silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :

  1. Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
  2. Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
  3. Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.

Eded Tarmedi

  1. Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
  2. Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
  3. Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
  4. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Hendri Supriyadi S, S.Pd.

Similar Posts

547 Comments

  1. Nama : Sri Wahyuningsih
    NIM : 859892715
    Prodi : PGSD

    Menurut pendapat saya dalam vidio itu sebaiknya guru membuka kelas dengan melakukan kegiatan awal seperti menyapa murid dengan menanyakan kabar, kemudian dapat melakukan Ice breaking agar tercipta suasana kelas yang menyenangkan. Kemudian guru juga bisa membahas materi sebelumnya. Setelah itu guru dapa melakukan kegiatan inti yaitu menjelaskan pelajaran yang akan dipelajari sekarang. Bisa dengan media, contohnya media gambar kenampakan alam, lagu tentang kenampakam alam, vidio kenampakan alam dan lain-lain agar anak didik tidak bosan dalam belajar. Selanjutnya guru dapat melakukan kegiatan penutup. Seperti menanyakan pemahaman anak didik, melakukan kuis atau games sebagai pengukuran pemahaman anak didik, dan salam.
    Karena didalam vidio itu saya lihat guru tidak ada menjelaskan tentang apa itu kenampakan alam, sedangkan anak didik tidak tau arti dari kenampakan alam tersebut.
    Terima kasih

  2. Assalamualaikum
    Setelah melihat video tersebut saya akan menyampaikan pendapat saya.
    Menurut saya dalam video pembelajaran tersebut masih ada beberapa kekurangan yang pertama seharusnya saat awal pembelajaran alangkah baiknya berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing dan mengabsen siswa terlebih dahulu,setelah itu sebelum memasuki pembelajaran ada baiknya guru mengulang kembali materi sebelumnya untuk mengingatkan siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya dan kita juga sebagai guru harus bisa memotivasi siswa agar siswa bisa lebih meningkatkan keinginannya untuk belajar,ada baiknya juga diakhir pembelajaran kita memberikan kesimpulan dari apa yang telah kita jelaskan .Walau video tersebut memiliki beberapa kekurangan namun video tersebut juga memiliki beberapa kelebihan salah satunya yaitu guru mengajak siswa untuk aktif selama pembelajaran berlangsung dengan mengajak siswa untuk saling berdiskusi dari materi yang telah dijelaskan sehingga menimbulkan rasa keberanian untuk mengemukakan pendapat.Sedikit solusi yang dapat saya berikan yaitu ada baiknya sebelum menjelaskan materi guru terlebih dahulu harus membuat RPP atau mempelajari materi yang akan diajarkan agar guru tidak terlihat kaku atau kebingungan saat menjelaskan materi tersebut di depan siswa.
    Demikian yang dapat saya sampaikan saya akhiri
    Wassalamu’alaikum

  3. Nama : Ervina Pradista Anggraining Putri
    NIM : 856993366
    Prodi : S1 PGSD
    Setelah menonton vidio tersebut menurut saya dalam vidio ini memiliki kelebihannya :
    Dimana guru menggunakan media gambar, sehingga anak-anak bisa mengerti dalam pembelajaran, dalam pembelajaran tersebut guru mengajak siswa saling aktif sehingga terjadi diskusi antar guru dan murid.guru mempersilahkan murid untuk memberikan jawabannya atau pendapat, meskipun pendapat siswa tersebut masih kurang tepat .
    Adapun itu kekurangan nya Sebelum memulai pembelajaran seharusnya dilakukan kegiatan pendahuluan yaitu: ucapkan salam, berdoa, ice breaking (supaya siswa semangat) dan mengecek kehadiran siswa. Ketika membuka pembelajaran guru dapat mengulang kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya, agar anak mengerti dengan pembahasan materi pembelajaran saat ini yang di bahas oleh guru. Guru tidak melakukan evaluasi, seperti memberikan latihan soal, atau melakukan experimen perkelompok/individu, agar mengetahui sejauh mana siswa tersebut memahami materi yang telah di sampaikan oleh guru.Di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan materi pada pembelajaran hari ini.

  4. Nama : Rossi Afriyanti Simanjuntak
    NIM : 859871499
    Kelas : E PGSD BI
    Pokjar : Medan
    Setelah saya menonton video tersebut dan mengamati keseluruhan pembelajaran dari awal hingga akhir yang diberikan oleh guru tersebut dalam proses pembelajaran pendahuluan , kegiatan inti , penutupan dan refleksi/umpan balik tidak ada, terus materi yang diajarkan oleh guru tersebut tentang menjelaskan kenampakan alam yang tidak dikenal oleh siswa , ditambah guru juga tidak memberikan penjelasan tentang materi pembelajaran alangkah baiknya guru memulainya dari kenampakan alam di sekitar lingkungan para siswa atau Indonesia dengan begitu mereka bisa lebih cepat mengidentifikasi kenampakan alam alami atau buatan. Sebagai guru kita harus bisa mengeksploitasi pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan disekitar.
    Demikian pendapat dari saya , terima kasih …

  5. Nama : Indah Syahputri Nasution
    Nim : 856045896
    Prodi : S1-PGSD

    Analisis video “Kenampakan Alam”
    Menurut saya lebih baik guru menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian tentang materi yang hendak diajarkan kemudian barulah contoh atau praktiknya. apalagi materi tersebut mengenai hal yang sangat luas yang bahkan mungkin belum dijumpai oleh siswa. Seperti pak guru langsung meminta siswa menjawab penampakan alam yang ada di Mesir, bagi siswa yang belum pernah atau belum mengetahui tentang Mesir tentu tidak akan bisa menjawab, lebih baik setelah diberikan tentang pengertian apa itu penampakan alam dan bagaimana terbentuknya penampakan alam, berilah contoh penampakan alam yang terdekat dahulu, contohnya penampakan alam di Indonesia. Namun, setelah memasuki durasi video sealnjutnya barulah pak guru bertanya mengenai penampakan alam yang ada di daerah tempat siswa atau yang pernah dikunjungi.
    Menurut saya, setelah anak paham mengenai penampakan alam dan bagaimana proses terbentuknya sehingga bisa menjawab contoh penampakan alam yang ada di sekitar anak barulah kita bisa mengenalkan penampakan alam yang ada di dunia kepada anak atau memberi materi terlebih dahulu kepada anak untuk dibaca kemudian guru test terhadap pemahaman anak mengenai bacaan materi tersebut.
    Berikut adalah analisis saya, mohon maaf apabila ada kesalahan.

  6. Nama : Latifah
    Nim : 858050442
    Prodi : PGSD

    Berdasarkan dari video tersebut masih terdapat banyak sekali kekurangan nya, dimana pada awal pembelajaran hendaklah untuk dimulai dengan pendahuluan, seperti menyapa, mengucap salam, bertanya kabar, ber do’a dan lain-lain. Dari video tersebut juga harusnya seorang guru menjelaskan materi dgn contoh yang terlalu jauh, seperti mesin dan sekitar nya. Padahal bisa memakai contoh seperti negara sendiri bahkan bisa memakai kota dan daerah sekitar untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami apa yang dipelajari. Contoh saja saat ditanya tentang pergi kemana saat liburan, siswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan tersebut.

  7. Nama : Clara Yuanita
    Nim : 857694063
    Prodi : PGSD
    UT Boja
    Menurut hasil analisis saya, dari video di atas akan lebih baik jika guru menjelaskan secara detail tentang materi yang akan diajarkan ke anak didik. Pada video di atas, pada pendahuluan guru kurang menjelaskan materi Kenampakan Alam tersebut.Guru dapat menjelaskan dengan alat peraga atau simbol atau gambar yang membuat anak didik dapat menjawab segala pertanyaan dari guru. Dan guru dapat menanyakan pertanyaan yang dapat membuat anak didik menjawab.

  8. Nama : Ikke Dwitia Sari
    NIM : 859883185
    Program Studi : PGSD S1

    Setelah menyimak video tentang kenampakan alam tersebut, menurut pendapat saya masih ada kekurangan, baik dalam menyampaikan materi pembelajaran dan metode yang digunakan kurang efektif. Sebaiknya dalam kegiatan awal pembelajaran, guru menyapa dan mengucapkan salam terlebih dahulu ke peserta didik, mengecek kehadiran, memberikan apersepsi dan berdoa. Selanjutnya guru memotivasi peserta didik dan mengaitkan dengan pembelajaran sebelumnya yang telah dipelajari. Di dalam video tersebut langsung ke kegiatan inti pembelajaran. Di kegiatan inti sebaiknya guru menjelaskan kenampakan alam itu apa pengertian, penampakan alam terbagi 2 itu harus dijelaskan terlebih dahulu baru sesi tanya jawab ke peserta didik. Media yang digunakan alangkah baiknya menggunakan kenampakan alam yang ada disekitar guru dan peserta didik, sementara di video tersebut menunjukan kenampakan alam negara lain yang peserta didik belum mengetahui sama sekali. Dalam pembalajaran kenampakan alam bisa menggunakan audiovisual untuk melihat kenampakan alam melalui proyektor sehingga peserta didik lebih cepat tanggap dengan apa yang dilihat artau melihat secara langsung kenampakan alam disekitar sekolah. Di kegiatan akhir pembelajaran, sebaiknya guru menyimpulkan materi pembelajaran tentang kenampakan alam yang telah dipaparkan, meninjau kembali penguasaan peserta didik, melaksanakan penilaian dan diakhiri dengan doa. Sekian tanggapan saya tentang video kenampakan alam, dan terima kasih.

  9. Nama :Anti tirani
    Prodi : S1 PGSD (POKJAR Kedungwuni

    dalam mengajar anak-anak sangat aktif dan senang
    adapun itu kekurangan nya
    1. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya dilakukan kegiatan pendahuluan yaitu: ucapkan salam, berdoa, ice breaking (supaya siswa semangat) dan mengecek kehadiran siswa.
    2. Ketika membuka pembelajaran guru dapat mengulang kembali materi yang telah disampaikan sebelumnya, agar anak mengerti dengan pembahasan materi pembelajaran saat ini yang di bahas oleh guru.
    3.) Guru tidak melakukan evaluasi, seperti memberikan latihan soal, atau melakukan experimen perkelompok/individu, agar mengetahui sejauh mana siswa tersebut memahami materi yang telah di sampaikan oleh guru.
    4. di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan materi pada pembelajaran .
    adapun kelebihannya:
    1. guru menggunakan media gambar, sehingga anak-anak bisa mengerti dalam pembelajaran
    2. dalam pembelajaran tersebut guru mengajak siswa saling aktif sehingga terjadi diskusi antar guru dan murid.
    3. guru mempersilahkan murid untuk memberikan jawabannya atau pendapat, meskipun pendapat siswa tersebut masih kurang tepat.
    Hal unik yang saya temukan di sini adalah Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip
    solusinya, guru harus lebih menguasai materi, agar murid tidak sulit untuk memahami materi yangg di sampaikan guru. dan sebaiknya guru kedepannya harus memberikan contoh yang lebih sering didengar siswa atau dilihat siswa, dan lebih baik menggunakan media pembelajaran yang mudah dipahami murid.

  10. Nama: yeli agustina
    Nim : 859878366
    Menurut saya di dalam video tersebut yang saya lihat. Guru tidak melakukan kegiatan awal atau pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, melakukan absensi siswa dan menyapa keadaan siswa. Didalam materi pembelajaran kenampakan alam sebaiknya contoh yang diberikan di sekitar lingkungan kita, sehingga siswa lebih mudah memahaminya. Dan dalam kegiatan akhir seharusnya guru menyimpulkan materi dan memberi penguatan tentang kenampakan alam dan memotivasi siswa untuk selalu semangat dalam belajar

Leave a Reply