silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
NAMA. : Emmia putri sinulingga
NIM. : 856054981
PRODI. : PGSD
UPBJJ. : MEDAN
1. Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat menarik dan mudah dipahami
2. Dari video termasuk maka hal yg paling penting bagi seorang guru sebelum mengajar adalah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran yang akan digunakan agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan siswa lebih mudah memahami.pembelajaran dengan baik
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran
4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan metode among yg diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara
NAMA. : Emmia putri sinulingga
NIM. : 856054981
PRODI. : PGSD
UPBJJ. : MEDAN
1. Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat menarik dan mudah dipahami
2. Dari video termasuk maka hal yg paling penting bagi seorang guru sebelum mengajar adalah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran yang akan digunakan agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan siswa lebih mudah memahami.pembelajaran dengan baik
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran
4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan metode among yg diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara
NAMA. : Emmia putri sinulingga
NIM. : 856054981
PRODI. : PGSD
UPBJJ. : MEDAN
1. Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat menarik dan mudah dipahami
2. Dari video termasuk maka hal yg paling penting bagi seorang guru sebelum mengajar adalah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran yang akan digunakan agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan siswa lebih mudah memahami.pembelajaran dengan baik
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran
4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan metode among yg diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara
NAMA : SRI WINDARTI
NIM : 859654857
PRODI : S1 – PGSD
UPBJJ : UT SURABAYA
1. Pendapat saya mengenai video ini sangat bagus sekali. Dengan metode among ini siswa menjadi lebih aktif berinteraksi dengan guru dan suasana kelas lebih menyenangkan, sehingga materi pembelajaran dapat tersalurkan dengan baik.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah cara membuka pelajaran dan cara menyampaikan materi pembelajaran agar lebih menarik, menyenangkan, sehingga materi mudah untuk di pahami.
3. Tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya, karena dapat menjadi contoh, acuan, dan pandangan saya untuk dalam proses pembelajaran.
4. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah penerapan metode asih, asah, dan asuh dalam proses pembelajarannya yang dapat menjadikan suasana belajar lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga siswa dapat menjalani proses pembelajaran dengan efektif.
Nama : Sri Amalia Amanda
NIM : 855854406
Prodi : PGSD
UPBJJ : Medan
1. Menurut saya video tersebut adalah salah satu cara yang efektif karena adanya hubungan antara model PjBL dengan metode among apalagi untuk anak usia Sekolah Dasar.
2. Adapun hal penting yang saya peroleh dari video tersebut adalah ketika adanya penerapan metode among asah, asih , dan asuh tersebut . Yang pada dasarnya hal itu sulit diterapkan bagi beberapa guru.
3. Tayangan video tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar karena itu menunjukkan bahwa banyak cara untuk mendidik siswa dan kita tak boleh menyerah dengan kegagalan cara yang kita gunakan.
4. Untuk hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut adalah ;
* Menyiapkan media pembelajaran sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.
* Penerapan metode among pada model PjBL (terutama asih, asah, dan asuh).
* Selalu memberikan apresiasi apapun jawaban dari para peserta didik.
Sekian tanggapan saya mengenai video pembelajaran tersebut.
NAMA : TRI LESTARI
NIM : 877528626
JURUSAN : PGSD
UPBJJ : MEDAN
Assalamu’alaikum wr.wb izin menanggapi terkait video pembelajaran tersebut:
1. Menurut pendapat saya, terkait video pembelajaran berbasis proyek adalah sangat bagus, menginsiprasi dan sangat menarik untuk di aplikasikan ke dalam pembelajaran disekolah agar lebih bervariasi dan menyenangkan seperti video tersebut.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video tersebut adalah bahwa seorang guru harus mempersiapkan terlebih dahulu perangkat pembelajaran baik materi maupun media yang akan digunakan, penggunaan metode among ini memiliki prinsip kekeluargaan yang baik untuk siswa, dan pembelajaran berbasis proyek ini menggunakan media untuk mendukung proses pembelajaran siswa dengan lebih optimal.
3. Adapun video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar tentang merancang dan mempersiapkan pra pembelajaran dan proses pembelajaran berlangsung serta memilih model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
4. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah bahwa pembelajaran ini sangat mendorong siswa untuk berpikir kritis, berperan aktif, saling berdiskusi dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Metode asuh yang diberikan sangat bermanfaat untuk siswa dan tetap mengajak siswa untuk menjaga lingkungan hidup
Sekian dan Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
NAMA : TRI LESTARI
NIM : 877528626
JURUSAN : PGSD
UPBJJ : MEDAN
Assalamu’alaikum wr.wb izin menanggapi terkait video pembelajaran tersebut:
1. Menurut pendapat saya, terkait video pembelajaran berbasis proyek adalah sangat bagus, menginsiprasi dan sangat menarik untuk di aplikasikan ke dalam pembelajaran disekolah agar lebih bervariasi dan menyenangkan seperti video tersebut.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video tersebut adalah bahwa seorang guru harus mempersiapkan terlebih dahulu perangkat pembelajaran baik materi maupun media yang akan digunakan, penggunaan metode among ini memiliki prinsip kekeluargaan yang baik untuk siswa, dan pembelajaran berbasis proyek ini menggunakan media untuk mendukung proses pembelajaran siswa dengan lebih optimal.
3. Adapun video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar tentang merancang dan mempersiapkan pra pembelajaran dan proses pembelajaran berlangsung serta memilih model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
4. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah bahwa pembelajaran ini sangat mendorong siswa untuk berpikir kritis, berperan aktif, saling berdiskusi dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Metode asuh yang diberikan sangat bermanfaat untuk siswa dan tetap mengajak siswa untuk menjaga lingkungan hidup
Sekian dan Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
NAMA : NURBAITI
NIM : 828753139
PRODI : S1 – PGSD
UPBJJ : MEDAN
1. Yaitu Pendapat saya mengenai video ini bagus sekali, karena dengan kita menggunakan metode among ini siswa menjadi lebih aktif dan berani, berinteraksi dengan guru dan suasana kelas lebih aktif (hidup) sehingga materi pembelajaran dapat yang di sampaikan tersalurkan dengan baik.
2. Hal penting yang saya ambil dari video ini adalah cara membuka pembelajaran dan cara menyampaikan materi agar lebih menarik, menyenangkan, sehingga materi mudah untuk di cermat atau di pahami
3. Menonton video ini sangat penting dalam kehidupan saya, karena dapat menjadi contoh, acuan, dan pandangan saya untuk dalam proses pembelajaran.
4. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah penerapan metode asih, asah, dan asuh dalam proses pembelajarannya sehingga siswa yang di ajarkan lebih efektif dalam memepelajaran di kelas .
Setelah menonton vidio ini saya lebih memahami apa dan metode asih yg guru lakukan sangat menarik ,dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran ,siswa sangat semangat
NAMA : RIZA FITRIA UTAMI NASUTION
NIM : 855858435
PRODI : S1-PGSD
UPBJJ : UT MEDAN
Menurut pendapat saya, dari pembelajaran tersebut menarik dan mudah dipahami karena :
• Melalui pembelajaran berbasis proyek (PBjL) siswa di dorong untuk berpikir kreatif, mengeksplorasi minat mereka dan rasa ingin tahu mereka serta membangkitkan kreativitas. Dan Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan metode among yg diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara.
• Guru harus mempersiapkan pembelajaran yang menarik untuk menciptakan suasana belajar yang berkualitas dan bermakna.
•Hal yang sudah baik dalam vidio ini adalah penerapan metode among yang diintegrasikan dalam model pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih baik.