silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Anggarita Wahyuningsih. Guru dapat mengelola kelas dengan baik. Dalam pembelajaran kenampakan alam, beberapa murid aktif dalam kelas, akan tetapi banyak murid yang belum aktif di dalam kelas. Menurut saya, media yang dipakai perlu adanya variasi agar anak dapat berkembang pengetahuannya dan tidak hanya monoton. Gambar yang ditempelkan seharusnya dapat diperbesar agar anak yang duduk bagian belakang dapat melihat gambar.
Rizki Niken Suskandari,
NIM : 501201014
Magister Pendidikan Dasar
Menurut pendapat saya, 2 bagian dari video diatas menggambarkan 2 prose pembelajaran dari yang tidak relevan dengan peserta didik menjadi jauh lebih relevan. Guru disesi kedua sudah mengajak peserta didik untuk menggali informasi terkait daerah yang pernah dikunjunginya dan kenampakan alam apa saja yang ada disana. Namun, lagi lagi saya lebih concern kepada tujuan pembelajaran yang harus disampaikan diawal sebelum memulai pembelajaran. Jika kita sama sama tahu terkait tujuan pembelajaran kita, maka kegiatan pembelajaran lebih terarah. Sekedar masukan dari saya, sebaiknya sebelum bicara tentang daerah yang pernah dikunjungi oleh peserta didik akan lebih baik bertanya kenampakan alam apa saja yang bisa mereka lihat disekitar sekolah atau lingkungan tempat tinggal mereka.
NAMA : RISKA
NIM : 501312083
PRODI/UPBJJ : MPDR/SAMARINDA
Terlihat pada video pertama, guru tidak melakukan apersepsi sebelum pembelajaran. Pembelajarannya sudah menggunakan media belajar yaitu peta yang bisa membantu siswa dalam mengetahui letak wilayah. Namun, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan dan ketika guru bertanya kepada siswa mengenai kenampakan alam pada negara mesir ternyata siswa belum mengetahui karena belum pernah mendengar apalagi mengunjungi negara tersebut. sehingga siswa mengalami kesulitan dan kebingungan membedakan kenampakan alam yang ada di mesir. Pada video ke 2 guru menanyakan kepada siswa bedasarkan pengalaman yang pernah dilakukan sehingga siswa aktif untuk bercerita dan bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
Guru sudah sangat baik menggunakan metode tanya jawab untuk mebuat peserta didik lebih paham dalam pembelajaran membedakan penampakan alam buatan dan bukan buatan.
NAMA : SELVI TANDO
NIM : 501452835
UT JAYAPURA
Dari video pembelajaran tentang Kenampakan Alam, dapat dilihat bahwa pada awal pembelajaran guru langsung memberikan pertanyaan mengenai kenampakan alam yang belum pernah dilihat oleh siswa. kemudian media pembelajaran yang digunakan guru juga kurang efektif, hanya sebatas poster. kemudian pada sesi 2 guru memberikan pertanyaan stimulus kepada siswa mengenai kenampakan alam yang ada pernah dilihat siswa, dimana seharusnya guru tersebut harusnya memberikan pertanyaan tersebut pada awal pembelajaran aagr dapat memantik pendapat siswa mengenai kenampakan alam. jadi setelah melihat video pembelajaran tersebut, saran saya adalah guru sebaiknya memberikan pertanyaan awal kepada siswa guna memantik pegetahuan awal siswa mengenai kenampakan alam, baik itu kenampakan alam yang ada di sekitar siswa maupun kenampakan alam yang pernah dilihat oleh siswa, barulah kemudian guru memperlihatkan atau memperkenalkan kenampakan alam yang lebih meluas. dalam artian kenampakan alam yang ada di luar daerah bahkan di luar negeri.
Nama : Heri Susanto
NIM : 501172436
UPBJJ : UT PALEMBANG
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Sebelumnya Izin berkomentar menanggapi dari video diatas, yaitu tentang Kenampakan Alam. Saat melaksanakan pembelajaran guru langsung menyampaikan materi tanpa adanya persepsi, atau mempersiapkan siswa terlebih dahulu. Namun sdapat dilihat siswa dapan kondusif dan mengikuti pelajaran, saat proses peblejaran guru langsung memberikan pertanyaan dan perintah kepada siswa tetntang kanmpakan alam yang ada di Mesir, kemudian guru secara sadar bahwa jawaban siswa tersebut salah dan masih ada yang bingun. Lalu guru pemberikan pertanyaan seputar dengan yang dekat dengan siswa yang masih berhubungan engan materi. Sedikit masukan dan saran dari saya yaitu lakukan asesmen diagnostic diwala pembelajaran untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi yang akan disampaikan, selanjutnya sampaikan materi dengan mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar baru selanjutnya merambah ke dunia luar Sepetri Mesir atau juga guru dapat menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan memberikan gambar-gambar kepada siswa.
Terima Kasih
Nama : Salsabila Annisa Fitri
NIM : 501312456
Prodi : MPDr
UPBJJ : Samarinda
Berdasarkan analisis video pembelajaran IPS SD yang berjudul “Kenampakan Alam” maka terdapat beberapa masukan dan saran tentang video pembelajaran tersebut.
1. Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan apersepsi kepada siswa.
2. Penggunaan media gambar sudah dilakukan oleh guru guna penunjang proses pembelajaran. Namun, pada media gambar yaitu berupa poster yang digunakan terdapat kekurangan seperti gambar dan tulisan pada poster yang berukuran sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh siswa secara menyeluruh.
3. Keterlibatan siswa dalam tanya jawab perlu diperluas. Memberikan kesempatan pada siswa dalam penyampaian pengalaman pribadi yang berkaitan dengan pokok materi juga masih kurang.
Adapun saran yang dapat saya berikan mengenai video pembelajaran tersebut adalah dalam menjelaskan sebuah materi hendaknya guru mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari agar mudah dipahami oleh siswa, berbagai pengalaman siswa juga bisa dijadikan sebagai penunjang pemahaman dan siswa dapat memberikan respon baik terkait pembelajaran.
Nama: Panca Agus Sulistyoningsih
NIM: 501232398
Pada tayangan pertama dalam menjelaskan kenampakan alam dan buatan guru meminta siswa mengamati kenampakan alam langsung pada tempat yang jauh dan belum pernah mereka kunjungi. Sehingga siswa bingung mau menuliskan kenampakan alam dan buatan tersebut karena mereka sama sekali belum mengenal daerah tersebut. Seharusnya guru meminta siswa untuk menceritakan kenampakan alam dan buatan suatu daerah yang pernah mereka lihat secara langsung seperti pada tayangan video kedua. Siswa dapat menceritakan dengan lancar dan senang hati menceritakan tempat yang pernah mereka kunjungi secara langsung. Memberikan pembelajaran dengan mengaitkan pengalaman siswa sangat dibutuhkan terutama untuk membangun pengetahuan awal siswa. Selain itu pembelajaran akan lebih bermakna dan menyenangkan karena akan terjadi komunikasi yang baik juga antara siswa dan murid melalui kegiatan tanya jawab. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru juga bisa mengajak siswa untuk keluar kelas agar mengamati kenampakan alam dan buatan yang ada di sekitar sekolah.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama: SINAR KUMALASARI
NIM: 501312352
Saya setuju dengan solusi yang diberikan guru dalam mengajarkan konsep kenampakan alam
1. Dengan menciptakan keaktifan siswa untuk menceritakan pengalamannya mengunjungi suatu daerah dari apa yang mereka lihat tentang penampakan alam.
2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan respon terkait materi yang mereka pelajari. Sehingga dapat menumbuhkan keaktifan siswa, pembelajaran jadi menyenggangkan, dan melatih siswa untuk dapat mengembangkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.
Adapun saran saya terhadap video tersebut
Sebaiknya guru mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman peserta didik atau dengan hal yang dekat dengan peserta didik kemudian ke hal yang lebih luas, pada video pembelajaran tersebut Siswa diminta untuk mengamati gambar dari negara mesir yang sangat asing bagi diri masing-masing siswa dan sangat jauh dari kehidupan sehari-hari. Guru juga meminta siswa untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam pada negara mesir, siswa terlihat sangat kesulitan menggabarkan kenampakan alam negara mesir tersbut. Hendaknya guru mengajarkan penampakan alam mulai dari lingkungan terdekat dengan peserta didik.
Nama : Mediana M. Faot
UT : Kupang
Contoh yang digunakan oleh guru menurut saya kurang tepat karena guru menggunakan lokasi atau daerah yang sangat jauh dari pandangan siswa atau siswa tidak mengalami secara langsung. Perihal mencatat menurut saya bagi siswa SD mencatat tanpa penjelasan dan praktik yang dilakukan siswa maka siswa tidak sama sekali memahami materi tersebut. Jadi pada saat diberi pertanyaan oleh guru, siswa dengan asal menjawab pertanyaan tersebut. Oleh karena itu solusi menurut saya yaitu sebaiknya guru menjelaskan materi tersebut dengan menyediakan media gambar atau mengajak siswa melihat langsung lingkungan sekitar yang berkaitan dengan materi tersebut misalnya tentang sungai maka siswa bisa diajak melihat sungai-sungai kecil dilingkungan sekitar siswa, maka dari situlah pemahaman siswa akan semakin memahami materi tersebut, tidak hanya saja memahami materi namun siswa akan tertarik untuk terus belajar.
Nama : M.SAtyaP. (501362443)
KOmentar video Ketampakan Alam.
Setting 1:
– guru sudah mempersiapkan media pembelajaran berupa gambar dengan baik.
– sayangya gambarnya (menurut saya) terlalu kecil, mungkin untuk anak yang duudk di belakang kurang jelas.
– guru langsung bertanya tentang gambar pada medianya, tanpa pengantar, jadi jawaban siswa pun sembarangan dengan mengatakan ada 3 segitiga kecil (piramid).
– kelas menjadi ribut karena menertawakan temannya tadi.
– siswa langsung disuruh menulis, tetapi tidak spesifik menulis apa? apakah nama sungai? nama tempat? nama apa yang adadi gambar?
Setting 2:
+ guru memberikan pengantar dengan pertanyaan di sekitar siswa.
+ guru melibatkan siswa dalam tanya jawab yang menarik.
+ pelan-pelan guru mengarahkan siswa kepaada topik mesir.
+ KBMberjalan lancar dan baik.
Dari kedua video tersebut tampak video kedua menunjukkan situasi KBM yang ideal dan baik.
Melibatkan siswa merupakan cara terbaik dalam pembelajaran karena siswa aktif.
Menggunakan hal-hal di sekitar siswa menjadikan siswa merasa akrab dalam pelajaran, terbukti dengan siswa perempuan yang dapat menceritakan perjalanannya dengan baik melewati sungai, jalan ini-itu dengan baik.
Pebelarajan yang teacher centered berubah menjadi student centered.
Terimakasih.