Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar vidkeo harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Proses pembelajaran yang ditampilkan sudah bagus dan dapat mengembangkan ketrampilan berbahasa Inggris siswa secara aktif. Pemberian aplaus setelah penampilan siswa sebagai bentuk apresiasi bisa meningkatkan rasa senang dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Menurut saya strategi yang digunakan guru sudah tepat dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan kompetensi dasar yang terantum dalam kurikulum2013.

Similar Posts

147 Comments

  1. keterampilan speaking peserta didik, guru yang baik akan selalu melatih siswa setiap pembelajran , tidak mudah bagi seorang pendidik mengajak peserta didik agar berani ke depan berbicara bahasa inggris kadang- kadang ada peserta didik yang tidak berani untuk terampil berbicara bahasa inggris, nah metode seperti ini bisa dilakukan agar peserta didik berani ke depan untuk berbicara bahasa inggris.

  2. 1. kekurangan cara mengajar guru tersebut Tidak ada kegiatan pembuka pada awal mengajar
    2. even though with a simple method the teacher can guide students in improving English language skills, by
    telling what job they aspire to do. so that the learning process becomes meaningful and enjoyable.

  3. pembelajaran yang menarik,secara keseluruhan siswa sudah paham dengan bahasa yang di pelajari,diawali dengan menanyakan cita-cita siswa,sehingga siswa jadi tertarik dan merasa tertantang,menariknya sejak awal masuk sampai akhir guru selalu menggunakan bahasa inggris sehingga merasa tertantang dan mendorong siswa untuk belajar agar mengerti dengan bahasa inggris

  4. Nama : Rizkia Khairunnisa
    NIM : 501574234
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Medan

    Dari video pembelajaran di atas, metode yang digunakan guru sangat menarik dan sederhana dalam pembelajaran. Terlihat dari antusias peserta didik dalam menjawab pertanyaan dari guru tersebut. Dengan pembelajaran yang disajikan dapat menimbulkan komunikasi dua arah antara guru dan peserta didik. Dalam hal ini kemampuan speaking, listening, dan writing peserta didik diasah dengan cara yang sederhana. sehingga peserta didik mampu mengikuti proses pembelajaran dengan sangat aktif dan saling antusias.

  5. Nama : Amri Saleh
    NIM : 501133008
    UPBJ : Padang
    Pokja : Agam
    In my opinion, learning that is carried out by the teacher by inviting students to talk one by one is a good thing. However, the characteristics of junior high school students are that they must be directly involved in the learning process. Thus I give suggestions that learning can be carried out with group discussions by giving worksheets to students. Before starting the activity, students can watch film or animation media in English to practice their initial speaking skills. After this is done, students in the group can start solving problems related to the profession they choose by asking various questions. After the discussion is finished, a group presentation will be carried out, the other groups will respond. Here the skills to speak in English are trained again.

  6. Nama : PETY PUJIASTUTI
    NIM : 501273282
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Video tersebut memberikan tips membelajarkan keterampilan speaking mengenai profession. Dengan siswa diminta untuk membacakan hasil tulisannya di depan kelas, membantu melatih keberanian siswa.

  7. Nama : Dewi Putri Yuni
    NIM : 501133079
    Prodi : Megister Pendidikan Dasar

    1. Yang saya pelajari dari video tersebut adalah tentang perlunya menjalin komunikasi yang baik dalam pembelajaran, sehingga suasan pembelajaran lebih kondusif dan tidak monoton serta siswa antusias dalam pembelajaran. Apalagi dalam pembelajaran bahasa inggris. kominikasi dalam bahasa Inggris sangat membantu siswa dalam melatih penguasaan kosa kata dan pengucapan kata yang benar.
    2. Manfaat yang dapat diambil dari video tersebut adalah saya mendapatkan pelajaran bahwa dengan menggunakan strategi guide writing dapat membantu siswa untuk mengasah keterampilan siswa dan minatnya pada pembelajaran tersebut.

  8. NAMA : SITARSINI
    NIM : 501453242
    PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
    comentar saya terkait Konsep video ini tampaknya efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dengan menggabungkan guided writing dan kesempatan untuk berbicara di depan kelas, siswa dapat memperoleh pengalaman praktis dalam menggunakan bahasa Inggris secara aktif.
    Manfaat:
    1. Pengembangan keterampilan berbicara: Video ini menekankan pentingnya mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Berbicara dalam bahasa Inggris secara lancar dan percaya diri merupakan tujuan yang penting dalam pembelajaran bahasa, dan metode yang diperlihatkan dalam video ini dapat membantu siswa mencapai tujuan tersebut.
    2. Guided writing sebagai landasan: Dengan memberikan guided writing, guru memberikan struktur dan bimbingan dalam menulis kalimat yang relevan dengan topik profession. Hal ini membantu siswa memahami struktur kalimat yang tepat serta memperluas kosakata mereka terkait topik tersebut.
    3. Meningkatkan kemampuan bercerita: Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas tentang apa yang telah mereka tulis. Ini mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan bercerita, meningkatkan kelancaran berbicara, dan memperkaya penggunaan kosakata dan struktur kalimat dalam konteks yang nyata.
    4. Keterampilan presentasi dan kepercayaan diri: Saat siswa diminta untuk menyampaikan cerita mereka di depan kelas, mereka melatih keterampilan presentasi mereka. Pengalaman ini dapat membantu siswa merasa lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum, mengatur gagasan mereka, dan berkomunikasi dengan jelas dan efektif.

  9. Nama: SYOFRIADI
    NIM: 501133022
    Prodi: Magister Pendas

    Manfaat yang saya dapat setelah menyaksikan video ini adalah, sebagai seorang guru kita harus bisa mengajak dan menuntun siswa untuk berani maju dan berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Karena tidalah mudah untuk menumbuhkan rasa berani dalam diri siswa apalagi berhubungan dengan bahasa inggris. Namun dengan metode seperti yang dilakukan guru tersebut yang menggunakan cara guide writing dapat menumbuhkan semangat serta mengasah keterampilan siswa dalam hal speaking.

  10. NAMA : Y. CAROLUS F. FOFIED, S.PD.SD
    NIM : 501453195
    PRODI : PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

    Setelah menonton video tersebut saya menemukan bahwa Anak-anak sangat antusias dan merasa senang untuk mengikuti pembelajaran, tampak ketika dari awal pembelajaran guru menyapa hingga bertanya hampir semua siswa bertunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan guru. Guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran yang berkaitan dengan materi tentang profession dan memberikan contoh terkait materi tersebut. Guru tampak memulai pembelajaran di kelas tanpa dimulai dengan berdoa terlebih dahulu. Guru tampak tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan dan Guru tampak mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Doa Penutup. Guru membuka pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan seperti berdoa,mengabsen dan mengkondisikan siswa terlebih dahulu. Kegiatan penutup pembelajaran harus ditutup dengan doa penutup dan guru memberitahu materi apa yang akan nanti disampaikan pertemuan selanjutnya .

Leave a Reply