silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama : Hotmaria mahdalena manurung
NIM. : 877528902
Menurut saya, video Pembelajaran IPA tentang Penampakan Alam di awal video guru memberikan media gambar untuk mengamati sebuah negara yang asing bagi siswa sehingga kurang efektif jika digunakan dalam metode pembelajaran. Tetapi di video selanjutnya, guru memberikan pertanyaan stimulus yang telah terjadi kepada siswa sehingga menimbulkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan memotivasi siswa untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya. Hal ini membuat saya terinspirasi dan termotivasi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan stimulus sebelum kegiatan pembelajaran atau pemberian materi.
Nama : Annisa Damayanti Rasdiwansyah
Nim : 856817916
Upbjj Kota Bengkulu
menurut saya dari video yg telah saya amati guru tidak melakukan kegiatan awalan berupa salam, mengenalkan diri, meng absen siswa, dan tidak adanya penjelasan tujuan pembelajaran diadakan, cara penyampaian guru kurang lengkap dan itu membuat murid sulit untuk mengerti penjelasan dari guru. media yang digunakan guru berupa peta sudah bagus akan tetapi hal itu dengan menunjukan peta mesir merupakan hal yang tidak dekat dengan siswa, sehingga kebanyakan siswa kebingungan untuk menjawab pertanyaan atau memahami materi dan penjelasan guru yang kurang dan membuat murid kurang adanya antusias.
adapun upaya-upaya agar meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas
1. menjelaskan dengan jelas dan lengkap
2. memberi contoh yang mudah dimengerti oleh siswa, dan tidak asing bagi siswa
3. mengajak siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan berkelompok
Nama : Annisa Damayanti Rasdiwansyah
Nim : 856817916
Upbjj Kota Bengkulu
menurut saya dari video yg telah saya amati guru tidak melakukan kegiatan awalan berupa salam, mengenalkan diri, meng absen siswa, dan tidak adanya penjelasan tujuan pembelajaran diadakan, cara penyampaian guru kurang lengkap dan itu membuat murid sulit untuk mengerti penjelasan dari guru. media yang digunakan guru berupa peta sudah bagus akan tetapi hal itu dengan menunjukan peta mesir merupakan hal yang tidak dekat dengan siswa, sehingga kebanyakan siswa kebingungan untuk menjawab pertanyaan atau memahami materi dan penjelasan guru yang kurang dan membuat murid kurang adanya antusias.
adapun upaya-upaya agar meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas
1. menjelaskan dengan jelas dan lengkap
2. memberi contoh yang mudah dimengerti oleh siswa, dan tidak asing bagi siswa
3. mengajak siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan berkelompok
NAMA : WAHYU YULIANSYAH
NIM : 858316596
setelah saya menonton video di atas, pendapat saya sebagai seorang guru masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam mengajar siswa siswi di kelas, antara lain :
1. guru belum melakukan kegiatan awal/ pendahuluan
2. guru tidak melakukan apersepsi pada siswa seperti mengecek kehadiran dan kesiapan siswa saat pembelajaran berlangsung
3. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi apa yang akan dipelajari, langsung masuk pada inti pembelajaran
4. guru menjelaskan materi terlalu jauh yang tidak konkret atau nyata sehingga siswa sulit menangkap inti dari pembelajaran, sebaiknya menjelaskan kenampakan alam yang dekat dengan lingkungan sekitar siswa atau bisa membawa siswa keluar kelas untuk melihat kenampakan alam yang ada di sekitar sekolah
5. saat anak anak bersorak menanggapi jawaban teman sekelasnya sebaiknya guru menegur siswa dan memberikan apresiasi pada siswa yang berani menjawab pertanyaan meskipun jawabannya belum sesuai
6. guru tidak melakukan kegiatan penutup pada akhir pembelajaran
terimakasih
NAMA: SRIDAMAYANTI
NIM : 855864478
UPBJJ MEDAN
Dari video pembelajaran tentang kenampakan alam diatas menjadi masalah yang sepertinya sering terjadi dan sering dialamin oleh seorang guru ( yang awalnya hanya dengan menggunakan media gambar berupa peta dan tentunya sangat asing bagi seorang siswa ,karena tempatnya belum pernah ia kunjungi(belum lihat secara real) pastinya siswa tidak akan mengetahuinya). Sehingga dari video diatas diberikan solusi terbaik bagaimana seorang guru yang seharusnya cara mengajar yang baik, agar siswanya ikut aktif berpartisipasi senang akan pembelajaran yang kita bawakan.solusinya berupa dengan cara bertanya langsung tentang hal hal yang pernah terjadi dan dialamin siswa tersebut. Sehingga siswa bisa menceritakan secara langsung dan juga guru bisa menjelaskan tentang kenampakan alam tersebut dengan contoh yang real seperti contoh kenampakan alam buatan ( jalan tol) dan kenampakan buatan ( sungai dan lain lain)
Nama : riko julianto
Nim :858071643
Menurut saya dari video yg telah saya amati guru tidak melakukan kegiatan awal berupa salam, mengenalkan diri, meng absen siswa, dan tidak adanya penjelasan tujuan pembelajaran diadakan, cara menyampaikan guru kurang lengkap dan itu membuat murid sulit untuk memahami penjelasan dari guru.Media yang digunakan guru berupa peta sudah bagus akan tetapi hal itu dengan menunjukkan peta mesir merupakan hal yang tidak dekat dengan siswa, sehingga kebanyakan siswa kesulitan untuk menjawab pertanyaan atau memahami materi dan penjelasan guru yang kurang dan membuat murid kurang antusias.
Nama :Mubarak
Nim : 859419235
UPBJJ : 80 Makassar
Menurut pendapat saya setelah melihat video diatas tentang kenampakan Alam,seorang guru melakukan proses pembelajaran langsung pada kegiatan inti tanpa melakukan kegiatan berdoa,absensi dan tidak menghubungkan pelajaran sebelumnya dengan pembelajaran sekarang.serta pemberian pemahaman kepada siswa tentang kenampakan Alam media pembelajaran yang digunakan terlalu minim dan media yang digunakan pun menggunakan peta Mesir yang pada dasarnya siswa belum dapat memahami dengan baik, sehingga Pembelajaran kurang menarik perhatian siswa,serta guru tidak memberikan gambaran secara umum tentang apa itu yang dimaksud dengan kenampakan Alam,sehingga siswa didalam menjawab pertanyaan yang diajukan asal menjawab saja.akan tetapi ada hal yang menarik dari proses pembelajaran diatas yaitu memberikan pertanyaan kesiswa “siapa yang pernah pergi ke suatu tempat” ini menunjukkan bahwa guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyebutkan tentang kenampakan Alam yang pernah dilihat siswa ketika pergi ke suatu tempat atau daerah.
Adapun upaya upaya yang perlu dilakukan guru untuk meningkatkan pembelajaran dikelas adalah:
1.guru harus merancang pembelajaran yang semenarik mungkin yang disesuaikan dengan apektif, kognitif dan psikomotorik siswa tersebut.
2.guru harus bisa meningkatkan motivasi belajar anak dan menarik perhatian anak didik didalam mengikuti pembelajaran.
3.guru sebaiknya menggunakan beberapa media pembelajaran,yang dimulai dari media sederhana seperti lingkungan sekitar,lingkungan tempat tinggal, video sederhana,baru ke peta Mesir.
4.sebaiknya melibatkan peserta didik untuk aktif mengenai kenampakan Alam yang pernah dilihat secara langsung seperti: sawah,gunung,sungai, laut dan lain lainnya.
NAMA : MU’AMAR PANGARIBUAN
NIM :855864912
UPBJJ :12-MEDAN
POKJAR: SEI BALAI
Menurut vidio pembelajaran IPS di atas yang saya amati,terlebih dahulu guru tidak memberikan salam kepada siswa dan sebelum pembelajaran di mulai guru tidak mengabsen kehadiran siswa dan seharusnya guru tersebut juga menyanyikan lagu nasionalisme dan memberikan motifasi agar siswa lebih semangat lagi buat belajar.lain pada itu pada saat menyampaikan materi guru tersebut tidak menjelaskan terlebih dahulu isi bahan ajar yang akan di ajarkannya,dan menurut saya juga penyampaian menggunakan media peta sudah bagus tetapi lebih bagus lagi menggunakan media infokus atau vidio agar siswa lebih cepat memahami. dan kesalahan yang paling patal ialah guru tersebut menyampaikan peta negara mesir padahal siswa belom mencakup sampai sejauh itu,alangkah baiknya guru memberikan penjelasan mengenai peta di indonesia dahulu seperti, pulau sumatra,jawa,kalimantan,pulau sulawesi dan ataupun pulau papua.karna siswa pasti pernah mendengar ataupun melihat gambar peta pulau yang ada doi indonesia tersebut,jadi kita juga sebagai guru lebih mudah menjelaskan terhadap siswa siswa kita.itulah penjelasan dari saya,terima kasih.
Dari vidio diatas pembelajaran IPS tentang penampakan alam siswa diminta mengamati tentang penampakan alam disekitar lingkungan dan menceritakan apa saja yang di lihat oleh siswa tentang penampakan alam di lingkungan nya
Nama : Mei syahputri
Nim :855865004
UPBJJ: 12 MEDAN
POKJAR SEI BALAI
dari vidio yang saya lihat tentang penampakan alam seharus guru menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu kenampakan alam misalnya di lingkungan sekitar dan apa saja contoh nya agar anak tidak sulit untuk menjawab nya mudah dipahami terimakasih