silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

543 Comments

  1. Selamat malam,
    Menurut pendapat saya, dalam vidio tersebut materi yang disampaikan guru yakni kenampakan alam yang disajikan sangat jauh atau asing dengan kehidupan siswa sehingga mereka sulit mengidentifikasikannya. Solusi perbaikan yang diterapkan pada vidio yakni Pendekatan yang digunakan guru ini sangat efektif untuk mengaitkan materi dengan pengalaman langsung siswa. Dengan memulai dari pengalaman pribadi mereka, siswa dapat lebih terlibat dan merasa relevan dengan pembelajaran. Selain cara diatas, guru juga bisa mengajak siswa untuk mendiskusikan perbedaan antara kenampakan alam di tempat yang mereka kunjungi dan di lingkungan sekitar mereka. Ini akan mendorong siswa untuk berpikir kritis dan membandingkan berbagai aspek alam, serta memahami pentingnya pelestarian lingkungan.
    Guru juga dapat meminta siswa untuk menggambar dari kenampakan alam yang mereka pelajari. Kegiatan ini dapat mengembangkan kreativitas mereka sekaligus memperkuat pemahaman materi.
    Demikian tanggapan saya terhadap vidio tersebut.
    Terimakasih 🙏🙏🙏

  2. Nama : Rohana S Nababan
    NIM : 855846416

    Dalam video diatas guru terlalu cepat mengajarkan kenampakan alam di luar negeri, seharusnya guru memulainya dengan menjabarkan apa itu kenampakan alam dan memberi contoh yang nyata di lingkungan sekitar sehingga anak didik tidak bingung. Lalu guru mengajak anak didik untuk bercerita tentang pengalaman anak yang berkaitan dengan kenampakan alam yang dilihatnya. Setelah itu baru guru mulai menjabarkan kenampakan alam secara luas kepada anak didik.

  3. Nama : Rohana S Nababan
    NIM : 855846416

    Dalam video diatas guru terlalu cepat menjabarkan tentang kenampakan alam yang ada di luar negeri. Seharusnya guru menjabarkan apa itu kenampakan alam dan memberikan contoh yang ada di lingkungan sekitar siswa. Lalu guru mengajak anak didik untuk menceritakan pengalamannya tentang kenampakan alam. Baru setelah itu guru menjabarkan kenampakan alam beserta contohnya secara luas.

  4. Selamat siang,
    Nama : FRANSISKA MANURUNG
    NIM : 877528024
    POKJAR : SIMALUNGUN
    UPBJJ : MEDAN

    Setelah menonton dan mengamati video tentang “Kenampakan Alam,” saya dapat menganalisis beberapa hal yang perlu diperhatikan:
    Kekurangan:
    1. Seharusnya guru memulai pembelajaran dengan memberi salam, menyapa, menanyakan kabar siswa, melanjutkan dengan doa, dan melakukan absensi sebelum masuk ke kegiatan inti ((Orientasi)
    2. Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran: Guru langsung masuk ke materi tentang “Kenampakan Alam” di Mesir tanpa menyampaikan tujuan pembelajaran. (Apersepsi)
    3. Guru tidak memberikan motovasi kepada siswa
    4. Guru tidak menjelaskan pengertian dari kenampakan alam, sehingga siswa diminta untuk menganalisis sendiri, padahal mereka belum paham dengan materi kenampakan alam, sehingga siswa merasa bingung Ketika disuruh menganalisis tentang kenampakan alam negara mesir yang merasa asing dengan dunia siswa.
    5. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru tidak menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
    6. Tidak ada refleksi dan penutup yang memadai: Guru tidak melakukan refleksi, tidak memberikan tugas rumah, dan tidak menutup pelajaran dengan baik.
    Kelebihan:
    1. Guru mampu mengendalikan siswa yang ribut dengan baik.
    2. Guru menggunakan media gambar yang relevan dengan materi tentang Kenampakan Alam di Mesir.
    3. Guru dan siswa terlibat aktif dalam sesi tanya jawab selama proses pembelajaran.

  5. Nama : Dinda Khairati
    Nim : 878258213
    Setelah menonton dan mengamati video pembelajaran mengenai kenampakan alam, menurut pendapat saya guru tidak menerapkan membuka pelajaran dengan salam, berdoa, maupun memeriksa kehadiran siswa. Selain itu guru juga kurang interaktif dalam menggunakan media pembelajaran. Dalam memberikan contoh, sebaiknya guru dapat menunjukan kenampakan alam sekitar lingkungan, sehingga siswa lebih mudah memahami.

  6. Dalam skema pembelajaran ini, guru menggunakan strategi pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman siswa untuk membantu siswa memahami konsep kenampakan alam dan buatan. Berdasarkan perkembangan kognitif anak usia SD maka siswa belajar berdasarkan pengalaman sehingga siswa untuk mengamati langsung berbagai fenomena alam dan buatan. Selain itu, kegiatan yang berorientasi pada pengalaman mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan observasi yang baik.
    Saran dari saya guru dengan konteks zaman sekarang dapat mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran misalkan dengan metode virtual trip ke berbagai lingkungan alam dan buatan. Ini memungkinkan siswa untuk mengalami berbagai jenis kenampakan dari dekat dan dapat membuat siswa interaktif bertanya dan berpendapat.

  7. NAMA : NORPAZILA
    NIM
    Menurut pendapat saya, video pembelajaran tersebut menggambarkan dua bagian yang berbeda. Bagian pertama guru langsung menyuruh siswa mengawati sesuatu yang asing atau yang pertama kali didengar dan baru pertama kali dilihatnya, sedangkan bagian kedua merupakan solusi dari permasalahan yang ada pada bagian yang pertama yaitu guru menganalogikan atau mencontohkan hal-hal yang dekat dengan siswa atau hal-hal yang pernah dialami oleh siswa sebelum masuk pada materi pembelajaran pokok, sehingga siswa tidak menjadi kebingungan dan bisa berpikir ssecara kritis.Hal lain yang perlu diperbaiki adalah penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru yang kurang menarik dan tidak ada sumber belajar berupa buku teks yang digunakan oleh siswa, sehingga siswa menjadi kebingungan dan guru sulit menyampaikan informasi kepada siswa lewat media pembelajaran tersebut.Adapun Hal lain yang perlu diperbaiki juga yaitu kemampuan guru dalam menyampaikan materi atau berbicara di dalam kelas terlalu kaku dan kurang bisa mengontrok siswa sehingga terjadi saling ejek di dalam proses pembelajaran, padahal hal tersebut sangat dilarang.

  8. NAMA : NORPAZILA
    NIM : 856080321
    Menurut pendapat saya, video pembelajaran tersebut menggambarkan dua bagian yang berbeda. Bagian pertama guru langsung menyuruh siswa mengawati sesuatu yang asing atau yang pertama kali didengar dan baru pertama kali dilihatnya, sedangkan bagian kedua merupakan solusi dari permasalahan yang ada pada bagian yang pertama yaitu guru menganalogikan atau mencontohkan hal-hal yang dekat dengan siswa atau hal-hal yang pernah dialami oleh siswa sebelum masuk pada materi pembelajaran pokok, sehingga siswa tidak menjadi kebingungan dan bisa berpikir ssecara kritis.Hal lain yang perlu diperbaiki adalah penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru yang kurang menarik dan tidak ada sumber belajar berupa buku teks yang digunakan oleh siswa, sehingga siswa menjadi kebingungan dan guru sulit menyampaikan informasi kepada siswa lewat media pembelajaran tersebut.Adapun Hal lain yang perlu diperbaiki juga yaitu kemampuan guru dalam menyampaikan materi atau berbicara di dalam kelas terlalu kaku dan kurang bisa mengontrok siswa sehingga terjadi saling ejek di dalam proses pembelajaran, padahal hal tersebut sangat dilarang.

  9. Nama : Widuri Yasinta
    Nim : 877600442

    baik menurut pendapat saya hal yang dapat dianalisis setelah menyimak video pembelajaran diatas yg berjudul ” kenampakan alam” adalah

    a. guru tidak efektif dalam memberikan contoh tentang kenampaka alam dalam hal ini yaitu negara Mesir.
    mengapa tidak memulai nya dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa mudah mengerti dan memahami. terlihat jelas dari video diatas bahwa anak-anak masih banyak yg kebingungan dalam memahami kenampakan alam di negara Mesir

    b. guru juga sebaiknya mengajak anak keluar kelas agar anak mengetahui dengan nyata macam-macam kenampakan alam di sekitar. dengan demikian anak-anak akan sangat dengan mudah memahami materi

    c. guru juga sebaiknya menggunakan media ajar yg relewan agar anak-anak tertarik mengikuti dan menyimak pembelajaran

  10. Nama : Cindy adelia fahrani
    Nim : 856779325

    izin menyampaikan pendapat saya rekan-rekan semuanya
    menurut pendapat saya,langkah-langkah yang digunakan kurang efektif karna menyangkut pautkan materi dengan kehidupan sehari-hari.tapi guru bisa mencontohkan hal yang mudah untuk siswa memahaminya,sehingga siswa lebih mudah memahami apa yang diajarkan,dengan mencontohkan yang ada kaitnanya dengan kehidupan siswa.bisa dengan cara pengalaman pribadi mereka sehingga siswa lebih merasa terlibat dengan materi pelajarannya.

    itu saja yang bisa saya sampaikan.terimakasih

Leave a Reply