silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama:Sri Rahayu Hardini
Nim : 855854477
Prodi :PGSD
UPBJJ:Medan
Setelah saya simak video di atas pendapat saya:
1.Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan informatif tentang metode Among (Anugerah Membangun Negeri) dan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) di tingkat sekolah dasar. Saya sangat mengapresiasi pendekatan ini dalam memperkenalkan macam macam datar kepada siswa sejak dini.
2.Saya Pribadi menemukan merasa video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya untuk mengajar dan masuk ke dalam kelas.
3.Penggunaan metode Among dan PjBL di sekolah dasar merupakan langkah yang tepat untuk membentuk kesadaran lingkungan sejak usia dini. Melalui proyek-proyek praktis seperti yang ditampilkan dalam video, siswa dapat belajar secara aktif tentang macam macam bangun ruang didalam bentuk kereta api dan lain lain,siswa juga di ingatkan untuk membuang sampah bekas proyek yang dihasilkan,agar ruangan tetap bersih.
Dalam video di atas pun saya menyimak adanya penerapan metode dikalangan Asah,asih,asuh yang saya rasa bisa sangat efektif digunakan untuk mengajar anak sekolah dasar.
4.Saya juga senang melihat bagaimana penggunaan materi sederhana Mengajarkan Konsep Matematika dengan Pendekatan Kreatif,Mendorong Berpikir Logis dan Kritis,Menyediakan Pengalaman Belajar Aktif,Mengembangkan Kreativitas,Membangun Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi.yang disampaikan pengajar.
5.Semoga video ini dapat menginspirasi lebih banyak sekolah untuk menerapkan metode Among dan PjBL dalam kurikulum mereka, sehingga generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang sadar lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masa depan bumi kita. Terima kasih atas upaya dalam memajukan pendidikan lingkungan di tingkat sekolah dasar melalui pendekatan yang inovatif ini.
Sekian dan terimakasih.
Nama:Sri Rahayu Hardini
Nim : 855854477
Prodi :PGSD
UPBJ: Medan
Setelah saya simak video di atas pendapat saya:
1.Video ini memberikan penjelasan yang jelas dan informatif tentang metode Among (Anugerah Membangun Negeri) dan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) di tingkat sekolah dasar. Saya sangat mengapresiasi pendekatan ini dalam memperkenalkan macam macam datar kepada siswa sejak dini.
2.Saya Pribadi menemukan merasa video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya untuk mengajar dan masuk ke dalam kelas. 3.Penggunaan metode Among dan PjBL di sekolah dasar merupakan langkah yang tepat untuk membentuk kesadaran lingkungan sejak usia dini. Melalui proyek-proyek praktis seperti yang ditampilkan dalam video, siswa dapat belajar secara aktif tentang macam macam bangun ruang didalam bentuk kereta api dan lain lain,siswa juga di ingatkan untuk membuang sampah bekas proyek yang dihasilkan,agar ruangan tetap bersih. Dalam video di atas pun saya menyimak adanya penerapan metode dikalangan Asah,asih,asuh yang saya rasa bisa sangat efektif digunakan untuk mengajar anak sekolah dasar.
4.Saya juga senang melihat bagaimana penggunaan materi sederhana Mengajarkan Konsep Matematika dengan Pendekatan Kreatif,Mendorong Berpikir Logis dan Kritis,Menyediakan Pengalaman Belajar Aktif,Mengembangkan Kreativitas,Membangun Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi.yang disampaikan pengajar.
5.Semoga video ini dapat menginspirasi lebih banyak sekolah untuk menerapkan metode Among dan PjBL dalam kurikulum mereka, sehingga generasi muda dapat tumbuh menjadi individu yang sadar lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masa depan bumi kita. Terima kasih atas upaya dalam memajukan pendidikan lingkungan di tingkat sekolah dasar melalui pendekatan yang inovatif ini. Sekian dan terimakasih
NAMA. : Veraira Purba
NIM. : 877529792
PRODI. : PGSD
1. Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat menarik dan mudah dipahami
2. Dari video termasuk maka hal yg paling penting bagi seorang guru sebelum mengajar adalah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran yang akan digunakan agar pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan siswa lebih mudah memahami.pembelajaran dengan baik
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran
4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan metode among yg diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara
nama : Dwi Fitra Banowati
NIM : 878214165
PRODI : PGSD
UPBJJ : PALEMBANG
1. Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat menarik dan mudah dipahami
2. menciptakan pembelajaran yang relevan dan bermakna bagi siswa serta membangun kepercayaan diri dalam kemampuan siswa.
3. menekankan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan pengembangan karakter.
4. melibatkan pendekatan yang menekankan pada pemahaman konsep, penerapan dalam kehidupan sehari-hari, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran aktif, diskusi kelompok, dan proyek kolaboratif.
Nama : Hendrik Steven Siregar
Nim. : 855860338
Prodi. : PGSD
UPBJJ : MEDAN
1. Menurut saya video pada pembelajaran di atas sangat menarik dan cukup mudah dipahami.
2. hal yg paling penting bagi seorang guru sebelum mengajar adalah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran yang hendak digunakan supaya pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan siswa lebih mampu untuk mudah memahami pembelajaran dengan baik.
3. Tayangan video sudah sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran
4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan metode among yg diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara
Nama: Chairun Nisa
Nim: 855854413
Prodi: PGSD
UPBJ: Medan
Dari video yang telah saya lihat, dapat di ambil kesimpulan bahwa:
1. Dalam video tersebut telah memberikan informasi dan mempraktikkan tentang metode Among dan metode pendekatan berbasis proyek yang dimana dalam metode ini pembelajaran yang di dapatkan siswa akan lebih bermakna,nyata, menyenangkan dan tidak monoton dalam suatu pembelajaran, dan menurut saya video ini sangat mudah dan jelas untuk di pahami oleh kami sebagai pengajar, yang bisa membuat kami lebih terinovasi lagi akan hal-hal baik untuk mendidik siswa.
2. Hal yang penting yang saya dapatkan dari melihat video tersebut yakni, kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi anak” dengan ceria, gembira dan membantu siswa kita untuk mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi pembelajaran, memperhatikan alat dan prasarana yang di perlukan dalam pembelajaran berlangsung.
3. Video ini sangat berguna bagi saya sebagai pengajar yang masih terus belajar lagi untuk memberikan yang terbaik untuk siswa.
4. Video ini sangat memberikan contoh yang baik bagi para penontonnya dan supaya menjadi inspirasi untuk sekolah lainnya yang belum menerapkan metode Ini terimakasih.
Nama : Nuraini Rachmaida A
NIM : 857383247
Prodi : PGSD
UBJJ : Bogor Selatan
Menurut saya video pada pembelajaran di atas sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran. Didalam video tersebut sangat menarik dan mudah dipahami karena dalam pembelajaran menerapkan proses pembelajaran dengan metode among yang di ajarkan oleh Kihajar Dewantara hal yang harus dilakukan guru sebelum mengajar harus mempersiapkan rencana pembelajaran, metode pembelajaran,media pembelajaran,yang harus dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran karena akan membuat siswa mampu memahami pembelajaran.
Nama : Shela Nadia Putri
Nim : 855743787
Prodi : PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
1. Menurut saya video pada pembelajaran di atas sangat menarik dan cukup mudah dipahami.
2. hal yg paling penting bagi seorang guru sebelum mengajar adalah mempersiapkan rancangan pembelajaran dan media pembelajaran yang hendak digunakan supaya pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan siswa lebih mampu untuk mudah memahami pembelajaran dengan baik.
3. Tayangan video sudah sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran
4. Hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan metode among yg diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara
Nama : Yuni Harmila Siregar
NIM : 877530163
Prodi : PGSD
UPBJJ : Medan
1. Menurut saya video ini memberikan penjelasan yang menarik dengan menjelaskan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) yaitu guru dalam pembelajaran berlangsung mengguanakan media yang ada disekitar dengan itu membuat siswa lebih mengerti dan mudah di pahami kemudian dengan model PJBL ini memancing keakftifan siswa untuk berfikir lebih luas sehingga pembelajaran berlangsung lebih aktif.
2. Menurut saya sangat baik untuk diterapkan di sekolah dengan metode among dan model PJBL sehingga dapat memotivasi para guru-guru di luar sana agar dalam pembelajaran tidak menegangkan tetapi membuat siswa nyaman, aktif dalam pembelajaran dan menyenangkan.
3. Video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar saat pembelajaran berlangsung sehingga saya akan menerapkan dengan media yang ada lingkungan sekitar untuk proses pembelajaran.
4. Saya melihat video ini menjelaskan mata pelajaran matematika yaitu materi bangun datar dengan menggunakan sistem among yaitu pendekatan kepada siswa, kemudian menggunakan model PJBL yaitu model pembelajaran menggunakan media sehingga mendorong siswa untuk berfikir lebih aktif akan ada nya media yang siswa lihat secara langsung, kemudian dalam pembelajaran ini membuat kolaborasi yang baik antara guru dan siswa-siswa lainnya.
Nama : Yuni Harmila Siregar
NIM : 877530163
Prodi : PGSD
UPBJJ : Medan
1. Menurut saya video ini memberikan penjelasan yang menarik dengan menjelaskan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) yaitu guru dalam pembelajaran berlangsung mengguanakan media yang ada disekitar dengan itu membuat siswa lebih mengerti dan mudah di pahami kemudian dengan model PJBL ini memancing keakftifan siswa untuk berfikir lebih luas sehingga pembelajaran berlangsung lebih aktif.
2. Menurut saya sangat baik untuk diterapkan di sekolah dengan metode Among dan model PJBL sehingga dapat memotivasi para guru-guru di luar sana agar dalam pembelajaran tidak menegangkan tetapi membuat siswa nyaman, aktif dalam pembelajaran dan menyenangkan.
3. Video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar saat pembelajaran berlangsung sehingga saya akan menerapkan dengan media yang ada di lingkungan sekitar untuk proses pembelajaran.
4. Saya melihat video ini menjelaskan mata pelajaran matematika yaitu materi bangun datar dengan menggunakan sistem Among yaitu pendekatan kepada siswa, kemudian menggunakan model PJBL yaitu model pembelajaran menggunakan media sehingga mendorong siswa untuk berpikir lebih aktif akan ada nya media yang siswa lihat secara langsung, kemudian dalam pembelajaran ini membuat kolaborasi yang baik antara guru dan siswa-siswa lainnya.