Similar Posts
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Aldyan Dwiki Islami
NIM: 858693326
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata, karena di dalam video tersebut diberikan salah satu contoh media pembelajaran dengan menggunakan gambar yang kemudian peserta didik diminta untuk menyusun huruf sesuai dengan gambar yang telah difasilitasi oleh guru. Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat 1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut. 2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran? 1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas 2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis 3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa 4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan 5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama
Nama : Nur grahayul
Nim : 859762534
Menurut pendapat saya setelah menonton video di atas menganai kesulitan membaca di sekolah dasar,metode pembelajaran yang ibu guru bawakan dalam video tersebut sudah tepat,untuk peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca huruf.guru tersebut menggunakan media gambar untuk mengenalkan dan mengajarkan anak didiknya membaca.dimana guru tersebut menunjukan gambar lalu anak didiknya di minta untuk menyusun huruf sesuai dengan apa yang ada pada gambar tersebut.
Kelemahannya :
Apabila guru tersebut terus menerut menggunakan metode yang digunakan pada video tersebut.Ada kemungkinan peserta didik akan merasa bosan sehinggal malas untuk belajar.Sehingga guru harus bisa memberikan variasi pembelajaran yang berbeda setiap kali pembelajaran di mulai.
Nama: ROSTINA
Nim: 855736015
Pokjar: Bandar Lampung/kota agung pusat
Dari video yang saya lihat metode membaca permulaan dengan menggunakan media gambar sudah cukup baik, hanya saja ketika guru nya masuk dalam kelas tidak mengucapkan salam, serta tidak berdo’a didalam kelas.
Nama : Esterlina
Nim : 859821684
UPBJJ : Kendari
Pokjar : Kendari
Setelah saya menonton video tentang Kesulitan Membaca Huruf – Huruf, Sukakata,Kata dan Kalimat
1. Pada awal video apersepsinya sangat bagus sehingga siswa siswi yg ada dalam video tersebut sangat senang dan gembira bernyanyi
2. Pada video tersebut guru tidak menggunakan kartu huruf sehingga siswa lebih gampang untuk mengetahui huruf-huruf
3. Pada video tersebut guru sangat baik dalam mengajarkan huruf -huruf dengan cara menyuruh siswa untuk menunjuk huruf dan menyebutkannya
4. Seharusnya guru tersebut menjelaskan juga suku kata sehingga siswa lebih dapat mengerti jangan langsung disuruh baca setelah menyebutkan huruf
Nama:Julia hikmah
Nim :855860194
Setelah saya melihat vidio tersebut menurut saya vidio tersebut adalah vidio yang sangat bermanfaat dalam menerapkan pembelajaran,dimana diawali dengan bernyanyi,dan memberitahu siswa dengan metode gambar dalam pembelajaran mengenai anggota keluarga,dan sambil mempelajari huruf-huruf dalam anggota keluarga juga.
Adapun kelemahannya yaitu sang guru tidak mengucapkan salam pada saat masuk kelas dan tidak berdoa terlebih dahulu.
Assalamualaikum wr.wb.
Nama : Anida Rahmah
Nim : 857105489
Menurut saya cara yang di gunakan guru pada video tersebut adalah cara yang mudah di pahami siswa , dengan media gambar ini cukup menarik perhatian siswa. Karna menurut saya sendiri membaca dengan media gambar ini cukup menyenangkan karna ada gambarnya, tentu saja yang paling penting dalam mengajar siswa guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, sehingga siswa tertarik dan mau belajar. Ketertarikan siswa amatlah penting, apabila siswa menunjukan ketertarikan nya dalam belajar maka mereka akan tertib mengikuti kegiatan pembelajaran.
Assalamualaikum wr.wb.
Nama : Anida Rahmah
Nim : 857105489
Menurut saya cara yang di gunakan guru pada video tersebut adalah cara yang mudah di pahami siswa , dengan media gambar ini cukup menarik perhatian siswa. Karna menurut saya sendiri membaca dengan media gambar ini cukup menyenangkan karna ada gambarnya, tentu saja yang paling penting dalam mengajar siswa guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif, sehingga siswa tertarik dan mau belajar. Ketertarikan siswa amatlah penting, apabila siswa menunjukan ketertarikan nya dalam belajar maka mereka akan tertib mengikuti kegiatan pembelajaran.
Sekian pendapat saya
Terimakasih
Nama : Yusrina Rosa
Nim : 855856843
Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat. Penyebab siswa kesulitan membaca yaitu rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.
Nama : Riyanto
NIM : 836985848
Selamat malam bagi kita semua
Setelah saya melihat video tersebut menurut saya video tersebut adalah video yang sangat bermanfaat dalam menerapkan pembelajaran yang ada,apa lagi diawali dgn bernyanyi dan saya juga sangat setuju di pertanyaan ini memberikan semacam gambar, bagi saya sangat menyenangkan.
NAMA : LISA AYU TRIANA
NIM : 856738874
Setelah saya mengamati video tersebut saya bisa menyimpulkan bahwa gurunya menggunakan metode ajar dengan menggunakan media gambar, dengan mengunakan media gambar ayah dan ibu dan menambahkan berupa ejaan yang bisa di sebutkan murid-murid sehingga akan lebih mudah untuk menghafal dan berkonsentrasi. Akan tetapi kekurangan yang telah saya lihat bahwa tidak ada doa untuk memulai pembelajaran beserta salam.