Similar Posts
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Nama : Shely aulica krisma
Nim : 856591654
Upbjj ut Jambi
Setelah saya menyimak Vidio tersebut adapun reaksi anak sangat semangat saat guru akan mengajari tentang ayah dan ibu sambil bernyanyi, kelebihannya ibu guru sangat pandai mengajar anak-anak yang kurang bisa membaca, hal unik ibu guru mencoba mengajari anak supaya bisa/pandai membaca, kekurangannya tidak saya temui kekurangan dan solusinya adalah guru dapat mengajari anak yang sulit membaca dan mengetahui huruf-huruf abjad.
Terimakasih
Nama : Rahma Aulia Izzati
Nim : 856593429
Judul : Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Jawaban:
Reaksi siswanya semangat karna guru tersebut dapat membuat kelas menjadi lebih ceria dengan bernyanyi sehingga siswa bisa belajar lebih semangat dan tidak bosan
2. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban:
Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran sangat baik karena guru tersebut sangat mendorong semangat siswa dalam berinteraksi dalam pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak hanya berfokus kepada gurunya saja tetapi guru tersebut juga mengajak siswa nya untuk aktif dalam pembelajaran, dan kemudia gurunya juga membimbing siswanya untuk terlibat langsung meskipun tidak keseluruhannya.
3. Secara keseluruhan apa saja kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran? Jawaban:
Menurut saya kekurangan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran adalah guru tersebut kurang memberikan perhatian kepada murid yang tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran, seperti ada yang bermain, dan ada yang asik sendiri, sehingga ada siswa yang tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru tersebut.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban :
Adapun hal unik yang ditemukan dalam proses pembelajaran adalah keunikan siswa dalam proses belajar seperti yang biasanya dilihat siswa SD mudah bosan dan dapat kita lihat dividio ini siswanya ada yang bosan dalam mengikuti pembelajaran seperti ada yang menguap, ada yang melamun dan lain-lain.
5. Solusi apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Jawaban :
Adapun solusi yang bisa kita terapkan dalam proses pembelajaran ini adalah, guru tidak hanya fokus untuk menjelaskan pembelajarannya tetapi lupa dengan siswa yang tidak fokus dengan apa yang dijelakan ibu guru tersebut, jadi sebaiknya guru juga lebih bisa melihat siswa mana yang tidak memperhatikan penjelasannya sehingga guru bisa mengajak siswa tersebut untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, minsalnya dengan menanyakan siswa apa yang diperlihatkan guru didepan kelas sehingga dia tidak melamun dalam proses pembelajaran.
Nama : Rahma Aulia Izzati
Nim : 856593429
Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Jawaban:
Reaksi siswanya semangat karna guru tersebut dapat membuat kelas menjadi lebih ceria dengan bernyanyi sehingga siswa bisa belajar lebih semangat dan tidak bosan
2. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban:
Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran sangat baik karena guru tersebut sangat mendorong semangat siswa dalam berinteraksi dalam pembelajaran, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak hanya berfokus kepada gurunya saja tetapi guru tersebut juga mengajak siswa nya untuk aktif dalam pembelajaran, dan kemudia gurunya juga membimbing siswanya untuk terlibat langsung meskipun tidak keseluruhannya.
3. Secara keseluruhan apa saja kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran? Jawaban:
Menurut saya kekurangan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran adalah guru tersebut kurang memberikan perhatian kepada murid yang tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran, seperti ada yang bermain, dan ada yang asik sendiri, sehingga ada siswa yang tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru tersebut.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban :
Adapun hal unik yang ditemukan dalam proses pembelajaran adalah keunikan siswa dalam proses belajar seperti yang biasanya dilihat siswa SD mudah bosan dan dapat kita lihat dividio ini siswanya ada yang bosan dalam mengikuti pembelajaran seperti ada yang menguap, ada yang melamun dan lain-lain.
5. Solusi apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Jawaban :
Adapun solusi yang bisa kita terapkan dalam proses pembelajaran ini adalah, guru tidak hanya fokus untuk menjelaskan pembelajarannya tetapi lupa dengan siswa yang tidak fokus dengan apa yang dijelakan ibu guru tersebut, jadi sebaiknya guru juga lebih bisa melihat siswa mana yang tidak memperhatikan penjelasannya sehingga guru bisa mengajak siswa tersebut untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, minsalnya dengan menanyakan siswa apa yang diperlihatkan guru didepan kelas sehingga dia tidak melamun dalam proses pembelajaran.
NAMA : WAHYU RANIKA
NIM : 855735962
MAKUL : PDGK4209
Kode/Nama UPBJJ : 20/Bandar Lampung
POKJAR : Kota Agung
Dari video yang saya lihat tentang “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, kata dan Kalimat “ ini memang terlihat sangat sulit jika diajarkan pada kelas rendah karena pada kelas rendah tersebut anak – anak masih proses untuk mengenal huruf , membaca kata atau kalimat , jadi butuh ekstra untuk mengajarkan kepada anak – anak tersebut .
Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak para siswa untuk bernyanyi secara bersama, setelah itu guru menanyakan didalam lagu tersebut ada atau tidak kata kata yang ada hubunganya dengan keluarga, anak – anak tersebut secara bersamaan mejawab ayah dan ibu , didadalm video tersebut guru menggunakan media gambar yang disamping gambar itu terdapat tulisan ayah dan ibu , kemudian siswa secara bersama mengenal huruf, mengeja dan membaca perkata.
Didalam video itu juga banyak anak yang kesulitan membaca huruf , suku kata , dan kalimat. ketidakmampuan ini disebabkan oleh : anak malas, bosan, Kurang konsentrasi dan kurang perhatian guru.
mengajar membaca permulaan bagi murid sekolah dasar tidak mudah walaupun sudah dibantu dengan gambar dan menggunakan metode bervariasi .
kelemahan-kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut :
1) guru tidak membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, dan tidak melakukan presensi.
2) Kurangnya variasi metode pembelajaran, Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
3) Kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa.
4) Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi.
5) Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan pada hari itu.
Kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran :
1) Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan, sehingga memacu siswa untuk belajar dengan fokus dan semangat dengan mengajak siswa bernyanyi bersama-sama sesuai dengan materi yang akan dibahas.
2) Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat kepada siswa, sehingga siswa juga terlibat aktif dalam pembelajaran.
3) Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa.
4) Guru sudah melakukan apresiasi kepada siswa, ketika siswa tersebut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh gurunya.
5) Mengajarkan nilai-nilai social seperti pada video diatas guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman melalui nyanyian tersebut.
6) Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum dapat membaca dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
7) Mendorong keterlibatan aktif, dengan cara siswa diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
8) Guru menguasai kelas, terlihat dalam video bahwa guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling dan menghampiri setiap bangku siswa.
9) Metode yang diajarkan oleh guru menarik yang mana siswa antusias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar.
10) Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa faham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan.
Hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut : Menurut saya hal unik nya adalah guru sangat kreatif dalam pembelajaran, seperti menyiapkan media ajar yang di gunakan yaitu dengan kertas print bergambar, dan ada ejaan kata yang di satukan dan terpisah
Nama: Zakia Marpaung
Nim: 855857924
Menurut saya kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran Dari video yang ada diatas. disini kita bisa melihat bahwa Sanya :
(-)Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu.
(-) Nah jadi disini guru dapat membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan, sehingga memacu siswa untuk belajar dengan fokus dan semangat dengan cara guru yang mengajak siswa-siswinya untuk bernyanyi bersama-sama sesuai dengan materi yang akan dibahas.
(-) Disini Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat kepada siswa, sehingga siswa juga terlibat aktif dalam pembelajaran.
Tak hanya itu Guru juga menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa nya.
Disini Guru juga memberikan bimbingan kepada siswa yang belum dapat membaca dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
(-) Mendorong keterlibatan aktif, dengan cara siswa diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
(-) Guru menguasai kelas, terlihat dalam video bahwa guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling dan menghampiri setiap bangku siswa.
(-) Metode yang diajarkan oleh guru menarik yang mana siswa antusias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar.
(-) Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa faham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan.
Nama:Kamila Simanjuntak
Nim:859804807
matkul:PDGK4209
pokjar:aek kanopan.Labura
Dari video yang saya lihat seharusnya seorang guru harus memulai dengan bismillah dulu.tanya apa kabar anak anak dan menayakan apa maunya anak anak dan mau di nyanyikan apa gitu dan masih banyak lagi.sehingga siswanya bisa tenang dan fokus saat belajar dan setelah memulai pelarajan seharusnya menerangkan di depan kelas supaya semua yang di dalam kelas itu tau mana huruf.suku kata. memang tidak mudah untuk mengajari anak anak apalagi ada anak yang luar biasa aktifnya ya.
Nama : Mai saroh Juliana Lubis
Nim : 855856599
Kelas : A – PGSD S1 AKPMM
Semester : 6
Pokjar : Salut Permata Labura Aek kanopan.
Judul Video :” Kesulitan membaca huruf, suku kata,kata dan kalimat”
Assalamualaikum wr.wb Setelah saya menyimak dan menganalisis video tersebut terdapat beberapa poin yang dapat saya sampaikan.1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengikuti pembelajaran sangat antusias dan gembira.Ditambah lagi dengan guru mengajak siswa untuk bernyanyi agar lebih semangat. dan disaat guru menampilkan sebuah media gambar siswa dengan cepat tanggap menjawab siswa, dengan cepat tanggap menjawab pertanyaan guru.) 2. Apa kelebihan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ? (Kelebihan dalam pembelajaran tersebut yaitu:
-Guru menggunakan sebuah media gambar dengan menambahkan sebuah media gambar dengan menambahkan sebuah media gambar dengan menambahkan huruf atau kata yang dapat mudah dipahami oleh siswa.Guru juga membantu siswa dalam merangkai suku kata -Guru memberikan apresiasi kepada siswa nya sehingga siswa lebih semangat belajar membaca.3. Apa kelemahan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru? ( Menurut pendapat saya kelemahan dari pembelajaran tersebut yaitu – pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam berdoa,dan mengecek kehadiran siswa.Guru tidak membentuk sebuah kelompok kecil agar anak- anak bisa belajar berinteraksi satu sama lain.media gambar yang digunakan tidak berwarna sehingga terlihat kurang menarik.4.Apa keunikan yang ada dalam pembelajaran tersebut ialah guru memberikan potongan gambar kepada siswa agar dapat mengenal huruf dan memberi metode mengajar sesuai dengan suku kata.)5.Mengajarkan nilai-nilai pada video diatas guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman -teman melalui nyanyian tersebut.)6.Guru memberikan bimbingan belum dapat kepada siswa yang belum dapat membaca dengan berbagai metode abjad, metode suku kata, dan metode global.)7.mendorong keterlibatan aktif dengan cara siswa diajak untuk terlibat kan dalam kegiatan pembelajaran seperti nyanyi lagu pergi ke sekolah.
8. Guru menguasai kelas , terlihat dalam video bahwa guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling dan menghampiri setiap bangku siswa.
9.metode yang dilakukan diajarkan oleh guru menarik siswa yang mana antuasias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang ada akan dicocok kan dengan tulisan yang ada pada gambar.
10.Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa paham siswa atas materi pelajaran yang sudah jelas siswa mengetahui sudah seberapa paham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan. Hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut. : Menurut saya hal unik nya adalah, seperti menyiapkan media ajar yang digunakan yaitu sedang kn ajar yang digunakan yaitu dengan kertas prin bergambar ,dan ada ejaan kata yang disatukan dan terpisah.
Nama : Silvi Afriyani
Nim : 856056369
Upbjj : Ut Medan
Pokjar Asahan
Berdasarkan vidio yang sudah kita liat pada proses pembelajaran yang dilakukan seorang guru tersebut memberikan ice breaking dengan melakukan bernyanyi bersama untuk membangkitkan semangat belajar siswa,agar siswa tersebut dapat merespons guru tersebut. Untuk melakukan pembelajaran guru tersebut menggunakan metode yang cukup kreatif yang dapat membimbing siswa mengenal lebih jelas abjad. Guru tersebut juga melakukan sesi tanyak jawab
Kegiatan tanya jawab dalam pembelajaran juga sangat penting agar kita bisa lebih memahami batas kemampuan siswa kita.
Nama : Wandi Purnomo Siagian
Nim : 856050099
Pokjar : Asahan
Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Didalam video tersebut banyak anak yang kesulitan membaca huruf , suku kata , dan kalimat. ketidak mampuan ini disebabkan, anak malas, bosan, Kurang konsentrasi dan kurang perhatian guru.
mengajar membaca permulaan bagi murid sekolah dasar tidak mudah walaupun sudah dibantu dengan gambar dan menggunakan metode bervariasi, dan menggunakan media lain .
Guru perlu dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan, sehingga memacu siswa untuk belajar dengan fokus dan semangat dengan mengajak siswa bernyanyi bersama-sama sesuai dengan materi yang akan dibahas.
Nama : Erin M.S Gultom
Nim : 856032732
Pokjar : Samosir
Setelah saya menyimak vidio tersebut Guru mampu mengajar dengan baik dikelas. Guru tersebut mampu mengajak siswanya untuk ikut aktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.Siswa juga semangat dengan media gambar yang dibuat Guru.
Adapun kekurangan guru dalam vidio tersebut adalah Guru kurang memperhatikan muridnya yang mengantuk. Solusinya, sebaiknya ketika ada murid yang mengantuk,Guru harus melakukan ice breaking supaya murid tersebut tidak mengantuk lagi.
Terima kasih