Sinopsis

Video ini bertujuan untuk menjelaskan cara membaca dan memahami berita atau news report dalam Bahasa Inggris. Materi ini diangkat berdasarkan kurikulum pengajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII. Kelebihan pembelajaran melalui video ini adalah adanya penjelasan singkat tentang struktur teks news report yang mudah dimengerti oleh siswa. Pada awal video siswa akan diberikan contoh news report, kemudian pemateri akan menjabarkan materi bagaimana cara membaca dan memahami news report dan diakhir video diharapkan siswa dapat memahami dan menganalisis isi news report dimaksud. Lalu apa saja yang ada di dalam news report?

News report menyediakan informasi tentang kejadian nyata atau fakta yang ada di dunia, biasanya di dalamnya terdapat banyak informasi namun menggunakan sedikit kalimat. News report dibuat dengan bahasa yang sederhana, ditulis melalui orang ketiga, dan mengandung unsur W5H di dalamnya. News report dibagi menjadi beberapa bagian yakni judul utama (headline), foto (photo), informasi pembuat, waktu dan tempat (byline and placeline), paragraf utama (lead pargraph), paragraf isi (body paragraph), dan kutipan (quotation).

Risye Restu Musdama

– 

– 

Similar Posts

4 Comments

  1. Nama : Akhmad Khijazi
    NIM : 042451565
    Program studi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Purwokerto

    Kelebihan dalam Pembelajaran diatas, Guru mampu menggunakan LCD Projector sebagai alat dalam penyampaian Materi, Interaksi yang dibangun mampu menjadikan siswa lebih aktif dan mudah untuk memahami Materi.
    Namun, Guru tidak menggunakan Papan Tulis sebagai Media untuk menulis Catatan Tambahan. Guru seharusnya memberikan senyuman, supaya Siswa mampu lebih fokus dalam kegiatan belajar. Ice Breaking seharusnya diberikan supaya siswa tidak mudah bosan.

  2. Nama: Hani Elmahida
    NIm: 044338043
    Prodi: Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ: Semarang

    Dalam video pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa guru mengimplementasikan visual aids sebagai alat dalam teaching strategy. Hal ini menjadi nilai positif seorang guru karena akan menambah ketertarikan siswa dalam aktivitas belajar.

    Penggunaan helping language yang terlalu berlebihan membuat siswa tidak membiasakan diri berkomunikasi meggunakan Bahasa Inggris sehingga tidak tercipta harmonisasi tujuan pembelajaran yaitu mastering English languae. Dengan pendekatan penggunaan helping language yang berlebihan, siswa hanya belajar untuk sekedar lulus ujian, tidak ada esensi implementasi dalam kehidupan sehari-hari.

    Buatlah teaching strategy yang lebih luwes dan menarik agar, tidak terlalu kaku dan too much theorethical. Serta perbanyak intensitas English active communication dua arah dalam proses pembelajaran.

  3. Nama : Indah Pujiana S
    NIM : 042133467
    Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ : Semarang

    video pembelajaran diatas sudah bagus, guru sudah melakukan persiapan pembelajaran seperti berdo’a, dan pemberian apersepsepsi dengan pertanyaan pemantik dan juga tujuan pembelajaran. Guru juga melakukan pembelajaran yang interaktif dengan siswa serta menggunakan berbagai media yang dekat dengan siswa. Pada bagian penutup guru sudah melakukannya dengan baik dengan cara menyimpulkan pelajaran dan memberitahukan materi selanjutnya.
    hal yang bisa diperbaiki dari video tersebut adalah : seharusnya guru melakukan pengecekan presensi dengan memanggil nama siswa satu persatu, ada biknya juga sebelum memulai pembelajaran memberikan motivasi kepada siswa terlebih dahulu. Pada proses pembelajaran, sebaiknya guru banyak menggunakan bahasa inggris untuk berinteraksi dengan siswa agar siswa terbiasa mendengar dan berinteraksi dengan bahasa inggris. pada saat menutup pembelajaran pada bagian refleksi sebaiknya guru juga merefleksi dirinya selain menyimpulkan pembelajaran.

  4. Nama : Randa nurprida simbolon

    Kelebihan dalam Pembelajaran diatas, Guru mampu menggunakan LCD Projector sebagai alat dalam menyampaikan Materi, Interaksi yang dibangun mampu menjadikan siswa lebih aktif dan mudah untuk memahami Materi.
    Namun, Guru tidak menggunakan Papan Tulis sebagai Media untuk menulis Catatan Tambahan. Guru seharusnya memberikan senyuman, agar Siswa mampu lebih fokus dalam kegiatan belajar. Ice Breaking seharusnya diberikan agar siswa tidak mudah bosan.

Leave a Reply