silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama:Asmaria Nasution
Nim :859884528
UPBJJ :Medan
POKJAR:MADINA
PROGDI:S1 PGSD
1.pendapat saya mengenai vidio sangat bagus,karena dengan model PBJL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami materi.
2.hal penting yg dapat saya ambil adalah mamfaat vidio among diterapkan terhadap siswa dan mengkombinadikannya dengan model pembelajaran PBJL di sekolah.
3.vidio ini sangat membantu saya dalam peroses pembelajaran di kelas.
Nama : Mulyadi
NIM : 857327722
Program Studi : PGSD S1
Pokjar : Warungkondang
UPBJJ : Bogor
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Video pembelajaran PjBL ini sangat bagus, membuat siswa aktif dan kreatif juga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal penting yang bisa diperoleh adalah bahwa menjadi seorang guru harus terampil menggunakan berbagai metode agar siswa nyaman, aktif dan kreatif.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? Pembelajaran dalam video ini sangat sesuai dengan kebutuhan mengajar dan merancang pembelajaran.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Hal yang sangat baik dalam video ini, guru menyampaikan pembelajaran dengan kreatif dan santun sehingga siswa mempunyai pengalaman yang sangat berharga dalam pembelajaran, siswa aktif dan kreatif dalam pembelajaran sehingga menghasilkan produk pembelajaran.
Terkait video pembelajaran mengenai metode among dari Ki Hajar Dewantara. Saya setuju bahwa metode among sangat bagus dan dapat diterapkan di dalam kelas untuk meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
video tersebut memberikan manfaat bagi saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di kelas. Saya juga setuju bahwa penjelasan tentang metode among dan model pembelajaran PBTL yang diberikan dalam video tersebut cukup baik dan mudah dipahami oleh siswa.
Terima kasih juga telah membagikan contoh metode among lain seperti metode asuh yang dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas dengan nyaman dan kesabaran. Saya yakin bahwa penerapan metode among dan model pembelajaran PBTL dalam pembelajaran akan memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Saya juga berharap dapat menerapkan rencana pembelajaran dengan baik sesuai dengan metode among. Semoga pembelajaran di kelas dapat lebih efektif dan bermanfaat bagi siswa.
sekian terimakasih.
nama : fitri nur qomariyah
nim : 85890221
pokjar : Purwoharjo
UPBJJ-UT : Jember
Terkait video pembelajaran mengenai metode among dari Ki Hajar Dewantara. Saya setuju bahwa metode among sangat bagus dan dapat diterapkan di dalam kelas untuk meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
video tersebut memberikan manfaat bagi saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di kelas. Saya juga setuju bahwa penjelasan tentang metode among dan model pembelajaran PBTL yang diberikan dalam video tersebut cukup baik dan mudah dipahami oleh siswa.
Terima kasih juga telah membagikan contoh metode among lain seperti metode asuh yang dapat membantu siswa dalam mengerjakan tugas dengan nyaman dan kesabaran. Saya yakin bahwa penerapan metode among dan model pembelajaran PBTL dalam pembelajaran akan memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Saya juga berharap dapat menerapkan rencana pembelajaran dengan baik sesuai dengan metode among. Semoga pembelajaran di kelas dapat lebih efektif dan bermanfaat bagi siswa.
sekian terimakasih.
NAMA: EVI LUTVIANTI
NIM: 858911471
POKJAR: LUMAJANG
UPBJJ- UT: JEMBER
Dari analisis vidio tersebut, ada beberapa point penting yang dapat saya gunakan untuk perbaikan pembelajaran di kelas, diantaranya yaitu :
1. tentang persiapan pembelajaran yang matang, seperti konsep, materi, media dan bahan evaluasi pembelajaran atau tugas.
2. tentang penggunaan medote among dalam proses pembelajaran, dimana dengan metode tersebut dapat mencakup seluruh aspek tujuan atau kompetensi dasar dari pembelajaran, yaitu dengan asah, asih dan asuh.
3. tentang penggunaan model pembelajaran PBJL, dimana dengan model pembelajaran ini maka siswa akan diajak untuk memahami materi pembelajaran dengan adanya proyek atau tugas yang terjun langsung.
Nama : Dewi Ilma Nafi’ah
Nim: 858773409
Prodi: 118/ PGSD- SI
1. Pendapat saya tentang video diatas metode among dari ki Hajar dewantara sangat cocok diterapkan di kelas
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran di atas adalah dengan metode among yang di terapkan pada siswa dan model pembelajaran pbjl, terlihat siswa antusias dan mudah memahami materi yang di sampaikan.
3.video ini sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi pembelajaran di dalam kelas
4.hal yang sudah baik dari video di atas adalah penjelasan tentang metode among maupun model pembelajaran pbjl sudah bagus dan metode among yang di terapkan pada proses pembelajaran dari video meningkatkan pemahaman anak pada suatu materi, dan di berikan contoh- contoh sederhana dalam bentuk gambar yang dapat di pahami siswa dengan jelas. Salah satu metode among yang lain dari video di atas yaitu metode asuh, guru memantu dan membimbing semua siswa dalam pengerjaan tugasnya dengan kondisi kelas yang kondusif
Nama : ANA WISESA
Nim : 857161494
Program studi : 119/PGSD S1
UPBJJ : 21 / Jakarta
1. Video pembelajaran ini sudah sangat bagus dan sesuai antara metode dan teknik pembelajaran yang di sampaikan. karena model PJBL ini membuat anak tertarik akan materi ajar.
2. Hal penting yang saya peroleh adalah mempersiapkan bahan ajar sebelum mengajar, selalu menanamkan kebiasan kebiasan atau kegiatan awal yang baik, juga melakukan komunikasi 2 arah.
3. Video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
4. Hal yang sangat mendukung baiknya video pembelajaran ini adalah guru mempersiapkan bahan ajar sebelum mengajar, melakukan kegiatan awal yang baik, mengajak anak untuk komunikasi 2 arah, mengajak anak untuk aktif berbicara, membuat anak tertarik untuk belajar karena adanya bahan ajar serta menanaman rasa percaya diri pada anak.
Nama : YOSEP SAEPURROHMAN
NIM : 857319227
Prodi/Semester : SMT 8
1. Menurut Pendapat saya vidio ini sangat bagus, sistem among Ki Hadjar Dewantara sistem yang cocok untuk murid-murid sehingga mereka tidak meninggalkan keagamannya dan dapat belajar dengan baik dengan sistem kekeluargaan.
2. hal penting dari vidio adalah kita dapat lebih mengerti apa yang dimaksud dari sistem among Ki Hadjar Dewantara, memangun anak lebih beriman kreatif, dan berbudi luhur.
3. menurut saya sistem ini sangat cocok untuk mengajar karena awal pembelajaran anak sudah dibiasakan untuk berdoa atau menganut spiritual, asah, asih dan asuh.
4. Hal baik dalam vidio adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai keluarga bagi murid-murid, sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan mereka lebih antusias serta semangat dalam mengikuti pembelajaran
Nama: Anggi Rachmawati
NIM: 857301135
UPBJJ UT Bogor
Pokjar: Warungkondang
– Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran PJBL dengan metode Among ini membuat siswa lebih aktif dan kreatif.
– sesuai dengan prinsip utama sistem among, ialah “melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih) asah (memahirkan) dan asuh (bimbingan)” membekali saya untuk menerapkan pembelajaran seperti itu.
– Metode ini juga mengingatkan saya bahwa seorang guru harus mempersiapkan pembelajaran dengan baik. mempersiapkan konsep pembelajaran, materi dan media ajar yang dapat menarik perhatian anak, serta bahan untuk dijadikan evaluasi pembelajaran.
Tanggapan saya dari video pembelajaran “anak yang mengobrol dikelas saat pbm”
Kelemahan :
– Guru tidak mengatur posisi duduk anak secara melingkar sehingga jangkauan pandangan guru jadi lebih luas
– Media bercerita yang digunakan guru terlalu kecil sehingga sulit untuk dilihat oleh anak, harusnya guru dapat menambahkan media bercerita yang lain seperti boneka tangan, gambar yang lebih besar
– Anak – anak yang duduk pada bagian belakang sibuk sendiri dan ngobrol kurang diperhatikan guru
– Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besar ataupun menggunakan menggunakan suara – suara yang menggambarkan karakter pada cerita tersebut.
-Sebelum bercerita sebaiknya pada kegiatan awal anak diberikan aturan di awal yang dapat disepakati antara guru dan anak agar anak tebiasa tertib dan kondusif
-Guru dapat memberikan semangat pada anak dengan kegiatan bertepuk ataupun bernyanyi agar anak lebih antusias
kelebihan
– sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak saat sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk sudah baik.
– guru juga sudah melibatkan anak dalam cerita