silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
1.pendapat saya mengenai vidio ini sangat bagus, dengan model pbjl anak-anak akan lebih mudah memahami pelajaran matematika,karena model pbjl ini akan menarik minat siswa untuk belajar.
2.hal penting dari manfaat vidio adalah manfaat metode among,yg diterapkan terhadap anak dan bisa. Dikombinasikan dengan model PBJL.
3.vidio ini sangat membantu saya karena vidio inimemberi gambaran” cara mendidik,anak dan membuat anak tertarik dalam mengikuti pelajaran.
4.hal yg sudah baik dalam vidio adalah penjelasan dari vidio metode among,penerapan metode among dan PBJL.
Nama : Sekar mutiara
Nim :856022992
Prodi : S1 PGSD
1.Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini ?
Menurut Ki Hajar Dewantara, seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan welas asih sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. Sistem pendidikan yang terbaik adalah yang mampu menumbuhkan disiplin dan pemahaman mengenai kesejatian hidup dari dalam diri siswa sendiri.
Sistem among memberikan kesempatan seluas-luasnya pada kemandirian siswa. Peserta didik didorong untuk mengembangkan disiplin diri yang sejati, melalui pengalaman, pemahaman, dan upayanya sendiri. Yang terpenting adalah menjaga agar kesempatan ini tidak membahayakan si anak atau mengancam keselamatan orang lain.
Dalam sistem among, guru memiliki tiga fungsi utama. Di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para murid. Di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat. Dan, di belakang mengamati kemajuan para murid. Berdasarkan penjelasan diatas bahwa video yang ditayangkan sudah benar dan baik, pembelajaran berbasis proyek dengan sistem among ini sangat memotivasi, peserta didik semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi sehingga anak – anak fokus dalam pembelajaran tersebut. Guru dengan sabar membimbing dan menuntun siswa agar sehingga siswa dengan mudah mengikuti pembelajara.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini ? Hal penting yang saya peroleh adalah bagaimana menentukan model pembelajaran yang baik dan tepat pada sebuah materi sehingga melalui model pembelajaran tersebut anak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Pembelajaran tersebut sangat terarah dan guru membimbing dengan sabar sehingga membuat anak mengerti tujuan pembelajaran yang diajarkan gurunya.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran karena model pembelajaran ini sangat mudah diaplikasikan kepada siswa tapi menghasilkan pembelajaran yang sangat baik, melalui video ini, saya dapat menerapkan disekolah saya mengajar dengan bahan yang mudah didapatkan.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini? Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa mengerti apa yang disampaikan guru, guru membimbing siswa dengan sabar dan menuntun siswa dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.
NAMA : NUR YOPA PRATAMI
NIM : 856022867
PRODI : S1 – PGSD
UPBJJ : MEDAN
ijin menanggapi diskusi ini,Menurut pendapat saya setelah melihat Video Pembelajaran diatas adalah :
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini ?
Menurut Ki Hajar Dewantara, seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan welas asih sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. Sistem pendidikan yang terbaik adalah yang mampu menumbuhkan disiplin dan pemahaman mengenai kesejatian hidup dari dalam diri siswa sendiri.
Sistem among memberikan kesempatan seluas-luasnya pada kemandirian siswa. Peserta didik didorong untuk mengembangkan disiplin diri yang sejati, melalui pengalaman, pemahaman, dan upayanya sendiri. Yang terpenting adalah menjaga agar kesempatan ini tidak membahayakan si anak atau mengancam keselamatan orang lain.
Dalam sistem among, guru memiliki tiga fungsi utama. Di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi para murid. Di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat. Dan, di belakang mengamati kemajuan para murid. Berdasarkan penjelasan diatas bahwa video yang ditayangkan sudah benar dan baik, pembelajaran berbasis proyek dengan sistem among ini sangat memotivasi, peserta didik semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi sehingga anak – anak fokus dalam pembelajaran tersebut. Guru dengan sabar membimbing dan menuntun siswa agar sehingga siswa dengan mudah mengikuti pembelajaran,Video ini sangat membantu dan pastinya bermanfaat untuk para guru supaya diterapkan di kelas agar anak dapat lebih brsemangat dan menyenangkan.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini ? Hal penting yang saya peroleh adalah bagaimana menentukan model pembelajaran yang baik dan tepat pada sebuah materi sehingga melalui model pembelajaran tersebut anak semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Pembelajaran tersebut sangat terarah dan guru membimbing dengan sabar sehingga membuat anak mengerti tujuan pembelajaran yang diajarkan gurunya.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran? Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran karena model pembelajaran ini sangat mudah diaplikasikan kepada siswa tapi menghasilkan pembelajaran yang sangat baik, melalui video ini, saya dapat menerapkan disekolah saya mengajar dengan bahan yang mudah didapatkan.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini? Hal yang sudah sangat baik dalam video adalah terjadi interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa mengerti apa yang disampaikan guru, guru membimbing siswa dengan sabar dan menuntun siswa dalam proses pembelajaran, model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan menanamkan pembiasaan dalam kehidupan sehari hari yang baik, seperti sikap spiritual, hidup sehat, sikap menghargai orang lain, bersikap sabar dan percaya diri. Dengan interaksi siswa dan guru yang sangat baik dan media yang sangat mendukung pembelajaran.
Nama: Dian Ratna Sari
Nim: 857694443
Prodi: S1 PGSD
1. Penggunaan model pembelajaran Projek Based Learning (PJBL) ini akan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif. Mata pelajaran matematika dengan mengintegrasikan model base learning dengan metode Among sangat menarik apalagi dalam pembelajaran di mana guru menggunakan proyek sebagai media belajar melalui tahapan-tahapan tertentu dengan materi yang dibawakan yaitu geometri bangun datar sederhana. Metode ini memungkinkan guru untuk mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif dan bisa menjadi salah satu alternatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Lewat project based learning, siswa dapat lebih memahami tentang bangun bangun datar sederhana dikehidupan sehari-hari secara jelas.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini yaitu :
– Seorang guru harus mampu membangun anak didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa,merdeka lahir batin,budi pekerti luhur , cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani.
– seorang guru melaksanakan pembelajaran dengan metode Among dalam suasana kekeluargaan dan dengan prinsip asih (kasih), asah (memahirkan), dan asuh (bimbingan).
– Dengan video diatas memberikan pandangan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode among yang diintegrasikan dengan model based learning dapat meningkatkan kreatifitas dan keaktifan peserta didik.
3. Menurut saya video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena dapat saya jadikan sebagai alat bantu dalam mengajar supaya peserta didik saya mudah memahami materi yang saya ajarkan dan senang dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
4. Hal- hal yang sudah sangat baik dalam video ini yaitu di dalam pembelajaran dapat Meningkatkan kemandirian dalam belajar siswa Saat mereka didorong untuk menggunakan penelitian dan kreativitas, mereka mengembangkan keterampilan yang akan bermanfaat bagi mereka.Mendorong partisipasi aktif anak dalam belajaryang berbeda dengan pembelajaran tradisional yang cenderung mengharuskan siswa untuk duduk, mendengar, dan mencatat, pada pendekatan ini, siswa duduk di kursi kemudi. Mereka harus tetap tajam, menerapkan pemikiran kritis, dan berpikir out of the box untuk memecahkan masalah.Mengembangkan keterampilan dalam dunia nyata serta meningkatkan kemampuan kerja sama.
Nama : NELLA RIA SITANGGANG
NIM : 856023038
Prodi : S-1 PGSD
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut adalah metode Among dari Ki Hajar Dewantara, dimana dalam metode ini seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan penuh kasih sayang dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. sistem pendidikan mampu menumbuhkan disiplin dan rasa ingin tahu dalam belajar. sehingga metode ini sangat bagus diterapkan di dalam kelas.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
kita sebagai guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan antusias dalam melakukan pembelajaran, sehingga siswa dapat menangkap pelajaran dan memahami dengan mudah.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya sebagai guru dimana saya bisa dengan mudah mengaplikasikan isi dari video tersebut dalam pembelajaran saya di sekolah.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
dalam metode among ini, guru menarik minat perhatian siswa dalam pembelajaran, dimana para siswa bisa dengan mudah mengaplikasikan pembelajaran gurunya dikarenakan pembelajaran yang menarik dan tidak mudah jenuh .
Nama : Fika Merinda Putri
Nim : 856943458
Program studi: 119/PGSD S1
Pendapat saya mengenai video sangat bagus, karena dengan model PJBL membuat anak-anak lebih tertarik untuk memahami suatu materi
Hal penting yang terdapat pada video adalah manfaat metode among yang diterapkan terhadap siswa dan mengkombinasikannya dengan model pembelajaran PJBL
video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
Hal yang baik dalam video adalah, penjelasan maksud dari metode among, penerapan metode among maupun model pembelajaran PJBL
Nama : Rahma Yuke Sari Lubis
Nim : 856036439
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Medan
Ijin saya untuk menanggapi tentang video tersebut, menurt saya
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
=> Menurut pendapat saya mengenai video pjbl ini adalah metode yang mudah dipahami oleh siswa, terutama dalam pembelajaran matematika, krn matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sebagian banyak siswa susah untuk dimengerti. melalui Pjbl ini peserta didik akan melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintetis, dan pengolahan informasi lainnya untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar yang sangat dekat dengan pekerjaan nyata di lapangan.Pembelajaran yang terpusat pada peserta didik. Oleh karena itu keaktifan dan kemandirian masing-masing siswa adalah hal yang harus dijaga, bimbingan guru adalah kunci utama untuk menghadapinya. Berbagai strategi pengelolaan, evaluasi, dan pembimbingan juga diperlukan untuk memastikan pembelajaran berbasis proyek dapat berjalan seperti seharusnya.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
=> Dalam video pjbl ini guru menerapkan metode among yang mencakup 3 aspek yaitu asah, asih, asuh dimana guru memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada siswa supaya tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya dan guru di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi peserta didik, di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat, dan di belakang mengamati kemajuan para peserta didik serta memberikan motivasi, Sehingga membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem kompleks dalam pembelajaran matematika serta Memberikan pengalaman kepada peserta didik pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi proyek, dan membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain seperti perlengkapan untuk menyelesaikan tugas.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
=> Ya, tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya yang masih proses belajar dalam mengar dan merancang pembelajaran. Dengan adanya video Pjbl ini memastikan peserta didik belajar pada dunia nyataadalah suatu keharusan
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
=> hal yang baik dalam video ini yaitu pembelajaran matematika yang menggunakan tahap merancang pembelajaran dengan cara menggunakan media dan sumber pembelajaran sehingga siswa berpikir kritis dan aktif serta berani mengungkapkan pendapat serta siswa dilatih untuk menampilkan pengetahuan yang mereka miliki.
Nama : Rahma Yuke Sari Lubis
Nim : 856036439
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Medan
Ijin saya untuk menanggapi tentang video tersebut, menurt saya
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
=> Menurut pendapat saya mengenai video pjbl ini adalah metode yang mudah dipahami oleh siswa, terutama dalam pembelajaran matematika, krn matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sebagian banyak siswa susah untuk dimengerti. melalui Pjbl ini peserta didik akan melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintetis, dan pengolahan informasi lainnya untuk menghasilkan berbagai bentuk belajar yang sangat dekat dengan pekerjaan nyata di lapangan.Pembelajaran yang terpusat pada peserta didik. Oleh karena itu keaktifan dan kemandirian masing-masing siswa adalah hal yang harus dijaga, bimbingan guru adalah kunci utama untuk menghadapinya. Berbagai strategi pengelolaan, evaluasi, dan pembimbingan juga diperlukan untuk memastikan pembelajaran berbasis proyek dapat berjalan seperti seharusnya.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
=> Dalam video pjbl ini guru menerapkan metode among yang mencakup 3 aspek yaitu asah, asih, asuh dimana guru memberikan kebebasan dan kemerdekaan kepada siswa supaya tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya dan guru di depan, ia menjadi teladan atau contoh yang baik bagi peserta didik, di tengah, menjadi pendorong atau pemberi semangat, dan di belakang mengamati kemajuan para peserta didik serta memberikan motivasi, Sehingga membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem kompleks dalam pembelajaran matematika serta Memberikan pengalaman kepada peserta didik pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi proyek, dan membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain seperti perlengkapan untuk menyelesaikan tugas.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
=> Ya, tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya yang masih proses belajar dalam mengar dan merancang pembelajaran. Dengan adanya video Pjbl ini memastikan peserta didik belajar pada dunia nyataadalah suatu keharusan
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
=> hal yang baik dalam video ini yaitu pembelajaran matematika yang menggunakan tahap merancang pembelajaran dengan cara menggunakan media dan sumber pembelajaran sehingga siswa berpikir kritis dan aktif serta berani mengungkapkan pendapat serta siswa dilatih untuk menampilkan pengetahuan yang mereka miliki.
Nama : Sri Utami
Nim : 856024506
Program studi : 118/PGSD-S1
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
=> Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang dikolaborasikan dengan metode Among dari Ki Hajar Dewantara ini menghasilkan pembelajaran yang sangat luar biasa. Dimana membuat pembelajaran dikelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dengan Media-media yang digunakan sangat memudahkan anak untuk memahami materi yang disampaikan dan siswa dapat ikut berperan aktif didalam pembelajaran. Sehingga anak tidak merasa bosan dan jenuh.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
=> Hal yg dapat di ambil dari video ini adalah anak anak bersungguh sungguh dalam belajar. Minat dan bakat siswa dapat berkembang seluas mungkin. Dengan penerapan metode PBL guru bisa dengan mudah mempresentasikan materi dengan menggunakan media pembelajaran.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
=> Video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi dan dapat membantu saya didalam melakukan pembelajaran dikelas dan merancang pembelajaran dengan baik. Dimana dengan metode ini dapat menimbulkan minat dan motivasi belajar siswa. Dapat kita lihat bahwa pembelajaran yang menarik yaitu berimajinasi dengan kreasi siswa serta kerjasama yang timbul dalam pembelajaran tersebut.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
=>Hal- hal yang sudah sangat baik dalam video ini yaitu di dalam pembelajaran dapat Meningkatkan kemandirian dalam belajar siswa Saat mereka didorong untuk menggunakan penelitian dan kreativitas, mereka mengembangkan keterampilan yang akan bermanfaat bagi mereka.Mendorong partisipasi aktif anak dalam belajaryang berbeda dengan pembelajaran tradisional yang cenderung mengharuskan siswa untuk duduk, mendengar, dan mencatat, pada pendekatan ini, siswa duduk di kursi kemudi. Mereka harus tetap tajam, menerapkan pemikiran kritis, dan berpikir out of the box untuk memecahkan masalah.Mengembangkan keterampilan dalam dunia nyata serta meningkatkan kemampuan kerja sama.
Nama:Rizki Handayani
Nim:856022946
Prodi:S1 PGSD
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Project based learning adalah model pembelajaran yang didasarkan pada proyek, di mana siswa dihadapkan dengan masalah yang ada di dunia nyata yang dianggap bermakna, kemudian bertindak secara kolaboratif untuk menciptakan solusi dari masalah tersebut.Pembelajaran berbasis proyek membuat pembelajaran menjadi sesuatu yang lebih hidup bagi siswa. Siswa Bapak dan Ibu Guru akan mengerjakan proyek dalam waktu tertentu, di mana mereka terlibat langsung dalam proses pemecahan masalah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan kompleks.
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut adalah metode Among dari Ki Hajar Dewantara, dimana dalam metode ini seorang guru semestinya mampu menjadi pamong, mendidik dengan penuh kasih sayang dengan pertumbuhan dan perkembangan si anak. sistem pendidikan mampu menumbuhkan disiplin dan rasa ingin tahu dalam belajar. sehingga metode ini sangat bagus diterapkan di dalam kelas.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah saya mendapatkan pembelajaran tentang metode pembelajaran baru yang dapat menuntun saya untuk membangun peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, merdeka lahir batin, budi pekerti luhur, cerdas, terampil, sehat, jasmani dan rohani sesuai dengan tujuan dari Metode Among Ki Hajar Dewantara.
-kita sebagai guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa bersemangat dan antusias dalam melakukan pembelajaran, sehingga siswa dapat menangkap pelajaran dan memahami dengan mudah.
3. Menurut saya video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran karena dapat saya jadikan sebagai alat bantu dalam mengajar supaya peserta didik saya mudah memahami materi yang saya ajarkan dan senang dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.
-video ini sangat membantu saya salam strategi mengajar siswa di kelas saya, karena dengan video ini saya dapat gambaran bagaimana cara mendidik secara among dan membangkitkan minat belajar siswa dengan model pembelajaran PJBL
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
dalam metode among ini, guru menarik minat perhatian siswa dalam pembelajaran, dimana para siswa bisa dengan mudah mengaplikasikan pembelajaran gurunya dikarenakan pembelajaran yang menarik dan tidak mudah jenuh .
-video ini menayangkan kesiapan seorang guru dlm memberikan materi pada proses pembelajaran sehingga peserta didik dpt lebih mudah memahami materi yg diberikan .
-Hal baik dalam vidio adalah kita tidak hanya mengajar dan menjadi pengajar melainkan kita sebagai keluarga bagi murid-murid, sehingga mereka jauh merasa lebih dekat dan mereka lebih antusias serta semangat dalam mengikuti pembelajaran