silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama : Ayu citra mayangsari
    Nim : 858034004
    Program studi : PGSD

    Setelah saya menonton vidio penampakan alam ini ada beberapa yang menjadi pusat perhatian saya terhadap guru yang mengajar dan pembahasan yang di ajar yaitu :
    Guru tidak melakukan pendahuluan terlebih dahulu seperti menyapa murid untuk memacu semangat belajar siswa sehingga membuat suasana kelas lebih hidup.
    Guru tersebut juga terlalu luas dalam menyampaikan materi sehingga sulit di pahami oleh siswa. Seharusnya guru memberikan contoh yang lebih dekat dan juga sering di dengar oleh siswa guru juga harus menggunakan media yang mudah di pahami siswa misal nya vidio dan lain sebagainya.

  2. Nama: Shifika
    Nim. : 856200325
    UPBJJ : 14 PADANG
    pokjar : Sitiung

    Dengan melihat vidio dari Panampakan Alam,dan setelah saya pelajari jelaskan tidak akan jauh dari analisis rekan-rekan lain. Pertama vidio langsung menampilkan materi tidak ada pembukaan atau salam dan pengambilan absensi oleh pengajar. Kedua dalam kegiatan inti atau materi pengajar yang dijadikan refrensi atau bahan terlalu tinggi bagj siswa untuk menganalisis atau mengetahui vidio yang menampilkan peta Negara Mesir. Maka dari itu seharusnya pengajar memberikan contoh atau bahan pembelajaran yang cukup familiar bagi siswa,seperti cukup peta provinsi atau kabupaten tempat siswa berada. Lalu mengenalkan hal-hal lain yang menunjang pembelajaran.
    Ketiga mahasiswa tidak melihat pengajar menutup kelas di akhir vidio. Sehingga awal dan akhir pembelajaran vidio panampakan alam yang menyajikan peta mesir tidak tercapai dgn baik.

  3. Nama : Mahfida Triarthaza
    Nim : 858821398
    Prodi : S1-PGSD

    1. Dalam pembelajaran tersebut reaksi siswa sangat memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru, siswa juga tampak senang dan aktif dalam bertanya maupun menjawab, siswa juga cepat dalam memahami materi tentang kenampakan alam.
    2. kelemahan dalam pembelajaran tersebut yakni tidak adanya pendahuluan yang dilakukan guru, kurangnya media dan contoh disekitar lingkungan anak membuat mereka kurang mengerti, penyampaian materi kurang sehingga siswa kurang timbal balik dalam berinteraksi.
    3. kelebihan dalam pembelajaran tersebut guru mengajak siswa saling aktif sehingga terjadi diskusi antar guru dan siswa, guru mempersilahkan pendapat dari siswa meskipun pendapat siswa tersebut kurang tepat.

  4. Dian ramanda, Nim 856441726
    FKIP
    Menurut saya, sebaiknya saat memulai pelajaran guru hendaknya menyapa murid dengan mengucap salam terlebih dahulu, lalu mengecek daftar hadir siswa, dan memberikan tujuan dari pembelajaran tersebut.. pada kegiatan inti guru juga menyuruh siswa mengamati peta, menurut saya.. sebaiknya dapat diawali dengan contoh mengamati lingkungan sekitar terlebih dahulu, kemudian media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut masih kurang akan sangat baik di era digital seperti sekarang ini mengajar menggunakan infokus agar siswa dapat lebih paham..
    Vidio ini juga seharusnya di tutup dengan penutup, yaitu menarik kesimpulan pembelajaran, memberikan tugas rumah dan mengakhiri pembelajaran dengan salam.

  5. Nama : Titin Devianty br Sidabutar
    Nim : 855999593
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Rantauprapat, upbjj Medan

    Setelah melihat dan menyimak video pembelajaran tersebut masih mempunyai kekurangan dan kurang menarik.

    1. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya dilakukan kegiatan pendahuluan yaitu: ucapkan salam, berdoa, ice breaking (supaya siswa semangat) dan mengecek kehadiran siswa.
    2. Ketika membuka pembelajaran guru dapat mengulang kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya.
    3. Kemudian memulai kegiatan inti, guru harus menjelaskan apa itu kenampakan alam serta pengertian kenampakan alam buatan dan kenampakan alam tidak buatan, dalam penyampaian materi guru hendaknya mengajarkan kenampakan alam sesuai dari dunia nya yang ada dilingkungan yang terdekat dengan siswa. Pembelajaran menampakkan alam guru juga dapat menggunakan media gambar atau video kenampakan alam melalui laptop dan infocus atau siswa juga bisa diajar keluar lingkungan sekolah (outdoor) untuk melihat langsung kenampakan alam. Serta strategi dalam pembelajaran pun bisa berkelompok.
    5. Dalam kegiatan penutup, guru menyimpulkan isi dari materi tersebut dan memberikan motivasi tentang pelajaran yang telah diajarkan, lalu diakhiri dengan salam dan doa.

    Terimakasih

  6. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh…
    Nama : ASNI FITRI
    NIM : 856337895
    KELAS : B
    SEMESTER : 2
    JURUSAN : PGSD Bi

    Analisis Video Pembelajaran Materi Kenampakan Alam
    Mapel : IPS
    KELEBIHAN PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Materi yang di sampaikan guru dalam video pembelajaran tersebut cukup sesuai
    2. Guru tampak memberikan umpan balik pada siswa dalam bentuk Tanya jawab
    3. Guru menggunkan media gambar Peta pada saat menjelaskan materi

    KELEMAHAN PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. Tidak ada kegiatan awal/ pembuka , tidak mengucapakan salam, absensi, apresiasi dan motivasi sehingga siswa tidak tertarik saat pembelajaran berlangsung
    4. Guru tidak menjelaskan contoh-contoh kenampakan alam buatan dan tidak buatan
    5. Guru tidak menjelaskan materi kenampakan alam secara mendetail
    6. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran
    7. Guru tidak melakukan kegiatan penutup, tidak memberikan evaluasi, tidak menginformasikan pelajaran selanjutnya , dan tidak memberikan pekerjaan rumah kepada siswa

    SOLUSI PADA PEMBELAJARAN PADA VIDEO TERSEBUT ADALAH:
    1. Guru hendaknya mengajarkan materi kenampakan alam mulai dari lingkungan yang dekat dengan siswa
    2. Guru menanyakan dan meminta siswa yang pernah berkunjung ke suatu tempat untuk bercerita tentang apa yang ia lihat
    3. Guru hendaknya membawa anak keluar lingkungan sekolah agar bisa melihat secara langsung contoh kenampakan alam di wilayah sekitar / field trip.

  7. Nama : Suci Hati
    NIM : 858049899
    Program Studi : PGSD-S1

    Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut masih banyak kekurangan, karena materi yang disampaikan dan metode yang digunakan masih kurang efektif.
    1.) Pada saat kegiatan awal, sebaiknya guru memberikan apersepsi kepada siswa seperti mengecek kehadiran siswa, menanyakan kabar, dan berdoa. Kemudian guru juga tidak memberikan motivasi kepada anak-anak dan tidak mengaitkan materi sebelumnya dengan dengan materi yang akan dipelajari serta tidak memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
    2.) Pada kegiatan inti, yaitu sebaiknya dalam menyampaikan materi kenampakan alam, selain penggunaan peta, guru juga bisa mengenalkan macam-macam kenampakan alam dengan menggunakan media gambar agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar yang berada disekitar mereka. Serta bisa mengajak siswa outing class yaitu untuk melihat langsung kenampakan-kenampakan alam di sekitarnya terlebih dahulu, barulah guru bisa mengajarkan macam-macam kenampakan alam di jangkauan luas menggunakan peta.
    3.) Guru tidak melakukan evaluasi, seperti memberikan latihan soal, atau melakukan experimen perkelompok/individu, agar mengetahui sejauh mana siswa tersebut memahami materi yang di sampaikan
    4.) Pada kegiatan akhir, guru tidak memberikan kesimpulan dan refleksi tentang materi yang diajarkan dan tidak memberikan motivasi kepada siswa, serta berdoa dan salam.

  8. MEGA (858419479), PGSD
    Saya setuju dengan pendapat anda, mengenalkan kenampakan alam yang terdapat di negara lain memang menyulitkan bagi siswa karena siswa sendiri belum mengetahui tempat yang dijadikan contoh itu, meskipun guru tersebut menggunakan media gambar untuk memberikan gambaran kepada siswa. Sebaiknya guru tersebut mengenalkan dan memberi contoh kenampakan alam yang terdapat di daerah atau di lingkungan yang diketahui siswa, kenampakan alam yang dekat dengan siswa agar siswa tidak kesulitan dalam memahami materi yang dijelaskan.

  9. Nama : Dwi Suci Adrianti
    Nim : 856440272
    Pokjar : Kandis
    Upbjj : pekanbaru

    di Forum ini saya akan memberikan tanggapan pada video ini. Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut masih banyak kekurangan, karena materi yang disampaikan dan metode yang digunakan masih kurang efektif. dan alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.
    setelah menyimak video pembelajaran tersebut masih mempunyai kekurangan dalam pembelajaran.

    adapun itu kekurangan nya
    1. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya dilakukan kegiatan pendahuluan yaitu: ucapkan salam, berdoa, ice breaking (supaya siswa semangat) dan mengecek kehadiran siswa.
    2. Ketika membuka pembelajaran guru dapat mengulang kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya, agar anak mengerti dengan pembahasan materi pembelajaran saat ini yang di bahas oleh guru.
    3.) Guru tidak melakukan evaluasi, seperti memberikan latihan soal, atau melakukan experimen perkelompok/individu, agar mengetahui sejauh mana siswa tersebut memahami materi yang telah di sampaikan oleh guru.
    4. di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan materi pada pembelajaran hari ini.

    adapun kelebihannya:
    1. guru menggunakan media gambar, sehingga anak-anak bisa mengerti dalam pembelajaran
    2. dalam pembelajaran tersebut guru mengajak siswa saling aktif sehingga terjadi diskusi antar guru dan murid.
    3. guru mempersilahkan murid untuk memberikan jawabannya atau pendapat, meskipun pendapat siswa tersebut masih kurang tepat.

    solusinya, guru harus lebih menguasai materi, agar murid tidak sulit untuk memahami materi yangg di sampaikan guru. dan sebaiknya guru kedepannya harus memberikan contoh yang lebih sering didengar siswa atau dilihat siswa, dan lebih baik menggunakan media pembelajaran yang mudah dipahami murid.

    mungkin itu saja sekian terimakasih
    wassalamualaikum.

  10. Dalam pengamatan pada video diatas;
    Guru tidak tepat dalam menyediakan media pembelajaran, karena tidak mungkin siswa diajak berfikir dengan sesuatu yang tidak mereka tahu dan pahami, siswa menyatakan tidak paham dan guru tidak memberikan jawaban atas ketidak tahuan dari siswa.
    Dipertemuan berikutnya dalam video itu guru sudah merubah cara mengajarnya, guru memberikan pemahaman materi pembelajaran dengan penjelasan dari pengalaman siswa.
    Jadi sebaiknya guru dalam memberikan pengertian tentang materi ajar haruslah dengan yang paling sederhana terlebih dahulu,yaitu dari pengalaman pribadi siswa.

Leave a Reply