silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
Assalamualaikum Bapak/ Ibu perkenalkan saya windari yunianty mahasiswi Program studi PGSD semester 6
izinkan saya untuk memberikan pendapat tentang video ini menurut saya Pengenalan lingkungan secara nyata atau pengalaman seorang anak di saat melakukan aktivitas atau berpergian,
* SARAN :
seharusnya guru memberikan contoh terlebih dahulu di awal pembelajaran dari objek yang anak-anak pernah kunjungi yang terdekat maupun terjauh, supaya siswa siswi dapat membayangkan atau mengingat kembali pengalaman atau kesan yang pernah di temuinya supaya siswa siswi tidak menebak atau mengarang cerita,
*KELEBIHAN :
menjadi kan siswa-siswi akan selalu peduli dalam melihat atau lebih peka terhadap lingkungan atau keadaan yang terjadi dan siswa siswi dapat berfikir dan mengingat pengalaman yang mengesankan atau suasana lingkungan asing yang mereka temui menjadi daya tarik atau penilaian di diri mereka masing-masing dan menjadi lebih peka terhadap apapun yang terjadi di saat mereka mengunjungi sebuah tempat baru maupun lama,
*KEKURANGAN
siswa-siswi tidak begitu mengerti apa yang di arahkan karna memberikan contoh di sebuah kota yang sangat jauh dan belum mereka kunjungi, adapun mereka pernah mengunjungi tidak sepenuhnya mereka paham dengan letak atau lokasi yang mereka lihat,
Terimakasih
Nama : Reni Septiana
NIM : 501192746
Analisis video pembelajaran menunjukkan beberapa poin yang perlu diperhatikan. Di awal pembelajaran, guru perlu memberikan gambaran yang jelas kepada siswa tentang apa yang akan mereka pelajari. Hal ini akan membantu siswa untuk lebih fokus dan termotivasi. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang variatif, seperti video, gambar, atau demonstrasi, dapat membuat materi pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Strategi guru dalam mengaitkan materi dengan pengalaman siswa juga sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang diajarkan.
Dalam video tentang kenampakan alam, guru menunjukkan gambar kenampakan alam yang berada di Mesir, yang sangat asing bagi siswa. Hal ini membuat siswa kesulitan memahami materi tersebut. Kesulitan ini terlihat dari pertanyaan yang diberikan guru, di mana siswa diminta memberikan contoh kenampakan alam buatan maupun alami di negara tersebut. Namun, siswa tersebut salah menjawab dengan menyebutkan bahwa piramida adalah segitiga yang besar.
Pada video selanjutnya, guru mengajak siswa untuk mengingat apakah mereka pernah berkunjung ke daerah lain selain tempat tinggal mereka sekarang. Salah seorang siswa menjawab bahwa dia pernah berkunjung ke rumah neneknya dan menceritakan berbagai hal yang ditemuinya selama perjalanan, seperti gunung, laut, sawah, perkebunan teh, karet, rel kereta api, hutan, pabrik, dan sungai yang sangat jernih.
Dari video tersebut, dapat disimpulkan bahwa penting bagi guru untuk memberikan contoh dari tempat-tempat yang sering atau pernah dikunjungi siswa. Setelah siswa memahami contoh-contoh tersebut, guru dapat memperluas ke contoh lain, sehingga materi dapat disampaikan dengan baik dan siswa pun dapat memahami inti dari materi yang diajarkan.”
Berdasarkan analisis video pembelajaran IPS SD yang berjudul “Kenampakan Alam” maka terdapat beberapa masukan dan saran tentang video pembelajaran tersebut.
1. Pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan apersepsi kepada siswa.
2. Penggunaan media gambar sudah dilakukan oleh guru guna penunjang proses pembelajaran. Namun, pada media gambar yaitu berupa poster yang digunakan terdapat kekurangan seperti gambar dan tulisan pada poster yang berukuran sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh siswa secara menyeluruh.
3. Keterlibatan siswa dalam tanya jawab perlu diperluas. Memberikan kesempatan pada siswa dalam penyampaian pengalaman pribadi yang berkaitan dengan pokok materi juga masih kurang.
Adapun saran yang dapat saya berikan mengenai video pembelajaran tersebut adalah dalam menjelaskan sebuah materi hendaknya guru mengambil contoh dari kehidupan sehari-hari agar mudah dipahami oleh siswa, berbagai pengalaman siswa juga bisa dijadikan sebagai penunjang pemahaman dan siswa dapat memberikan respon baik terkait pembelajaran.
Menurut saya media pembelajaran yang di buat oleh guru tersebut terlalu sulit, karena lokasinya yang sangat jauh dari kehidupan siswa. Sebaiknya guru menyediakan media yang lebih mudah yang ada di sekitar siswa, seperti pegunungan. Dengan media yang lebih dekat dengan lingkungan siswa, maka siswa dapat lebih mudah memahami pembelajaran yang diterangkan oleh guru. Yang dimana siswa dapat secara langsung mengamatinya.
Terimakasih
Nama : Sandeka Palestina
Nim. : 877769149
Pokjar: Muara Dua
Upbjj. : Palembang
Menurut pendapat saya materi yang di sampaikan guru sudah baik dan jelas. Namun Sebaiknya memberikan contoh yang lebih mudah lagi Guru mengenalkan lingkungan yang ada di sekitar kita terlebih dahulu.
Ketika membuka pembelajaran guru sebaiknya menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan. Dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran guru juga tidak menutup pelajaran dengan menyimpulkan pelajaran yang di jelaskan. Sebaiknya guru memberikan refleksi terhadap anak-anak.
Demikian tanggapan dari saya tentang vidio tersebut.
Terimakasih.
Nama : Friska Tampubolon
NIM : 877527957
Berdasarkan analisis video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang “Kenampakan Alam” yang terdapat di GPO, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan yang perlu dicatat.
Kekurangan: Dalam tahap pembukaan, guru tidak memulai kegiatan dengan salam, yang seharusnya menjadi bagian dari etika pembelajaran. Selain itu, guru juga tidak mengajak seluruh peserta didik untuk berdoa, yang bisa membantu mempersiapkan mental siswa sebelum belajar. Penting juga bagi guru untuk melakukan pengecekan kesiapan siswa dengan apersepsi individu, agar dapat mengetahui sejauh mana pemahaman mereka.
Selanjutnya, kegiatan ice breaking yang dapat membangun suasana kelas yang lebih akrab tidak dilakukan. Media yang digunakan dalam pembelajaran juga kurang menarik; seharusnya guru dapat memanfaatkan media yang lebih interaktif, seperti ilustrasi tiga dimensi atau video yang relevan dengan tema kenampakan alam.
Tidak ada kegiatan diskusi kelompok, yang membuat siswa cenderung berpikir secara mandiri, sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk berkolaborasi dan berbagi ide. Selain itu, kondisi kelas yang kurang kondusif dapat mengganggu fokus siswa. Terakhir, pada tahap penutup, guru tidak memberikan tugas atau lembar kerja kepada siswa, sehingga sulit untuk menilai kemampuan yang telah mereka capai.
Kelebihan: Meskipun ada kekurangan, terdapat juga beberapa kelebihan dalam pembelajaran tersebut. Pada tahap pembukaan, guru berhasil menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas. Selain itu, guru juga melibatkan pengalaman pribadi salah satu siswa, yang memicu peserta didik untuk secara tidak langsung memberikan contoh-contoh kenampakan alam yang ada di sekitar mereka. Pendekatan ini dapat meningkatkan keterlibatan dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan.
Nama : Yusup Fikri Apriliyan
NPM : 857024018
UPBJJ: Bandar Lampung
Pokjar: Metro
Dari video pembelajaran tersebut dapat kita lihat kekurangan yakni tidak adanya salam, tidak ada nya memeriksa kehadiran
menurut saya tidak ada yang salah guru dalam menyampaikan penjelasan dengan menggunakan metode ceramah menceritakan pengalaman yang siswa alami agar siswa yang belum mengetahui sesuatu dapat belajar dan ada rasa ingintahu lebih atas pengalaman yang didapat kan teman sekelasnya tersebut.Guru juga bisa melakukan kegiatan ice breaking untuk menjaga kekondusifan siswa sehingga suasana kelas terasa menyenangkan. Selain itu guru juga memberikan contoh yang terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa.
Menurut saya, materi pembelajaran tentang kenampakan alam sangat menarik untuk dibahas, namun dalam pembelajaran kenampakan alam sebaiknya guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar. Materi yang disampaikan dalam video ini sudah sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya guru memberi contoh kenampakan alam yang ada disekitar lingkungan peserta didik.
Menurut pendapat,yang jelas pembuka dan penutup tidak ada dalam PBM dan medianya kurang seperti buku atlas,glove dan media lainnya.Untuk solusi perbaikan agar guru tersebut disarankan untuk melaksanaan KBM harus kita mulai dengan pembuka,inti,dan penutup selanjutnya tentang medianya agar diperbanyak supaya siswa ikut berperan aktif untuk menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik .