silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Nama: Wetny mulia putri
Nim: 856454668
Menurut saya, sebaiknya saat memulai pelajaran guru hendaknya menyapa murid dengan mengucap salam terlebih dahulu, lalu mengecek daftar hadir siswa, dan memberikan tujuan dari pembelajaran tersebut.. pada kegiatan inti guru juga menyuruh siswa mengamati peta, menurut saya.. sebaiknya dapat diawali dengan contoh mengamati lingkungan sekitar terlebih dahulu, kemudian media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut masih kurang akan sangat baik di era digital seperti sekarang ini mengajar menggunakan infokus agar siswa dapat lebih paham..
Nama : Fadilla Juninda
Nim : 857311279
Pokjar : Bogor Selatan
Assalamu’alaikum warahmatullah..
Saya menemukan ada dua perbedaan pada video pertama dan kedua. Pada video pertama, saya mengamati ada beberapa kekurangan pada guru dalam menyampaikan pembelajaran.
1. Guru tidak melakukan apersepsi atau mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman siswa.
2. Guru menyuruh siswa untuk mengamati sesuatu yang jauh dari lingkungan siswa. Padahal seharusnya bisa memulai dari lingkungan terdekat siswa terlebih dahulu supaya mudah dimengerti siswa.
Pada video kedua, saya mengamati pembelajaran lebih baik daripada video kedua yaitu :
1. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa akan pengalaman siswa yang pernah pergi ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggal. Kemudian siswa tersebut menceritakan perjalanan menuju kesana. Lalu guru bertanya akan apa saja yang ia amati selalu perjalanan atau ketika sesampai disana.
(Hal ini menunjukkan bahwa guru tersebut sedang melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi dengan pengalaman sisawa, yaitu tentang PERBEDAAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN.)
2. Suasana kelas terlihat lebih komunikatif dari pada video pertama.
Namun, pada kedua video tersebut ada persamaan kekurangan yaitu,
1. Seharusnya di awal pembelajaran guru dan siswa berdoa terlebih dahulu.
2. Seharusnya guru bertanya kabar dan mengabsen siswa.
3. Seharusnya ada ice breaking atau tepuk supaya kelas lebih menarik.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum.
Nama : Fadilla Juninda
Nim : 857311279
Pokjar : Bogor Selatan
Assalamu’alaikum warahmatullah..
Saya menemukan ada dua perbedaan pada video pertama dan kedua. Pada video pertama, saya mengamati ada beberapa kekurangan pada guru dalam menyampaikan pembelajaran.
1. Guru tidak melakukan apersepsi atau mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman siswa.
2. Guru menyuruh siswa untuk mengamati sesuatu yang jauh dari lingkungan siswa. Padahal seharusnya bisa memulai dari lingkungan terdekat siswa terlebih dahulu supaya mudah dimengerti siswa.
Pada video kedua, saya mengamati pembelajaran lebih baik daripada video kedua yaitu :
1. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa akan pengalaman siswa yang pernah pergi ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggal. Kemudian siswa tersebut menceritakan perjalanan menuju kesana. Lalu guru bertanya akan apa saja yang ia amati selalu perjalanan atau ketika sesampai disana.
(Hal ini menunjukkan bahwa guru tersebut sedang melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi dengan pengalaman sisawa, yaitu tentang PERBEDAAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN.)
2. Suasana kelas terlihat lebih komunikatif dari pada video pertama.
Namun, pada kedua video tersebut ada persamaan kekurangan yaitu,
1. Seharusnya di awal pembelajaran guru dan siswa berdoa terlebih dahulu.
2. Seharusnya guru bertanya kabar dan mengabsen siswa.
3. Seharusnya ada ice breaking atau tepuk supaya kelas lebih menarik.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum.
Nama : Fadilla Juninda
Nim : 857311279
ProgramStudi : PGSD-S1
Pokjar : Bogor Selatan
Assalamu’alaikum warahmatullah..
Saya menemukan ada dua perbedaan pada video pertama dan kedua. Pada video pertama, saya mengamati ada beberapa kekurangan pada guru dalam menyampaikan pembelajaran.
1. Guru tidak melakukan apersepsi atau mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman siswa.
2. Guru menyuruh siswa untuk mengamati sesuatu yang jauh dari lingkungan siswa. Padahal seharusnya bisa memulai dari lingkungan terdekat siswa terlebih dahulu supaya mudah dimengerti siswa.
Pada video kedua, saya mengamati pembelajaran lebih baik daripada video kedua yaitu :
1. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya kepada siswa akan pengalaman siswa yang pernah pergi ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggal. Kemudian siswa tersebut menceritakan perjalanan menuju kesana. Lalu guru bertanya akan apa saja yang ia amati selalu perjalanan atau ketika sesampai disana.
(Hal ini menunjukkan bahwa guru tersebut sedang melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi dengan pengalaman sisawa, yaitu tentang PERBEDAAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN.)
2. Suasana kelas terlihat lebih komunikatif dari pada video pertama.
Namun, pada kedua video tersebut ada persamaan kekurangan yaitu,
1. Seharusnya di awal pembelajaran guru dan siswa berdoa terlebih dahulu.
2. Seharusnya guru bertanya kabar dan mengabsen siswa.
3. Seharusnya ada ice breaking atau tepuk supaya kelas lebih menarik.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum.
Assalamu’alaikum
Nama : Sariwulan
NIM : 857442627
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
A. JUDUL VIDEO PEMBELAJARAN dan Link GPO :
• Judul Video Pembelajaran
Kenampakan Alam
• Sumber Video di ambil dari link GPO :
https://gurupintar.ut.ac.id/?s=KENAMPAKAN+ALAM
B. IDENTIFIKASI MASALAH
Kegiatan Identifikasi Masalah
Kegiatan Awal
– Guru tidak melakukan ajakan berdoa
– Guru tidak melakukan absensi
Kegiatan Inti
– Guru langsung memberikan tugas mencatat dari hasil pengamatan gambar peta Negara Mesir
Kegiatan Penutup
– Guru tidak melaksanakan penilaian
– Guru tidak memberikan tindak lanjut
C. ANALISIS MASALAH
a. Awal Pembelajaran
Guru langsung melakukan proses inti pembelajaran
b. Reaksi anak terhadap pembelajaran
• Siswa memperhatikan media gambar : peta negara Mesir
• Siswa langsung mengerjakan apa yang diperintahkan bapak guru yaitu mencatat tentang kenampakan alam dan kenampakan buatan yang terdapat pada peta negara Mesir
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal yang dicatat, namun jawabannya “tiga segitiga besar”
• Siswa menjawab pertanyaan guru topik tempat yang jauh yang pernah dikunjungi
• Siswa menjelaskan perjalanan menuju tempat yang jauh tersebut disertai kenampakan alam dan kenampakan buatan
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang siapa yang membuat jalan tol dan sungai dan laut
D. UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Upaya dalam memperbaiki kelemahan dalam video pembelajaran tersebut :
• Pada kegiatan awal melakukan hal-hal yang wajib dilakukan seperti berdoa dan absensi.
• Pada kegiatan inti memberikan bahan materi yang mampu terjangkau oleh siswa, seperti video pembelajaran daerah – daerah yang dekat dengan siswa
• Kegiatan penutup melaksanakan penilaian dan tindak lanjut
• Hal-hal tersebut mengacu pada RPP yang sudah dibuat tentang kenampakan alam.
E. KEJELASAN SUARA DAN GAMBAR
Dalam video pembelajaran tersebut suara dan gambar jelas dan inti pembelajaran dapat di pahami.
F. SARAN
Guru hendaknya membawa gambar yang cukup jelas beserta penjelasan sesuai dengan materi pembelajaran yaitu Kenampakan Alam
Terimakasih
Mohon bimbingannya
Assalamu’alaikum
Nama : Sariwulan
NIM : 857442627
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
A. JUDUL VIDEO PEMBELAJARAN dan Link GPO :
• Judul Video Pembelajaran
Kenampakan Alam
• Sumber Video di ambil dari link GPO :
https://gurupintar.ut.ac.id/?s=KENAMPAKAN+ALAM
B. IDENTIFIKASI MASALAH
Kegiatan Identifikasi Masalah
Kegiatan Awal
– Guru tidak melakukan ajakan berdoa
– Guru tidak melakukan absensi
Kegiatan Inti
– Guru langsung memberikan tugas mencatat dari hasil pengamatan gambar peta Negara Mesir
Kegiatan Penutup
– Guru tidak melaksanakan penilaian
– Guru tidak memberikan tindak lanjut
C. ANALISIS MASALAH
a. Awal Pembelajaran
Guru langsung melakukan proses inti pembelajaran
b. Reaksi anak terhadap pembelajaran
• Siswa memperhatikan media gambar : peta negara Mesir
• Siswa langsung mengerjakan apa yang diperintahkan bapak guru yaitu mencatat tentang kenampakan alam dan kenampakan buatan yang terdapat pada peta negara Mesir
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang hal yang dicatat, namun jawabannya “tiga segitiga besar”
• Siswa menjawab pertanyaan guru topik tempat yang jauh yang pernah dikunjungi
• Siswa menjelaskan perjalanan menuju tempat yang jauh tersebut disertai kenampakan alam dan kenampakan buatan
• Siswa menjawab pertanyaan guru tentang siapa yang membuat jalan tol dan sungai dan laut
D. UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Upaya dalam memperbaiki kelemahan dalam video pembelajaran tersebut :
• Pada kegiatan awal melakukan hal-hal yang wajib dilakukan seperti berdoa dan absensi.
• Pada kegiatan inti memberikan bahan materi yang mampu terjangkau oleh siswa, seperti video pembelajaran daerah – daerah yang dekat dengan siswa
• Kegiatan penutup melaksanakan penilaian dan tindak lanjut
• Hal-hal tersebut mengacu pada RPP yang sudah dibuat tentang kenampakan alam.
E. KEJELASAN SUARA DAN GAMBAR
Dalam video pembelajaran tersebut suara dan gambar jelas dan inti pembelajaran dapat di pahami.
F. SARAN
Guru hendaknya membawa gambar yang cukup jelas beserta penjelasan sesuai dengan materi pembelajaran yaitu Kenampakan Alam
Terimakasih
Mohon bimbingannya
Nama : Defi afrianti
Nim : 856444739
Prodi :S1 pgsd
Menurut saya, sebaiknya saat memulai pelajaran guru hendaknya menyapa murid dengan mengucap salam terlebih dahulu, lalu cek daftar hadir siswa, dan memberikan tujuan dari pembelajaran tersebut.. Dan memitivasi siswa pada kegiatan inti guru juga menyuruh siswa mengamati peta, menurut saya.. sebaiknya dapat diawali dengan contoh mengamati lingkungan sekitar terlebih dahulu, kemudian media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut masih kurang akan sangat baik di era digital seperti sekarang ini mengajar menggunakan infokus agar siswa dapat lebih paham..
Vidio ini juga seharusnya di tutup dengan penutup, yaitu menarik kesimpulan pembelajaran, memberikan tugas rumah dan mengakhiri pembelajaran dengan salam.
Nama : Defi afrianti
Nim : 856444739
Prodi :S1 pgsd
Menurut saya, sebaiknya saat memulai pelajaran guru hendaknya menyapa murid dengan mengucap salam terlebih dahulu, lalu cek daftar hadir siswa, dan memberikan tujuan dari pembelajaran tersebut.. Dan memitivasi siswa pada kegiatan inti guru juga menyuruh siswa mengamati peta, menurut saya.. sebaiknya dapat diawali dengan contoh mengamati lingkungan sekitar terlebih dahulu, kemudian media pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut masih kurang akan sangat baik di era digital seperti sekarang ini mengajar menggunakan infokus agar siswa dapat lebih paham..
Vidio ini juga seharusnya di tutup dengan penutup, yaitu menarik kesimpulan pembelajaran, memberikan tugas rumah dan mengakhiri pembelajaran dengan salam.
Nama : Nurramalia
Nim : 859165852
Prodi : S1-PGSD
Dalam video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya, tanggapan saya:
– Analisis kekurangan video
1). Pembelajaran harus memiliki kegiatan awal, inti, dan penutup agar efektif dalam menyampaikan materi kepada siswa. Kegiatan awal bertujuan untuk memotivasi siswa dan menarik perhatian mereka pada topik yang akan dipelajari. Inti merupakan bagian yang paling penting di mana materi disampaikan dengan jelas dan sistematis. Sementara itu, kegiatan penutup berfungsi untuk mereview kembali materi yang telah dipelajari dan memberikan kesimpulan yang dapat dipahami dengan mudah oleh siswa. Apabila pembelajaran tidak memiliki kegiatan awal, inti, dan penutup, maka siswa mungkin akan kesulitan untuk memahami materi secara menyeluruh dan merasa kurang termotivasi untuk belajar lebih lanjut.
2. Seharusnya guru mengajak siswa untuk melakukan observasi langsung ke tempat-tempat yang memiliki kenampakan alam yang menarik baik di sekitar sekolah, daerah sekitar, tempat wisata, dan sebagainya.
3. Seorang guru harus menyampaikan informasi yang menarik dan relevan seperti sejarah terbentuknya kenampakan alam, flora dan fauna yang hidup di sana, dan sebagainya. Informasi ini dapat membantu siswa untuk memahami kenampakan alam dan membuat pelajaran lebih menarik. Dalam video tersebut guru memberikan contoh negara mesir sedangkan siswa hanya melihat melalui media gambar dan siswa belum pernah berkunjung ke mesir. Seharusnya guru memberikan contoh secara nyata yang ada di lingkungan sekitar agar mempermudah pemahaman anak.
4. Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif seperti diskusi sehingga siswa lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran.
5. Guru harus mengajarkan siswa untuk mengembangkan rasa peduli terhadap lingkungan dengan mengajarkan pentingnya menjaga kelestarian alam dan mengurangi dampak negatif manusia terhadap lingkungan.
-Analisis kelebihan video
1. Penggunaan media visual berupa gambar atau foto
2. Guru selalu mengajak siswa untuk berpartisipasi di dalam kegiatan pembelajaran di kelas
Adapun solusi atau alternatif yang dilakukan agar pembelajaran berjalan efektif :
1. Penggunaan media alam sekitar seperti lingkungan sekolah, persawahan, kebun, kolam, sungai besar, jembatan pegunungan, flora,fauna, dan sebagainya. Dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan guru dan siswa dapat melihat secara konkret mengenai kenampakan alam yang ditemukan.
2. Hendaknya guru menggunakan media audio visual seperti menayangkan video yang berkaitan dengan materi kenampakan alam yang mudah dipahami oleh siswa misalnya mengambil contoh kenampakan alam yang terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggal sehingga mempermudah pemahaman siswa mengenai materi kenampakan alam.
Nama : Fero mahnetik
Nim : 858793457
Prodi : PGSD
Dari video pembelajaran tersebut metode yang digunakan guru tidak menarik bagi siswa, dan siswa juga terlihat bosan dengan metode yang di gunakan guru tersebut, dikarenakan :
1. Guru tidak menjelaskan pengetahuan awal tentang kenampakan alam
2. Guru tidak memberi contoh siswa dengan lingkungan yang ada disekitarnya
3. Guru tidak menggunakan media yang mendukung pembelajaran