Sinopsis

Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa slang yang seringkali dipakai untuk menyampaikan pesan. Ketiga, lirik lagu-lagu pop Barat mudah dimengerti karena penggunaan kata-kata yang umum dan standar. Selanjutnya Narator juga memberikan rambu-rambu memilih lagu untuk digunakkan dalam pembelajaran agar pembelajaran tersebut sukses dan kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Video ini sebetulnya masih berbasisn teks dengan background video guru sedang mengajar dalam kelas.

Pemaparan bagai mana memanfaatkan lagu dalam pengajaran Bahasa Inggris oleh narrator cukup jelas dan ringkas.

Ada tips tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum meilih lagu.

Ada contoh aktivis yang dapat digunakan oleh guru didalam kelas.

Secara umum materi video sudah baik dan bermanfaat bagi para guru.

Video dapat diperkaya dengan contoh nyata kegiatan guru dikelas mengajarkan bahasa inggris melalui lagu.

Suci Madiarti Isman

Pada dasarnya video ini sudah bagus memaparkan salah satu teknik pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan lagu. Penjelasan oleh narator dapat membantu bagaimana tehnik pembelajaran dengan lagu dilakukan. Contoh aktifitas di kelas oleh guru menyajikan pembelajaran dengan lagu cukup bagus, pemilihan lagu sudah tepat sesuai dengan perkembangan siswa. Dan juga sesuai dengan materi dan kompetensi inti pembelajaran kurikulum 2013.

Similar Posts

204 Comments

  1. Setelah saya lihat video diatas yang berjudul I HAVE a DREAM saya sangat setuju dengan metode yg digunakan belajar bahasa inggris dengan menggunakan musik,karena efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa. keuntungan belajar bahasa inggris dari lagu adalah bahwa siswa dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian tersebu dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik, penjelasan narator mudah dipahami dan sangat membantu untuk menerapkan pembelajaran bahasa inggris melalui musik dengan tujuan untuk membantu para siswa untuk memudahkan mereka meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka. Hal ini juga membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, guru juga harus menentukan musik yang sesuai dengan materi yang disampaikan, maka guru dituntut untuk pintar dalam memilih lagu yang sesuai dengan materi yang berkaitan. Strategi pembelajaran bahasa inggris melalui musik, merupakan salah satu metode yang menjadikan proses pembelajaran berlangsung dengan sangat menyenangkan, dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam mengikutinya. Dalam video diatas, Pemilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa di tuntut untuk mengucapkan kalimat yang sesuai dengan pengucapan dalam bahasa inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan

  2. Nama: Meyliya C. Dewi
    Nim: 501333134
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Dari pengamatan saya pada video tersebut dalam pembelajaran bahasa Inggris strategi yang sangat mudah sebagai alternatif dalam memberikan penyampaian pembelajaran melalui lagu memanglah sangat menarik minat belajar siswa karena dengan lagu siswa akan lebih bersemangat dalam mempelajari bahasa Inggris. Dengan iringan musik pembelajaran bahasa Inggris dapat disukai oleh siswa. Jika siswa menyukai suatu proses pembelajaran maka secara tidak langsung pembelajaran bahasa Inggris pun akan dapat melekat dengan menghafal lagu dan menghafal arti dari lagu tersebut. Dan tujuan pembelajaran pun akan dapat tercapai dengan maksimal.

  3. Setelah saya lihat video diatas yang berjudul I HAVE a DREAM saya sangat setuju dengan metode yg digunakan belajar bahasa inggris dengan menggunakan musik,karena efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa. Dalam pembelajaran bahasa Inggris strategi yang sangat mudah sebagai alternatif dalam memberikan penyampaian pembelajaran melalui lagu memanglah sangat menarik minat belajar siswa karena dengan lagu siswa akan lebih bersemangat dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam video ini penjelasan narator sangat mudah dipahami dan sangat membantu untuk menerapkan pembelajaran bahasa inggris melalui musik dengan tujuan untuk membantu para siswa untuk memudahkan mereka meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka.
    Dalam video diatas, Pemilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa di tuntut untuk mengucapkan kalimat yang sesuai dengan pengucapan dalam bahasa inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan

  4. NIM : 50133394
    Nama : Sawitri Mardhiyah
    Jurusan : S2 Pendidikan Dasar

    Menanggapi video diatas, dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik, merupakan salah satu metode yang menjadikan proses pembelajaran berlangsung dengan sangat menyenangkan, dapat membantu siswa untuk berperan aktif dalam mengikutinya. Dalam video diatas, [emilihan lagu oleh guru sudah tepat dan sesuai karena selain siswa di tuntut untuk mengucapkan kalimat yang sesuai dengan pengucapan dalam bahasa inggris, siswa juga belajar untuk menyesuaikan struktur kalimat yang sesuai dengan kaidah penulisan dalam bahasa inggris.

    Terimakasih

  5. bermain peran dengan berdialog dengan siswa dapat menjadikan siswa terbiasa dalam pembelajaran berbicara. Karena mahasiswa tentunya berusaha lebih baik lagi dalam mendapatkan tantangan baru. Sebagai guru, kita juga dapat menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam berbicara dan keberanian mengungkapkan diri melalui dialog secara bebas. Guru juga mendorong keberanian siswa yang biasanya takut dan minder saat melakukan dialog.

  6. pembelajaran Bahasa Inggris melalui musik, sangat membantu untuk menerapkan pembelajaran bahasa inggris melalui musik dengan tujuan untuk membantu para siswa untuk memudahkan mereka meningkatkan kemampuan bahasa inggris mereka. Hal ini juga membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun, guru juga harus menentukan musik yang sesuai dengan materi yang disampaikan, maka guru dituntut untuk pintar dalam memilih lagu yang sesuai dengan materi yang berkaitan.

  7. Nama : Novia Listiani
    NIM : 501202808
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    dalam video ini menampilkan bagaimana cara mengarjarkan bahasa inggris dengan menggunakan media lagu dan mengajak ssiswa untuk bernyanyi. tetapi ada beberapa syarat yang harus dipatuhi saat menggunakan lagu yang akan dijadikan bahah ajar.
    1. anak mengetahui tentang lagu tersebut
    2. lagu harus sesuai dengan materi ajar
    3. lagu harus membuat karakter pencapaian tujuan pembelajaran
    4. lagu harus sesuai dengan tingkat kemampuan siswa
    5. beriisi moral value sesuai karakteristik siswa

    metode belajar ini dapat dengan mudah menarik perhatian siswa khususnya siswa dasar sehingga lebih tertarik dengan apa yang sedang diajarkan oleh guru.

  8. Assalamualaikum wr wb…
    Metode yang di gunakan guru dalam pembelajaran bahasa inggris ini sangat bagus sekali, siswa jadi lebih semangat ketika menghafalnya dan kata kata yang di ucapkan lebih mudah di ikuti anak. anak lebih mudah mempelajarinya dan mengulang ulang di rumah.

  9. menyampaikan pembelajaran melalui lagu adalah pembelajaran yang sangat menarik bagi siswa,lagu adalah strategi yang selalu digunakan oleh guru untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar,guru juga dituntut untuk kreatif dalam memilih lagu dan dapat menyesuaikan lirik lagu dalam pembelajaran.

  10. nama : EKO TRIONO
    NIM : 501173151
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Palembang
    Menanggapi video tersebut yaitu strategi dalam pembelajaran melalui musik sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, juga bisa mengartikan dan mengucapkannya atau mengulangnya lewat lirik lagu tersebut, tetapi kita sebagai pendidik harus bisa memilih lagu yang cocok berdasarkan materi yang akan disampaikan. Didalam video tersebut sudah dijelaskan bagaimana keuntungannya melalui strategi pembelajaran lewat musik, maka dari itu kita bisa melakukan kegiatan strategi seperti ini agar peserta didik lebih paham lagi untuk meningkatkan pembelajaran khususnya bahasa inggris. karena belajar paling udah adalah mendengarkan..

Leave a Reply