silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Gabriel Raihany Rayagung
NIM : 857141073
Prodi : S1-PGSD
Menurut pendapat saya, video diatas telah menunjukan venture based learning dengan menggunakan metode Among dari Bapak Pendidikan Indonesia yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara dengan sangat memusatkan pembelajaran pada peserta didik. Dari awal hingga akhir pembelajaran, Master sudah memberikan aspek kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai bagi pembelajaran setiap siswa mengenai bangun datar dengan memanfaatkan media kertas berwarna dan mengaplikasikan pengalaman dan sumber belajar bagi siswa di lingkungannya. Selain itu, Master juga memberikan aspek keterampilan guna melatih psikomotorik halus anak dalam menggunakan pensil, gunting dan menempel dimana menjadi kebutuhan bagi kelas rendah.
Nama : Dendi Ihwal Firdan
Nim : 856663969
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
-> Menurut saya video ini sangat baik, memberikan gambaran pembelajaran yang menyenangkan dan relevan berdasarkan metode among. Berdasarkan video tersebut juga metode ini membantu saya untuk lebih mengasah kemampuan berkomunikasi dan memfasilitasi diskusi yang membuat proses pembelajaran lebih interaktif.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
-> Hal penting yang saya peroleh ialah, mendorong saya untuk meningkatkan keterampilan mengajar, memahami kebutuhan siswa, dan mendorong kreativitas dalam pengajaran.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
-> Untuk saya sendiri metode ini fleksibel, bisa untuk berbagai materi dan membantu siswa bekerja sama serta berkomunikasi dengan baik. Dengan keunggulan ini tentu metode among efektif untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
-> yang sangat baik dalam video ini pengajar diharapkan untuk mempersiapkan dan menciptakan proses belajar mengajar yang tertata, untuk memaksimalkan proses belajar mengajar agar mendorong semangat belajar terhadap siswa.
Nama : Ayu Fitrah Dewi
NIM : 877642346
UPBJJ : Jakarta
1. Bagaimana pendapat anda mengenal video Pembelajaran Berbasis Proyek(PjBL) ini ?
Menurut pendapat saya mengenai vidio ini PJBL sangat menarik dan baagus untuk diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar dikelas, karena dengan menerapkan metode ini mendorong siswa untuk bekerja secara kolaboratif dengan murid untuk melakukan suatu proyek dan mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan menjelajah hal-hal baru.
2. Hal apa yang dapat diperoleh dari vidio pembelajaran ini?
Setelah melihat dan menonton vidio pembelajaran ini saya mendapatkan pelajaran bahwa dalam kegiatan ini guru harus aktif mulai dari menyapa dan mendampangi siswanya dalam melakukan suatu proyek sehingga siswa tidak bingung atau rancu akan suatu perintah
3. Apakah tayangan vidio ini sesuai dengan kebutuhan andaa dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran?
Untuk beberapa mata pelajaran seperti matematika, seni budaya dan Ipas PJBL ini sangat penting dan perlu karena siswa tidak hanya mendapatkan teori tapi juga mampu mebuat proyek sehingga paham akan mata pelajaran yang dipelajari. Namun untuk mata pelajaran PKN PJBL ini kurang tepat karena PKN lebih banyak mengacu pada nilai sikap dan kepribadian siswanya.
4. Apa saja ha lyang sudah sangat baik dalam metode ini ?
Hal yang baik dalam vidio ini yaitu keadaan siswa didalam kelas sudah kondusif, siswa memberikan feedback yang baik saat guru memberikan pertanyaan, siswa aktif bertanya, dan guru juga sudah menerangkan materi dan mendampingi siswa dengan baik.
Terima kasih.
Nama : Ade irna kurang
Nim : 858538395
Prodi : S1-PGSD
Mnurut saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini sangat efektif dalam membantu siswa memahami konsep secara mendalam dan menerapkannya dalam situasi nyata.
Dari video pembelajaran ini, saya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menerapkan metode PjBL dalam kelas dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan keterlibatan siswa. tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana menerapkan metode PjBL. Dan hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang konsep PjBL, serta contoh praktis tentang bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam kelas.
Nama : Ade irna kuraeni
Nim : 858538395
Prodi : S1-PGSD
Mnurut saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini sangat efektif dalam membantu siswa memahami konsep secara mendalam dan menerapkannya dalam situasi nyata.
Dari video pembelajaran ini, saya memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menerapkan metode PjBL dalam kelas dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan keterlibatan siswa. tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena memberikan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana menerapkan metode PjBL. Dan hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang konsep PjBL, serta contoh praktis tentang bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam kelas.
Nama : Siti Wahdiah
Nim : 857259716
Prodi : PGSD
(1) Pendapat mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini yaitu Metode Among yang diusung oleh Ki Hajar Dewantara menekankan pendidikan yang merdeka, dimana guru bertindak sebagai pembimbing, bukan sebagai penguasa. Jika PjBL diterapkan dengan prinsip Among, siswa akan diberi kebebasan untuk mengeksplorasi permasalahan matematika, sementara guru mengarahkan mereka dalam menemukan solusi. Ini sangat relevan untuk pembelajaran matematika karena mengasah keterampilan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
(2) Hal penting yang diperoleh dari video pembelajaran ini yaitu Pentingnya peran guru sebagai pendamping dalam proses belajar siswa, bukan hanya memberikan instruksi langsung. Melalui metode ini, siswa bisa lebih mandiri dan kreatif dalam memecahkan masalah matematika, yang mana sesuai dengan karakter pembelajaran berbasis proyek.
(3) Kesesuaian dengan kebutuhan dalam mengajar atau merancang pembelajaran, iya sesuai karena tujuan saya adalah mendorong siswa untuk lebih mandiri dalam berpikir dan memecahkan masalah, metode Among ini sangat cocok. Dalam pembelajaran matematika, sering kali siswa dihadapkan pada permasalahan yang membutuhkan pemahaman mendalam dan eksplorasi lebih lanjut. PjBL dengan pendekatan Among bisa mengakomodasi hal tersebut.
(4) Hal yang sudah baik dalam video ini terdapat beberapa aspek yang baik dari metode ini, termasuk:
• Penerapan prinsip pendidikan yang memerdekakan siswa, dimana siswa lebih aktif dan kreatif.
• Keterlibatan siswa secara langsung dalam pemecahan masalah melalui PjBL yang mengedepankan eksplorasi dan kolaborasi.
• Penekanan pada peran guru sebagai pengarah, yang memberi ruang bagi siswa untuk berkembang sesuai potensi mereka.
Terimakasih
Nama : Ili Safitri
NIM : 858320249
Prodi : S1 – PGSD
Hal penting yg saya peroleh dari vidio pembelajaran ini adalah :
1. Jangan lupa berdo’a sebelum memulai pelajaran
2. Guru memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas.
3. Kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan melakukan pengamatan
4. Selalu memantau aktivitas diskusi dengan mendekati kelompok peserta didik memberikan semangat serta arahan dan bantuan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh kesabaran.
Nama : Rima Widya Astuti
NIM : 858540384
UPBJJ : Semarang
1.Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Menurut saya Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) sangat efektif untuk siswa karna dapat membantu siswa memahami konsep secara baik.
2.Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
saya mendapatkan pelajaran bahwa dalam kegiatan ini guru harus aktif mulai dari menyapa dan mendampangi siswanya dalam melakukan suatu proyek sehingga siswa tidak bingung atau rancu akan suatu perintah.
3.Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Iya betul sekali, dengan begini saya mendapatkan ilmu baru dan anak pun senang
4.Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Hal yang baik dalam vidio ini yaitu keadaan siswa didalam kelas sudah kondusif, siswa memberikan feedback yang baik saat guru memberikan pertanyaan, siswa aktif bertanya, dan guru juga sudah menerangkan materi dan mendampingi siswa dengan baik.
nama : Tri Wahyuni
nim : 856781772
prodi : PGSD.
assalamualaikum, saya menanggapi analisis dari video yang berjudul “implementasi metode among Ki Hajar Dewantara”
metode among yang diterapkan Ki Hajar Dewantara, mempunyai tujuan sistem tersendiri yaitu membangun anak menjadi manusia beriman, bertakwa, merdeka lahir dan batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani. Guru harus memiliki prinsip utama dalam melaksanakan proses pembelajaran seperti melaksanakan pembelajaran dengan suasana keluarga dan dengan prinsip asuh (bimbingan), asih (kasih), dan asah (memahirkan). pada metode PBL, guru menyiapkan media pembelajaran,. kemudian menerapkan sikap asih dengan menanamkan sikap spiritual seperti berdoa sebelum belajar, menanyakan kabar, serta menanamkan kebiasaan hidup sehat dan bersih. dalam PBL,ada sintak yang perlu dipahami, seperti menerapkan metode asah dengan menyampaikan materi pembelajaran, menunjukkan sikap ramah dengan media, mendesain projek dan mengatur jadwal pembelajaran. pada metode asuh,ssss guru harus memantau kegiatan anak, memberikan semangat, arahan, dan bantuan kepada anak ketika ada yang kesulitan. dalam sintak PBL, guru membimbing anak ketika membuat suatu projek yang tidak sesuai dengan pembelajaran. pada metode asah, guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahsa yang santun dan tegas. dari video tersebut, saya sudah cukup menerapkan metode sistem among dan PBL di saat belajar mengajar. walaupun juga masih ada beberapa yang perlu diperbaiki.
terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.
Nama : R.Rifqi Thoriqul ula
Nim : 857865966
UPBJJ: Surakarta
Prodi : S-1 Pgsd
1. Menurut saya mengenai vidio pembelajaran berbasis proyek ini sangat bagus sangat efisien dan membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas karena dengan menerapkan metode ini mendorong siswa agar dapat berbikir kreatif dan menemukan hal” baru lainnya
2.hal yang dapat di peroleh dari vidio pembelajaran ini yaitu guru harus aktif dalam menyapa dan mendampingi siswa dalam proses mengajar agar siswa tidak kebingungan dalam mengerjakan suatu tugas dari guru
3.untuk saya saat ini metode pembelajarn yang ada di vidio sangat fleksibel dan bisa untuk berbagai materi pembelajaran dan bisa membatu siswa bekerja sama dan saling berkomunikasi dengan baik
4.hal yang baik dalam vidio ini yaitu siswa sudah bisa menawab pertanyaan yang di berikan guru dan siswa aktif bertanya,guru juga sudah menerangkan meteri dan mendampingi siswa dalam proses belajar mengajar dan menimbulkan suasana kelas yang baik dan kondusif