silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

370 Comments

  1. Nama : Liyanti
    NIM : 859886671
    Prodi : PGSD S1

    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran ini, saya semakin mendapatkan ilmu bagaimana cara mendidik peserta didik dengan berbagai metode, lebih semangat untuk mengajarkan anak dengan cara yg kreatif dan inovatif serta penuh kesabaran.

    Dalam video pembelajaran ini seorang guru dituntut harus menyediakan media pembelajaran sebelum memulai pelajaran. Kemudian menggunakan metode asih untuk menunjukkan cara menghargai orang lain dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dengan penuh rasa sabar.
    Dan guru menanamkan sikap spiritual kepada peserta didik.
    Adapun tujuan dari sistem among Ki Hadjar Dewantara adalah membangun anak didik menjadi manusia beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas dan terampil. Prinsip utamanya adalah melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip kasih , asah (memahirkan ), asuh (bimbingan).

    Project Base Learning menyiapkan pertanyaan sebagai langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.

    Metode asah adalah metode bagaiman guru menyampaikan materi dan memberikan contoh dengan bahasa yang santun dan tegas, menunjukkan sikap ramah dilengkapi dengan media. Lalu memberikan kesempatan pada peserta didik melakukan pengamatan dan konfirmasi hasil pengamatan.

  2. Nama : Nurbaiti
    Nim. : 855892216
    Menurut pengamatan saya
    1.vidio nya sangat menarik memotivasi,dan sangat cocok dipraktikkan disekolah.
    2.guru yg aktif dan penggunaan metode sesuai materi
    3.sangat sesuai
    4.hal yang baik diantaranya pembiasaan berprilaku baik seperti hi di up sehat,saling menghargai pendapat org lain,sabar dan percaya diri.

  3. Nama : Riski Nur Cahyati
    NIM : 856020863
    Prodi : PGSD-S1 Salut Permata Labura

    Berdasarkan pengamatan saya setelah menonton video pembelajaran ini:
    1. Menurut pendapat saya mengenai PJBL ini sangatlah baik dan menjadi sebuah motivasi guru untuk melaksanakan pembelajaran lebih kreatif dan inovatif. Video ini sangat membantu dan pastinya bermanfaat untuk para guru supaya diterapkan di kelas agar anak dapat lebih brsemangat dan menyenangkan.

    2. Hal penting yang saya peroleh yaitu prinsip utama sistem Among ini adalah melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asuh (kasih), asah (memahirkan), asuh (bimbingan). Dan bertujuan untuk membangun anak didik menjadi manusia beriman dan bertakwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas dan terampil. Jadi setelah menonton video ini guru dapat membuat media pembelajaran yang lebih kreatif karena media pembelajaran itu sangatlah penting dalam suatu pembelajaran. Sehingga metode ini dapat terlaksana dengan baik dan siswa juga dapat menerimanya dengan baik.

    3. Video ini sangat membantu saya sebagai guru dalam kebutuhan mengajar bahkan merancang suatu pembelajaran. Dengan menonton video ini saya dapat meimplementasikan di dalam kelas agar anak dpaat menerima prinsip asih, asah, dan asuh ini.

    4. Hal yang sudah sangat baik semuanya. Karena dari awal pembukaan sudah sangat baik adanya salam, berdoa, kebersihan dan mengenalkan media yg sudah dibawa oleh guru. Di kegiatan inti juga guru dapat menjelaskan materi pembelajaran dengan baik. Terutama saat melakukan kerja kelompok, guru sangat membantu siswa dengan cara membimbing setiap kelompok sehingga siswa dapat terbantu.

  4. Nama : DARYANSYAH GAJA
    NIM : 856039703
    Program Studi : S1 PGSD
    1. Menurut saya, Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) ini sangatlah bagus. Dalam video tersebut menyajikan banyak manfaat yang dapa digunakan sebagai contoh dan memotivasi para calon guru yang akan berkiprah, sehingga dapat mendidik anak dan menghasilkan generasi yang baik dan berguna bagi nusa dan bangsa.
    2. Hal penting yang saya dapat dari video tersebut yaitu prinsip utama sistem Among yakni melaksanakan pembelajaran dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsi Asih (kasih), Asah (memahirkan), Asuh (bimbingan).
    3. Ya, tayangan video tersebut sangat sesuai bagi kebutuhan saya bahkan bisa dikatakan bagi semua orang terkhusus bagi para calon guru dalam mengajar atau merancang pembelajaran.
    4. Dalam Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL) itu saya rasa semuanya merupakan hal yang sangat baik, karena di dalam video tersebut cara penyajiannya sangat lengkap dan detail sehingga dapat ditiru.

  5. Nama : Sri yuni panjaitan
    Nim : 856029132
    Prodi : 118/PGSD-S1
    Pokjar: Ajamu

    1.menurut saya, video pembelajaran ini sangat menarik. Karena, pembelajaran yg disampaikan guru tidak monoton hanya dengan kata kata tapi dilengkapi dengan alat peraga sederhana yg ada dilingkungan siswa serta penggunaan kertas origami, yg menurut saya memacu semangat siswa untuk belajar. Sehingga siswa merasa senang untuk belajar, tanpa ada paksaan. Sehingga materi yg disampaikan, mudah untuk dipahami siswa

    2.hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah:
    -pentingnya penggunaan alat peraga dalam pembelajaran
    -seorang guru bukan saja memberikan ilmu kepada anak didiknya tapi juga harus mendidik siswa menjadi pribadi yg baik dan perduli terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan selalu menjaga kebersihan, dengan membuang sampai pada tempatnya

    3.menurut saya, video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar, bahkan video ini membuka pola pikir saya dan menambah wawasan saya dalam merancang pembelajaran

    4.hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah siswa mampu menghasilkan sesuatu lewat karya yg mereka kerjakan,mungkin dalam anggapan siswa tersebut mereka sedang bermain tapi tanpa disadari mereka sudah menghasilkan karya yg menunjukkan bahwa siswa sudah memahami materi yg disampaikan gurunya

  6. Nama : ZUBAIDAH
    Nim : 856077466
    Mahasiswa :S1-PGSD
    1. Menurut pendapat saya video yang disajikan sangat membantu tugas saya sebagai seorang guru dalam praktik mengajar dikelas, karena metode yang digunakan sangat menarik sehingga mudah dipahami oleh anak.
    2. Sangat menarik dan dapat dijadikan salah satu pilihan dalam menambah variasi pembelajaran dikelas.

  7. Nama:Sutarman
    Nim:856077427
    Jurusan:S1PGSD.
    Dengan menonton video ini, saya berpendapat video ini sangat menarik dalam penyampaian kepada siswa, sehingga siswa lebih memahami penyampaian oleh gurunya.

  8. Nama :Kurnia Halawa
    Nim : 856022691
    Program Studi : 118/PGSD-S1
    Pokjar : Idanogawo

    1.menurut saya, video pembelajaran ini sangat menarik. Karena, pembelajaran yg disampaikan guru tidak monoton hanya dengan kata kata tapi dilengkapi dengan alat peraga sederhana yg ada dilingkungan siswa serta penggunaan kertas origami, yg menurut saya memacu semangat siswa untuk belajar. Sehingga siswa merasa senang untuk belajar, tanpa ada paksaan. Sehingga materi yg disampaikan, mudah untuk dipahami siswa.
    2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut adalah kita sebagai guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan berantusias dalam pembelajaran yang dilakukan.
    3. Video pembelajaran ini sangat bermanfaat dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa.
    4. Dari video ini yang sudah baik adalah menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik, seperti sikap spiritual, hidup sehat, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar dan percaya diri. Dengan interaksi siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.

  9. Nama: Petra Sri Sukesti
    NIM: 857153891
    Pokjar: MPK Jakarta
    Prodi: PGSD S1

    1. Menurut saya PjBL sangat menarik untuk diimplementasikan karena mampu meningkatkan kreativitas siswa di mana siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan ide/kreativitasnya sekaligus memecahkan permasalahan yang mungkin akan siswa hadapi dalam mengerjakan proyeknya. Di sini juga peran serta guru diperlukan untuk memberikan feedback, dan bimbingan terhadap siswa serta memberikan evaluasi agar anak mampu mengembangkan potensinya.
    2. Ini pertama kalinya saya tahu tentang konsep among yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara yaitu asih, asah, dan asuh yang sebetulnya menurut saya dapat diimplementasikan dalam berbagai macam model pengajaran.
    3. Ya, saya menjadi tahu dan menyadari bahwa dalam mengajar selama ini ternyata saya sudah mengimplementasikan sesuai urutan yang dicontohkan dalam video.
    4. Hal yang sudah baik dalam video adalah Nampak jelas bahwa guru mampu melaksanakan tiap kegiatan dengan runtut dan terlihat sekali bahwa guru tersebut memberikan kesempatan bagi siswa untuk menuangkan ide/kreativitasnya dengan maksimal namun terlihat juga peran serta guru dalam memberikan bimbingan bagi siswa tanpa membatasi kreativitas siswa.

  10. NIM : 856041068
    PRODI : S1 – PGSD
    POKJAR : RANTAUPRAPAT
    UPBJJ : MEDAN

    Mohon ijin mengikuti diskusi :
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini ?
    Menurut Ki Hajar Dewantara, seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan welas asih sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. Sistem pendidikan yang terbaik adalah yang mampu menumbuhkan disiplin dan pemahaman mengenai kesejatian hidup dari dalam diri siswa sendiri.
    Sistem among memberikan kesempatan seluas-luasnya pada kemandirian siswa. Peserta didik didorong untuk mengembangkan disiplin diri yang sejati, melalui pengalaman, pemahaman, dan upayanya sendiri. Yang terpenting adalah menjaga agar kesempatan ini tidak membahayakan si anak atau mengancam keselamatan orang lain.
    Dalam sistem among, guru memiliki tiga fungsi utama. Di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para murid. Di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat. Dan, di belakang mengamati kemajuan para murid. Berdasarkan penjelasan diatas bahwa video yang ditayangkan sudah benar dan baik, pembelajaran berbasis proyek dengan sistem among ini sangat memotivasi, peserta didik semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi sehingga anak – anak fokus dalam pembelajaran tersebut. Guru dengan sabar membimbing dan menuntun siswa agar sehingga siswa dengan mudah mengikuti pembelajara.

    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini ? Hal penting yang saya peroleh adalah bagaimana menentukan model pembelajaran yang baik dan tepat pada sebuah materi sehingga melalui model pembelajaran tersebut anak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Pembelajaran tersebut sangat terarah dan guru membimbing dengan sabar sehingga membuat anak mengerti tujuan pembelajaran yang diajarkan gurunya.

    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran karena model pembelajaran ini sangat mudah diaplikasikan kepada siswa tapi menghasilkan pembelajaran yang sangat baik, melalui video ini, saya dapat menerapkan disekolah saya mengajar dengan bahan yang mudah didapatkan.

    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini? Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa mengerti apa yang disampaikan guru, guru membimbing siswa dengan sabar dan menuntun siswa dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.

    Terimakasih

Leave a Reply