Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
Video ini menampilkan metode guided writing yang membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis dan berbicara. Siswa diminta melengkapi kalimat terkait profesi dan kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Manfaat metode guide writing pada video pembelajaran ini adalah: 1. Pengembangan keterampilan berbahasa yaitu meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara; 2. Kepercayaan diri siswa belajar berbicara di depan umum; 3. Keterlibatan aktif sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.
Nama : Melkianus Domu Pedi
NIM : 501372587
Dari Video tersebut saya belajar bagaimana guru membantu siswanya untuk meningkatkan keterampilan berbicara mereka dengan menanyakan obsesi mereka di awal kelas dan kemudian dia menggunakan tulisan terbimbing yang terdapat beberapa ruang kosong di atasnya dan meminta siswa untuk menyelesaikannya berdasarkan obsesi mereka sendiri. Menurutku itu bisa meningkatkan keterampilan berbicara mereka karena mereka berbicara tentang cita-cita mereka sendiri, bukan orang lain. Manfaat yang saya dapatkan antara lain : bahwa ternyata dalam mengajarkan Bahasa inggris kepada peserta didik perlu kita memfasilitasi mereka agar mereka dapat belajar dan menyukai Bahasa inggris. Selain itu juga saya belajar bagaimana pentingnya memberikan pertanyaan di awal pembelajaran sesuai dengan topik yang akan diajarkan. Saran saya mengenai video tersebut jika peserta didik kita sudah dalam kompetensi yang sama maka tentu tidak menyulitkan kita dengan metode tersebut, namun jika kemampuan anak-anak yang bervariasi apalagi yang ada di bawah rata-rata kelas, kemungkinan besar dia tidak menikmatinya. Dibutuhkan bantuan yang lebih sederhana lagi, karena terlihat ada anak-anak yang masih bingung waktu diberikan pertanyaan di awal pembelajaran.
Nama : Firlyan Anugerah Nduru
NIM : 501332662
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Malang
Dalam video ini, keterampilan berbicara siswa ditingkatkan melalui topik profesi. Untuk membantu siswa memahami, guru menggunakan kata-kata sederhana. Mereka juga memberikan tugas menulis terpandu, yang harus dilengkapi dan dipresentasikan oleh siswa di depan kelas. Metode ini membantu siswa berpikir kritis, percaya diri, bercerita, dan membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Ini juga sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Video ini menawarkan banyak manfaat, termasuk teknik pengelolaan kelas yang efektif, menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan, membantu siswa menjadi lebih aktif, meningkatkan rasa percaya diri mereka, dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Saran yang diberikan juga mencakup penggunaan sumber belajar dan media yang lebih beragam, serta pentingnya kegiatan diskusi untuk mendorong pembelajaran yang lebih aktif dan kolaboratif.
Nama : Revi Priscarina
NIM : 501132543
Dalam video ini siswa belajar untuk melatih cara berbicara. Materi yang disampaikan dalam video yaitu tentang profesi. Siswa diminta untuk menceritakan hal yang mereka ketahui tentang profesi. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba menuliskan dan menyampaikan hasil tulisan di depan kelas maka kemampuan menulis dan berbicara siswa juga akan meningkat. Pembelajaran seperti ini merupakan pembelajaran yang efektif karena menggabungkan beberapa keterampilan dalam sekali proses pembelajaran, yaitu keterampilan menulis dan berbicara. Selain itu pujian yang diberikan oleh guru juga sangat penting untuk meningkatkan semangat peserta didik dalam menyampaikan pendapatnya, Sehingga peserta didik tidak merasa malu dalam mengutarakan pendapat.
Nama : Aditya Satria Nugroho
NIM : 501201229
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
Setelah menonton video ini, video ini menggunakan pendekatan yang inovatif dan efektif untuk pembelajaran bahasa Inggris di SMP. Penggunaan guided writing, storytelling, dan diskusi dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara, meningkatkan minat belajar, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kemampuan berkolaborasi, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa secara keseluruhan.
Nama : Nani Sugiarti
NIM : 501222831
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Bogor
Manfaat yang bisa diambil dari vidio pembelajaran tersebut adalah siswa tidak hanya belajar struktur bahasa tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk berlatih berbicara di depan umum, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menggunakan bahasa Inggris.
Saran yang bisa diberikan terkait vidio pembelajaran tersebut adalah Sebelum bercerita di depan kelas, siswa bisa saling memberikan umpan balik terhadap tulisan temannya. Ini membantu mereka belajar dari satu sama lain dan meningkatkan kualitas cerita mereka, siswa dapat menggunakan alat bantu visual seperti gambar atau slide untuk mendukung cerita mereka saat presentasi dan Setelah presentasi, guru atau siswa lain bisa bertanya tentang cerita tersebut, yang memungkinkan lebih banyak interaksi dan diskusi.
Rina Astuti 501213058 Magister Pendidikan Dasar UPBJJ Serang
Video ini sangat bermanfaat karena memberi wawasan baru mengenai bagaimana mengajarkan keterampilan berbahasa khususnya dalam bahasa inggris, kemampuan yang diasah dalam video ini yaitu keterampilan menulis dan berbicara dengan metode guide writing, metode tersebut mampu mengaktifkan siswa sehingga proses pembelajaran menarik, interaktif dan meningkatkan tingkat kepercayaan diri siswa. Ini merupakan video pembelajaran yang sangat inspiratif.