silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Videonya sangat bagus dan sangat menginspirasi.
Hsl yang sangat penting adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa, jadi siswa dapat mengeluarkan ide atau gagasannya dengan berani.
Sikap guru yang sangat menguasai kelas serta meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan memberikan penghargaan pada siswa yg menjawab benar ataupun yang kurang tepat.
Pembimbingan guru, sehingga siswa dapat mempresentasikan hasil analisa dari maslah yang ditanyakan gurunya.
Nama : Yulia Indah Nurcahya
NIM: 857149845
Prodi: 118/PGSD S1
1. Pendapat saya mengenai vidio ini adalag sangat bagus sekali, metode Among yang digunakan sangat berguna bagi peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
2. Hal penting yang terdapat pada vidio adalah
1. pembukaan di awali dengan mengucapkan semangat pagi (yel-yel), memeriksa kelengkapan seragam,
kebersihan dan berdoa. Hal tersebut bisa menghilangkan kekakuan di dalam kelas terlebih materi yang
akan di pelajari adalah matematika. Sehingga siswa lebih semangat dan siap mengawali pembelajaran.
2. Menyampaikan materi secara jelas disertai dengan media. Hal ini sangat penting, karena dengan
adanya
media siswa mampu memhami pembelajaran yang akan di lakukan pada hari itu. Kemudian adanya rasa
kekeluargaan di mana guru dalam menyampaikan kalimat ada kata-kata “sayang”, “nak”, jadi
pembelajaran
sepertinya dalam kondisi yang nyaman. Kemudian adanya pengawasan ketika diskusi di laksanakan,
artinya guru tetap membersamai semua kegiatan sehingga bisa mengetahui jika ada peserta didik yang
belum paham .
3. Adanya evaluasi dalam pembelajaran. Ini sangat penting untuk mengetahui kemampuan peserta didik
dalam memahami suatu materi yang disampaikan.
3. iya sangat membantu saya dalam membuat rancangan pembelajaran di kelas
4. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini adalah penjelasan tentang metode Among Ki Hadjar
Dewantara. pelaksanaan metode among di kelas, penggunakan konsep PjBL dikelas. Peserta didik bisa
memahami konsep bangun ruang pada mata pelajaran matematika dikaitkan dengan contoh benda yang
ada di sekitar, disini guru juga membawa media yang bisa di lihat langsung sehingga peserta didik mampu
menyebutkan benda lain yang sesuai dengan media yang ditampilkan. Dengan demikian pengalaman
belajar yang telah di dapatkan,menyebabkan peserta didik mampu menyelesaikan tugas dengan baik.
Setelah menyaksikan video diatas mengenai sistem among memberikan pengetahuan baru dan saya mengerti pembelajaran disekolah sangat lah penting bagi pendidik dalam membimbing anak sesuai dengan perkembangannya. Hal yang sudah baik pada video guru sudah sangat baik dalam membimbing siswa dengan metode among, tutur kata siswa memicu semangat siswa dengan pemberian apresiasi (bagus, hebat dsb) pembelajaran memicu keaktifan siswa dengan unjuk kerja.
Pendapat saya setelah menyaksikan video diatas mengenai sistem among sangat luar biasa memberikan pengetahuan baru manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL. Saya mengerti pembelajaran disekolah sangat lah penting bagi pendidik dalam membimbing anak sesuai dengan perkembangannya sangat membantu saya dalam startegi mengajar siswa dikelas karna dengan video ini dapat gambaran bagaimana mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL. Hal yang sudah baik pada video guru sudah sangat baik dalam membimbing siswa dengan metode among, tutur kata siswa memicu semangat siswa dengan pemberian apresiasi (bagus, hebat dsb) pembelajaran memicu keaktifan siswa dengan unjuk kerja.
Nama: frengki Adriana saragih
Nim: 856075835
Program Studi:118/ PGSD S1
1.Selamat siang menurut saya video ini sangat bagus di terapkan dalam pembelajaran,dimana seorang guru kreatif dalam mengajar siswa juga memperkuat iman siswa.
2.Mempersiapkan siswa menjadi lebih pintar dan terbiasa dengan cara guru memberi pelajaran.
3.siswa mampu dalam mengikuti pembelajaran.
4.aktif dan mantab dalam prnguasaan kelas.
Sekian dan terimakasih
nama : linda yunita
nim : 857098842
program studi 118/PGSD-S1
1.Pendapat saya mengenai vidio di atas adalah sangat bagus sekali, metode Among yang diterapkan sangat berguna bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran..
2. Hal penting yang terdapat pada vidio adalah
a.menyapa siswa diawal ,kerapihan seragam,kebersihan serta berdoa. Hal tersebut membuat para siswa lebih akrab dan bisa menghilangkan rasa takut dan malas untuk belajar pelajaran yang tidak disukai siswa
b. Menggunakan media dalam menyampaikan materi sehingga siswa lebih jelas memahami materi tersebut
dalam menyapa siswa menggunakan sapaan sayang, adanya pengawasan dalam pembelajaran sehingga guru dapat mengetahui mana siswa yang belum memahami materi yang diberikan.
3. Vidio tersebut sangat membantu saya dalam membuat rancangan pembelajaran di kelas
4. Hal yang sudah sangat baik dalam vidio di atas adalah penjelasan tentang metode Among Ki Hadjar Dewantara. pelaksanaan metode among di kelas, penggunaan konsep PjBL dikelas. siswa dapat memahami konsep bangun ruang pada pelajaran matematika dengan mengaitkan contoh benda yang ada di sekitarnya, seperti guru membawa jam sebagai media pembelajaran
Nama : Zubaidah
Nim : 856077054
Prodi : 118/PGSD – S1
1. Videonya bagus,metode yang digunakan berguna bagi guru dan peserta didik didalam memahami materi pembelajaran disekolah.
2. Hal penting,pembelajaran disekolah SD sangat diperlukan untuk membimbing peserta didik sesuai masa perkembangan
3. Sesuai,diawal pembelajaran diawali dengan berdoa
4. Hal baik,peserta didik tidak hanya belajar materi tetapi disesuaikan dengan kebiasaan didalam kehidupan sehari-hari
Nama : Rina Dewi Octavianingsih
NIM : 858737276
Progdi : PGSD BI (Kelas B)
Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran ini adalah :
1. Video pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini ketika dikolaborasikan dengan Metode Among dari Ki Hajar Dewantara menghasilkan sebuah pembelajaran yang sangat luar biasa. Dimana ada pola asih, asuh dan asah dari guru dan adanya proyek dari peserta didik yang menciptakan suasana belajar yang efektif sehingga peserta didik dapat dengan jelas memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan ditunjang adanya media pembelajaran yang menarik.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah saya mendapatkan pembelajaran tentang metode pembelajaran baru yang dapat menuntun saya untuk membangun peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat, jasmani dan rohani sesuai dengan tujuan dari Metode Among Ki Hajar Dewantara.
3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai rujukan saya mengajar di kelas. Kesabaran guru dalam membingin pesesrta didik merupakan contoh yang patut untuk diadopsi.
4. Guru menerapkan pola Asah, asih dan asuh terhadap peserta didik, guru mampu membimbing peserta didik untuk memecahkan masalah, media dan metode yang diterapkan oleh guru sangat cocok untuk anak kelas rendah.
3.
Nama : JUMALIAH
NIM : 856077047
Program studi : 118/PGSD-S1
1. mengenai video yang telah dijelaskan oleh among tadi, sangat baik dan bagus untuk anak supaya bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru nantinya berdasarkan model pembelajaran PJBL
2. video ini sangat membantu seorang guru, terutama saya sebagai seorang guru untuk menerapkan kepada peserta didik dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
3.sesuai dengan video yang telah dijelaskan tersebut, sebagai alat bantu saya supaya saya mengajar nanti di dikelas lelbih tenagn atau leuasa mengintrol,sehingga siswa/siswi bisa memahami dengan mudah dan tidak merasa jenuh dengan apa yang telah saya berikan kepada mereka.
Nama: Lia Winarso
NIM : 858951253
Program Studi : S1 PGSD BI – Semester 2- Pokjar Banyuwangi
Saya akan menjawab pertanyaan tersebut.
1. Project Based Learning, adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau alat peraga dengan berbagai media yang akan membebaskan anak didik untuk dapat merencanakan aktivitas belajar dan akhirnya menghasilkan produk kerja untuk dipresentasikan, selain itu dalam PBL, dapat merangkum beberapa mata pelajaran berbeda yang dapat disampaikan dalam 1 tema.
2. Banyak hal penting yang dapat di aplikasikan dan diambil pesannya dalam video ini yaitu kita dapat memahami apa yang dimaksud dengan sistem among KI Hajar Dewantara, yaitu membangun seorang anak untuk lebih beriman, kreatif serta berbudi luhur.
3.Menurut saya, sudah sesuai. Dapat kita lihat bahwa pembelajaran yang menarik yaitu berimajinasi dengan kreasi siswa serta kerjasama yang timbul dalam pembelajaran tersebut.
4.Ada beberapa hal yang saya perhatikan yaitu, guru berpatisipasi dalam mengajar , proses pembelajaran berlangsung 2 arah,dan guru tidak hanya diam di tempat duduk ,Interaksi yang terjadi antara guru dan murid berjalan aktif dan menarikdan tidak membosankan, siswa sangat akif dalam KBM, dan menyimak dengan penuh perhatian.
Terimakasih