silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama : Nurlela
    Nim : 857332985
    Prodi : PGSD S1

    Setelah saya melihat video diatas langkah-langkah yang digunakan guru tersebut belum lengkap yaitu guru harusnya menerangkan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan tidak langsung ke materi pembelajaran.
    Untuk kelemahannya guru tidak melakukan kegiatan awal ice breaking dan langsung menjelaskan lalu memberi tugas menulis kepada siswa.

    Kelebihannya guru sudah membantu siswa dengan menjelaskan menggunakan media gambar dan materi yang di sampaikan sudah sesuai dengan pembelajaran.

  2. Nama : Muhammad Taufiq Ashar
    NIM : 856080948
    UT : UT-Batam

    Ilustrasi diatas merupakan gambaran dalam mengajar, supaya setiap pengajaran menjadi bermakna.
    Adapun analisis yang saya dapat dari ilustrasi diatas terhadap materi kenampakan alam, antara lain:

    Kelebihan :

    1. Semangat guru dalam menerangkan dan memberikan pelajaran kepada siswa. Hal ini sangat penting dalam pembelajaran, karena guru merupakan aktor yang dapat mensutradarai kelas.
    2. Antusias siswa dalam menjawab dan memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi tentang kenampakan alam.
    3. Guru memancing jawaban dari siswa melalui pertanyaan yang diberikan dan siswa memberikan jawaban dengan antusias, serta guru menjadi penengah dalam sesi tanya jawab dimulai.
    4. Siswa berani memberikan respon dan tidak malu dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, walaupun jawaban masih kurang tepat.
    5. Guru telah menggunakan alat peraga yaitu peta, guru dapat memodifikasi alat peraga sesuai dengan kebutuhan materi.

    Kekurangan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal seperti ( salam, doa, sapaan kepada siswa, bertanya kabar dan tujuan belajar ).
    2. Penjelasan yang diberikan oleh guru terlalu singkat dan lansung memberikan tugas kepada siswa. Sebelum memberikan tugas, guru hendak bertanya akan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dijelaskan.
    3. Terdapat salah satu siswa yang kurang kondusif saat siswa lain mejawab pertanyaan yang diberikan dan memancing sorakan.
    4. Guru tidak melakukan refleksi pembelajaran sebelum pelajaran ditutup. Refleksi pembelajaran sangat bermanfaat dan menambah penguat dalam pembelajaran yang telah berlangsung, menguatkan materi agar siswa semakin paham terhadap materi kenampakan alam yang telah dijelaskan pada inti kegiatan.
    5. Guru tidak melakukan kegiatan penutup dalam ilustrasi diatas.

    Keunikan :
    1. Siswa dapat menceritakan kenampakan alam yang dilihat melalui pengalaman pribadi siswa

    Terimakasih.

  3. Nama : Hilda Rahmadani
    NIM : 856080923
    UPBJJ : UT Batam
    Prodi : Prodi S-1

    Menurut analisis saya tentang video yang berjudul “Kenampakan Alam”.
    Kelemahan :
    1. guru tersebut langsung masuk pada materi pembahasan tanpa melakukan apersepsi terlebih dahulu.
    2. media yang digunakan oleh guru di awal kurang sesuai.
    3. media gambar kurang besar, sehingga kemungkinan siswa yang berada di belakang tidak nampak medianya.
    4. contoh yang diberikan guru terlalu luas, sehingga siswa sulit untuk memahami materi tersebut.

    Kelebihan :
    1. materi yang disampaikan cukup baik.
    2. adanya proses tanya jawab dengan murid sehingga murid turut ikut aktif dalam pembelajaran.

    Keunikan :
    Hal yang unik dalam video KBM tersebut adalah guru meminta siswa untuk menceritakan pengalamannya dan apa saja kenampakan alam yang ia lihat.

    Hal yang harus di perbaiki :
    Untuk perbaikan, menurut saya guru memberikan media yang ada disekitar siswa, tidak perlu memberikan media yang sangat jauh seperti Mesir. pengalaman-pengalaman siswa bahkan merupakan media pembelajaran yang bagus dan akan sangat mudah dimengerti oleh siswa.

  4. Nama : Nadila Nanda Prayitno
    NIM : 858571181
    Prodi : PGSD
    Pokjar : Al-Huda

    Dari video tersebut bahwa ada beberapa kelebihan dan kelemahan seorang guru dalam mengajar.

    Kelebihannya :
    1. Guru tersebut, sudah cukup baik dalam menjelaskan materi kepada siswa-siswi nya.
    2. Guru tersebut, mampu memberikan kesempatan kepada siswanya untuk berpendapat, sehingga siswa nya bisa lebih percaya diri dalam memberikan pendapat nya.

    Kelemahannya:
    1. Guru tersebut langsung menjelaskan materi pada intinya tanpa menjelaskan pembelajaran sebelumnya (apersepsi)
    2. Media yang digunakan oleh guru tersebut kurang menarik dan kurang sesuai. Karena, dengan media gambar yang kurang besar mengakibatkan siswa yang duduk dibelakang tidak dapat melihat dengan jelas gambar tersebut
    3. Dalam proses pembelajaran tersebut juga terlihat monoton, karena guru hanya menjelaskan dan meminta siswa untuk mencatatnya saja.

  5. Menurut saya guru tersebut kurang menyiapkan materi yang sesuai pada tingkatan anak di SD,seharusnya guru tersebut menyiapkan materi yang khusus didalam indonesia sehingga anak anak tidak kebingungan didalam mengajarkan suatu materi seharusnya guru banyak mendalami situasi dan kondisi dalam pembelajaran.

  6. Dari video tersebut bahwa ada beberapa kelebihan dan kelemahan seorang guru dalam mengajar.Guru tersebut langsung menjelaskan materi pada intinya tanpa menjelaskan pembelajaran sebelumnya .Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
    Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya.

  7. NAMA : MELINDA RISMAYANTI
    NIM : 857466586
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEGIATAN MENGAJAR

    Hasil analisis Video 1 Mata pelajaran IPS tentang Arah mata angin
    Selasa, 23 April 2024

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Anak cukup antusias terhadap materi pembelajaran arah mata angin selain ini juga ketika anak-anak di lapangan untuk mengetahui dan mempraktekkan arah mata angin mereka menjadi lebih mudah memahami berbagai arah mata angin tersebut.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ketika memulai pembelajaran?
    Jawaban :
    • Dalam video ini tidak ada pembukaan atau kegiatan awal
    • ketika pembelajaran berlangsung guru kurang menyenangkan sehingga anak-anak kurang semangat dalam memperhatikan materi tersebut seharusnya guru tersebut menyelipkan es breaking atau yel-yel selama pembagian berlangsung
    • ketika pembelajaran sudah selesai guru tersebut tidak melakukan penutupan seperti berdoa dan refleksi atau membuat kesimpulan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran arah mata angin guru tersebut mengajak anak-anak ke lapangan untuk mengetahui dan menentukan arah mata angin sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    keunikannya di dalam video tersebut saat pembelajaran berlangsung anak-anak mempraktekkan arah mata angin dengan menggunakan anggota tubuh
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran berikutnya diusahakan guru tersebut melakukan kegiatan pembukaan dengan lengkap dari kegiatan pembukaan inti dan penutup agar kegiatan pembelajaran yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien selain itu juga guru harus lebih bersemangat dalam dan memberikan motivasi agar anak lebih tertarik dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang diberikan oleh guru.

    Hasil analisis Video 2 Mata pelajaran IPS tentang Kenampakan Alam
    Rabu, 24 April 2024

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?
    Jawaban :
    Dari video pembelajaran yang saya amati anak cukup aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tetapi banyak anak yang kurang memahami materi tentang kenampakan alam yang disampaikan oleh guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    • guru tidak melakukan pembukaan ketika memulai belajar
    • guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    • ketika akan melaksanakan kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi tentang kenampakan alam dalam video ini guru langsung memberikan pertanyaan kepada murid tanpa memperkenalkan apa saja yang termasuk ke dalam kenampakan alam
    • guru tidak melakukan penutup dan refleksi atau kesimpulan pada akhir pembelajaran
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran ini menggunakan alat peraga berupa peta agar anak bisa mengetahui kenampakan alam apa saja yang ada di Mesir.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman di saat melakukan perjalanan ke rumah neneknya dengan melewati jalan tol anak tersebut dalam perjalanan melihat berbagai macam kenampakan alam yang ada di sepanjang jalan tol.
    5. setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelaan berikutnya?
    Jawaban :
    Guru seharusnya memaparkan materi terlebih dahulu ketika awal pembelajaran dan di saat pembelajaran guru membuat anak-anak menjadi bersemangat.

  8. NAMA : MELINDA RISMAYANTI
    NIM : 857466586
    MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEGIATAN MENGAJAR

    Hasil analisis Video 1 Mata pelajaran IPS tentang Arah mata angin
    Selasa, 23 April 2024

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban :
    Anak cukup antusias terhadap materi pembelajaran arah mata angin selain ini juga ketika anak-anak di lapangan untuk mengetahui dan mempraktekkan arah mata angin mereka menjadi lebih mudah memahami berbagai arah mata angin tersebut.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ketika memulai pembelajaran?
    Jawaban :
    • Dalam video ini tidak ada pembukaan atau kegiatan awal
    • ketika pembelajaran berlangsung guru kurang menyenangkan sehingga anak-anak kurang semangat dalam memperhatikan materi tersebut seharusnya guru tersebut menyelipkan es breaking atau yel-yel selama pembagian berlangsung
    • ketika pembelajaran sudah selesai guru tersebut tidak melakukan penutupan seperti berdoa dan refleksi atau membuat kesimpulan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran arah mata angin guru tersebut mengajak anak-anak ke lapangan untuk mengetahui dan menentukan arah mata angin sehingga anak-anak mudah memahami materi tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    keunikannya di dalam video tersebut saat pembelajaran berlangsung anak-anak mempraktekkan arah mata angin dengan menggunakan anggota tubuh
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran berikutnya diusahakan guru tersebut melakukan kegiatan pembukaan dengan lengkap dari kegiatan pembukaan inti dan penutup agar kegiatan pembelajaran yang disampaikan menjadi lebih efektif dan efisien selain itu juga guru harus lebih bersemangat dalam dan memberikan motivasi agar anak lebih tertarik dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang diberikan oleh guru.

    Hasil analisis Video 2 Mata pelajaran IPS tentang Kenampakan Alam
    Rabu, 24 April 2024

    1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan?
    Jawaban :
    Dari video pembelajaran yang saya amati anak cukup aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tetapi banyak anak yang kurang memahami materi tentang kenampakan alam yang disampaikan oleh guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawaban :
    • guru tidak melakukan pembukaan ketika memulai belajar
    • guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    • ketika akan melaksanakan kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi tentang kenampakan alam dalam video ini guru langsung memberikan pertanyaan kepada murid tanpa memperkenalkan apa saja yang termasuk ke dalam kenampakan alam
    • guru tidak melakukan penutup dan refleksi atau kesimpulan pada akhir pembelajaran
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Jawaban :
    Dalam pembelajaran ini menggunakan alat peraga berupa peta agar anak bisa mengetahui kenampakan alam apa saja yang ada di Mesir.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban :
    Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman di saat melakukan perjalanan ke rumah neneknya dengan melewati jalan tol anak tersebut dalam perjalanan melihat berbagai macam kenampakan alam yang ada di sepanjang jalan tol.
    5. setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelaan berikutnya?
    Jawaban :
    Guru seharusnya memaparkan materi terlebih dahulu ketika awal pembelajaran dan di saat pembelajaran guru membuat anak-anak menjadi bersemangat.

  9. Nama: Adiva Amalia Putri
    Nim: 858567024

    Kelebihan:
    1. Guru melakukan sesi tanya jawab kepada siswa.
    2. Siswa bersemangat dalam menanggapi pertanyaan yang diberikan oleh guru.
    3. Guru menjelaskan pelajaran sesuai dengan materinya.

    Kekurangan:
    1. Guru tidak melakukan apresiasi terhadap siswa
    2. Guru langsung melakukan kegiatan inti dan langsung menjelaskan pokok materinya.
    3. Pertanyaan/contoh yang diberikan guru terlalu sulit untuk siswa memahaminya.
    4. Media pembelajaran yang digunakan kurang jelas.
    5 Guru tidak melakukan kegiatan penutup.

  10. Nama : Arya Arga Dinata
    NIM : 858071453
    izin untuk mengomentari, setelah saya menonton video pembelajaran ini saya menyimpulkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan dan di ambil oleh guru tersebut ternyata belum sepenuhnya lengkap. guru seharusnya bisa menerangkan atau menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan. lalu untuk kelemahannya, guru didalam video tersebut tidak melakukan ice breaking kepada siswa dan malah langsung memulai menjelaskan materi dengan menggunakan gambar, namun dari materi yang disampaikan dari guru tersebut kepada para siswa sudah cukup sesuai dengan dengan pembelajaran yang dilakukan guru di dalam video tersebut.

Leave a Reply