silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Video ini menayangkan upaya guru untuk membelajarkan konsep waktu secara menyenangkan. Pembukaan pembelajaran dimulai dengan memperkenalkan melalui gambar jam di papan tulis. Model pembelajaran dilaksanakan secara kooperatif melalui kelompok kecil.  Alat bantu pembelajaran menggunakan media gambar di kertas  yang menguraikan kegiatan siswa sehari dikaitkan dengan perbedaan waktu pada jam. Siswa secara serentak menjawab setiap  pertanyaan dari guru mengacu pada kegiatan yang tertera di gambar. Ide penggunaan jam sebagai suatu inovasi pembelajaran dapat lebih dikembangkan dengan memberikan pembelajaran menggunakan media manipulatif dengan menggunakan beberapa sesuai jumlah kelompok jam weker dan jam digital yang dapat di ubah-ubah baik oleh guru maupun siswa.  Persiapkan yang diperlukan guru adalah media gambar dua dimensi beserta penjelasan dan media manipulatif jam weker dan jam digital  yang mempunyai alarm. Jam tersebut dioperasikan bedasarkan kesepakatan masing masing kelompok untuk kegiatan yang berbeda sampai alarm berbunyi. GuruKelebihan penggunaan benda konkrit dengan utuh menggunakan jam bermanfaat bagi kedisiplinan  mengatur waktu sebagai bagian dari pengembangan karakter siswa SD/MI kelas I dikaitkan Tema 3 “Kegiatanku” dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.  Siswa diharapkan belajar tentang   satuan waktu secara terintegrasi dari sinkronisasi putaran jarum jam panjang (menit) dan pendek (jam) serta posisi jarum alarm dengan  perangkat digital sebagai alat bantu pembelajaran.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus tahu jam dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

293 Comments

  1. Nama : Siti Fatimah Az-Zahra
    NIM : 857169291
    Jurusan : PGSD BI Masukan Sarjana

    Mohon izin menyampaikan pandangan saya terkait video pembelajaran matematika diatas. Setelah melihat tayangan video yang harus kita garis bawahi yaitu objek/siswa berada dilevel yang mana kelas rendah atau kelas tinggi dan dilihat juga dari cara menyampaikan materi serta media penyampaian materi yang digunakan guru apakah mengena di seluruh siswa.

    Yang saya dapati dari penyampaian materi di video kurang menjabarkan atau menjelaskan secara detail atau rinci tentang jam atau waktu itu sendiri, seperti jarum pendek menunjukkan apa jarum panjang menunjukkan apa dan jika ada teman yang salah dan guru meminta temannya yang lain untuk mengoreksi harus disampaikan ke siswa dibagian mana yang salah dan solusi yang benar bagaimana, tidak hanya menyuruh teman yang lainnya untuk mengoreksi tapi tidak ada pencerahan atau penjelasan kenapa siswa yang awal salah jawabannya.

    Berhubung pembelajaran yang diterapkan dikelas secara berkelompok menurut saya alangkah lebih baiknya masing-masing kelompok memiliki mediia belajar jam sehingga mendapat pengalaman langsung dan pemahamannya lebih mendalam karena melakukannya secara langsung menggariskan/memutar panah jamnya. Pembelajaran yang diperoleh siswa dengan pengalaman secara langsung(praktik) akan lebih berkesan diingatan siswa.

  2. Nama : Ria Ayu Lestari
    NIM : 823488113
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Bangko
    izinkan saya mengomentari vidio diatas,
    menurut saya guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik , tetapi terlebih dahulu guru mestinya memberikan appersepsi tentang pembelajaran, kemudian guru mestinya menggunakan media yang menarik sehingga pembelajaran berjalan dengan baik, dalam proses pembelajaran adanya hubungan timbal balik karena dimana guru memberikan pertanyaan anak diberi kesempatan untuk menjawab satu persatu dan memberi pujian kepada siswa yang menjawab dengan benar.

  3. Nama :Tri Lestari
    Nim :856946872
    Prodi : S1-PGSD

    Setelah menyimak dan mengamati video pembelajaran diatas bahwasannya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam setiap pembelajaran yaitu :
    Kelebihannya
    -Guru dapat mengkondisikan siswa saat pembelajaran,sehingga pembelajaran berjalan dengan baik
    -Guru mempunyai volume suara yang lantang dan jelas
    -Guru dapat mengaitkan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari
    -Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan membuat kelompok secara mandiri
    -Guru memberikan apresiasi berupa pujian basi siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar.
    Kekurangannya:
    -Guru tidak menyampaikan kegiatan awal
    pembuka berupa (Tidak mengucapkan salam,bertanya kabar,berdoa sebelum belajar,persensi,motivasi)
    -Guru tidak menyampaikan appersepsi dan tujuan pembelajaran
    -Kurangnya kontak psikologis antara guru dan siswa
    -Media/Sumber pembelajaran sebatas gambar (ikonik)
    Perbaikannya
    -Guru harus mampu membangun kesiapan siswa sebelum melakukan pembelajaran ,
    Pada pembelajaran kelas rendah sebaiknya Guru menyiapkan media pembelajaran atau alat peraga berupa benda konkret dengan melibatkan siswa/atau menugaskan siswa untuk membuat jam dari bahan bekas berupa kardus yang dihias agar lebih menarik sehingga dalam pembelajaran lebih antusias dan semangat.

  4. NAMA: Yunita MUsfiati
    NIM: 857697725

    Dari vidio yang saya amati guru menyampaikan pelajaran sudah baik, siswa terlihat tertarik dengan pembelajaran konsep waktu dalam aktivitas sehari-hari siswa.

    Kelebihan Video yang saya amati
    *Guru menggunakan strategi dengan membagi kelompok diskusi dan menggunakan media berganbar
    * Situasi pembelajaran yang baik antara guru dan siswa, dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran selama pembelanaran berlangsung di dalam kelas .

    Kurangnga pembelaharan dalamVideo
    * Pada awal kegiatan guru tidak melakukan pendahuluan seperti mengucapkan salam, dan berdoa. Ice breaking

    Menurut saya lebih baik bisa ditambahkan dalam pembelajaran.
    Alangkah baiknya ketika memulai pembelajaran hendaknya melakukan pembukaan seperti, salam, berdoa, ice breaking mengabsen siswa

  5. ANALISIS PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR

    Nama : Nike Dwi Agustin
    NIM : 857702375
    Prodi : 118/S1-PGSD
    UPBJJ : Semarang
    Matakuliah : PDGK4209/Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Semester : 6

    INOVASI PEMBELAJARAN DI KELAS RENDAH
    Sinopsis
    Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

    Analisis
    a.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
    Menurut analisa saya dalam vidio di GPO terlihat anak-anak aktif menjawab. Terlihat reaksi siswa ada yang merespon dan semangat untuk mengikuti pembelajaran tetapi ada juga yang tidak fokus saat proses pembelajaran berlangsung.

    b. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Setelah saya mengamati tayangan video di atas, menurut pendapat saya pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah cukup baik.
    Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam proses pembelajaran tersebut yaitu tidak melakukan kegiatan awal, seperti membaca doa, mengabsen siswa dan menciptakan suasana belajar. Guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari itu. Akan tetapi guru langsung masuk ke materi inti.
    Dalam pembelajaran yang dilakukan, guru menjelaskan pembelajaran di depan kelas hanya menggunakan selembar kertas yang di dalamnya terdapat gambar. Penjelasan yang dilakukan guru dengan menggunakan selembar kertas didepan kelas dirasa kurang efektif, karena gambar yang ditampilkan kurang jelas bagi siswa yang duduk dibelakang. Sebaiknya guru menggunakan media berupa tayangan di proyektor maupun benda berupa jam dalam menjelaskan materi pembelajaran.
    Sebaiknya setelah pembagian kelompok, guru memberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat dikerjakan bersama untuk dapat melatih kemampuan siswa dalam berdiskusi mencari jawaban. Setelah itu, tugas tersebut dibahas bersama dengan meminta perwakilan kelompok untuk mengerjakan jawaban di depan kelas.
    Pada bagian penutup pembelajaran guru tidak memberikan pertanyaan yang dapat menguji pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.

    c. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Kelebihannya, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkelompok dan menjawab soal ke depan kelas. Sehingga dapat melatih kemampuan berpikir siswa.

    d. Hal – hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ?
    Hal – hal unik yang saya temukan , guru menjadikan siswa sebagai contoh/ media dalam pembelajaran.

    e. Saran atau usulan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya sebaiknya guru
    memperhatikan kegiatan pendahuluan dan penutup dalam RPP, sehingga guru dapat melakukan kegiatan berdoa,menanyakan kabar siswa, mengabsen siswa, memberikan motivasi kepada siswa,menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan sebelum masuk ke materi pembelajaran serta di bagian penutup guru mengajak siswa untuk menyimpulkan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan serta melakukan kegiata berdoa. Sebaiknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak dipahami ataupun belum diketahui
    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu dengan :
    1. Melakukan kegiatan pendahuluan seperti do’a, menanyakan kabar, bernyanyi dan
    menyampaikan materi yang lalu
    2. Guru hendaknya memaksimalkan media yang sudah di persiapkan
    3. Dalam akhir pembelajaran guru hendaknya melakukan refleksi ,evaluasi dan memberi kesimpulan di akhir pembelajaran
    4. Menegur siswa yang tidur dan mencatat sendiri

    Kegiatan belajar mengajar mecakup 3 kegiatan utama, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan
    penutup. Berdasarkan video mengenai “Inovasi di Kelas Rendah”, ada beberapa hal yang perlu dikritisi, yaitu:
    1. Kegiatan Awal/Pendahuluan
    Kegiatan awal merupakan kegiatan penting untuk membuat anak dapat fokus pada kegiatan inti.
    Dalam menarik fokus siswa diperlukan strategi untuk untuk membuat siswa semangat. Pada
    tayangan video tersebut tidak ditemukan bagaimana guru menyapa siswa, tidak ada pengecekan kehadiran siswa, juga tidak ada kegiatan doa pembuka pelajaran. Dan hal yang terpenting adalah terlewat menyampaikan apersepsi. padahal apersepsi ini sangat penting sebagai jembatan memasuki materi pembelajaran baru.
    2. Kegiatan inti
    Materi yang disampaikan oleh guru dalam video tersebut sudah bagus, berawal dari materi yang sangat sederhana dan dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Namun saat menyampaikan materi, guru hanya berdiri di depan kelas dan tidak berkeliling ke area belakang kelas, sehingga siswa yang berada di belakang cenderung sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Dan juga siswa disuruh membuat kelompok namun pada saat maju ke depan kelas tidak ditanyakan tentang hasil tugas kelompok yang dibuat siswa.
    3. Kegiatan akhir/penutup
    Pada kegiatan akhir, guru tidak menyampaikan refleksi dan kesimpulan pembelajaran. Padahal hal ini perlu dilakukan untuk menguatkan pemahaman siswa.

  6. Nama : Hevi Nopita
    Nim :856734132

    Kelemahan pembelajaran dalam video
    1. sebelum pembelajaran dimulai ada baiknya guru melakukan apersepsi atau mengulas materi sebelumnya lalu dikaitkan dengan materi yang akan diajarkan. Guru juga bisa mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran sebelumnya agar siswa dapat mengingatnya kembali.
    2. guru tersebut kurang memberikan motivasi semangat kepada siswa sehingga siswa tidak antusias dalam mengikuti pelajaran.

    Kelebihan pembelajaran dalam video
    1. Guru sangat menguasai materi
    2. Intonasi dan penggunaan bahasa yang jelas dalam penyampaian materi
    3. strategi yang digunakan sudah bagus yaitu dengan cara membagi kelompok diskusi dengan menggunakan media gambar

  7. Baiklah menurut saya dalam pembelajaran di video tersebut sudah cukup baik , di awal kegiatan pembelajaran guru memberikan salam terlebih dahulu serta melakukan pemberian motivasi yang menyangkut juga dengan materi tersebut . Di dalam video tersebut juga saya setuju karena guru membagi kelompok bagi siswa hal itu akan memudahkan siswa dalam belajar , di samping itu juga guru memberikan materi belajar dengan menggunakan media hal tersebut akan membuat anak tidak bosan dan mudah memahami materi yang disampaikan guru tersebut .

  8. Nama : Sri Handayani
    Pokjar : Menggala
    Nim : 856946918
    Menurut saya kelemahan dalam video pembelajaran
    1. Guru tidak mengawali kegiatan belajar dengan pendahuluan,(menyapa siswa) dan appersepsi agar siswa kembali mengingat materi sebelumnya .

    2. Guru sibuk dengan materi pembelajaran sedangkan siswa sibuk bermain (ngobrol) kurang fokus memperhatikan penjeasan guru.
    3. Guru kurang menarik perhatian siswa pembelajaran membosankan karna guru berceramah.

    Kelebihan pembelajaran dalam video
    1. Suara guru lantang, jelas .
    2. Pada pertemuan berikutnya guru sudah menggunakan alat peraga
    3. Penyampaian materi menggunakan alat peraga mudah di pahami siswa

  9. Kegiatan pembelajarannya sangat baik, sehingga terjadi interaksi terhadap guru dan siswa, tapi alangkah bagus lagi jika diselingi dengan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan materi sehingga siswa menjadi lebih semangat, untuk kegiatan penutup pelajaran sangat baik karena guru kembali mengingatkan materi yang dipelajari dan memberikan tugas sehingga pencapaian materi sesuai dengan tujuan pembelajaran

  10. Nama :Eka Lidia ningsih
    Nim :856807614
    ut :Bengkulu
    pokjar :Curup
    Menurut saya keseluruhan pembelajaran sudah Baik.
    Pembelajaran dibuka dengan langsung membagi kelompok dan memperkenalkan konsep waktu dengan cukup menyenangkan untuk anak-anak akan tetapi alangkah lebih baik lagi jika pembelajaran dibuka dengan apersepsi dulu, dilanjutkan dengan memfokuskan konsentrasi anak misalnya dengan tepuk konsentrasi, lalu barulah kita mulai dengan masuk pada pembelajaran.
    Alat bantu pembelajaran sudah baik menggunakan media gambar dikertas. Siswa secara bersama-sama aktif dalam menjawab pertanyaan guru yang mengacu pada kegiatan di gambar.

Leave a Reply