silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

335 Comments

  1. Saya Robiah Adawiyah dari FKIP Program PGSD UT Bandung Semester 6, ijin menanggapi diskusi:
    1. Menurut pendapat Saya mengenai Video Pembelajaran Metode Among yang dintegrasikan dengan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL: Project Best Learning) ini sangat bagus. Tetapi situasi kenyataan tidak akan pernah sama dengan di vidio yang terlihat tenang dan kondusif.

    2. Hal penting yang dapat Saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah bahwa metode Among memiliki 3 prinsip yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, yaitu Metode Asih, Asah, dan Asuh :
    1.) Metode Asih : guru menanamkan sifat spiritual kepada peserta didik, mengawali pembelajaran dengan berdo’a bersama, guru bertanya kabar peserta didik, serta menanmkan sikap bersih dan hidup sehat.
    2.) Metode Asah : guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap yang ramah, dilengkapi dengan media. Lalu memberikan kesempatan kepada peserta didik melakukan pengamatan, dan konfirmasi hasil pengamatan.
    3.) Metode Asuh: menunjukkan cara menghargai orang lain dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh rasa sabar.
    4.) Metode asih dengan menanamkan sikap spiritual, menanyakan kemampuan siswa apakah bisa melakukannya dengan penuh keramahan.
    5.) Metode Asuh: Guru selalu memantau aktivitas diskusi dengan mendekati kelompok peserta didik, memberikan semanagat, serta arahan kepada peserta didik, memberikan bantuan kepada peserta didik, yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran.
    6.) Prinsip utama dari sistim Among adalah melaksankan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan, dan dengna prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), dan asuh (bimbingan).
    Kemudian desain PJBL yang ada vidio tersebut yaitu:
    1.) Mendesain project dan mengatur jadwal. Lalu sistim Among dengan metode Asuh yang mengajak siswa untuk menjaga lingkungan tetap bersih dengna penuh keramahan.
    2.) Membimbing peserta didik ketika membuat dengan cara yang tidak benar yang tidak berhubungna dengan project.
    3.) Menyiapkan pertanyaan sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
    4.) Terakhir adalah evaluasi PJBL.

    3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran Matematika.

    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Suasana belajar sangat bagus dan kondusif, dan juga intreraktif. Guru menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan anak dengan sabar serta membahasnya dengan penjelasan yang dapat dimengerti oleh peserta didik dengan memberikan media rill sebagai contoh wujud benda sebenarnya terkait dengan materi dalam pembelajaran.

  2. NAMA : Dedek Kurniawan
    NIM : 856763276
    PRODI : PGSD S1

    1. Menurut saya pembelajaran dalam video sudah sangat tepat karena menggunakan PJBL dengan begitu siswa akan tertarik untuk mendalami materi, dan belajarnya lebih aktif dan memberikan wawasan yang luas juga kepada peserta didik.

    2. Manfaat dari metode among dalam pembelajaran bagi peserta didik dan memudahkan para guru berinteraksi dengan baik bersama murid di kelas pada saat pembelajaran berlangsung.

    3. Video yang ditampilkan sudah sangat baik sehingga dapat menarik perhatian dan fokus para peserta didik yang membangkitkan semangat belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar.

    4. a). Video yang ditampilkan sudah baik dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran dan memancing keaktifan siswa dengan bertanya secara langsung kepada siswa dan tetap memberikan penghargaan kepada siswa dan,

    b). Hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut adalah penerapan proses pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pendukung dalam persiapan penyampaian materi.

  3. Nama : Hernasti Hutauruk
    Nim : 8577527989
    Prodi: pgsd
    didalam video pembelajaran berbasis proyek tersebut menarik, menambah semangat siswa dalam belajar, membantu para guru/sebagai referensi saat mengajar yang tepat.

  4. Nama : 857102673
    NIM : 857102673
    Prodi : PGSD

    Menurut pendapat saya, video diatas telah menunjukan project based learning dengan menggunakan metode Among dari Bapak Pendidikan Indonesia yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara dengan sangat memusatkan pembelajaran pada peserta didik. Dari awal hingga akhir pembelajaran, Guru sudah memberikan aspek kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai bagi pembelajaran setiap siswa mengenai bangun datar dengan memanfaatkan media kertas berwarna dan mengaplikasikan pengalaman dan sumber belajar bagi siswa di lingkungannya. Selain itu, Guru juga memberikan aspek keterampilan guna melatih psikomotorik halus anak dalam menggunakan pensil, gunting dan menempel dimana menjadi kebutuhan bagi kelas rendah.

    Terima kasih

  5. Nama: Selvister Jenny Rosmiati Tobe
    NIM : 501372136
    UPBJ : Kupang_NTT
    Dari video yang ditayangkan, yakni model pembelajaran project based learning dengan metode Among Ki Hadjar Dewantara. Adapun terlihat jelas sintaks PJBL ada 6 langkah; yang pertama orientasi/pertanyaan dasar, guru mampu memandu siswa untuk menggali pemahaman mereka terkait bangun datar yang ada di sekeliling mereka, dengan konsep asah (memberikan pemahan dengan santun, kedua Perencanaan projek, guru menunjukkan contoh hasil karya montase berbentuk bangun datar seperti rumah dan beberapa tanaman (memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapat mereka dengan ramah/konsep asih, Ketiga melakukan proyek, siswa membuat kreasi bangun datar dengan alat dan bahan yang disediakan, menyampaikan batas waktu pengerjaan, kebersihan, dan menjaga ketertiban selama berproses dengan santun, selama bekerja guru terus melakukan pendampingan, keempat presentasi hasil kerja, guru memberikan apresiasi terhadap pekerjaan siswa, kelima penialain proyek, guru memberikan penilaian secara komprehensif, keenam evaluasi dan perluasan pengalaman guru mengarahkan siswa untuk mengerjakan tugas berikutnya.

  6. Nama : Mas Wiwin Winarsih
    NPM : 501192904
    Prodi : PGSD / MPDr / Kelas 5101.200001

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini? sangat menarik karena Menurut saya pembelajaran project ini adalah pembelajaran yang mengeksplorasi peserta didik dengan penilaian interpretasi sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini? Menurut saya pada video itu mengandung metode among dalam pembelajaran bagi peserta didik yang memudahkan siswa berinteraksi dengan guru dan juga membuat pembelajaran lebih menarik dan juga siswa menjadi lebih aktif

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? sangat sesuai , karena dapat membantu saya untuk bisa lebih memahami kebutuhan peserta didik

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini? Hal yang sudah sangat baik dalam Vidio adalah suasana belajar yang kondusif dan juga adanya interaksi secara kolaboratif juga penyampaian materi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan penggunaan media yang menarik

  7. Nama :Satrio Umar Gani
    NIM: 501362658
    tujuan sistem among ki hajar dewantara adalah membangun siswa menjadimanusia beriman dan bertaqwa merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas terampil, sehat jasmani dan rohani. metode among menitik beratkan pada pembelajaran dengan suasana kekluargaan yang didalamnya terdapat kasih sayang,pembimbingan dan keterampilan

  8. Menurut saya proses pembelajaran yang mengintegrasikan PjBL dengan metode among “Ki Hajar Dewantara” sudah sangat bagus, meski terlihatagak kaku. Namun video ini sudah membantu saya untuk memahami penerapan metode among yang diintegrasikan dengan PjBL.

  9. Nama : HALIMAH
    NIM : 501153088
    UPBJJ : Pekanbaru
    Metode Among KI Hajar Dewantara yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran dividio tersebut sangat bermanfaat bagi anak, selain anak mendapatkan perhatian yang penuh anak juga dapat mengkreasikan ide-ide mereka dalam Projek yang diberikan oleh guru. Guru sangat mengerti akan kebutuhan belajar anak dan melaksanakan pembelajaran yang sangat menarik.

Leave a Reply