Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Pakar Guru
Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.
–
Nama : Himayari Nufus Maryana
NIM : 501353247
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dari video tersebut saya mengambil manfaat bahwa bagaiaman seorang guru mengajak siswa agar mempiliki berbicara yang baik. dimana guru memberikan lembar LKS yang kemudian siswa mengungkapkan apa yang telah ia tulis. Dari hal tersebut guru sudah mengembangkan percaya diri agar berani berbicara menggunakan bahasa inggris, dan guru sudah mengembangkan keterampilan siswa dalam hal public speaking
Nama : Fakih Agus Sulaeman
NIM : 501202893
Prodi : magister pendidikan Dasar
setelah mengamati video tersebut manfaat yang saya peroleh adalah untuk mengajarkan keterampilan berbicara (speaking) yang baik maka perlu topik yang menarik agar murid termotivasi, dengan topik profesi maka murid menjadi bersemangat untuk bercerita, untuk memudahkan maka guru tersebut memberikan guided writing sehingga murid tidak bingung untuk menulis apa. karena tujuan pembelajrannya adalah keterampilan berbicara bukan keterampilan menulis maka guru tersebut mengadakan kegiatan menceritakan cita-citanya didepan kelas, ini sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran sehingga guru dapat memberikan umpan balik ketika murid selesai membacakan hasilnya di depan kelas.
Menurut pendapat saya mengenai video “I want to be” yakni cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Hal tersebut sangat effektif dalam melatih berbicara dalam berbahasa inggris. Siswa yang awalnya tidak paham makna dari topik tersebut kemudian diberikan konsep sederhana dengan contoh oleh guru mengenai jenis cita-cita/ambition. Barulah siswa paham akan makna topik yang dimaksud dan beberapa dari mereka langsung secara bergantian menyatakan cita-cita yang mereka miliki. Sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar B.Inggris.
Indah Permatasari
501172973
Video tersebut menjelaskan mengenai kemampuan berbicara peserta didik, menjadi tantangan bagi pendidik untuk memotivasi peserta didik agar menguasai kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri. Terkadang, ada peserta didik yang tidak berani untuk berbicara bahasa Inggris dengan mahir. Oleh karena itu, metode ini dapat digunakan untuk memotivasi peserta didik agar percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Sebagai pendidik, kita harus mampu menggunakan metode yang tepat untuk membantu peserta didik menguasai kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri.
Setelah melihat video I want to be , proses pembelajaran sangat menarik dan efesien tentang tips membelajarkan peserta didik bagaimana mengembangkan keterampilan speaking pada siswa yaitu di video di atas mendorong siswa untuk berbicara bahasa inggris,ada umpan balik dari proses pembelajaran ,membantu siswa membangun percaya diri dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa inggris sarta siswa dapat memberanikan diri tampil di depan kelas membacakan hasil karyanya.
Setelah melihat video I want to be , proses pembelajaran sangat menarik dan efesien tentang tips membelajarkan peserta didik bagaimana mengembangkan keterampilan speaking pada siswa yaitu di video di atas mendorong siswa untuk berbicara bahasa inggris,ada umpan balik dari proses pembelajaran ,membantu siswa membangun percaya diri dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa inggris sarta siswa dapat memberanikan diri tampil di depan kelas membacakan hasil karyanya.
Nama : RUSTAN
NIM : 501453267
prodi : Magister Pendidikan Dasar
Setelah melihat video I want to be , proses pembelajaran sangat menarik dan efesien tentang tips membelajarkan peserta didik bagaimana mengembangkan keterampilan speaking pada siswa yaitu di video di atas mendorong siswa untuk berbicara bahasa inggris,ada umpan balik dari proses pembelajaran ,membantu siswa membangun percaya diri dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa inggris sarta siswa dapat memberanikan diri tampil di depan kelas membacakan hasil karyanya
Nama : Meyliya
Nim : 501333134
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dari pengamatan video tersebut guru mengajarkan keberanian anak-anak untuk berbicara bahasa Inggris di depan kelas karena tidaklah mudah bagi guru untuk mengajak siswanya berani berbicara bahasa Inggris.
Nama : Sawitri Mardhiyah
Nim. : 501333094
Prodi : S2 Pendidikan Dasar
Video tersebut menjelaskan tentang kompetensi siswa yaitu keterampilan berbicara atau speaking, mengajak siswa untuk berani berbicara di depan kelas tentu itu sesuatu yang sulit, tetapi metode yang dipraktikkan dalam video tersebut Sangat menginspirasi sehingga bisa dilakukan agar peserta didik berani ke depan untuk berbicara bahasa inggris. Kita sebagai seorang pendidik harus bisa dan bagaimana caranya menggunakan metode agar peserta didik berani terampil berbahasa inggris.
terimakasih
Nama: Anda Habibah Siregar
NIM: 501202901
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Hal yang dilakukan pak guru tersebut bisa menjadi pilihan untuk saya ketika mengajarkan pembelajaran bahasa terutama dalam hal kemampuan berbicara. saat siswa berbicara untuk mengutarakan perasaannya ataupun pendapatnya terkadang hal tersebut sulit untuk mereka. Strategi dengan menggunakan guidance tersebut sebelum presentasi dapat membantu mereka ketika meningkatkan kemampuan berbicara mereka.