silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Pada saat memulai pembelajaran guru tersebut tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik, seperti melakukan berdoa terlebih dahulu, mengecek kehadiran siswa, melakukan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Guru tersebut tidak memberikan penjelasan terhadap materi pembelajaran, guru langsung meminta siswa memperhatikan media pembelajaran tanpa memberikan penjelasan. Diakhir
pembelajaran seharusnya guru juga menutup kegiatan pembelajaran dengan cara memberikan penguatan dan menutup dengan berdoa. Sebaiknya guru dapat memberi contoh materi untuk kenampakan alam dengan menggunakan media peta atau atlas.
Nama : Ermawiyah B. Manalu
NIM : 501200417
Prodi : MPDR
Pembelajaran di kelas sudah terlihat interaktif antara guru dan murid. Dalam hal memberikan materi pada awalnya Pak Guru tersebut langsung menanyakan hal yang asing pada siswa seperti simbol dalam peta untuk menyebutkan kenampakan alam. Hasilnya murid tidak paham materi yang diajarkan gurunya. Setelah melakukan perbaikan pembelajaran Pak Guru tersebut memulai pembelajaran dengan menanyakan hal yang dekat atau yang pernah siswa alami sebelumnya, hal ini sesuai dengan prinsip psikologis dan pedagogis karena guru harus memahami jiwa murid dan mendalami pemikirannya untuk dikoneksikan dengan pengetahuan baru sehingga akan membentuk pemahaman konsep secara konstruktif dalam diri murid. Saran saya setelah murid memahami konsep dengan benar guru harus melakukan penguatan agar murid semakin yakin dan lebih percaya diri dengan jawabannya. Dan pemahaman akan materi baru akan semakin kuat.
Nama : Yenny Yuliati
NIM: 501232327
Pokjar : UT Bandung
Setelah saya melihat video tersebut, saya berpendapat saat pembelajaran kenampakan alam sudah baik dengan cara sharing pengalaman perjalanan. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.Dan guru dapat memberikan contoh gambar kenampakan-kenampakan alam yang sudah disebutkan peserta didik agar lebih tergambar jelas oleh peserta didik melalui gambar atau video yang ada.
Pembelajaran 1
Penyampaian materi hanya sebatas ceramah dan pemberian tugas mencatat. Peserta didik tidak dajak langsung mengamati kenampakan alam langsung di lingkungan sekitarnya.Padahal cara itu sangat efektif dan akan lebih mudah diceritakan/dideskripsikan oleh peserta didik.
Pembelajaran 2
Guru meminta salah seorang peserta didik menceritakan pengalaman perjalanannya, dilanjutkan dengan melakukan tanya jawab tentang apa yang dilihat oleh anak tersebut sepanjang perjalanan. Karena peserta didik mengalami langsung kenampakan alam apa yang mereka amati dan lihat sehingga dengan mudah menceritakannya.
Nama : Ikbal Mirandani
NIM : 501222319
UPBJJ : UT Bogor
Setelah melihat vidio pembelajaran tersebut, ada beberapa masukan yang perlu diperhatikan. Ketika akan menjelaskan keadaan alam sekitar, hendaknya diawali dari keadaan lingkungan sekitar dahulu. Agar anak-anak bisa connect dengan materi pembelajaran. Kemudian dikaitkan dengan materi pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan.
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh ππ»
Dari model pembelajaran tersebut. Guru sebaiknya melakukan persiapan belajar terlebih dahulu seperti mempersiapkan siswa dan mengkondusifkan kelas agar tidak terjadi keributan. Guru juga sebaiknya memberikan materi atau penjelasan terlebih dahulu agar siswa dapat memahami apa yang dipertanyakan oleh guru dan bagusnya jika materi tersebut dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh ππ»
Dari model pembelajaran tersebut. Guru sebaiknya melakukan persiapan belajar terlebih dahulu seperti mempersiapkan siswa dan mengkondusifkan kelas agar tidak terjadi keributan. Guru juga sebaiknya memberikan materi atau penjelasan terlebih dahulu agar siswa dapat memahami apa yang dipertanyakan oleh guru dan bagusnya jika materi tersebut dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Sekian dan terimakasih
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh ππ»
Dari model pembelajaran tersebut.
Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh ππ»
Dari model pembelajaran tersebut. Guru sebaiknya melakukan persiapan belajar terlebih dahulu untuk mempersiapkan siswa dan mengkondusifkan kelas agar tidak terjadi keributan. Guru juga sebaiknya memberikan materi atau penjelasan terlebih dahulu agar siswa dapat memahami apa yang dipertanyakan oleh guru dan bagusnya jika materi tersebut dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Sekian dan terimakasih
Nama :SERUAN HATI GULO
NIM : 856060154
JUDUL :Kenampakan Alam
Oleh :Eded Tarmedi
Menurut saya tentang video ini, reaksi siswa terhadap pembelajaran ini kurang dipahami oleh siswa, karena sebaiknya materi disampaikan dimulai dari contoh terdekat seperti dalam kehidupan sehari-hari.
Adapun kelemahan guru, sebaiknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran diawali dengan pendahuluan atau apersepsi.
Kelebihan guru :guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif serta adanya timbal balik antara siswa dan guru.
Upaya yang saya lakukan sebagai guru salah satunya memberi contoh tentang kenampakan alam disekitarnya.