silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

1,568 Comments

  1. Nama : Lilis Susanti
    Nim : 857812809
    UPJJ : UT SURAKARTA (pokjar ngawen klaten)

    Judul : “Anak sulit mengenal konsep bilangan”
    Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalam mengatasi permasalahan anak Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain.
    1. guru menggunakan media pembelajaran dengan benda nyata yaitu menggunakan bola sebagai alat peraga yang nyata.
    2. guru menggenalkan bilangan dengan bernyanyi, dengan metode bernyanyi anak-anak akan lebih mudah mengingat
    3.guru juga menggunakan metode tepuk tangan, dengan gerakan bertepuk tangan anak juga dapat berhitung sesuai dengan jumlah tepuknya
    4.guru juga menggunakan lembar kerja dengan cara melingkari jumlah benda sesuai dengan angkanya
    5.guru juga memberikan reward berupa gambar bintang sehingga membuat anak-anak antusias

    Pendekatan ini didasarkan pada komunikasi yang terbuka dan kolaborasi antara guru dan anak untuk mencapai tujuan bersama dalam mengatasi permasalahan. strategi yang digunakan guru sangat terbuka dan guru memberikan reward yang luar biasa dengan kata-kata positif dan reward berupa gambar bintang membuat anak menjadi antusias dan semangat.

  2. Nama : Desi Natalia Laa Ull
    Nim : 858463648
    * Metode pengembangan kognitif
    * Sulit mengenal konsep bilangan

    Dari video diatas guru dalam video tersebut dengan sabar memberikan pendekatan yang kreatif dan terarah kepada anak-anak dengan mengenalkan lambang bilangan dengan berbagai metode diantaranya metode penggunaan benda nyata seperti menghitung bola, metode menghitung gambar, metode cerita dan lagu. Dengan menggunakan berbagai pendekatan yang kreatif dan terarah guru juga dapat membantu anak mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep bilangan dan meningkatkan keterampilan matematika mereka secara menyeluruh.

  3. Nama : Desi Natalia Laa Ull
    Nim : 858463648
    * Metode pengembangan kognitif
    * Sulit mengenal konsep bilangan

    Dari video diatas guru dalam video tersebut dengan sabar memberikan pendekatan yang kreatif dan terarah kepada anak-anak dengan mengenalkan lambang bilangan dengan berbagai metode diantaranya metode penggunaan benda nyata seperti menghitung bola, metode menghitung gambar, metode cerita dan lagu. Dengan menggunakan berbagai pendekatan yang kreatif dan terarah guru juga dapat membantu anak mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep bilangan dan meningkatkan keterampilan matematika mereka secara menyeluruh agar anak juga tidak merasa bosan saat belajar.

  4. Nama : Ika kurniasih
    NIM : 857606384
    UPBJJ : Purwokerto
    Dalam video tersebut diatas tentang sulit mengenal konsep bilangan sangat bagus dari bermain bola, bermain tepuk, bermain mengambil spidol, dapat mematangkan konsep bilangan. Dalam video saat anak menghitung masih menghitung bersama-sama dengan bu gurunya. Dan untuk lembar kerja bisa diganti dengan yang konkret bukan berupa gambar. kalo untuk seperti di kurikulum saat ini bisa menggunakan loosepart.

  5. Nama : ADELINA OKTAVIANI HENDRAYANI
    NIM : 857813176
    Judul “Sulit mengenal konsep bilangan”
    Dalam video tersebut guru sedang melakukan kegiatan pembelajaran kepada anak dalam mengatasi kesulitan mengenal konsep angka. Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengenal konsep bilangan kepada anak yaitu
    ▪︎ Guru menggunakan APE, dalam video tersebut guru mengajak anak bermain bola dengan menghitung bola.
    ▪︎ Guru mengenalkan angka dengan bernyanyi “dua mata saya”. Lagu tersebut bisa merangsang kognitif anak dan membantunya untuk mengenal konsep bilangan.
    Dan dengan bernyanyi anak akan lebih mudah memahami dan mampu mengingat konsep bilangan yang dikenalkan oleh guru.
    ▪︎ Sebelum anak memulai mengerjakan tugas, guru terlebih dahulu mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan permainan, lagu, serta tepuk agar anak dapat fokus dan lebih tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru.
    ▪︎ Guru dapat memberikan tugas berupa lembar kerja dengan memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan anak dalam mengenal konsep bilangan.
    ▪︎ Sebelum memberikan kegiatan, guru terlebih dahulu memberikan arahan dalam mengerjakan kegiatan yang diberikan serta menjelaskan cara main atau mengerjakan kegiatan tersebut sampai anak benar-benar memahami.
    ▪︎ Guru memberikan penguatan kepada anak yang dapat mengambil spidol yang telah diperintahkan oleh guru dengan benar dan sesuai jumlahnya berupa pemberian reward (stempel bintang di tangan). Pemberian reward ini untuk memotivasi belajar anak sehingga anak menjadi semangat dan lebih rajin.

  6. Nama : Rosmayanti
    Nim : 857253002
    Dalam video yang berjudul ” Sulit mengenal konsep bilangan” Itu terlihat bahwa dimana seorang guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak. Guru tersebut menggunakan beberapa kegiatan dengan beberapa media juga seperti spidol, gambar, bola, kartu angka, lambang bilangan dan lain-lain. Guru juga berusaha memberikan penjelasan kepada anak tentang konsep bilangan, berhitung dengan menggunakan media/alat agar anak tidak bosan atau cepat menangkap apa yang sedang guru ajarkan.

  7. Nama: Neneng Rosmiati
    Nim:857455125
    Dalam video gpo yang saya tonton pada pengembangan kognitif yang berjudul” Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan” kelemahannya guru sebelum memulai belajar tidak berdoa terlebih dahulu dan tidak mengabsen kehadiran anak langsung pada kegiatan belajar, dan diakhir pembelajaran juga tidak membacakan doa .untuk kelebihannya guru itu sudah berpariatif dalam mengembangkan media pembelajaran nya sehingga anak menjadi senang.

  8. Nama : Syarifatul Shafira
    NIM : 857777815

    Dalam video yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” , upaya guru dalam mengenalkan bilangan pada anak dengan menyenangkan. Dengan permainan, tepuk-tepuk, dan nyanyian. Sehingga anak tidak merasa bosan ketika pembelajaran. Kemudian meminta anak untuk maju dan mengambil barang sesuai angka yang minta guru akan melatih sikap berani anak.
    Jadi dari video pembelajaran ini, tidak hanya tentang pembelajaran kognitif (mengenal bilangan) tapi juga pembelajaran sosial emosional anak, pembelajaran seni (ketika menyanyi dan mengikuti tepu-tepuk) serta pembelajaran motorik ketika anak bermain lembar bola

  9. Dari Video di atas saya mengambil kesimpulan gurutersebut sudah cukup baik dalam memelakukan membilang jumlah bola dengan warna bola yang berbeda, guru memberikan kesempatan untuk semua anak mencoba menghitung jumlah bola yang sesuai diucapkan oleh guru. Konsep bilangan seperti yang ada contoh di video diatas itu bahwa guru harus kreatif melakukan dengan berbagai media yang menarik minat anak dalam belajar konsep bilangan.

  10. Nama : Enny Sugiarty
    NIM : 858318274

    Dari Video di atas saya mengambil kesimpulan gurutersebut sudah cukup baik dalam memelakukan membilang jumlah bola dengan warna bola yang berbeda, guru memberikan kesempatan untuk semua anak mencoba menghitung jumlah bola yang sesuai diucapkan oleh guru. Konsep bilangan seperti yang ada contoh di video diatas itu bahwa guru harus kreatif melakukan dengan berbagai media yang menarik minat anak dalam belajar konsep bilangan.

Leave a Reply