silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama : Nurul Aien
    Nim : 856441719
    Pokjar : Pelalawan

    Dari vidio petama sebaiknya guru memberi penjelasan kenampakan alam di lingkungan sekitar anak supaya anak lebih mudah memahami pembelajaran yg guru berikan. Negara Mesir anak” hanya melihatnya melalui foto atau internet saja. Maka terjadilah kurangnya anak memahami pembelajaran yang di berikan.

    Dari vidio evaluasi guru mengajak anak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menanyakan penampakan alam yg sudah di lihat langsung oleh anak maka anak akan lebih mudah memahami pembelajaran yang diberikan. Di akhir pembelajaran sebaiknya guru menjelaskan meteri yg di bahas supaya anak lebih paham tentang kenampakan alam di Indonesia . Setelah membahas di Indonesia baru guru membawa anak untuk membahas negara mesir dengan lihatkan vidio atau gambar tentang kenampakan alam di Mesir.

  2. Nama : Nurul Azizah
    Nim : 858053828
    Pokjar : Opu daeng menambah
    Setelah saya menonton video tersebut dan mengamati keseluruhan pembelajaran dari awal hingga akhir yang diberikan oleh guru tersebut dalam proses pembelajaran pendahuluan dan penutupan tidak ada, terus materi yang diajarkan oleh guru tersebut tentang menjelaskan kenampakan alam alangkah baiknya guru memulainya dari kenampakan alam di sekitar lingkungan para siswa atau Indonesia dengan begitu mereka bisa lebih cepat mengidentifikasi kenampakan alam alami atau buatan. Sebagai guru kita harus bisa mengeksploitasi pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan disekitar.
    Sekian dari saya untuk keseluruhan sudah baik saya juga belajar dari video ini terima kasih.

  3. Nama: Hadi Wiyarno
    NIM: 857368158
    Program Studi: BIPGSD
    Pokjar: Bogor Utara

    Perkenankan kami menanggapi proses pembelajaran yang ada dalam cuplikan video tersebut.
    1. Mengajar sebaiknya diawali dengan hal yang konkrit. Mengenalkan lingkungan alam dari sebuah negara di afrika akan menyulitkan siswa karena mereka kemungkinan belum mengenal negara tersebut.
    2. Guru sebaiknya dapat menakar tingkat kesulitan materi yang sedang dipelajari agar kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik dan siswa dapat mengikuti proses tersebut

  4. Nama: Jemy Yusak
    NIM: 858835292
    Prodi: PGSD- S1

    Setelah melihat pembelajaran pada video tersebut bahwa secara keseluruhan sudah cukup baik mweskipun masih ditemukan beberapa kekurangan yang akhirnya mempengaruhi suasana belajar di dalam kelas,
    pada awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pembukaan secara menyeluruh hal ini akan berdampak pada pemikiran siswa terhadap apa yang akan diajarkan pada pertemuan tersebut, kemudian guru langsung membuat pertanyan-pertanyaan yang sangat tidak dipahami oleh siswa yaitu pertanyaan yang sangat jauh dari bayangan dan imajinasinya.misaknya pertanyaan mengenai mesir hal ini sudah sangat jelas siswa tidak tervisualkan apalagi guru tidak menggunakan media belajar yang membantu membuka wawasan siswa untuk mempermudah pendcapaian tujuan. namun demikian dengan kondisi tersebut guru berupaya keras untuk mengubah pola pembelajarannya dengan melmparkan beberapa pertanyaan yang jauh lebih dekat dengan pengalaman maupun kondisi yang berada di sekitar siswa, misal pertanyaan tentang pengalaman bepergian, menceritakan tentang hal yang siswa alami akan sanagat mempermudah memvisualkan sebuah keadaan dan mempermudah pemahaman siswa.

  5. Nama: Jemy Yusak
    NIM; 858835292
    Jurusan: PGSD-S1

    Saya sependap dengan anda, bahwa secara keseluruhan pembelajaran tersebut belum memberikan dampak maksimal pada siswa, sebab pada pembelajaran tewrsebut juga tidak didukung oleh media pembelajaran yang memudahkan siswa memahami materi, sehingga siswa juga akan sangat kesukitan dengan pertanyaanyang sangat jauh dari kehidupan mereka

  6. Nama: Jemy Yusak
    NIM; 858835292
    Jurusan: PGSD-S1

    Saya sependapat dengan anda, bahwa secara keseluruhan pembelajaran tersebut belum memberikan dampak maksimal pada siswa, sebab pada pembelajaran tersebut juga tidak didukung oleh media pembelajaran yang seharusnya akan memudahkan siswa memahami materi, sehingga siswa juga akan sangat kesulitan dengan pertanyaan yang sangat jauh dari kehidupan mereka,

  7. Nama : Firnanda sumita
    Nim : 858422484
    Prodi : PGSD
    UPBJJ UT :

    Menurut pendapat saya, dalam video pembelajaran IPS tersebut ada beberapa hal, Dalam penyampaian guru yang masih kurang Dalam pembelajaran kenampakan alam, sebaiknya guru harus mengambil contoh kenampakan alam yang ada dilingkungan sekitar karena akan memudahkan siswa memahami kenampakan alam alami dan kenampakan alam buatan. Kemudian guru tidak mengelola kelas dengan baik serta pada saat pembelajaran guru langsung memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, sementara siswa sendiri belum memahami apa itu kenampakan alam alami dan kenampakan alam buatan.

  8. Nama : Firnanda sumita
    Nim : 858422484
    Prodi : PGSD

    Menurut pendapat saya, dalam video pembelajaran IPS tersebut ada beberapa hal, Dalam penyampaian guru yang masih kurang Dalam pembelajaran kenampakan alam, sebaiknya guru harus mengambil contoh kenampakan alam yang ada dilingkungan sekitar karena akan memudahkan siswa memahami kenampakan alam alami dan kenampakan alam buatan. Kemudian guru tidak mengelola kelas dengan baik serta pada saat pembelajaran guru langsung memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, sementara siswa sendiri belum memahami apa itu kenampakan alam alami dan kenampakan alam buatan.

  9. Nama : Vanessa Kusdiandini
    NIM : 856485963
    Prodi : PGSD

    Pada pembelajaran sebelumnya, guru terkesan terburu-buru dalam penyampaian materi pembelajaran, dengan meminta siswa untuk menjelaskan kenampakan alam di Mesir yang asing dan tidak pernah dilihat secara langsung oleh siswa, Sehingga siswa kesulitan untuk mendeskripsikan tentang kenampakan alam di Mesir.
    Selanjutnya guru melakukan perbaikan dengan meminta siswa untuk mendeskripsikan hal yang lebih konkret, yaitu kondisi alam di sekitar kampung halaman siswa, Sehingga siswa dapat lebih mudah dalam menjelaskan kenampakan alam di kampung halamannya tersebut.

  10. Nama : karsela
    Nim. : 856456131
    Prodi : S1 -PGSD
    Dari Vidio yang saya lihat guru tersebut masih kurang akurat dalam menjelaskan penampakan alam karena guru tersebut mengunakan negara lain dalam menjelaskan sehingga anak -anak sulit untuk memahami nya .seharusnya guru tersebut memberi aspirasi kepada anak -anak agar lebih semangat dalam pembelajaran didalam kelas..
    Terimakasih

Leave a Reply