu konkret yang cocok untuk berbagai tingkat pembelajaran bisa sangat membantu. Contoh-contoh ini bisa memandu pembelajar dalam memilih lagu yang sesuai dengan level mereka.
    • Aktivitas Tambahan: Menyediakan aktivitas tambahan seperti kuis atau latihan berbasis lagu dapat memperkaya pembelajaran. Misalnya, melengkapi lirik yang hilang atau menulis ulasan singkat tentang pesan dalam lagu.
    Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat dalam memberikan strategi efektif menggunakan musik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Saran-saran di atas dapat membuat video pembelajaran menjadi lebih interaktif dan mudah diikuti.

  7. Nama : Zulfah Adiatmah Nauap
    NIM : 501393154
    UPBJJ : Majene
    Menurut pendapat saya, Bahwa strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik merupakan pendekatan yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris. Pernyataan tersebut memberikan gambaran yang cukup komprehensif mengenai langkah-langkah yang dapat diambil oleh guru untuk menerapkan strategi ini dalam pengajaran mereka.
    Pertama-tama, menggabungkan musik yang sudah dikenal atau disukai oleh siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat dan keterlibatan mereka. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan relevan bagi siswa, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar.
    Selanjutnya, pemilihan lagu yang sesuai dengan materi pembelajaran serta tingkat kematangan siswa sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Lagu-lagu yang teksnya ringan, mudah dimengerti, dan sesuai dengan pesan atau nilai yang ingin disampaikan akan membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran dan menginternalisasikan keterampilan bahasa Inggris dengan lebih baik.
    Metode kegiatan yang dijelaskan, seperti mengisi atau melengkapi kata-kata atau frase penting dalam lagu, serta menyusun kata-kata dari teks lagu yang diacak, merupakan cara yang kreatif untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini tidak hanya membantu siswa untuk memahami makna dari teks lagu, tetapi juga melatih kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris secara aktif.
    Menyertakan rekaman lagu dalam proses pembelajaran juga merupakan langkah yang baik, karena memungkinkan siswa untuk berlatih mendengarkan dan mengulangi pengucapan kata-kata dengan benar. Hal ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan memahami pengucapan yang tepat dalam bahasa Inggris.

    Dengan demikian, strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik seperti yang dijelaskan dalam pernyataan tersebut, dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

  8. Nama : Tri Widianto,S.Pd
    Nim : 501193099

    Apa yang anda pelajari dari vidio tersebut?
    Saya mempelajari tentang pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan lagi. Dalam vidio siswa terlihat aktif terlibat dalam pembelajaran dengan mengikuti lirik lagu yang di nyanyikan. Teknik pembelajaran bahasa inggris dengan menggunakan lagi merupakan salah satu metode yang sangat bagus untuk di lakukan.

    Manfaat apa saja yang di dapat dari mengamati vidio pembelajaran tersebut?
    Banyak manfaat yang di dapat salah satunya siswa dapat merasa senang dalam proses pembelajaran, siswa dapat lebih mudah memahami makna dan arti dari kata -kata yang terdapat pada lagu tersebut selain itu penggunaan lagu dalam pembelajaran dapat menambah kosakata kosakata baru dalam pembelajaran bahasa inggris.

    Masukkan dan saran untuk pembelajaran yang terdapat dalam video tersebut yaitu guru harus memilih lagi sesuai dengan materi yang di ajarkan selain itu lagi juga harus sesuai dengan tingkat usia siswa.

  9. Nama : Ahmad Muhibbullah
    NIM : 501322693
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Surabaya

    Pelajaran dan manfaat yang bisa diambil dari video ini adalah video ini menjelaskan bahwa dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris, kita dapat mempelajari cara pengucapan yang benar. Ini sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan komunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris. Selain itu, lagu-lagu sering kali mengandung bahasa slang yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari. Memahami slang dapat membuat pembelajar lebih akrab dengan nuansa bahasa yang lebih alami dan kontekstual. Manfaat lainnya adalah lirik lagu pop Barat biasanya menggunakan kata-kata yang umum dan mudah dimengerti, sehingga cocok untuk pembelajar bahasa Inggris dari berbagai tingkatan. Di sisilain, video ini memberikan panduan tentang cara memilih lagu yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran. Memilih lagu dengan lirik yang jelas dan mudah dimengerti sangat penting agar proses belajar berjalan efektif dan tujuan pembelajaran tercapai.

    Menggunakan musik sebagai alat bantu dalam pembelajaran bahasa sangat efektif karena musik dapat meningkatkan keterlibatan emosional dan motivasi pembelajar. Ketika seseorang menikmati lagu, mereka lebih cenderung mengingat kata-kata dan frasa yang ada di dalamnya. Selain itu, mendengarkan lagu favorit berulang kali tidak terasa seperti tugas, tetapi lebih seperti hiburan. Ini membuat pengulangan kata dan frasa menjadi alami dan tidak membosankan. Di sisilain, melodi dan ritme dalam lagu membantu meningkatkan daya ingat. Lagu dapat bertindak sebagai “mnemonic device” yang membantu mengingat kosakata dan struktur bahasa.

    Saran saya adalah memasukkan berbagai genre musik, tidak hanya pop, agar pembelajar dapat merasakan berbagai gaya bahasa dan budaya yang berbeda. Guru juga perlu menambahkan penjelasan tentang konteks budaya dari lirik lagu dapat memberikan wawasan tambahan yang memperkaya pembelajaran bahasa. Ini membantu siswa memahami nuansa dan makna tersembunyi di balik kata-kata.

  10. Nama : ESTER
    NIM : 501193042
    Mahasiswa Megister Pendidikan Dasar UPBJ Medan

    Dari mengamati video pembelajaran berjudul I Have a Dream tersebut, saya mendapatkan beberapa manfaat yang cukup berharga, antara lain:
    1. Memahami pentingnya mengintegrasikan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Musik, khususnya lagu-lagu populer, dapat menjadi media yang menarik dan efektif untuk membantu siswa mempelajari pengucapan, kosa kata, dan bahasa percakapan sehari-hari.
    2. Menyadari bahwa lirik lagu dapat digunakan sebagai sumber belajar yang autentik dan kontekstual. Lagu-lagu populer sering kali menggunakan bahasa yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat mempelajari bahasa dalam konteks yang bermakna.
    3. Mempelajari beberapa kriteria dalam memilih lagu yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris, seperti tingkat kesulitan lirik, kesesuaian tema, dan penggunaan bahasa yang standar.
    4. Mengingatkan saya tentang potensi musik dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menghibur, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
    Namun, selain manfaat tersebut, saya juga memiliki beberapa saran dan masukan untuk meningkatkan kualitas video pembelajaran ini:
    1. Video bisa lebih interaktif dengan menampilkan contoh penggunaan lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris, baik secara visual maupun audio.
    2. Narator bisa memberikan lebih banyak strategi atau teknik khusus dalam mengintegrasikan musik ke dalam kegiatan pembelajaran, seperti cara memilih aktivitas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran tertentu.
    3. Bisa ditambahkan informasi tentang bagaimana mengevaluasi kemajuan belajar siswa ketika menggunakan lagu sebagai media pembelajaran.
    4. Durasi video bisa lebih panjang untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam dan contoh yang lebih beragam.
    5. Tampilan visual bisa lebih menarik dengan menggunakan animasi atau tampilan grafis yang lebih dinamis untuk menghindari kesan monoton.
    Secara keseluruan, video ini memberikan gambaran yang baik tentang manfaat dan potensi penggunaan musik dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dengan memerhatikan saran dan masukan tersebut, video ini bisa menjadi lebih lengkap, menarik, dan memberikan panduan yang lebih praktis bagi para guru dalam mengimplementasikan pendekatan ini di kelas.

Leave a Reply