silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama : SITI FARIQA
    Nim : 858050467
    Program Studi : PGSD-S1

    Menurut saya dari video yang diamati, materi membahas kenampakan alam dalam pembelajaran IPS, tidak ada kegiatan pembukaan dan kegiatan penutup, guru langsung masuk ke kegiatan inti dan memulai pembelajaran. Lebih baik lagi jika ada kegiatan pembukaan seperti salam, absensi, pemberian motivasi, mengkomunikasikan tujuan pembelajaran, dan apersepsi untuk menggerakkan semangat siswa untuk memulai pembelajaran.
    Ditinjau dari kegiatan inti, penjelasan guru tidak ada salahnya, tetapi guru harus menjelaskan fenomena alam kepada siswa dengan contoh-contoh di sekitar lingkungan sekolah atau fenomena alam yang sering dikenal siswa, agar lebih memudahkan siswa dalam memahami apa itu kenampakan alam, ciri-ciri kenampakan alam dan apa itu kenampakan alam buatan dan kenampakan alam alami, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru memberikan contoh kenampakan alam di Mesir, tempat ini mungkin terlihat sedikit asing bagi siswa, karena mereka belum pernah ke sana.
    Guru kemudian juga meminta siswanya untuk menuliskan kenampakan alam yang ada di negara mesir saat baru memasuki kelas, meskipun guru tidak menjelaskan kepada siswa apa itu kenampakan alam yang menjadi tujuan dari pelajaran itu sendiri. Apalagi siswa belum pernah ke Mesir sebelumnya, juga tidak melihat kenampakan alam Mesir secara langsung atau secara nyata, yang menyebabkan siswa semakin kebingungan untuk menulis tentang kenampakan alam negara Mesir, sehingga akan terjadi kebingungan di sini dan menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang percaya diri karena tidak memahami kenampakan alam Mesir.
    Pada kegiatan penutup, guru harus kembali membahas materi dan memberikan motivasi, tentang pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya, melihat seberapa baik siswa memahami materi yang dijelaskan, dan menutup dengan salam atau doa.

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Siti Sulthaniati
    NIM : 858050331
    Kelas : B
    Semester : 6
    Jurusan : PGSD

    Menurut saya, terdapat banyak kekurangan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di video tersebut. Pada proses pembelajaran terdapat tiga kegiatan pokok yang harus dilaksanakan yaitu kegiatan awal/pembuka, kegiatan inti dan kegiatan akhir atau penutup. Pada tayangan video di atas, proses pembelajaran tidak didahului dengan kegiatan pembuka, guru tidak mengucapkan salam, tidak berdoa, absen, apersepsi dan motivasi sehingga anak kelihatan tidak tertarik untuk mengetahui lebih dalam (tidak ada rasa ingin tahu) terhadap materi yang akan disampaikan guru. Kegiatan inti yang dilaksanakan pun kurang menarik perhatian anak, guru menggunakan peta negara Mesir untuk memperlihatkan macam-macam kenampakan alam buatan dan bukan buatan tetapi tidak menjelaskan secara detail apa itu kenampakan alam buatan dan kenampakan alam bukan buatan. Dalam proses pembelajaran nampak jelas guru tidak menguasai materi yang disampaikan, ini dapat dilihat dari sikap guru yang hanya menyuruh peserta didik untuk mencatat tanpa didahului penjelasan sedikitpun. Dan kegiatan penutup juga dilewatkan, sehingga guru tidak dapat mengetahui perkembangan kemajuan dalam proses pembelajaran siswanya yang biasanya diketahui melalui penilaian akhir serta evaluasi.
    Menurut saya, untuk materi kenampakan alam, selain penggunaan peta, guru dapat mengenalkan macam-macam kenampakan alam dengan menggunakan metode mengajar field trip (karya wisata). Ajak peserta didik untuk melihat langsung kenampakan-kenampakan alam di sekitarnya terlebih dahulu barulah guru bisa mengajarkan macam-macam kenampakan alam di jangkauan luas menggunakan peta .
    Sekian pendapat dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  3. Setelah saya mengamati video pembelajaran guu tersebut mengajarkan kepada anak tentang contoh kenampakan alam yang ada di luar negeri,sementara anak tidak pernah kesana, mengapa tidak di buat contoh di kenampakan alam di dalam negeri atau di suatu daerah di mana anak didik itu bertempat tinggal.umpama guru mengenalkan kenampakan alam di yang ada sekitar sekolah,sehingga anak anak yang mengikuti peroses pembelajaran cepat di pahami oleh anak.setelah guru mengadakan evaluasi guru dapat membawa anak berlibur karena anak bisa melihat lingkungan kenampakan alam secara nyata

  4. Nama : Adianti Ratna Muninggar
    NIM : 58859166
    Prodi : BI PGSD

    Setelah menyaksikan video proses pembelajaran tersebut, pendidik lebih baik memberikan apersepsi dan motivasi diawal pembelajaran untuk menggali lebih dalam pengetahuan dasar peserta didik, dengan lebih banyaknya kegiatan apersepsi juga menjadikan peserta didik lebih antusias pada materi yang kaan diajarkn sehingga lebih mudah pula materi akan tersampaikan.

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Amilia
    NIM : 858664586
    Semester : 8
    Jurusan : PGSD

    Menurut saya, terdapat banyak kekurangan dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di video tersebut. Pada proses pembelajaran terdapat tiga kegiatan pokok yang harus dilaksanakan yaitu :
    1. kegiatan awal/pembuka
    2. kegiatan inti
    3. kegiatan akhir atau penutup.
    Pada tayangan video di atas, proses pembelajaran tidak di dahului dengan kegiatan pembuka, guru tidak mengucapkan salam, tidak berdoa, absen, apersepsi dan motivasi sehingga anak kelihatan tidak tertarik untuk mengetahui lebih dalam (tidak ada rasa ingin tahu) terhadap materi yang akan disampaikan guru.

    Kegiatan inti yang dilaksanakan pun kurang menarik perhatian anak, guru menggunakan peta negara Mesir untuk memperlihatkan macam-macam kenampakan alam buatan dan bukan buatan tetapi tidak menjelaskan secara detail apa itu kenampakan alam buatan dan kenampakan alam bukan buatan. Dalam proses pembelajaran nampak jelas guru tidak menguasai materi yang disampaikan, ini dapat dilihat dari sikap guru yang hanya menyuruh peserta didik untuk mencatat tanpa didahului penjelasan sedikitpun. Dan kegiatan penutup juga dilewatkan, sehingga guru tidak dapat mengetahui perkembangan kemajuan dalam proses pembelajaran siswanya yang biasanya diketahui melalui penilaian akhir serta evaluasi.

    Menurut saya, untuk materi kenampakan alam, selain penggunaan peta, guru dapat mengenalkan macam-macam kenampakan alam dengan menggunakan metode mengajar karya wisata (outdoor). Ajak peserta didik untuk melihat langsung kenampakan-kenampakan alam di sekitarnya terlebih dahulu barulah guru bisa mengajarkan macam-macam kenampakan alam di jangkauan luas menggunakan peta .

    Sekian pendapat dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  6. Nama : Nur Rifai S
    NIM :858773423

    1. pada kegiatan pendahuluan pembelajaran sebaiknya guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik sehingga terjalin hubungan timbal balik antar siswa, dan guru mesti mengecek kehadiran siswa dan mengaitkan pembelajaran dengan pembelajaran yang kemarin.
    2. sebelum kita mengenalkan si anak pada daerah yg asing dan belum pernah di kenal si anak ada baiknya si anak di arahkan dulu mengenal daerah sekitarnya, setelah itu agar pembelajaran lanjut pada materi guru ada baiknya mempersiapkan bahan materi yang berhubungan dengan negara mesir bisa itu berupa cerita dan bisa juga berupa gambar dari negara mesir tersebut agar sisiswa membayangkan bentuk bentang alam yang ada pd mesir, jika memungkinkan dapat juga menampilkan vidio yg di putar pada in focus agar siswa bisa langsung melihat dan tidak mengada ada

  7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh…
    Nama : ASNI FITRI
    NIM : 856337895
    KELAS : B
    SEMESTER : 2
    JURUSAN : PGSD Bi

    Analisis Video Pembelajaran Materi Kenampakan Alam
    Mapel : IPS
    KELEBIHAN PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Materi yang di sampaikan guru dalam video pembelajaran tersebut cukup sesuai
    2. Guru tampak memberikan umpan balik pada siswa dalam bentuk Tanya jawab
    3. Guru menggunkan media gambar Peta pada saat menjelaskan materi

    KELEMAHAN PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. Tidak ada kegiatan awal/ pembuka , tidak mengucapakan salam, absensi, apresiasi dan motivasi sehingga siswa tidak tertarik saat pembelajaran berlangsung
    4. Guru tidak menjelaskan contoh-contoh kenampakan alam buatan dan tidak buatan
    5. Guru tidak menjelaskan materi kenampakan alam secara mendetail
    6. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran
    7. Guru tidak melakukan kegiatan penutup, tidak memberikan evaluasi, tidak menginformasikan pelajaran selanjutnya , dan tidak memberikan pekerjaan rumah kepada siswa

    SOLUSI PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Guru hendaknya mengajarkan materi kenampakan alam mulai dari lingkungan yang dekat dengan siswa
    2. Guru menanyakan dan meminta siswa yang pernah berkunjung ke suatu tempat untuk bercerita tentang apa yang ia lihat
    3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah agar bisa melihat secara detail kenampakan alam di wilayah sekitar / field trip.

  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh…
    Nama : ASNI FITRI
    NIM : 856337895
    KELAS : B
    SEMESTER : 2
    JURUSAN : PGSD Bi

    Analisis Video Pembelajaran Materi Kenampakan Alam
    Mapel : IPS
    KELEBIHAN PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Materi yang di sampaikan guru dalam video pembelajaran tersebut cukup sesuai
    2. Guru tampak memberikan umpan balik pada siswa dalam bentuk Tanya jawab
    3. Guru menggunkan media gambar Peta pada saat menjelaskan materi

    KELEMAHAN PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. Tidak ada kegiatan awal/ pembuka , tidak mengucapakan salam, absensi, apresiasi dan motivasi sehingga siswa tidak tertarik saat pembelajaran berlangsung
    4. Guru tidak menjelaskan contoh-contoh kenampakan alam buatan dan tidak buatan
    5. Guru tidak menjelaskan materi kenampakan alam secara mendetail
    6. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran
    7. Guru tidak melakukan kegiatan penutup, tidak memberikan evaluasi, tidak menginformasikan pelajaran selanjutnya , dan tidak memberikan pekerjaan rumah kepada siswa

    SOLUSI PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Guru hendaknya mengajarkan materi kenampakan alam mulai dari lingkungan yang dekat dengan siswa
    2. Guru menanyakan dan meminta siswa yang pernah berkunjung ke suatu tempat untuk bercerita tentang apa yang ia lihat
    3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah agar bisa melihat secara detail kenampakan alam di wilayah sekitar / field trip.

  9. Nim 858053803
    PGSD-S1

    Berdasarkan video tersebut, menurut saya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru tersebut kurang efektif selain tidak ada pembuka dan penutup. Kegiatan inti yang dilakukan dengan cara menjelaskan kenampakan alam oleh guru tersebut sangat monoton. Bahkan, materi kenampakan alam yang diambil sebagai contoh dari negara Mesir merupakan suatu kesalahan walaupun menggunakan media gambar karton yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa. Karena dari video tersebut, menampilkan siswa kelas 5 merasa asing bahkan tidak mengetahui negara Mesir. Nah, dari situ guru sebaiknya dalam menjelaskan kenampakan alam mengambil contoh yang berada disekitar siswa terlebih dahulu atau tempat yang sudah banyak dikunjungi oleh siswa. Dengan tempat yang banyak diketahui siswa, maka guru dapat menjelaskan materi kenampakan alam dengan jelas.
    Dengan demikian, guru sebaiknya sebelum membuat media atau menyampaikan materi hendaknya disesuaikan tingkat pemahaman kelas yang akan dipelajari. Sehingga, siswa akan cepat paham mengenai materi serta tujuan pembelajaran pun dapat tercapai

  10. Nama : Komariah
    NIM : 858815846
    Prodi : PGSD-S1

    Menurut saya video pembelajaran di atas sudah bagus, namun di dalam video pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup, hanya terdapat kegiatan inti saja. Kegiatan pendahuluan berisi orientasi, presensi, apersepsi, motivasi. Sedangkan kegiatan penutup berisi guru menarik kesimpulan point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran, memeriksa pekerjaan siswa, berdoa dan mengucapkan salam penutup. Dalam video pembelajaran tersebut guru meminta siswanya untuk menejelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang masih asing bagi anak sehingga siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. seharusnya guru mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang dekat dengan siswa. Dalam sinopsis video tersebut ada beberapa solusi yang ditawarkan dan menurut saya solusi itu bisa digunakan oleh guru untuk mengajarkan siswa mengenai materi tersebut.

Leave a Reply