silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama : Lyra Paricia Sapana
    Nim : 855784671

    Setelah saya menonton dan mengamati video tentang “Kenampakan Alam” tersebut saya dapat menganalisis bahwa ada beberapa hal perlu diperhatikan lagi :
    – Kekurangan :
    1. Dalam pembelajaran seharusnya guru melakukan apersepsi terlebih dahulu yakni memberi salam kepada siswa, menyapa bahkan menanyakan kabar siswa, dilanjutkan membaca doa serta mengabsen terlebih dahulu, bukan langsung pada kegiatan inti.
    2. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sebelumnya malah masuk pada materi inti “Kenampakan Alam” yang berada di negara Mesir. Guru juga tidak menjelaskan dengan rinci tentang materi tapi langsung menyuruh siswa menganalisis sendiri tentang kenampakkan apa saja yang ada di kota mesir yang mana notebenya siswa masih asing serta bingung akan hal yang baru mereka ketahui.
    3. guru juga tidak melakukan refleksi pada pembelajaran, tidak juga memberikan tugas dirumah, serta menutup pelajaran.

    – Kelebihan :
    1. Guru dapat memngkonsidikan siswa yang ribut dengan baik.
    2. Guru juga memberikan media gambar tentang materi Kenampakan Alam yang ada di negara Mesir.
    3. Guru dan peserta didik sangat aktif dalam melakukan tanya jawab.

  2. Nama : Fenni Fatrisiah
    Nim : 857003361
    UPBJJ : 20/ BANDAR LAMPUNG
    pokjar : UT WAYTUBA
    Berdasarkan video yang Saya tonton dan amati, Saya mengambil kesimpulan ada nya kelemahan dan kelebihan nya,yaitu ;
    kelemahan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti ; berdoa bersama,mengabsen siswa
    2. Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu terkait materi yang disampaikan .
    3. Guru tidak melakukan refleksi dan menyampaikan kesimpulan pada pembelajaran.
    Kelebihan :
    1. Guru mampu melakukan sesi tanya jawab dengan baik dalam pembelajaran.
    2.Guru mampu menggunakan Peta atau atlas sebagai media pembelajarannya
    – Guru mampu membuat suasana dikelas kondusif, dan peserta didik antusias dan aktif dalam pembelajaran
    Saran :
    – Sebaiknya guru dapat memberi contoh materi untuk kenampakan alam terlebih dahulu.

  3. Nama : Y TRIDO ARLINO
    Nim : 857002811

    Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang disamapikan oleh pak guru sangat antusias dan juag bersemangat , mereka juga antusias Ketika pak guru menyuruh salah satu dari mereka untuk bercerita. Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah kurangny a media yang jelas dalam memahami materi kenampakan alam juga kurangny penjelasan yang lebih jelas dalam materi tersebut – kelebihannya adalah pak guru sudah berusaha menggunak an media agar anak” bisa memahami tentang kenampakan alam walaupun belum terlalu lengkap
    Hal unik saat pembelajaran nya adalah Ketika anak” memberikan reaksi yang antusias Ketika teman”nya menjawab pertanyaan dari bapak guru . Upaya yang dilakukan adalah memberikan media yang lebih jelas dan lengkap agar anak'” mengetahui ap aitu kenampakan alam dan juga sebelum

  4. menurut saya langkah-langkah tersebut kurang relevan karna mengaitkan materi kehidupan sehari-hari ditengah pembelajaran, saran saya Guru dapat memulai dengan contoh-contoh yang relevan dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang akan diajarkan. Contoh awal yang relevan dapat membantu siswa memahami konsep yang akan diajarkan dan membuat mereka lebih antusias untuk belajar. Guru dapat menggunakan contoh yang mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan siswa, namun tidak berhubungan dengan materi dengan kehidupan di pertengahan pembelajaran. Contoh yang mudah dipahami dapat membantu siswa memahami konsep yang akan diajarkan dan membuat mereka lebih antusias untuk belajar.

  5. Nama : Nuril Mulyasari
    Nim : 857002384
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : bandar lampung
    Pokjar : waytuba

    menurut saya langkah-langkah tersebut kurang relevan karna mengaitkan materi kehidupan sehari-hari ditengah pembelajaran, saran saya Guru dapat memulai dengan contoh-contoh yang relevan dan mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang akan diajarkan. Contoh awal yang relevan dapat membantu siswa memahami konsep yang akan diajarkan dan membuat mereka lebih antusias untuk belajar. Guru dapat menggunakan contoh yang mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan siswa, namun tidak berhubungan dengan materi dengan kehidupan di pertengahan pembelajaran. Contoh yang mudah dipahami dapat membantu siswa memahami konsep yang akan diajarkan dan membuat mereka lebih antusias untuk belajar.

  6. Nama : Muhammad Guntur Djai
    NIM : 859762462

    Berdasarkan Video yang saya amati dengan judul ” kenampakan alam ” Untuk awalan Guru tidak melakukan salam dan tidak mengecek kehadiran siswa, selanjutnya untuk pembahasan materi Guru tidak menjelaskan maksud dan tujuan materi langsung ke pembahasan.
    Di dalam video tersebut terlihat bahwa peserta didik sangat kebingungan
    dengan gambar yang disiapkan guru. Namun, guru masih meminta siswa
    untuk mencari kenampakan alam yang ada pada gambar.

  7. Nama : Nadia Syahriwani
    Nim : 856039158
    UPBJJ : UT MEDAN
    Pokjar : SIANTAR/SIMALUNGUN

    Berdasarkan video yang saya tonton dan amati, saya mengambil kesimpulan dari judul pembelajaran “Kenampakan Alam” adanya kelemahan dan kelebihan dari video tersebut yaitu diantaranya:

    Kelemahan
    – Pada Kegiatan pendahuluan seharusnya guru menyapa siswa( memberi salam) menanyakan kabar terhadap siswa, tetapi pada video tersebut tidak melakukan apersepsi
    – Guru tidak mengecek kehadiran siswa
    – Guru juga tidak menjelaskan maksud dan tujuan materi
    – Guru juga tidak melakukan refleksi pada pembelajaran, tidak juga memberikan tugas dirumah, serta menutup pembelajaran.

    Kelebihan
    – Adanya interaksi antara guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung
    – Guru menggunakan peta atau atlas sebagai media pembelajaran
    – Guru mampu membuat suasana dikelas kondusif dan peserta didik antusias dan aktif dalam pembelajaran
    Saran saya untuk bapak yang mengajar pada video tersebut ialah sebaiknya guru dapat memberi contoh materi untuk kenampakan alam terlebih dahulu.

  8. NAMA: FELISITAS AMBAR D. P
    NIM: 858878822

    ADAPUN RENCANA PERBAIKAN YANG DAPAT DILAKUKAN (ATAS DASAR KELEBIHAN DAN KELEMAHAN):
    • Evaluasi diri guru.
    • Pengembangan kemampuan mengajar guru baik melalui konsultasi dengan rekan sejawat, mengikuti seminar pengembangan diri maupun memanfaatkan fasilitas pemerintah seperti platform Merdeka Mengajar.
    • Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru.
    • Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar/ video melalui LCD untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.

  9. Nama : Hesty Herawati Amin
    NIM : 858071629
    UPBJJ : Pontianak

    Berdasarkan video yang Saya tonton dan amati, Saya mengambil kesimpulan ada kelemahan dan kelebihan yaitu ;
    kelemahan :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti ; berdoa bersama,mengabsen siswa dan ice breaking.
    2. Guru tidak menjelaskan dan maksud tujuan yang akan disampaikan .
    3. Guru tidak melakukan refleksi, tidak menyampaikan kesimpulan pada pembelajaran dan tidak menutup pelajaran .
    Kelebihan :
    1. Guru mampu melakukan sesi tanya jawab dengan baik dalam pembelajaran.
    2. Guru mampu menggunakan Peta atau atlas sebagai media pembelajarannya
    3. Guru mampu membuat suasana dikelas kondusif, dan peserta didik antusias dan aktif dalam pembelajaran
    Saran :
    1. Sebaiknya guru dapat memberi contoh materi untuk kenampakan alam terlebih dahulu.

  10. Nama : Rulita Cahyaning Wulandari
    NIM : 858566584
    UPBJJ UT Malang

    Dalam video nampak siswa yang begitu aktif dan antusias untuk mengikuti pembelajaran. Guru juga menyediakan media berupa gambar peta untuk menjelaskan konsep kenampakan alam kepada siswa. Namun, menurut saya akan lebih baik jika media yang digunakan adalah gambar contoh nyatanya apa saja kenampakan alam yang ada pada suatu daerah. Selain itu, alangkah baiknya juga guru bisa mengambil contoh kenampakan alam yang ada di Indonesia atau lingkungan sekitar siswa terlebih dahulu. Karena itu yang familiar dengan kegiatan siswa sehari-hari, sehingga materi mungkin lebih cepat untuk dipahami.
    Sekian, Terimakasih.

Leave a Reply