Similar Posts
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Nama: Dewi Septiawati
Nim: 878254792
prodi: S1 PGSD
Berdasarkan video yg saya lihat tampaknya beberapa kesulitan yang dialami siswa termasuk menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Hal ini mungkin membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dan beragam untuk membantu siswa mengatasi kesulitan tersebut. Penekanan diberikan pada pentingnya memahami berbagai aspek bahasa secara menyeluruh. Dalam menyikapi tantangan ini, pendekatan pembelajaran yang holistik dan beragam dapat membantu siswa mengatasi kesulitan mereka dengan lebih efektif.
Nama: Dewi Septiawati
Nim: 878254792
Prodi: S1 PGSD
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Berdasarkan video yg saya lihat tampaknya beberapa kesulitan yang dialami siswa termasuk menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Hal ini mungkin membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dan beragam untuk membantu siswa mengatasi kesulitan tersebut. Penekanan diberikan pada pentingnya memahami berbagai aspek bahasa secara menyeluruh. Dalam menyikapi tantangan ini, pendekatan pembelajaran yang holistik dan beragam dapat membantu siswa mengatasi kesulitan mereka dengan lebih efektif.
Nama: Anjeli mayduri devin
Nim:
UPBJJ: kerinci jambi
Berdasarkan video yang saya amati dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf -suku kata -dan kalimat sangat membantu sekali dalam pembelajaran. Akan tetapi alat peraga tersebut masih kurang karena kurang adanya warna. Jadinya ada siswa yang merasa bosan dalam bembelajaran.
Saran :
Bagi Guru : Penggunaan metode harus lebih bervariasi sangat saat pembelajaran yaitu penataan tempat duduk agar tidak memudahkan memuculkan rasa bosan. Selain itu juga, guru biasa menggunakan media yang lebih menarik agar dapat memunculkan rasa semangat siswa untuk belajar. Di dalam video tersebut seharusnya guru menggunakan media visual. Selain itu juga di dalam video tersebut seharusnya guru sehaarusnya menggunakan media baca yang lebih bagus. Lebih berwarna warni agar siswa tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Kelebihan nya, guru sangat kreatif untuk. Menerapkan bagaimana caramembaca, dan mengenal sukur kata dengan cepat.
Kekurangan nya, penyampaiannya terlalu cepat, sehingga anak anak kurang mengerti untuk menerima dan memahami apa yg sudah disampaikan.
Nama : Agustina Rahmawati
Nim : 856734419
Kelebihan : Cara penyampaian dan menerapkan, tentang cara membaca, mengenal sukur kata, serta meriah yg diberikan sudah sangat baik.
Kekurangan : Cara menyampaikan metode membaca, mengenalkan sukur kata terlalu cepat, sehingga membuat anak yang lambat mengenal huruf dan membaca akan mengalami kesulitan.
Nama : Neki Pedri Mulya
Nim : 85690383
1. Reaksi siswa : dilihat dari video di atas, kegiatan permulaan yang dilakukan oleh guru sangat baik, dengan melakukan icebreaking akan membuat siswa semangat untuk memulai pembelajaran yang mana terlihat di dalam video anak sangat semangat saat di ajak bernyanyi oleh gurunya.
2. kelebihan : kelebihan dari video di atas yang mana guru menggunakan media belajar yang mana media belajar tersebut sangat membantu anak agar lebih memahami apa yang akan di ajarkan oleh guru. seperti yang ada dalam video ibu guru menggunakan media belajar gambar, yang mana dengan media gambar anak bisa langsung mengerti apa yang ibu guru jelaskan. di samping itu ada guru yang mau membimbing siswa yag kesulitan membaca dan ada anak murid yang mau dibimbing untuk semngat belajar agar bisa membaca.
3. Kelemahan : sedikit kelemahan dari video di atas, ada baiknya media yang digunakan ibu guru lebih berwarna, karna anak-anak lebih menyukai gambar yang berwarna warni, juga lebih di perhatikan lagi anak yang belum bisa membaca agar anak tersebut di dalam kelas tidak cepat bosan dan mengantuk.
4. Hal unik : keunikan semua guru berbeda-beda, hal unik yang dapat kita ambil dari video di atas yaitu yang mana ibu guru bisa mengkaitkan icebreaking dengan pembelajaran yang akan dilakukan karna tidak semua bisa melakukannya, dan cara mengajar ibu guru juga terbilang unik, ibu guru tidak hanya berceramah di tempat tapi juga langsung mengajarkan huruf-huruf langsung pada anak-anak dengan menghampiri anak-anak yang mengerti maupun yang belum mengerti.
5. Solusi : sedikit solusi, di era digital pada saat ini bukan hanya gambar kita juga bisa menggunakan media berupa video yang akan menampilkan gambar dan suara yang mana menurut saya itu lebih efektif di banding sebuah gambar.
Nama: Angga kurniawan
Nim :856589536
Berdasarkan video tersebut kita dapat mempelajari beberapa hal:
A. Pada kegiatan permulaan yang
dilakukan oleh ibu guru tersebut
sangat bagus, dan mengajak anak
untuk mendengarkan lagu membuat
suasana kelas menjadi semangat.
B. Kemudian guru menanyakan isi lagu
tersebut yang berkaitan dg keluarga
yang dikaitkan dg materi bacaan dan
mengeja suku kata ayah dan ibu.
Kekurangan nya menurut saya, disini guru tidak cukup memperhatikan murid sehingga sebagian anak belum mengerti maksud ibu guru. Selain itu kurang nya media pembelajaran yang digunakan oleh guru.
Solusi: perlunya penataan ulang tempat duduk anak agar tidak mudah merasa jenuh dan bosan
setelah saya menyimak video tersebut semua terlihat sangat jelas, penerapan pembelajaran awl diiringi dengan lagu dan praktek secara langsung akan membuat peserta didik lebih bersemangat dan lebih cepat bisa dan paham
Nama : Yekti anugraheni
Nim : 885738941
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru? Reaksi siswa akan semangat karena guru tersebut membangun semangat dengar menyanyi agar menumbuhkan semangat siswanya
2.Secara keseluruhan, apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? Menurut pendapat saya, disini guru kurang memberikan perhatian kepada murid sehingga beberapa anak masih belum bisa memahami apa yang dimaksud oleh ibu guru. Dan disini juga ibu guru kurang memperhatikan siswanya ada yg bermain,ada yang asik sendiri dengan dunia nya.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Menurut saya kelebihan guru dalam pembelajaran adalah Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat pada anak sehingga anak anak juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan bimbingan kepada anak meskipun belum keseluruhan dari seluruh siswa.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? Keunikan yang ada di dalam vidio tersebut adalah ciri khas anak sekolah dasar kalau guru menjelaskan ada yg bermain,ada yang asik dengan dunianya sendiri itu lah ciri khas anak sekolah dasar.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Upaya yang dapat diusulkan adalah ibu guru lebih kreatif lagi untuk meningkatkan semangat peserta didik agar siswa lebih semangat lagi,ibu guru lebih meningkatkan perhatian agar peserta didik dapat memperhatikan juga penjelasan ibu guru tersebut sehingga tidak ada yang bermain, dan meningkatkan alat bantu belajar agar lebih menarik.
Nama : Maulinda
Nim : 858071073
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : Pontianak
Pokjar : Mempawah
Menurut saya dari video tersebut,reaksi yang ditunjukkan anak saat kegiatan pembelajaran sangat semangat karena pada awal pembelajaran guru mengajak siswa bernyanyi dan bertepuk tangan. Adapun kelemahan dan kelebihan dari video tersebut,kelemahannya yakni tidak adanya pembuka dan penutup dalam kegiatan pembelajaran.kelebihannya, guru mengajak siswa untuk berinteraksi dan adanya timbal balik, serta guru bisa mengelola suasana kelas dengan baik.Selain itu hal yang menarik dari video tersebut yakni,guru menyediakan media berupa gambar beserta tulisan berbentuk kata.usulan dari saya,sebaiknya dalam kegiatan pembelajaran harus ada kegiatan pembuka dan penutup.